Penulis Topik: Aneka kue tradisional,,,  (Dibaca 7321 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Aneka kue tradisional,,,
« pada: Mei 07, 2010, 09:13:57 am »
Angela minta tolong bantuan moderator ya untuk topik ini agar di bikin khusus untuk kue2 tradisional,,,
Bagi yang kirim resep tolong di cantumin asal na dari daerah mana,, hitung2 biar memelihara satu kekayaan kuriner indonesia, biar gak di curi hak ciptanya kayak tempe itu kan udh di curi negara lain,,,
Angela orang lampung, tp miris na gk bisa bikin lapis legit lampung, doyan dodol, tapi gak tahu itu dari daerah mana, naga sari, cenil, sendol, empek2 palembang,,, kan klu wanita pinter masak n bikin kue juga bisa buat usaha betul,,,?
Ayo sapa yang mau mulai duluan,,,? Silahkan banggakan makanan khas daerah masing2 dg berbagi ilmu na, makasih

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Aneka kue tradisional,,,
« Jawab #1 pada: Mei 12, 2010, 12:52:47 am »
saya gak suka kue2 tradisional :p

tapi kalo non angela mau bikin,,,,coba main2 kesini http://www.sedapsedap.com/?p=441

:D ;)   ;;)

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: Aneka kue tradisional,,,
« Jawab #2 pada: Mei 12, 2010, 01:31:38 pm »
aku suka kue2 tradisional...

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: Aneka kue tradisional,,,
« Jawab #3 pada: Mei 12, 2010, 01:37:24 pm »
saya gak suka kue2 tradisional :p

tapi kalo non angela mau bikin,,,,coba main2 kesini http://www.sedapsedap.com/?p=441

:D ;)   ;;)

syifa>>jzkl ya linknya hmmm kuenya enak2 kliatannya hehehe

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Aneka kue tradisional,,,
« Jawab #4 pada: Mei 12, 2010, 03:25:40 pm »
Angela gk bisa buka sis,,, cos angela ol pake hp nie,,,, jd cucah

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Aneka kue tradisional,,,
« Jawab #5 pada: Juli 02, 2010, 01:33:08 pm »
Ngeliat2 resepnya jadi kepingin bikin cenil nich...
Kyknya simple bikinnya... Dari jaman SD seneng bgt sama makanan ini...




BAHAN:

    * 400 gram tepung kanji
    * 275 ml air
    * 1 sdt garam
    * pewarna makanan warna merah, kuning , hijau
    * 2000 ml air, untuk merebus
    * 8 – 10 lembar daun pandan, potong-potong
    * 1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
    * 1 sdt garam
    * 20 buah takir daun pisang (bila suka)
    * 6 sdm gula pasir

CARA MEMBUAT CENIL PELANGI:

   1. Larutkan 50 gram tepung kanji dengan 60 ml air, aduk, sisihkan. Didihkan sisa air bersama garam di atas api sedang. Masukkan larutan tepung kanji sambil diaduk hingga adonan mengental, angkat.
   2. Aduk terus hingga adonan mengental rata dan agak dingin, campurkan sisa tepung kanji sedikit demi sedikit ke dalamnya. Uleni hingga rata, lalu bagi adonan menjadi 3 bagian. Beri warna masing-masing bagian dengan pewarna merah, kuning dan hijau, aduk rata.
   3. Ambil 1 sdm adonan merah, kuning dan hijau. Rekatkan menjadi satu, lalu gulung bentuk panjang sebesar kelingking. potong-potong ukuran 3 cm, selesaikan hingga sisa bahan habis.
   4. Taruh air dan daun pandan dalam panci, jerang di atas api, masak hingga mendidih, lalu kecilkan api, tutup panci. Masak hingga aroma pandan terserap oleh air. Buang daun pandan, teruskan memasak hingga air mendidih.
   5. Masukkan adonan yang sudah dipotong-potong ke dalam air pandan, masak hingga mengapung (kurang lebih 5 menit), angkat.
   6. Gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dicampur garam, hidangkan di atas wadah atau takir daun pisang dengan taburan gula pasir.

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Aneka kue tradisional,,,
« Jawab #6 pada: Juli 02, 2010, 07:13:34 pm »
mba dini itu bikin sendiri ?? foto nya bagus banget mba...  :cool:

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Aneka kue tradisional,,,
« Jawab #7 pada: Juli 03, 2010, 01:16:44 am »
mba dini itu bikin sendiri ?? foto nya bagus banget mba...  :cool:

Xixixi... Bukan atuh...  ;))
diriku ngambil dari link yg kamu kasih kok...
Ceritanya aku baru mau bikin... Begonoh...  :D