Penulis Topik: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?  (Dibaca 60498 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #30 pada: April 29, 2010, 02:50:23 pm »
masalahnya menurut saya masih belum jelas pak... :|
negara kafir itu = yang dipakai system kafir, atau
negara kafir itu = orang-orangnya kafir (atau mungkin sebagian besar), atau
negara kafir itu = system kafir dan orang-orang kafir.
ya kembalikan ke TS-nya dulu deh..
yang dimaksudkan negara kafir itu yang mana?

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #31 pada: April 29, 2010, 03:27:20 pm »
Yg TKW bukan anda kan,,,? Anda tahu TKW cuma dari katanya katanya, anda pernah ikut keorganisasian TKW, pernah masuk shelter TKW, baca gak koran2 tentang tkw, dan tahu gak hak hak tkw? Jika anda bisa membuktikan bahwa saudi lebih baik dlm memperlakukan tkw dibanding hong kong sebanyak 60%, angela akan setuju saudi di sebut islam. Tapi sejauh angela jd TKW, ikut keorganisasia, ternyata saudi lebih kejam bahkan tidak berprikemanusiaan di banding Hong kong, klupun anda bisa membuktikanya,, perlu sangat digaris bawahi,,, hong kong yg kebayakan gak berTuhan tapi punya hati dan simpati itu sangat menajjubkan, dibanding negara berTuhan tapi gk berkeprimanusiaan

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #32 pada: April 29, 2010, 03:57:12 pm »
tok.. tok.. tok..
cooling down dulu mbak angela..  :)

alur diskusi yang direncanakan mas drai sudah bagus
Ana mencoba membahas secara pelan-pelan dari sisi bahasa dan dan kemudian definisi syara dilanjutkan dengan permasalahn-permasalahan yang muncul seputar permasalahan tersebut.
mari kita mulai dari menyamakan definisi dan persepsi tentang negara kafir dulu..
ga usah dengan emosi bahasnya  ;)

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #33 pada: April 29, 2010, 06:22:06 pm »
kembali ke permasalahan awal...
mungkin telah lewat ungkapan dari akh Fauzy, kenapa di sini terlebih dahulu mendefinisikan secara bahasa? Kita ketahui terkadang apa yang dimaksud oleh tujuan tidak tercapai karena perbedaan makna terhadap arti kata tersebut. Contoh, niat dalam adalah bahasa arab yang artinya al qshdu yakni menyengaja. Sedangkan bahasa Indonesia diartikan melafadzkan. Hal ini yang diperdebatan masalah niat dalam shalat. sama pola katanya akan tetapi beda hakikatnya yakni 'niat'.

Nah di sini kenapa menjelaskan secara bahasa agar muncul kesamaan pemahaman tentang negara Islam, apakah maksudnya daulah Islam, biladul Islam atau al hukumiyyah Islamiyyah. Karena, jika terjadi perbedaan pemahaman secara bahasa maka akan semakin jauh yang dimaksud dari diskusi ini.

Kemudia, pembahasan di sini bukan tempatnya mengolok-olok negara tertentu, apa lagi jika kasusnya di lakukan oleh salah satu warga negara terus memukul rata bahawa itu adalah bagian dari penyifatan kepada  tersebut itu sangat jauh. Logikanya, kita tentu tidak mau kampung kita ada warganya yang berzina kemudia kita klaim bahwa kampung kita adalah kampungya para pezina tentu tidak bukan?

A

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #34 pada: April 30, 2010, 10:19:29 am »
Betul mas drai, maaf saya baru nanggapin, soalnya males kalo yg nanggapin landasannya ngga jelas. kecuali kalo hati ini sdh kemropyok / jengkel baru deh... naik pitam  X( X( X(( biasanya saya sering nanya dulu agama loe apa ? krn ya itu setelah saya bahas jauh2 pada nggak nyambung .. jadi seperti syairnya grup band malaysia Slam: " sia-siaaaa berkorban slama iniihi.. aku terangkan, diriku kau ragukan.. a-a-a ...)  :"> :">tapi alhamdulilah pernyataan2 mas drai sdh mewakili saya.

Sebenarnya tdk cukup dari segi arti bahasa saja ( ini kalo saya lho ).
pertama : dari segi bahasa suatu istilah itu mempunyai arti apa?, bisa menurut kebiasaan orang arab memakai istilah itu untuk apa ?
kedua : maksud penulis / mujtahid mengambil istilah ini dari pada istilah itu apa ?,
ketiga : definisi syar'i-nya (kalau ada) suatu istilah yg dipakai itu apa? ( jadi ada arti dari segi bahasa dan arti dari segi syar'i : seperti kata jihad : kalau cuma dari segi bahasa artinya sungguh2, tetapi dalam istilah syar'i jihad fi sabilillah itu tiada lain & tiada bukan berarti perang membela agama islam dg tanpa melupakan aturan & syarat2 syariah ),
keempat: adakah istilah lain yg dipakai oleh dalil syariat dan atau dipakai oleh mujtahid yg lain yg mempunyai kesamaan definisi ? ( artinya bisa jadi : istilah A = istilah B = istilah C krn mempunyai definisi yg sama. )
apalagi ya...lupa aku. itu dulu sementara.

Begitu mas, mbak, akhi pokok2 ijtihad yg saya dapat dari hizbut tahrir.

kok sampe tkw disiksa di arab... lha siapa yg mengatakan arab saudi itu Daulah Islamiyah ? siapa yg mengatakan malaysia itu daulah islamiyah ?
« Edit Terakhir: April 30, 2010, 12:30:28 pm oleh Fauzi5994559 »

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #35 pada: April 30, 2010, 02:10:36 pm »
masalahnya menurut saya masih belum jelas pak... :|
negara kafir itu = yang dipakai system kafir, atau
negara kafir itu = orang-orangnya kafir (atau mungkin sebagian besar), atau
negara kafir itu = system kafir dan orang-orang kafir.
ya kembalikan ke TS-nya dulu deh..
yang dimaksudkan negara kafir itu yang mana?

Kalo pake pola pikir yg saya adopsi, saya setuju dg mas arif budiman.
Yang dimaksud negara / daulah itu apabila ada sistem untuk mengatur suatu wilayah / negeri / daerah / bilad tersebut. Namanya sistem aturan sudah pasti ada yg membuat dan sudah pasti ada pemerintahannya pula.

Jadi negara tersebut disebut darul kufr / negara kafir apabila sistem yg dipakai di suatu Bilad bukan sistem islam, bisa :
1. negara kafir = sistem yg dipakai sistem kafir sekalipun penduduknya mayoritas islam + yg memerintah orang islam.
2. negara kafir = sistem yg dipakai sistem kafir + penduduknya kafir.

Jadi ?
1. Indonesia bisa disebut darul dan bilad.
2. Kutup selatan tidak bisa disebut darul, karena tdk ada pemerintah yg berkuasa berikut sistemnya melainkan hanya disebut daerah/wilayah/bilad.


masud hasim

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 66
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #36 pada: April 30, 2010, 09:28:25 pm »
tapi g semua kan hukum yang digunakan negara indonesia adalah hukum kafir......

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #37 pada: April 30, 2010, 09:46:13 pm »
Ana kebetulan punya buku bagus yang berjudul 'konsep negara islam', yang di karang oleh Dr. Muhammad Abdul Halim Elmahmudy. Dalam bukunya beliau menukil pendapat bebarapa ulama seperti Imam Abu Hanifah, Abul A'la al Maududy, Syiakh Muhamad Rasyid ridla, Abu Zahrah dan lain-lain. Ada satu hal yang menarik, menururt beliau sebetulnya istilah Daulah islamiyyah atau al hukummah Islamiyyah dan sederetan istilah yang serupa(ana kebetulan masih punya catatan mata kuliyyah fiqih siyasah), merupakan Istilah yang baru dan dipopulerkan oleh Syaikh Muhammad Rasyid ridla dalam bukunya"Calipate and The Great Immate". Dalam islam hanya dikenal istilah Imamah atau khilafah berikut rentetan perinciannya.

Dan tidak disebutkan secara qat'i yang menjelaskan syarat-syarat atau kriteria seperti apa bahwa sebuah wilayah dikatakan sebagai daulah islamiyyah. Akan tetapi, ada satu penjelasan yang menarik sebagai mana apa yang pertama kali ana ungkapkan di awal posting sebagai berikut:

para ulama bersepakat sebagaimana salah satunya Abu Zahra mengikuti pendapat Imam Abu Hanifah dan juga Penulis buku "Konsep negara Islam" memilih pendapat Imam Abu Hanifah juga, bahwa suatu negara dikatakan negara islam dilihat dari jumlah nominal penduduk muslim yang tinggal diwilayah tersebut. Beliau yakni Abu Zahrah berpendapat" semua negara yang penduduk muslimnya lebih banyak adalah negara Islam, sekalipun undang-undang Islam tidak dilaksanakan. Jika ditambah pendapat Imam Nawawi, "dan diwilayah tersebut syiar-syiar Islam yang besar bisa bebas dijalankan oleh Kaum Muslimin seperti adzan, shalat jum'at, shalat Ied dan sebagainya"

Kemudian beliau(Abu Zahrah) mengharapkan agar semua negara Islam lahir hukum yang sesuai dengan al qur'an dan as sunnah.

Di sinilah letak perbedaannya yakni pandangan tentang apakah Indonesia termasuk negara kafir? Tinggal, yang berpandangan bahwa Indonesia termasuk negara kafir mana landasannya dan yang berpandangan bahwa Indonesia bukan negara kafir, telah disebutkan pandangan para ulama dan sebagaimana apa yang pertama kali ana ungkapkan(landasan yang dijadikan sumber pendapat bahwa Indonesia bukan negara kafir).

Permasalahannya adalah:
Terhadap yang berpendapat Indonesia adalah negara kafir dengan alasan yang telah dijelaskan, apakah berlaku untuk negara lain termasuk Irak, Palestina, mesir, sudan dan semisalnya yang menganut Demokrasi karena bersumber bukan dari hukum Islam?

« Edit Terakhir: Mei 01, 2010, 04:22:25 am oleh drai »

cadenza

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 14
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #38 pada: Mei 02, 2010, 06:24:05 pm »
Daripada memikirkan negara bersistem Islam, kenapa tidak dulu memikirkan sistem desa/kelurahan (pemerintahan terkecil) menganut sistem Islam dan menjadi daerah percontohan ? Tentunya semakin banyak daerah yang mencontoh, tentu akan lebih mudah mengubah sistem ketatanegaraan berlandaskan Islam.

Banyak masyarakat Islam awam yang masih antipati dengan sistem Islam karena mereka hanya memandang sebagai permainan para politikus yang tidak memberikan peningkatan kesejahteraan bagi mereka. Kalau sudah begini, bagaimana mendapat dukungan dari masyarakat terutama Indonesia bagian Timur ?

Tunjukkan dulu Islam sebagai rahmatan lilalamin pada lingkup pemerintahan terkecil, baru berfikir ke pemerintahan tertinggi.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #39 pada: Mei 02, 2010, 09:26:53 pm »
ana setuju pendapat antum, tapi di sini kita mencoba untuk berbagi informasi akhi gak ada salahnya bukan?

cadenza

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 14
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #40 pada: Mei 03, 2010, 09:06:16 am »
Tidak apa2 mas Drai, ini hanya pandangan saya saja kok  :)

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #41 pada: Mei 03, 2010, 12:39:18 pm »

...

Permasalahannya adalah:
Terhadap yang berpendapat Indonesia adalah negara kafir dengan alasan yang telah dijelaskan, apakah berlaku untuk negara lain termasuk Irak, Palestina, mesir, sudan dan semisalnya yang menganut Demokrasi karena bersumber bukan dari hukum Islam?



Kalau memakai logika yg saya adopsi tentu semuanya masih berstatus sbg darul kufr meskipun berdiri diatas biladul islam ( = baca : pemerintahan yg menjalankan sistem kufr diatas tanah kaum muslimin ).
« Edit Terakhir: Mei 03, 2010, 12:41:23 pm oleh Fauzi5994559 »

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #42 pada: Mei 03, 2010, 01:26:49 pm »
Untuk pendapat pribadi dan bukan dari adopsi, ana gak tega mengatakan Palestina dikatakan negara kafir... :-? :-? :-?

Bagaimana dengan yang lain? apakah tega mengatakan Palestina negara kafir?....
« Edit Terakhir: Mei 03, 2010, 01:33:56 pm oleh drai »

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #43 pada: Mei 03, 2010, 01:47:05 pm »


Lantas Bagaimana dengan Pemerintahannya ?

Berarti : pemerintahan dari darul kufr, kepala negaranya juga kepala darul kufr atau rais min darul kufr, meskipun aqidah individu para pemimpin adalah islam.

Itu kalau saya konsisten dg definisi awal yg saya adopsi.
thx.


semoga kita semua tida salah memahami kalimat di atas sehingga tidak mengkafirkan saudara muslim kita lantaran tidak berhukum dengan hukum Islam. Padahal Ibnu Abbas radiyallahu 'anhu ketika menafsirkan ayat" faman lam yahkum bima anzalallahu fahuwal kaafirun" yaitu kufrun duna kufrun maksudnya sesuatu yang jika dilakukan tidak mengeluarkan seseoarang dari islam[lihat dalam tafsir ibnu katsir].

Apakh pendapat akh Fauzy demikian?...

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #44 pada: Mei 04, 2010, 09:47:53 am »


Lantas Bagaimana dengan Pemerintahannya ?

Berarti : pemerintahan dari darul kufr, kepala negaranya juga kepala darul kufr atau rais min darul kufr, meskipun aqidah individu para pemimpin adalah islam.

Itu kalau saya konsisten dg definisi awal yg saya adopsi.
thx.


semoga kita semua tida salah memahami kalimat di atas sehingga tidak mengkafirkan saudara muslim kita lantaran tidak berhukum dengan hukum Islam. Padahal Ibnu Abbas radiyallahu 'anhu ketika menafsirkan ayat" faman lam yahkum bima anzalallahu fahuwal kaafirun" yaitu kufrun duna kufrun maksudnya sesuatu yang jika dilakukan tidak mengeluarkan seseoarang dari islam[lihat dalam tafsir ibnu katsir].

Apakh pendapat akh Fauzy demikian?...

Ya mas drai.. secara pribadi dan dari pemikiran yg saya adopsipun kami tdk berhak mengkafirkan individu kalau jelas2 masih beraqidah islam ( masih bersyahadat ).
Kami sebenarnya lebih mengingatkan pada diri sendiri dan kpd penguasa yg menentang dan atau yg lalai tidak menerapkan sistem islam, sebagaimana mas drai kutip ayat yg sudah jelas artinya :
"...maka siapa saja yg tdk berhukum (faman lam yahkum ) lamnya harfun jazm ya ? berarti memastikan status hukumnya) dg apa2 yg diturunkan tuhanmu (bi ma anzallahu),
maka dia sebenarnya termasuk kaum kafir (fa huwa al-kafirun) kafirnya sdh jelas krn isim makrifat )"

Itu kata Al-quran yg merupakan firman Allah SWT tuhan KITA. Boleh saja kita berkilah macam2 dihadapan manusia ( dan kamipun tetap berpendirian kita tetap muslim selama masih bersahadat ) tetapi di hadapan Allah SWT, bagaimana ? padahal sudah jelas ayatnya.

wallahu alam.