Penulis Topik: acara aqiqah seperti apa?  (Dibaca 20132 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
acara aqiqah seperti apa?
« pada: Juli 13, 2010, 07:09:50 am »
Assalamualaikum
insya Allah dalam minggu ini Anah lahiran, amien
mohon doanya ya... trus Anah juga mau tanya yg udah pengalaman ngadain aqiqah tu acaranya seperti apa?
yg lengkap ya, susunan acaranya, maklum ini anak pertama. pengennya stlah hari ke 7 lsg aqiqah, kambing udah ada tp bgm konsep acaranya masih blank  :-??

dinie_bgt

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #1 pada: Juli 13, 2010, 09:14:58 am »
Assalamualaikum
insya Allah dalam minggu ini Anah lahiran, amien
mohon doanya ya... trus Anah juga mau tanya yg udah pengalaman ngadain aqiqah tu acaranya seperti apa?
yg lengkap ya, susunan acaranya, maklum ini anak pertama. pengennya stlah hari ke 7 lsg aqiqah, kambing udah ada tp bgm konsep acaranya masih blank  :-??

Klo aku dulu yg ngurusin ibu mertua sama pengajian ibu2 di perumahan skitar.
Acaranya biasanya pengajian ala ibu2 gitu, sholawat, dsb. Trus fakhri ku gendong sambil muterin ibu2 itu sambil klo ada yg mau motong rambutnya fakhri.
Trus setelah rambut dipotong, ibu2 itu disemprot minyak wangi sama mertuaku (bener2 ga ngerti apa arti rtual itu)..
Trus udah dech..

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #2 pada: Juli 13, 2010, 09:34:08 am »
Assalamualaikum
insya Allah dalam minggu ini Anah lahiran, amien
mohon doanya ya... trus Anah juga mau tanya yg udah pengalaman ngadain aqiqah tu acaranya seperti apa?
yg lengkap ya, susunan acaranya, maklum ini anak pertama. pengennya stlah hari ke 7 lsg aqiqah, kambing udah ada tp bgm konsep acaranya masih blank  :-??

Klo aku dulu yg ngurusin ibu mertua sama pengajian ibu2 di perumahan skitar.
Acaranya biasanya pengajian ala ibu2 gitu, sholawat, dsb. Trus fakhri ku gendong sambil muterin ibu2 itu sambil klo ada yg mau motong rambutnya fakhri.
Trus setelah rambut dipotong, ibu2 itu disemprot minyak wangi sama mertuaku (bener2 ga ngerti apa arti rtual itu)..
Trus udah dech..

persis. dikurangi yang warna biru.

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #3 pada: Juli 13, 2010, 10:26:54 am »
Wa'alaikum salam

yang saya tau..
dari sisi sunnah sih yang penting motong kambing (kalo anaknya perempuan 1 ekor, kalo laki-laki 2 ekor), dagingnya dibagi ke kerabat/tetangga
rambut si bayi dicukur lalu ditimbang, setarakan dengan harga perak yang berlaku pada saat itu, lalu bersedekah dengan nilai segitu..
ga harus ada acara apa2..
tapi kalo mo dibikin acara ya silahkan saja disesuaikan dengan kondisi..

kalo ga salah saya pernah bikin aqiqah ngundang dudunger deh..
acara aqiqahnya ngundang dudunger juga aja  :p

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #4 pada: Juli 13, 2010, 01:15:34 pm »
yah, yg lengkap dong, klo sunnah nya potong kambing, cukur rambut jg udah tau tp masa' orang2 pada datang trus g ada di apa2in  :102:

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #5 pada: Juli 13, 2010, 05:33:19 pm »
yah, yg lengkap dong, klo sunnah nya potong kambing, cukur rambut jg udah tau tp masa' orang2 pada datang trus g ada di apa2in  :102:
lha.. orang dateng ya dikasih makan aja.. pasti seneng  :p
kalo mau diisi tausyiah khan tinggal ngundang ustadz setempat..
pokoknya tergantung sseksi acaranya aja deh mo bikin acara apa  ;D

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #6 pada: Juli 14, 2010, 08:02:10 am »
potong kambing...
dan ngundang makan-makan

Abi Nizma

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.850
  • Reputasi: 43
  • Jenis kelamin: Pria
  • Aku Mencintai Kedua2nya
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #7 pada: Juli 14, 2010, 03:18:54 pm »
Relatif setuju dengan Bapak Arief...

Kalo saya kelahiran anak ke 2 ini .. hanya pesen Kambing yang langsung dibuat menjadi sate dan gule,... trus pesan nasi box sekalian.. setelah itu dibagikan ke tetangga-tetangga ..... simple dan tanpa protes...

Akan lebih baik memang mengudang makan ke rumah.. mengundang anak yatim-piatu, orang2 tidak mampu.. tetangga... dll...trus gak usah yang ini yang itu... karena adat biasanya terkadang menutup sunnah.... trus terkadang yang tidak disunnahkan oleh Rosululloh malah mendominasi.... jadi yang tadinya kita niatkan mengikuti sunnah Nabi (aqiqah).. malah menjauh dari sunnah.. repot...


hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #8 pada: Juli 15, 2010, 07:07:18 am »
jadi begini aj yah, kambingnya udah ada, minta di potong trus dimasakin aj, trus dibagi-bagikan ke panti
mengundang keluarga ma tetangga buat makan2.
Trus potong rambutnya bgm, apa Ayahnya aj atau kakeknya yang gundulin rambutnya gitu, trus tu rambut disimpan ntar di kurskan dgn beratnya perak.
Apa mengundang ustadz y, tanya aj bgm sebaiknya acaranya

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #9 pada: Juli 15, 2010, 11:40:37 am »
jadi begini aj yah, kambingnya udah ada, minta di potong trus dimasakin aj, trus dibagi-bagikan ke panti
mengundang keluarga ma tetangga buat makan2.
gitu juga boleh

Trus potong rambutnya bgm, apa Ayahnya aj atau kakeknya yang gundulin rambutnya gitu, trus tu rambut disimpan ntar di kurskan dgn beratnya perak.
ayahnya aja yang motong
kalo saya dulu pake pisau cukur Gill**** Mach III
dicukur pas anaknya lagi tidur..
kalo belum dapet waktu yang pas buat nyukur, gunting dulu aja sekedarnya sebagai formalitas, cukurnya nanti pas bayinya tidur

kalo saya sih ga repot2 nimbang.. timbangannya ga punya :p
dikira-kira aja berat rambut keseluruhan kurang lebih ga akan lebih dari 1 - 1,5 gram
ya sedekah aja senilai itu

semoga dimudahkan urusannya  :)


hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: acara aqiqah seperti apa?
« Jawab #10 pada: Juli 16, 2010, 12:46:53 pm »
amien, trimakasih buat komen nya  >:D<