Penulis Topik: Menu Hari Ini dan Resepnya  (Dibaca 24440 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #15 pada: Juli 19, 2010, 10:40:11 am »
Hari ini rencananya masak ikan mujair goreng, sambel oncom dan lalapan kecipir + ketimun...  :great:

1.Ikan Mujair Goreng

Bahan2:
Ikan mujair satu kg (bersihkan sisik dan kotorannya, cuci bersih)
Jeruk nipis
Bawang putih 4 siung
Kunyit 2 cm
Jahe 2 cm
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara memasak:
Lumuri ikan mujair dengan air jeruk nipis, diamkan setengah jam, cuci bersih...
Haluskan bawang putih, kunyit, jahe dan beri garam...
Lumuri ikan dengan bumbu yg dihaluskan, diamkan minimal satu jam biar meresap...
Panaskan minyak, goreng kering, angkat siap disantap...
Note: Goreng dgn api kecil/ sedang dan sekali balik aja, tunggu sampai kering jangan sering dibolak balik nanti ikan hancur...

2. Sambel oncom
Oncom 2 kotak
Cabe merah 5 biji
Cabe rawit merah 10 biji
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 1 siung
Tomat setengah buah
Garam gula secukupnya
Kemangi
Sedikit air

Haluskan oncom, sisihkan...
Haluskan cabe merah, cabe rawit merah, bawang merah dan bawang putih tambahkan garam dan sedikit gula...
Tumis bumbu yg dihaluskan, masukan oncom tambahkan sedikit air, tunggu sampai mengering dengan api kecil kemudian tambahkan daun kemangi....
Angkat dan  sambel oncom pun siap dinikmati...

Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #16 pada: Juli 19, 2010, 07:22:52 pm »
kalau bikin brownis sama sekali belum bisa :((

alat buatnya juga ga ada :(


Kue paling gampang dech bwt dicoba bikin.. Tidak mengenal kata gagal... Apalagi klo coklatnya banyak, teteup enak...
Ga pake mixer juga gpp... Kan brownies ciri khasnya emang "bantet"...  ;)


hehe gitu ya, wah wah nyobain deh, kapan ya :D

lehrerin

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 683
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #17 pada: Juli 19, 2010, 09:23:41 pm »
yang sebaiknya diperhatikan saat buat brownies adalah api ovennya (temperatur panasnya)..
pastikan matangnya yang atas cukup, trus yang bawah matang bgt.. nah klo yg tengahnya jgn sampe terlalu matang apalagi keras, krn ntar bila browniesnya sudah dingin.. jadinya kue itu trlalu keras, dan jdnya bukan brownies tp kyak bolu coklat. Biasanya keberhasilan baru ada saat sering bikin kue selalu gagal.. heheh pengalaman pribadi ku ini :p
tapi tetap mencoba yaa.. good luck :)



Rizki Amalia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.002
  • Reputasi: 29
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #18 pada: Juli 27, 2010, 07:20:56 pm »
Masak rawon instan..
Beli bumbu rawon yg udh jadi
daging ny (kira2 1/4 kilo) dicuci, trus direbus (mau ngurangin lemak ny), baru dipotong2 (biar ga alot, ga punya pisau gede :D )
tinggal masukin panci, airnya kira2 aja, daging+bumbu+daun salam+daun jeruk+garam secukupnya
tunggu mendidih, klo dirasa kurang mateng bisa dibiarkan dulu, kalo kering ditambah air lagi
udah jadi
siap dihidangkan dengan toge..
:D

*biasa ny bumbu rawon ny: bawang merah, bawang putih kemiri, keluwek, serai, laos dihaluskan, ditumis

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #19 pada: Oktober 06, 2010, 06:52:20 pm »
Hari ini masak ati rempela bumbu kuning, sambel oncom, ceker dikecapin sama lalapan...

1. Ati rempela bumbu kuning
Bahan:
Ati rempela 5 pasang (cuci bersih, potong2 ukuran sedang, beri jeruk nipis)
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 4 siung
Kunyit 2-3 cm
Sereh 1 batang (dimemarkan)
Jahe satu ibu jari dimemarkan(kira2 gitchu  :D)
Daun jeruk 2-3 lembar
Salam dan lengkuas
Garam secukupnya
Air kira2 200 ml

Cara memasak:
Haluskan bawang merah, bawang putih dan kunyit... Kemudian tumis, beserta sereh, daun jeruk, jahe, salam dan lengkuas...
Masukan ati dan rempela tambahkan air, dan beri garam kemudian masak sampai matang...


Berhubung sambel oncom dah pernah dipost sblmnya, saya quote aja...


2. Sambel oncom
Oncom 2 kotak
Cabe merah 5 biji
Cabe rawit merah 10 biji
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 1 siung
Tomat setengah buah
Garam gula secukupnya
Kemangi
Sedikit air

Haluskan oncom, sisihkan...
Haluskan cabe merah, cabe rawit merah, bawang merah dan bawang putih tambahkan garam dan sedikit gula...
Tumis bumbu yg dihaluskan, masukan oncom tambahkan sedikit air, tunggu sampai mengering dengan api kecil kemudian tambahkan daun kemangi....
Angkat dan  sambel oncom pun siap dinikmati...


3. Ceker dikecapin

Bahan2:
Ceker setengah kilo
Bawang putih 4 siung (dihaluskan)
BAwang bombay 1 buah (iris2)
Jahe 1 ibu jari (kira2  :D) dimemarkan
Kecap tergantung selera (kira2 5-6sdm)
Air
Gula dan garam secukupnya

Cara memasak:
Tumis bawang putih sampai harum, masukan jahe, dan masukan ceker ayam... TAmbahkan kecap, aduk sebentar sampai kecap merata dan tambahkan air, garam dan gula... Masak sampai ceker lunak dan bumbu meresap...
Angkat dan siap dihidangkan...  ;)



dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #20 pada: November 22, 2010, 01:49:32 pm »
Hari ini masak daging +kulit melinjo dicabein sama terong sambel ijo...

1. Daging + kulit melinjo dicabein...

Bahan:
Daging 250 gr rebus sampai lunak, air kaldu jgn dibuang (dipake buat kuah)
Kulit melinjo (dua plastik, ukuran tukang sayur yg seribuan) Bersihkan
Cabai rawit merah 10 buah (klo mau super pedaaaasss boleh lebih)
Cabai merah 5 buah
Tomat 1 buah
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 2 siung
Daun jeruk 3 lembar, lengkuas, daun salam 2 lembar...
Garam dan gula secukupnya

Cara memasak:
Haluskan cabe rawit merah, cabe merah, bawang merah, bawang putih dan tomat...
Tumis dengan minyak panas sampai harum, masukan daun jeruk, daun salam dan lengkuas...
MAsukan rebusan daging yg sudah dipotong dadu, kulit melinjo, aduk rata...
Kemudian tambahkan air kaldu dari rebusan daging... Tambahkan gula dan garam...
Biarkan masak sampai mengental, angkat dan siap dihidangkan...

2. Terong sambel ijo...

Bahan2:
Terong ungu 2 buah (potong2 memanjang)
Cabe ijo 10 buah (klo mau pedas tambahkan cabe rawit)
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 2 siung
Tomat 1 buah
Garam dan gula secukupnya

Cara memasak:
Goreng terong hingga kecoklatan, angkat sisihkan...
Haluskan semua bumbu2, tumis dengan minyak panas, tambahkan sedikit air..
Beri gula dan garam, aduk rata kemudian masukan terong goreng, masaka sebentar..
Angkat dan siap di hidangkan...  :great:

Nahrevan

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 20
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #21 pada: Januari 10, 2011, 07:15:15 am »



waduh harus nulis resep rupanya ya??? :)
kirain cuma nulis menu doang, soalnya hari ini makan nasi putih, rendang daging, salada standard, dan sambal terasi.....
;;)