Penulis Topik: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?  (Dibaca 63861 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« pada: April 26, 2010, 04:54:47 pm »
Afwan materi ini mencoba mengangkat sebuah permasalahan yang sampai saat ini masih sering terdengar ungkapan bahwa Indonesia adalah negara Kafir. Kenapa dikatakan kafir, apakah hanya karena tidak menerapkan undang-undang berdasarkan hukum Islam kemudian di katakan negara Kafir dari sisi mana mutlak Indonesia dikatakan sebagai negara kafir.

Padahal Imam Madhab yang empat di antaranya Imam Syafi'i rahimahullah di antara syarat sebuah negara dikatakan negara Muslim adalah jika telah tegak syiar Islam yang besar seperti Adzan, shalat Ied dan Idul fitri, shalat jum'at bahkan pemerintahnya adalah penyelanggara Ibadah haji.

Imam Nawawi rahimahullah berdalil atas hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab al maghazi jika ada suara adzan maka rasul membatalkan perangnya(tidak jadi memerangi kaum tersebut), beliau berkata ini adalah syarat mutlak bahwa sebuah negara dikatakan sebagai negara Muslim. Selain itu, kekuasaan di bawah kaum muslimin, seperti contohnya adalah orang kristen jika akan mendirikan gereja harus ada ijin dari pemerintah akan tetapi sebaliknya di luar negara Muslim umat Islam yang ingin membangun Masjid harus ada ijin begitu juga mengumandangkan adzan melalui pengeras suara.

Bagaimana, apakah Indonesia dikatakan negara kafir?
« Edit Terakhir: April 26, 2010, 05:02:09 pm oleh drai »

Abi Nizma

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.850
  • Reputasi: 43
  • Jenis kelamin: Pria
  • Aku Mencintai Kedua2nya
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #1 pada: April 27, 2010, 06:45:02 am »
Kalo menurut ana bukan negara kafir, akan tetapi suatu negara yang mayoritas penduduknya muslim yang belum mampu untuk menegakkan hukum islam.... jangankan negaranya hukum islam yang mengatur mayoritas penduduknyapun juga belum berjalan.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #2 pada: April 27, 2010, 09:15:03 am »
Yang disyukuri adalah umat muslim masih bebas untuk mengamalkan ajarannya secara utuh, hatta bid'ahpun bebas untuk diamalkan he he he...

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #3 pada: April 27, 2010, 10:02:50 am »
Emang kafir itu apa?

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #4 pada: April 27, 2010, 11:20:33 am »
Emang kafir itu apa?


Kafir itu mengingkari aqidah dan ajaran islam.

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #5 pada: April 27, 2010, 11:54:24 am »
Afwan materi ini mencoba mengangkat sebuah permasalahan yang sampai saat ini masih sering terdengar ungkapan bahwa Indonesia adalah negara Kafir. Kenapa dikatakan kafir, apakah hanya karena tidak menerapkan undang-undang berdasarkan hukum Islam kemudian di katakan negara Kafir dari sisi mana mutlak Indonesia dikatakan sebagai negara kafir.

Padahal Imam Madhab yang empat di antaranya Imam Syafi'i rahimahullah di antara syarat sebuah negara dikatakan negara Muslim adalah jika telah tegak syiar Islam yang besar seperti Adzan, shalat Ied dan Idul fitri, shalat jum'at bahkan pemerintahnya adalah penyelanggara Ibadah haji.

Imam Nawawi rahimahullah berdalil atas hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab al maghazi jika ada suara adzan maka rasul membatalkan perangnya(tidak jadi memerangi kaum tersebut), beliau berkata ini adalah syarat mutlak bahwa sebuah negara dikatakan sebagai negara Muslim. Selain itu, kekuasaan di bawah kaum muslimin, seperti contohnya adalah orang kristen jika akan mendirikan gereja harus ada ijin dari pemerintah akan tetapi sebaliknya di luar negara Muslim umat Islam yang ingin membangun Masjid harus ada ijin begitu juga mengumandangkan adzan melalui pengeras suara.

Bagaimana, apakah Indonesia dikatakan negara kafir?

Di dalam khasanah yang saya ketahui dan akhirnya hingga saat ini saya adopsi tentang status sebuah negara disebut negara kafir ataukah negara islam. Adalah sbb :

Negara yang dimaksud dalam istilah fiqh disebut Daulah.
Negeri yang dimaksud dlm istilah fiqh disebut Bilad, wilayah, atau dairoh atau apalagi ya.. (sy lupa ). Dalam hal ini saya pake istilah daulah dan bilad saja.

Faktanya : para imam madhab yg anda sebut adalah hidup pada masa dan di wilayah  naungan negara khilafah.
Ketika di suatu wilayah ada kebebasan syiar islam maka itu adalah wilayah yg tunduk pada negara khilafah meskipun mayoritas penduduknya orang kafir ( krn prinsip islam adalah negara khilafah tdk memaksa rakyat untuk ber-aqidah islam ), sehingga biasanya disebut "biladil islam" ( negeri ( yg tunduk ) pada daulah islam ). Namun ketika syiar islam terhalangi maka biasanya negara khilafah yang akan menaklukan wilayah itu secara fisik setalah ditempuh cara2 diplomasi gagal.

Menurut saya itulah yg dimaksud oleh para imam madhab itu.
« Edit Terakhir: April 27, 2010, 12:37:33 pm oleh Fauzi5994559 »

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #6 pada: April 27, 2010, 02:18:15 pm »
Sekarang tentang definisi Daulah / Darul ( = negara ) dan Bilad ( = negeri ).
Kurang lebih demikian :

Daulah Islam adalah suatu wilayah / negeri2 ketika bersedia dipimpin oleh seorang khalifah, yg berdaulat adalah syariat islam, keamanannya negara seutuhnya ada dibawah tentara islam dibawah kendali khalifah dan syariat islamnya. ( Minimal ada 3 syarat : Khalifah, Syariat, HanKam ).

Bilad Islam adalah wilayah2 yg memenuhi salah satu syarat berikut :
1. Berpenduduk muslim.
2. Wilayah yg pernah tunduk pada Daulah Islam meskipun mayoritas non muslim.

Jadi bagaimana dg Indonesia ?

Kalau kita menyebut Indonesia sebagai sebuah Negara / Daulah, maka Indonesia adalah Daulah Kufr / Darul Kufr, karena memang faktanya demikian.

Kalau kita menyebut Indonesia sebagai sebuah Negeri / Bilad, maka Indonesia adalah Biladil Islam / negeri milik kaum muslimin, krn memang faktanya demikian : dulu pernah tunduk pd daulah islam dan berpenduduk muslim hingga sekarang.

Artinya :
Hingga saat ini belum ada lagi Daulah / Darul Islam, karena memang faktanya demikian.
Yang ada hanyalah negeri2, wilayah2, bilad bekas kekuasaan Daulah Khilafah Islam.

Jadi One God, One Guider but Why not One State with One Leader? disitulah dakwah kita mulai, disitulah sejarah kaum muslimin berulang kembali hingga berhasil membentuk Daulah islam di negeri madinah. Dinegeri mana yg akan menjadi Daulah Khilafah Islam yg ke-2 ?
Tergantung pada kemauan anda, insyaAllah Allah akan mengabulkan.


Begitu yang saya adopsi.
thx.




« Edit Terakhir: April 27, 2010, 02:27:45 pm oleh Fauzi5994559 »

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #7 pada: April 27, 2010, 04:23:27 pm »
ada yang lain yang mau nambahin?
 
untuk kang fauzy, trus status ulil amrinya untuk Indonesia perlu ada ketaatan bagi kaum muslimin gak?
dan untuk sementara dari kang fauzi masih melihat dari sisi bahasa, yang ahli bahasa mana hayo =D> =D> =D>.

sedikit memahami penjelasan kang fauzy, mohon kepastian apakah kata "negara' bahasa arabnya* 'Daulah" atau bilad?

dengan demikian menjadi jelas diskusi ini kemudian masuk dengan sebuah pembahasan, apakah pemerintahnya termasuk di dalamnya Presiden kufur, atau hanya namanya saja yang dikatakan "negara kafir"?.



_______________________________
*(antum menjelaskannya dengan bahasa fiqih, padahal urusan politik dalam hal ini kajiannya adalah daulah masuk dalam pembahasan aqidah).
« Edit Terakhir: April 27, 2010, 04:36:18 pm oleh drai »

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #8 pada: April 27, 2010, 04:30:46 pm »
ada yang lain yang mau nambahin?

untuk kang fauzy, trus status ulil amrinya untuk Indonesia perlu ada ketaatan bagi kaum muslimi gak?

Saya tdk sepakat kalau disebut ulil amri.
Karena ulil amri itu sangat mulia karena dalam ayatnya mereka disandingkan dg wau athof dg Allah dan Rasul. Wau athof itu menggabungkan 2 kalimah atau lebih yg sederajat. Berarti ulil amri itu tdk menselisihi apa yg datang dari Allah dan Rasul-Nya. Yang pantas disebut ulil amri itu ya khalifah yg menerapkan syariat islam.

Mengenai ketaatan kepada pemimpin pemerintah: sepanjang hal itu tdk bertentangan dg syariah kita taati.
« Edit Terakhir: April 27, 2010, 04:32:35 pm oleh Fauzi5994559 »

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #9 pada: April 27, 2010, 04:38:18 pm »
masuk pembahasan lagi, apakah pemerintah dan ulil amri sama atau berbeda hakikatnya?
dan apakah dalam surat an Nisa ayat 59 wawunya wawu athaf ?
 
:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي اْلأَمْرِ مِنْكُمْ... ]النساء: 59[

Hai orang-orang yang beriman, ta'atilah Allah dan ta'atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kalian. (an-Nisa’: 59)
« Edit Terakhir: April 27, 2010, 04:41:14 pm oleh drai »

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #10 pada: April 28, 2010, 09:16:17 am »

sedikit memahami penjelasan kang fauzy, mohon kepastian apakah kata "negara' bahasa arabnya* 'Daulah" atau bilad?

dengan demikian menjadi jelas diskusi ini kemudian masuk dengan sebuah pembahasan, apakah pemerintahnya termasuk di dalamnya Presiden kufur, atau hanya namanya saja yang dikatakan "negara kafir"?.



_______________________________
*(antum menjelaskannya dengan bahasa fiqih, padahal urusan politik dalam hal ini kajiannya adalah daulah masuk dalam pembahasan aqidah).


Saya copy paste jawaban saya lagi : semoga jelas :

Negara yang dimaksud dalam istilah fiqh disebut Daulah.
Negeri yang dimaksud dlm istilah fiqh disebut Bilad, wilayah, atau dairoh atau apalagi ya.. (sy lupa ). Dalam hal ini saya pake istilah daulah dan bilad saja.

" Jadi mas drai, kalau mengikuti istilah yg kami adopsi ada perbedaan antara daulah dengan bilad. Kalau mas drai menulis daulah atau bilad, saya katakan salah. Karena pengertiannya menjadi sama. "

Sekarang tentang definisi Daulah / Darul ( = negara ) dan Bilad ( = negeri ).
Kurang lebih demikian :


Daulah Islam adalah suatu wilayah / negeri2 ketika bersedia dipimpin oleh seorang khalifah, yg berdaulat adalah syariat islam, keamanannya negara seutuhnya ada dibawah tentara islam dibawah kendali khalifah dan syariat islamnya. ( Minimal ada 3 syarat : Khalifah, Syariat, HanKam ).

Bilad Islam adalah wilayah2 yg memenuhi salah satu syarat berikut :
1. Berpenduduk muslim.
2. Wilayah yg pernah tunduk pada Daulah Islam meskipun mayoritas non muslim.

Jadi bagaimana dg Indonesia ?

Kalau kita menyebut Indonesia sebagai sebuah Negara / Daulah, maka Indonesia adalah Daulah Kufr / Darul Kufr, karena memang faktanya demikian ( Tidak menerapkan syariat, tidak dipimpin oleh khalifah, HanKamnya tergantung amerika banget ).

Kalau kita menyebut Indonesia sebagai sebuah Negeri / Bilad, maka Indonesia adalah Biladil Islam / negeri milik kaum muslimin, krn memang faktanya demikian : dulu pernah tunduk pd daulah islam dan berpenduduk muslim hingga sekarang.

Artinya :
Hingga saat ini belum ada lagi Daulah / Darul Islam, karena memang faktanya demikian.
Yang ada hanyalah negeri2 / wilayah2 / bilad bekas kekuasaan Daulah Khilafah Islam.

Jadi One God, One Guider but Why not One State with One Leader? disitulah dakwah kita mulai, disitulah sejarah kaum muslimin berulang kembali hingga berhasil membentuk Daulah islam kembali spt di madinah untuk kali pertama oleh Nabi SAW. Di negeri mana yg akan menjadi Daulah Khilafah Islam yg ke-2 ?
Tergantung pada kemauan anda, insyaAllah Allah akan mengabulkan.


Begitu yang saya adopsi.
thx.

Lantas Bagaimana dengan Pemerintahannya ?

Berarti : pemerintahan dari darul kufr, kepala negaranya juga kepala darul kufr atau rais min darul kufr, meskipun aqidah individu para pemimpin adalah islam.

Itu kalau saya konsisten dg definisi awal yg saya adopsi.
thx.
« Edit Terakhir: April 28, 2010, 09:20:40 am oleh Fauzi5994559 »

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #11 pada: April 28, 2010, 09:53:28 am »
ikut nyimak...

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #12 pada: April 28, 2010, 10:00:43 am »
untuk kang fauzy bisa dikasih rujukan ulama yang dijadikan antum sebagai sumber pendapat antum?
Karena anggota dudunger pangin tahu, apakah hanya pendapat antum pribadi atau ada referensi yang bisa mengautkan hujjah antum, soalnya kalau katanya-katanya tentu semua orang bisa dong ;;)

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #13 pada: April 28, 2010, 10:11:42 am »
kitab-kitabnya hizbut tahrir, mas drai.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Apakah Indonesia adalah negara Kafir?
« Jawab #14 pada: April 28, 2010, 11:16:22 am »
Sedikit kembali ke pembahasan menurut bahasa negara dalam bahasa arabnya akan ketemu dua kosa kata yaiku;
asil pencarian yang tepat untuk kata "negara"

    * بلد

      baladun
    * دولة
      daulatun
dan negri bahasa arabnya;
مدينة

*kamus bahasa arab online[http://kamus.javakedaton.com]

jika di gabungkan dengan kalimat negara indonesia sebagai berikut;

الدولة الاندونيسية

 
dan negara Islam bahasa arabnya;
الدولة الاسلامية

jadi singkatnya tidak ada perbedaan makna yang jauh jika dilihat dari sisi bahasa antara daulah dan baladun.

apakah sama dengan penjelasan akh Fauzy yang telah lalu?
« Edit Terakhir: April 28, 2010, 11:24:27 am oleh drai »