Penulis Topik: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?  (Dibaca 12862 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

JinKura2

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: 11
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #15 pada: Juli 06, 2010, 02:08:14 pm »
gue sih setuju aja dikasih pelatihan militer (jangan bayangkan pelatihn militer itui dikasih senjata macam SS-1 ato RPG) tapi disiplin militer, bagaimana menjaga kedisiplinan di lapangan, bagaimana memperlakukan warga sipil, doktrin operasional yang benar, penanaman masalah kode etik operasional Satpol PP, bagaimana menyikapi setiap perubahan di lapangan.....jadi bukan melulu di ajarin bertarung ato ngegebukin orang...tolong jangan disamaratakan dengan yang itu...ini porsinya berbeda..

Sepertinya itu tetap berbahaya.Apalagi pada Maret lalu ada Permendagri No. 26/2010 tentang penggunaan senjata api bagi Satpol PP...

Satpol PP, BACK TO OFFICE...

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #16 pada: Juli 06, 2010, 03:09:59 pm »
gue sih setuju aja dikasih pelatihan militer (jangan bayangkan pelatihn militer itui dikasih senjata macam SS-1 ato RPG) tapi disiplin militer, bagaimana menjaga kedisiplinan di lapangan, bagaimana memperlakukan warga sipil, doktrin operasional yang benar, penanaman masalah kode etik operasional Satpol PP, bagaimana menyikapi setiap perubahan di lapangan.....jadi bukan melulu di ajarin bertarung ato ngegebukin orang...tolong jangan disamaratakan dengan yang itu...ini porsinya berbeda..

Sepertinya itu tetap berbahaya.Apalagi pada Maret lalu ada Permendagri No. 26/2010 tentang penggunaan senjata api bagi Satpol PP...

Satpol PP, BACK TO OFFICE...
senjata api untuk satpol PP beda konfigurasinya dengan yang dipakai POLRI atopun Militer (TNI), kemungkinan terbatas pada pemakaian jenis revolver dengan peluru terbatas (6 butir dan kemungkinan besar dari peluru karet) dan tes psikologis yang ketat...(termasuk polisi juga lo), artinya dalam setiap penggunaan, user akan diberikan berbagai macam laporan yang harus diisi..jadi nggak boleh sembarangan ditembakkan gitu....so well SATPOL PP bukan militer, tapi wajib diberikan pelatihan militer (dalam arti yang saya sebutkan sebelumnya lo)....

JinKura2

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: 11
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #17 pada: Juli 06, 2010, 03:38:11 pm »

senjata api untuk satpol PP beda konfigurasinya dengan yang dipakai POLRI atopun Militer (TNI), kemungkinan terbatas pada pemakaian jenis revolver dengan peluru terbatas (6 butir dan kemungkinan besar dari peluru karet) dan tes psikologis yang ketat...(termasuk polisi juga lo), artinya dalam setiap penggunaan, user akan diberikan berbagai macam laporan yang harus diisi..jadi nggak boleh sembarangan ditembakkan gitu....so well SATPOL PP bukan militer, tapi wajib diberikan pelatihan militer (dalam arti yang saya sebutkan sebelumnya lo)....

Meskipun bukan berbentuk senajata api yang mematikan karena berupa senjata peluru gas, semprotan gas, dan alat kejut listrik, keberadaannya sangat mengkhawatirkan. Secara substansi, senjata api tsb dpt jadi alat kekerasan lebih jauh lagi mengingat besarnya peran mereka. Tanpa senjata a[pi saja bisa begitu, apalagi bila menggunakan? Hmm...

Klo bicara soal tugas, sebenarnya apa yang dilakukan Satpol PP sejalan dengan tugas Polisi. Perda-perda yang hendak diamankan itu pada dasarnya sudah diatur dalam KUHP. Misal: soal PSK diatur dalam pasal kesusilaan, tentang PKL diatur dalam pasal mengganggu kepentingan umum. Tugas yang sama ini tentu saja harusnya tidak terjadi. Cukup polisi saja yang melaksanakan tugas itu dan Satpol PP BACK TO OFFICE...  No offense..^^

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #18 pada: Juli 06, 2010, 03:44:30 pm »
di jogja...aku kebetulan blom pernah liat dan denganr satpol PP sampe bentrok dengan warga (dalam tingkatan parah seperti di Jakarta dan kota-kota lain)...memang ada penggusuran oleh satpol PP, tapi disini memakai cara persuasif terlebih adhulu...ada surat peringatan dll..dlll, kalo sampai pada hari H blom dibongkar, satpol PP akan bongkar, tapi karena ada surat terlebih dahulu...g ada masalah kalo sampe ada pedagang protes...warga yang liat biasanya malah nggak ada yang bersimpati...karena aturannya udah jelas.....mungkin bisa tida diberi senjata api, tapi pelatihan militr teap perlu...aku sendiri pernah ikut platihan ala militer (dalam arti lain seh) cukup banyak membantu terutama dalam kontrol emosi dan kedsplinan...ini yang belom diperoleh Sapol PP
« Edit Terakhir: Juli 06, 2010, 03:50:14 pm oleh LAVI »

JinKura2

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: 11
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #19 pada: Juli 06, 2010, 03:49:37 pm »
di jogja...aku kebetulan blom pernah liat dan denganr satpol PP sampe bentrok dengan warga (dalam tingkatan parah seperti di Jakarta dan kota-kota lain)...memang ada penggusuran oleh satpol PP, tapi disini memakai cara persuasif terlebih adhulu...ada surat peringatan dll..dlll, kalo sampai pada hari H blom dibongkar, satpol PP akan bongkar, tapi karena ada surat terlebih dahulu...g ada masalah kalo sampe ada pedagang protes...warga yang liat biasanya malah nggak ada yang bersimpati...karena aturannya udah jelas.....mungkin bisa tida diberi senjata api, tapi pelatihan militr teap perlu...aku sendir pernah ikut platihn ala milite (dalam arti lain seh) cukup banyak membatu terutama dalam kontrol emosi dan kedsplinan...ini yang belom diperolh olh Sapol PP


Soalnya, Permendagri No. 26/2010 menyatakan Satpol PP dapat menggunakan senjata api dalam menggunakan tugasnya. Klo soal penggusuran memang oke setelah melewati berbagai prosedur, tapi kita seringkali melupakan 1 aspek: mengapa mereka jadi PKL? So, kita sering lupa tanggungjawab negara untuk menyediakan pekerjaan yang layak bagi warga negara...Salah siapa klo begitu? ^^

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #20 pada: Juli 06, 2010, 03:50:50 pm »
^^ untuk soal itu, anda pernah jalan-jalan ke Sragen?? kalo pernah anda akan tahu jawabannya

JinKura2

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: 11
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #21 pada: Juli 06, 2010, 03:55:30 pm »
^^ untuk soal itu, anda pernah jalan-jalan ke Sragen?? kalo pernah anda akan tahu jawabannya

Belum pernah, sori...^^

Namun, soal penggunaan senjata api ini berlaku secara nasional, bukan by case. So, restrukturisasi Satpol PP dalam hal ini sangat penting seperti halnya, dulu, pencabutan dwi fungsi ABRI. Satpol PP, BACK TO OFFICE...

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #22 pada: Juli 06, 2010, 03:58:57 pm »
Meskipun bukan berbentuk senajata api yang mematikan karena berupa senjata peluru gas, semprotan gas, dan alat kejut listrik, keberadaannya sangat mengkhawatirkan. Secara substansi, senjata api tsb dpt jadi alat kekerasan lebih jauh lagi mengingat besarnya peran mereka. Tanpa senjata a[pi saja bisa begitu, apalagi bila menggunakan? Hmm...

Klo bicara soal tugas, sebenarnya apa yang dilakukan Satpol PP sejalan dengan tugas Polisi. Perda-perda yang hendak diamankan itu pada dasarnya sudah diatur dalam KUHP. Misal: soal PSK diatur dalam pasal kesusilaan, tentang PKL diatur dalam pasal mengganggu kepentingan umum. Tugas yang sama ini tentu saja harusnya tidak terjadi. Cukup polisi saja yang melaksanakan tugas itu dan Satpol PP BACK TO OFFICE...  No offense..^^
kalau polisi yang ambil alih, sapa yang ngurusin para kriminalis?
lagian, bakal banyak pungli nih. lalu lintas yang diurus polisi aja dah kek gitu punglinya.apalagi ngursin beginian.tambah subur deh...

*su'udzon detected :p

Soalnya, Permendagri No. 26/2010 menyatakan Satpol PP dapat menggunakan senjata api dalam menggunakan tugasnya. Klo soal penggusuran memang oke setelah melewati berbagai prosedur, tapi kita seringkali melupakan 1 aspek: mengapa mereka jadi PKL? So, kita sering lupa tanggungjawab negara untuk menyediakan pekerjaan yang layak bagi warga negara...Salah siapa klo begitu? ^^
lah belum tahu dia, jadi PKL ga selamanya karena terpaksa....
banyak tuh orang yang keluar kerja karena pengen jadi PKL. bilangnya, ingin berwirausaha sendiri.masalahnya, ada beberapa PKL ini yang tidak tertib... mereka lah yang jadi obyek para satpol pp

namun, permendagri soal senpi, emang lebay!!!!

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #23 pada: Juli 06, 2010, 04:03:53 pm »
^^ untuk soal itu, anda pernah jalan-jalan ke Sragen?? kalo pernah anda akan tahu jawabannya

Belum pernah, sori...^^

Namun, soal penggunaan senjata api ini berlaku secara nasional, bukan by case. So, restrukturisasi Satpol PP dalam hal ini sangat penting seperti halnya, dulu, pencabutan dwi fungsi ABRI. Satpol PP, BACK TO OFFICE...
di Sragen pedagang kaki lima tidak diijinkan dan tidak akan pernah ditemui pedagang kaki lima di jalan besar (kecuali jalan kampung)...panjang critanya kecuali kalo sampeyan mampir kesana....

soal senjata api..sejauh ini blom pernah liat SAtpol PP pegang mainan itu, paling tongkat pemukul...kalopun ada harusnya ada prosedur pengamanan standar (contoh..liat bagaimana cara polisi bawa revolver...drum revolver selalu kosong dan peluru ditempatkan di sabuk revolver dalam jumlah pas 6-8 butir (tergantung type revolver) dan ini nggak boleh kurang...(registrasi senjata dan peluru selalu dicek...jadi pasti ketahuan kalo dipalsu)....kalo soal dwi fungsi abri....aku g mau comment disini... tapi mending sampeyan main di formil aja...apa pantas dwi fungsi itu dicabut... :) :)

JinKura2

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: 11
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #24 pada: Juli 06, 2010, 04:12:50 pm »
di Sragen pedagang kaki lima tidak diijinkan dan tidak akan pernah ditemui pedagang kaki lima di jalan besar (kecuali jalan kampung)...panjang critanya kecuali kalo sampeyan mampir kesana....

soal senjata api..sejauh ini blom pernah liat SAtpol PP pegang mainan itu, paling tongkat pemukul...kalopun ada harusnya ada prosedur pengamanan standar (contoh..liat bagaimana cara polisi bawa revolver...drum revolver selalu kosong dan peluru ditempatkan di sabuk revolver dalam jumlah pas 6-8 butir (tergantung type revolver) dan ini nggak boleh kurang...(registrasi senjata dan peluru selalu dicek...jadi pasti ketahuan kalo dipalsu)....kalo soal dwi fungsi abri....aku g mau comment disini... tapi mending sampeyan main di formil aja...apa pantas dwi fungsi itu dicabut... :) :)

Thx buat infonya...^^
senjata api ini takutnya membuat Satpol PP jadi semacam organisasi paramiliter. Penolakan saya terkait penggunaan senjata api ini erat dengan bagaiaman kita mengakhiri kekerasan di Indonesia. Biar generasi mendatang tidak akrab dengan kekerasan. Cukup sedikit pihak saja yang berhak menggunakan sarana kekerasan itu....

Soal Dwi Fungsi ABRI itu hanya sekdar contoh. Bagaimana seharusnya Satpol PP melakukan restrukturisasi internal...Sekedar contoh saja koq...^^

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re: Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #25 pada: Juli 06, 2010, 04:18:38 pm »
itu mungkin saja...sebenarnya kalo aku pribadi memang kurang pas kalo satpol PP dikasih senjata api...kinerja dia sebenarnya lebih mirip unit RELA kalo di Malaysia...diberi pelatihan militer perlu karena secara fisik mereka akan lebih siap untuk pasukan cadangan dibandingkan civilian biasa jika suatu saat negara dalam kondisi perang..kalo membandingkan dengan Jogja yang kuliat Satpol PP-nya memang nggak seperti di Jakarta...mereka lebih rilex kerjanya...jaga kantor2 pemerintahan, dan baru operrasional kalo perintah keluar, itupun cuma bersih-bersih biasa...karena jarang ada perlawanan (nggak pernah  dalam pengamatan gue..)..

ababil

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 13
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #26 pada: Oktober 18, 2010, 02:06:23 pm »
Satpol PP jadi beringas soale doi-doi itu dididik ala militer. Namanya militer, ya berarti kekerasan dong, gan. penapat bahwa militer itu antikekerasan atau militer itu menghindari kekerasan, jelas aje itu pendapat oxymoron. sejak "zaman azali", militer emang tujuannya sebagai alat kekerasan, gan.
jadi, kalo satpol brutal, ya wajar, kan emang dididik militer.

ane gak setuju ama kehadiran satpol pp di muka bumi ini, gan. satpol pp harus dikasihanin, gan. soale mereka sisumpahin terus tuh ama pedagang kaki-5, istri dan anaknya pedagang kaki lima  :lol:

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:Satuan Polisi Pamong Praja: Perlu atau tidak?
« Jawab #27 pada: Oktober 20, 2010, 10:19:34 am »
emang dididik ala militer harus selalu kekerasan?? tiap daerah berbeda...tiap individu juga beda... satu dua orang ato satu dua kesatuan satpol PP melakukan kekerasan apa semua satpol PP di daerah juga sama?? nggak bisa begitu...misal bisa juga kita katakan kalo ada Mahasiswa demo anarkis ato jadi penjual Narkoba di kampus ato ada mahasiswi nyambi jadi ayam kampus...apa bisa kita katakan seluruh mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia juga gitu...yang perlu diperhatikan itu bukan institusi satpol PP nya tetapi fungsinya...apa tugas dan kewajiban satpol PP...kalo tugas yang dia lakukan sesuai dengan aturan perda atau UU/PP ya nggak masalah toh kalo emnag PKL yang melanggar siapapun harus diberi sanksi...nggak cuma satpol PP kok yang suka bikin masalah...banyak PKL yang juga bikin masalah...menyalahi aturan berdagang, buang sampah dll....kalo dia jualan di tempat yang ditentukan/legal untuk PKL aku pikir nggak akan ada satpol PP yang akan ngusir ato ngejar-ngejar dagangan mereka...