Penulis Topik: yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!  (Dibaca 32333 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
ada yang suka sama kereta api atau join dan suka kumpul-kumpul sesama railfans?? silahkan sharing pengalaman asyik kalian saat naik kereta, atau sharing foto dan juga tukar ilmu soal kereta api (type, sinyal, stasiun atau apalah kalo di Indonesia lebih bagus..tapi kereta di LN juga g papa).. foto dari googeling atau web lain juga g papa tapi lebih dihargai kalo ambil sendiri, sementara ini aku kasih foto sama spek dari web lain soalnya foto yang aku ambil masih di hand-phone...

pertama aku dulu ya
kereta diesel 100% buatan Indonesia (PT INKA Madiun)

KRDI-Blora Jaya (rute Semarang Poncol-Cepu)


interior

baru kemaren aku naik kereta ini...harga tiketnya Rp 28.000 dari stasiun Wadu-Semarang Poncol selama 2.5 jam...keretanya bersih dan asyiknya full music, sepanjang jalan diputar lagu-lagu tempo dulu jadinya nggak bosan

KRDI-Aceh (rute blom tahu di kota mana saja di wilayah Aceh)

yang ini agak beda...meski sama-sama buatan PT INKA Madiun tapi standar gauge-nya beda..dia pake standar eropa, jadi lebih lebar...karena konon sesuai pesanan sama investor yang dari Perancis


lainnya nanti aku tambah lagi :D


ir1

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 341
  • Reputasi: 5
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #1 pada: September 20, 2010, 08:26:53 am »
Eh, unik nih threadnya. Klo sepeda,motor,mobil,bus udah ada komunitasnya.  'railfans' ? Di indonesia udh ada blm y..
Yg paling seru kalo naik kreta liat pemandangan kiri kanan. Pernah jg ngrasain berdiri n g bisa gerak,penuh. trus kaki diinjek2 pedagang

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #2 pada: September 20, 2010, 11:38:48 am »
railfans udah ada mas...di Jogja biasanya suka ngumpul di bawah jembatan layang lempuyangan..ato di deket depo induk stasiun lempuyangan (deket tempat bongkar muat semen, di bagian barat stasiun lempuyangan sebelah utara), kalo bis juga ada namanya lupa....tapi suka kumpul tiap hari jumat di terminal jombor ato hari minggu di terminal giwangan..

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #3 pada: September 20, 2010, 11:45:08 am »
Kereta Ekonomi AC
Pada hari Rabu, 24 agustus 2010 PT INKA mengadakan uji coba perjalanan Kereta Ekonomi AC pulang-pergi dari Stasiun Besar Madiun menuju Stasiun Solo Balapan.
Dalam rangka mensukseskan program pemerintah menyediakan angkutan lebaran yang nyaman dan aman, PT INKA memproduksi kereta ekonomi jenis baru yang berpendingin(AC).

Dalam uji jalan tersebut turut serta Direktur Jenderal (Dirjen) Keselamatan dan Terknik Sarana Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko dan Direktur Utama PT INKA Roos Diatmoko.
Kereta ekonomi AC tipe K3 buatan PT Industri Kereta Api (INKA) akan diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan 3 September 2010. Kereta tersebut digunakan untuk menunjang angkutan lebaran.



nama kereta apinya Bagawanta....rutenya sementara ini Kutoarjo-Jakarta PP....kedepannya sekitar tahun 2011 kemungkinan seluruh kereta api ekonomi di Indonesia udah pake AC

link: www.inka.web.id

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #4 pada: September 20, 2010, 11:48:23 am »
Railbus (buatan PT INKA juga)

Railbus is combination between railway and light bus construction.The cost of building a railbus is much cheaper than a train with shortened production time.

First Railbus produced by INKA namely Kertalaya, serves mostly college students from University of Sriwijaya who will be going to their campus in Inderalaya from Palembang. It is supposed to reduce road congestion and road accident in between Palembang to Inderalaya. Other city in Indonesia will be the next implementation.  Many old train soon will be replaced by this kind of railbus.  PT. INKA has been made order from Yogyakarta as well.  Yogyakarta is well known as city of students where many people from across the country studied there in College and Universities all over the city.

Railbus speed is up to 100km/hour, more faster than speed of train at 50 – 80 km/hour.

The railbus developed  PT. INKA.

Specification :
1    Number of Train    3 Set
2    Seating Capacity    98 Person
3    Normal Capacity    129 Person
4    Maximum Capacity    194 Person
5    Air Conditioner    AC Roof Mounted
6    Maximum Speed    100 Km/hr
7    Propulsion    Diesel Elektric
8    Bogie    Single Axle & Articulated Bogie
9    Carbody    Hybrid Composite




spesifikasi lengkap: http://site.inka.web.id/wp-content/uploads/2009/03/railbus.pdf

transistor_dioda

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 397
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Carpathian mountains
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #5 pada: September 21, 2010, 12:08:33 am »
Yo, Gw masuk. Gw termasuk pengemar perkeretaapian termasuk disain stasiun-stasiun klasik yg ada di Jawa. Ada yg bisa kasih gambar stasiun Tj. Priok pasca renovasi+bunker peninggalan VOC di dalamnya?

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #6 pada: September 21, 2010, 09:01:11 am »
Stasiun Tanjung Priok

Before



bunker


After


KRL yang nampang itu KRL buatan Indonesia loh...



arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #7 pada: September 21, 2010, 04:53:06 pm »
ikutan masuk ah..
secara udah jadi fans KRL Jabodetabek dengan 'terpaksa' :p

lha.. stasiun tanjungpriok udah keren begitu..
aku yang orang jakarta aja baru tau..

dinie_bgt

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #8 pada: September 21, 2010, 06:16:33 pm »
Saya juga ngikut masuk...
Nge-fans sama Thomas & friends...  :D

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #9 pada: September 22, 2010, 04:28:52 am »
woooh keren yang poncol - sepu itu
dulu pernah papasan ama ni kereta. emang beda ama kereta ekonomi/bisnis yang biasa digunakan. bersih, dan keliatan kalo lebih terawat (ato karena emang baru ya? )

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #10 pada: September 22, 2010, 01:16:49 pm »
masih baru...waktu kemaren mudik..kagak kaya gitu, kacanya udah banyak yang retak, karena di sepanjang jalan banyak anak yang berjejer lemparin kereta ini pakai benda-benda (yang terakhir dilempar pake botol minum yang diisi air, waktu itu kena kepala salah satu penumpang) tapi dalemannya masih OK, karena ada petugas cleaning service nya

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #11 pada: September 22, 2010, 01:38:07 pm »
KA Prambanan Express (Jogja-Solo dan Jogja-Kutoarjo)

udah 5 tahun kereta ini beroperasi jumlahnya 3 set plus 2 set Pramex lama, interiornya masih bagus sampe sekarang
interior


KA Pramex adalah jenis KRDE (diesel-electric) hasil modifikasi dari KRL BN-Holec

KRL BN Holec


modifikasinya adalah menambah genset untuk menyuplai listrik bagi operasional kereta ini serta menmbah baterai di bagian bawah kereta, so mesin diesel yang dipakai hanya untuk pembangkit listrik saja, sehingga lebih hemat bahan bakar

harga tiketnya sekarang 9000 berangkat tiap hari dari jam 5.00-20.00 PP waktu tempuh 55 menit jogja-solo dan1 jam Jogja-Kutoarjo

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #12 pada: September 22, 2010, 01:50:11 pm »
KRDI Madiun Jaya (rute Jogjakarta-Madiun)



pedagang resmi


informasi soal kereta ini....belom banyak yang gw tahu, cos belom pernah nyoba naik (mungkin kapan-kapan)

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #13 pada: September 22, 2010, 01:55:15 pm »
KRDI Banyubiru (rute Jogjakarta-Semarang Poncol) tiket 24.000 (2 bulan lalu)


interior


meski jenis keretanya sama, tapi interiornya beda...banyubiru didesain untuk jarak pendek-menengah jadi kursinya menyamping

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:yang nge-fans sama kereta api (suka atau minimal pernah naik) masuk sini!!
« Jawab #14 pada: September 23, 2010, 12:25:29 pm »
PENGALAMAN NAIK KA. BLORA JAYA SEMARANG PONCOL-WADU . 16-09-10

saat itu saya sedang mudik dari Yogyakarta ke Wadu, biasanya sekeluarga selalu naik kereta api Pramex ke Solo dan dilanjutkan dengan 4 kali ganti bis, tapi tiap lebaran biaya perjalanan selalu membengkak hinggak lebih dari 50.000 1 orang sekali jalan. 2 bulan sebelum lebaran waktu ada kereta Joglosemar, Ibuku kemudian beralih ke kereta itu sampai semarang dan baru berganti kereta ekonomi jurusan Cepu/Bojonegoro, kebetulan saat itu Blora-Jaya juga masih baru dioperasikan, berangkat dari Semarang pukul 5 dan sampai di Wadu pukul 8. kata beliau keretanya bersih dan bau karbol, selain itu selalu diputar musik..pokoknya nyaman katanya.....

tanggal 17-09-10, gw sama adikku yang kebetulan mudik..kerena kereta Joglosemar yang jam 9 udah tidak ada, terpaksa ganti dengan Pramex dan di Solo berganti dengan kereta Pandan wangi, di Solo gw masih bingung jadwal keberangkatan Blora-Jaya dari Semarang (takut nggak keburu kalo naik Pandan Wangi), saat itu buka internet cari info0 no telp stasiun Poncol dan Tawang, namun anehnya 5 nomor yang ada tidak satupun yang bisa dihubungi (tidak nyambung), kemudian saya menuju ruang informasi, dan dicoba ditelpon, namun sama saja tetap tidak nyambung....iseng-iseng menemui petugas PPKA stasiun Balapan, nanya nomor telepon sta Tawang/Poncol...petugasnya bilang nggak tahu dan oleh salah satu petugas akhirnya dikasih nomornya, namun ternyata nomornya sudah kadaluwarsa (nomor telpon lama yang 5 digit), akhirnya dengan modal nekad tetep jalan pake Pandan Wangi....

jam 16.10 sampai juga di stasiun tawang, langsung aja antri ke loket dan nggak sampai 20 menit kereta Blora Jaya datang. begitu masuk bayangan nyaman yang dikatakan ibuku langsung hilang..keretanya kotor, penuh sampah kertas, bungkus makanan dan puntung rokok, petugas kebersihan memang ada, namun sepertinya tidak banyak membantu, selain itu kaca jendela dan bahkan kaca ruang masinis banyak yang pecah/ retak dan ditambal pakai lakban. musiknya memang masih ada, dan sound systemnya termasuk bagus untuk ukuranku.
keberangkatan kereta sedikit terlambat karena padatnya jalur, dari jadwal pukul 17.00, kereta akhirnya jalan pukul 17-40, di sepanjang jalan di dalam kereta ada aja orang yang merokok sembarangan (apalagi kaca jendela ditutup karena hujan, ventilasi jadi kurang lancar), bau gerbong jadi pengap dan tidak ada petugas yang menegur, udah gitu puntungnya juga dibuang di dalam gerbong, bagian langit2 kereta juga penuh sarang laba-laba (ada laba-labanya juga), keliatan kalo nggak pernah dibersihin). di sepanjang jalan saya merasa ada yang aneh.. (kebetulan di gerbong pertama dekat kabin masinis) di ruang masinis yang biasanya cuma diisi 1-3 orang, penuh sesak hingga 5 orang, selain itu muka para masinis kelihatan tegang dan sepanjang jalan kereta selalu mengklakson panjang berkali-kali dan jalannya juga lambat, namun jam 20.47 kereta akhirnya sampai tujuan dengan selamat di Stasiun Wadu (terlambat 40an menit), dan dari situ akhirnya aku tahu masalahnya...ternyata lampu depan (semuanya) mati...(heran juga kereta tetap dijalankan dalam kondisi begitu??)
oo...ya di jalan juga kebetulan ada seorang ibu2 yang sudah tua...dari pasar di semarang kayanya mau pulang ke Cepu...tapi dia nggak beli tiket, langsung dikerubutin sama kondektur, suruh milih bayar 5 kali harga tiket ato diturunin di stasiun terdekat (harga tiket SMC-CP sekitar 30.000)

BERSAMBUNG.
« Edit Terakhir: September 23, 2010, 12:41:38 pm oleh LAVI »