Penulis Topik: Menu Hari Ini dan Resepnya  (Dibaca 22983 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Menu Hari Ini dan Resepnya
« pada: Maret 20, 2010, 07:39:12 am »
Di sini , dudunger boleh berbagi menu yang di santap hari ini, pastinya yang di masak sendiri plus resepnya...
Ibu-ibu, jeng-jeng ... :D
berbagi dunk apa yang anda siapkan untuk keluarga hari ini... ;)
buat contoh bagi dudunger (kayak saya) yang lagi belajar memasak

Buat moderator : kalo udah ada thread yang serupa boleh di gabungin kok....  >:D<


Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #1 pada: Maret 20, 2010, 08:19:16 am »
Oke , di mulai dari saya ya :D

Hari ini menu yang saya sediakan adalah

Nasi putih
Sop sayuran (sebenarnya rencananya tumis singkong belacan, tapi berhubung adanya di rumah cuma wortel, kentang plus kol , maka di putuskan sop sayuran itu saja)
Sambal Ijo ikan asin (seperti yang saya kabarkan kemarin , ini amanah dari temen kantor :D )
Sambal tomat terasi

Yuk menuju dapur saya , untuk mencoba resep yang sudah saya buru di internet dan para ibu2 kemaren ;)

1. Nasi Putih

Hehe kalo yang ini gampang banget, tapi gpp di share buat yang belum pernah masak nasi
cuci bersih beras , banyaknya sesuai kebutuhan, kalo saya biasanya nyucinya dua kali, lalu beri air secukupnya , biasanya ngukurnya dengan jari tangan kira2 seperempat jari ya :D semoga ga salah ;))

lalu masukan di Magic com , hidupkan listrik , pilih Rice cook, diamkan sampai masak sendiri

gampang khan? :D

2. Sop sayuran

Bahan

Kentang & Wortel , kupas lalu potong dadu
Kol , potong kotak-kotak aja
Cabai Rawit (ini kalo suka pedas, kalo ga mending ga usah :D ) iris-iris
Seledri & Duan Bawang di iris kasar
Tomat , iris-iris juga (ga pake juga gpp)

Bumbu Halus

Bawang putih
merica
garam
gula

Cara memasak

Rebus sayuran hingga matang
Tumis bumbu halushingga harum, lalu masukan cabai rawit, seledri dan daun bawang , irisan tomat  lalu masukan air
Tunggu hingga mendidih masukan sayuran yang sudah di rebus sebelumnya
tunggu sebentar, tambahkan penyedap rasa dan bawang goreng

Siap di hidangkan :D

3. Sambal Hijau Ikan Asin

Bahan

Ikan Asin , rendam dengan air hangat biar zat -zat yang tercampur terangkat, tiriskan.. lalu goreng hingga kuning , tiriskan juga :)
Tomat Ijo
satu lembar daun Jeruk
satu batang serai potong kecil saja memarkan
terasi sedikit saja
jeruk nipis

Bumbu Halus

Sebelum di haluskan rebus dulu cabai hijau keriting, cabai rawit, bawang merah dan bawah putih, tomatnya juga di rebus ya
lalu tambahkan garam dan gula
campur tomat , uleg kasar, daun jeruk dan serai.

Cara membuat

tumis bumbu hingga harum, masukan air jeruk nipis, masak sebentar, lalu masukan ikan asin, aduk -aduk hingga bumbu rata dan meresap..
beri sedikit bumbu penyedap...

hidangkan ;)

1. Sambal Tomat dan Terasi

Hehe kalo yang ini lebih dari satu orang yang bilang , kalo sambalku ntu enak :D

Bahan

Cabai merah keriting
Cabai Rawit
bawang merah
bawang putih
terasi
tomat merah


Cara membuat

goreng bahan di atas , hingga matang , lalu tiriskan
 haluskan lalu  terakhir masukan tomat dan haluskan
jangan lupa garam dan gula biar sedap

okey.. selesai memasak dan silahkan santap menu anda hari ini :D


NB. Mohon di tambah ya bun kalo ada yang kurang ;)



« Edit Terakhir: Maret 20, 2010, 09:21:13 am oleh Husniyah Azah »

lehrerin

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 683
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #2 pada: Maret 28, 2010, 11:18:59 pm »
sharing menu td pagi, abis ikutan cooking competition ma tmn2 RISKA.. hahaay. dpt juara 1, ga nyangka sayaa

Nugget Mie

Bumbu

4 bawang putih diparut
1 pala diparut
garam secukupnya
kaldu ayam secukupnya (royco)
lada secukupnya

Bahan Utama

Daging ayam cincang
2 buah wortel parut
3 batang daun bawang
1 bungkus soun yang sudah direndam terigu sedikit saja
2 butir telur

Bahan lapis 

Tepung roti
2 butir telur

Cara membuat
diulek bahan bumbu semuanya, lalu campur dengan bahan utama. Kemudian campuran bahan bumbu dgn bahan utama dibentuk dgn cetakan yg unik2 misal bentuk bintang, hati, dll
setelah itu nuget yg sudah terbentuk dimasukkan ke dalam telur yg ada di bahan lapis, lalu diguling-gulingkan ke dalam tepung roti.. setelah itu digoreng.

Selamat mencoba  ;)

Gidza

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.042
  • Reputasi: 20
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Menanti senja...Untuk sebuah Rindu ^^
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #3 pada: Maret 29, 2010, 08:42:32 pm »
pengen banget ikut gabung n bagi² manu n resep

tapi kalau saat ini lum mungkin...asli dah kangen masak :(

semoga gak lama lagi bisa bagi² menu n juga resep² masakan tiap harinya :D

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #4 pada: April 08, 2010, 02:30:54 pm »
@husniyah
Sptnya siy blum ada thread dgn topik ini..
Lanjuuut..
Btw, masak sop pake gula? Hmm.. That's weird..

BTT
Hari ini ga masak.. :D

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #5 pada: April 23, 2010, 12:51:52 pm »
Ikutan ah,,,,
Hari ini angela masak udang pedes asem manis, ma tumis bayam.

1. Udang pedes asem manis
Buang kepala udang, belah punggungnya, rendam air garam 3menit saja biar gk amis, lalu tiriskan atau keringkan.
Bumbu sederhana banget.
Daun bawang di iris
Bawang bombay iris melingkar biar cakep
Saus tomat
Saus tiram
Saus sambal
Merica bubuk

Cara masak,
Tumis daun bawang sampai layu, lalu masukan bawang bombay, aduk2, masukan udang, merica bubuk, saos tiram, saou sambal dan saus tomat, tambahkan sedikit air, didihkan 3menit, selesai deh.

Bisa di tambah paprika ma nanas, berhubung gk ada angela gk pake

2. Tumis bayam,
Gampang banget masaknya, tinggal tumis bawang putih yg di geprek, masukan bayam, tambahkan sedikit garam, gula, kaldu bubuk n sedikit air beres deh

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #6 pada: Juli 09, 2010, 09:48:21 am »
Menu hari ini: Tumis pare + tempe, Ikan salem dicabein, tak boleh ketinggalan sambel terasi...

1. Tumis Pare + tempe

Bahan2nya:
Minyak untuk menumis sekitar 2 sdm
Pare (iris tipis, uleni dengan garam sampe keluar "busa", cuci bersih)
tempe potong dadu
Cabai hijau (iris menyerong)  5 buah
Bawang merah (iris tipis)  5 siung
Bawang putih (iris tipis) 2 siung
garam dan gula secukupnya

Cara memasak:
Panaskan minyak, masukan bawang merah dan bawang putih, tumis sampai harum kemudian masukan cabe hijau tumis sebentar dan masukan pare beserta tempe, tumis sebentar dan kemudian beri sedikit air. Tambahkan garam dan gula biarkan sampai masak, angkat dech...

2. Ikan salem dicabein
Bahan2:
Ikan salem pindang
Cabe rawit merah 5 buah
Cabe merah keriting 5 buah
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 1 siung
Tomat 1 buah
Jahe dimemarkan
Gula dan garam secukupnya
Minyak untuk menumis dan menggoreng

Cara memasak:
Panaskan minyak, goreng ikan sampe kering, angkat sisihkan.

Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu yg dihaluskan + jahe, tambahkan gula dan garam secukupnya beri sedikit air, biarkan mendidih. Setelah itu masukan ikan, aduk sebentar sampai meresap. Angkat dan siap dihidangkan....


3. Sambel terasi
Bahan2:

Cabe merah 5 buah
Cabe rawit merah 10 buah
Bawang merah 2 siung
Tomat 1 buah
Terasi  1 bungkus (yg kecil, of course)
Gula dan garam secukupnya

Cara memasak:
Ulek cabe merah, cabe rawit merah dan bawang merah. Cacah kasar tomatnya.
Panaskan minyak secukupnya, masukan terasi dan tomat, aduk sampe tomat matang masukan cabe yg telah dihaluskan, tumis sebentar, sambal siap dinikmati...









Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #7 pada: Juli 14, 2010, 08:36:28 pm »
mbak tomatnya yang ijo atau merah? trus di iris2 atau gimana :D

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #8 pada: Juli 14, 2010, 09:19:06 pm »
mbak tomatnya yang ijo atau merah? trus di iris2 atau gimana :D

Tomatnya yg merah...
Diiris atau bisa juga diulek...  ;)

lehrerin

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 683
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #9 pada: Juli 18, 2010, 02:31:53 pm »
hari ini, ahad..mumpung ada waktu..bikin brownies dehh

Bahan:
150 gram tepung terigu
100 gram wisman/mentega dilelehkan
200 gram Coklat Blok dilelehkan
3 butir Telur
1 sendok teh baking powder
150 gram gula


Cara:
Telur dan gula dimixer sampai mengembang
Mentega dimixer sampai mengembang
Masukkan coklat leleh kocok rata
Satukan telur, mentega, coklat + tepung terigu + Baking powder aduk rata
Lalu masukkan adonan yang telah diaduk jadi satu ke dalam loyang
(Bila ingin tambah buah almond bisa ditaburi di atasnya secukupnya)
Kemudian panggang dengan temperatur sedang selama kurang lebih 30-45 menit


Brownies.. siap dinikmati   >:D<




dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #10 pada: Juli 18, 2010, 08:56:08 pm »
hari ini, ahad..mumpung ada waktu..bikin brownies dehh

Bahan:
150 gram tepung terigu
100 gram wisman/mentega dilelehkan
200 gram Coklat Blok dilelehkan
3 butir Telur
1 sendok teh baking powder
150 gram gula


Cara:
Telur dan gula dimixer sampai mengembang
Mentega dimixer sampai mengembang
Masukkan coklat leleh kocok rata
Satukan telur, mentega, coklat + tepung terigu + Baking powder aduk rata
Lalu masukkan adonan yang telah diaduk jadi satu ke dalam loyang
(Bila ingin tambah buah almond bisa ditaburi di atasnya secukupnya)
Kemudian panggang dengan temperatur sedang selama kurang lebih 30-45 menit


Brownies.. siap dinikmati   >:D<






Ga pake coklat bubuk ya?
Klo aku bikin brownies pake coklat bubuk...

lehrerin

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 683
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #11 pada: Juli 18, 2010, 09:25:57 pm »

Ga pake coklat bubuk ya?
Klo aku bikin brownies pake coklat bubuk...

aq juga punya resep yg pake coklat bubuk, tp menurutku klo pake coklat bubuk, rasa coklatnya  kurang nendang.. heheh
soalnya coklat bubuk van houten itu isinya diresepku 90 gram, sedangkan klo pake yg coklat balok 200 gram.  tp smua itu hanya soal selera saja.. kebetulan sy pencinta coklat :)

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #12 pada: Juli 18, 2010, 10:05:56 pm »

Ga pake coklat bubuk ya?
Klo aku bikin brownies pake coklat bubuk...

aq juga punya resep yg pake coklat bubuk, tp menurutku klo pake coklat bubuk, rasa coklatnya  kurang nendang.. heheh
soalnya coklat bubuk van houten itu isinya diresepku 90 gram, sedangkan klo pake yg coklat balok 200 gram.  tp smua itu hanya soal selera saja.. kebetulan sy pencinta coklat :)

Wach, klo pake 90 gram paiiit bgt donk...
Aku juga cuma make sekitar 30 gram aja, bwt penambah warna..
Emang klo untuk rasa lebih enak pake dark chocolate...  :great:

Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #13 pada: Juli 19, 2010, 06:52:27 am »
kalau bikin brownis sama sekali belum bisa :((

alat buatnya juga ga ada :(

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menu Hari Ini dan Resepnya
« Jawab #14 pada: Juli 19, 2010, 10:28:25 am »
kalau bikin brownis sama sekali belum bisa :((

alat buatnya juga ga ada :(


Kue paling gampang dech bwt dicoba bikin.. Tidak mengenal kata gagal... Apalagi klo coklatnya banyak, teteup enak...
Ga pake mixer juga gpp... Kan brownies ciri khasnya emang "bantet"...  ;)