Penulis Topik: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani  (Dibaca 10168 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
A
« Jawab #15 pada: Maret 12, 2010, 01:32:10 pm »
Olala,,, emang knp sii kalau bersaudara dg nasrani? Asal bisa saling menghargai agama masing2. Malah dg dkt ma orang nasrani bknkah kita akan lbh mudah untk  mengenalkan islam langsung dg sikap sehari2.

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #16 pada: Maret 12, 2010, 02:06:43 pm »
berarti seharusnya berlaku secara umum. bukan nasrani saja.

kalo saya simpulkan kira-kira :

1. pastikan calon ibu yang menyusui sehat. bukan peminum alkohol, pemakan babi, +perokok, pengguna narkotika, dll.
2. pastikan silsilah si ibunya juga. jangan sampe anak kita nantinya nikah sama anak si ibu.
yup
tepat sekali
bukan "label" nasrani-nya yang saya permasalahkan

probability nasrani yang makan babi/minum alkohol secara umum tentu lebih besar dari kemungkinan muslim yang makan babi/minum alkohol

sekali lagi
ini pendapat saya dari pengetahuan yang terbatas
kalo mau lebih jelasnya ya harus tanya orang yang faqih
« Edit Terakhir: Maret 12, 2010, 02:11:47 pm oleh arif budiman »

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: A
« Jawab #17 pada: Maret 12, 2010, 02:16:26 pm »
Jika alasanya karna mengandung al kohol atau daging babi. Angela rasa banyak juga wanita muslimah yang merokok!  Kenapa? Apa anda akan bilang rokok haram untuk wanita padahal itu jadi makanan sehari2 kaum laki2 (mayoritas)
asupan asi pada ibu muslim juga gak semua bgs, disisi lain bnyk jg umat nasrani yg jd vegetarian. Lagi pula kenapa sii ribet amat masalah asi? Kalau gak mau asi orang yg bkn islam, pake aja susu kaleng, namun apakah anda yakin itu susu kaleng benar2 haram? Bhkn bisa jd asi wanita muslim jd buruk jika dia jg makan dari uang haram, tp apakah anak yg minum asi berdosa? Kalau asi dari ibu nasrani buruk. Tentu nya seluruh dokter didunia akan bilang WANITA NASRANI JANGAN MENYUSUI
cooling down dulu mbak angela...
ribet sedikit untuk dapet jawaban yang memuaskan
insya Allah lebih menentramkan hati
daripada mengambil keputusan secara emosional

nanti coba saya PM moderator thread ini
mungkin punya pandangan dari sisi fiqh-nya

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: A
« Jawab #18 pada: Maret 12, 2010, 03:11:08 pm »
kenapa risih punya sodara nasrani? bude saya katolik. nenek saya yg saya sayangi juga katolik.
toh, lakum dinukum waliyadin....

lagipula kenapa masalah sodara sepersusuan jadi dipermasalahkan....?
emang udah ada rencana si bayi kelak bakal dinikahkan sama anak si ibu nasrani itu....?  ;))

kalo dicari2 di Al Quran & referensi hadist yg saya punya, ga disebutkan menyusui kepada wanita nasrani itu haram hukumnya. Di Al Quran hanya disebutkan boleh disusui oleh wanita yg bukan ibunya.
(Barangkali ada yg punya referensi lebih baik, silahkan....maklum ilmu masih cetek.... :D )

Jadi, ya seperti kata Arif Budiman, biar aman sebaiknya disusui oleh wanita muslimah.
Atau kalo ASInya kurang, dikasih susu formula juga bisa kan?
Atau mau ngejar ASI ekslusif....? Kalo emang ASInya kurang ya mo gimana lagi....?   ;)

Soal sedekah dari nasrani, ga mungkin lah dia ngasih sedekah semur babi, kecuali memang niatnya jahat & kita yg nerima main sikat aja. (masak sih kita ga periksa2 dulu ini daging babi atau sapi?)

Kalau yg dimasalahkan adalah air susunya sama halnya jika kita menerima transfusi darah, apa kita tahu kalau si donor itu bukan muslim...? Susah toh membedakan mana darah orang muslim & mana darah orang nasrani...?
Jadi saya sepakat darah itu pada dasarnya adalah sama. Yg membedakan adalah keyakinan si yg punya darah. Orang muslim yg menerima darah dari non muslim nggak lantas jadi kafir, kan....? ;)

sama halnya jika bayi muslim mendapat ASI dari orang nasrani ga lantas membuat bayi itu jadi nasrani.
Si bayi akan tetap menjadi mahluk tak berdosa sampai saatnya dia akil baliq. Disitulah baru akan ditentukan arahnya dia kemana : muslim, nasrani, atau atheis...?
« Edit Terakhir: Maret 12, 2010, 03:15:11 pm oleh vian »

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
A
« Jawab #19 pada: Maret 13, 2010, 06:03:56 am »
Jawaban cerdas

hamisatimuftia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 777
  • Reputasi: 15
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Calon Putri Indonesia 20...12 aja deh!
    • Lihat Profil
    • Amie's Zone
Re:[tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #20 pada: November 20, 2010, 05:02:58 pm »
maksudnya maksudnya TS gini kali...


kalo misalnya seseorang anak disusui oleh ibu yang bukan ibu kandungnya, maka anak itu otomatis jadi  saudara sepersusuan anak kandung ibu tersebut.

Nah, masalahnya, banyak aturan fiqih (dalam masalah keluarga) yang erat kaitannya dengan hubungan persaudaraan dalam Islam, misalnya : penentuan siapa yang jadi wali nikah, batasan muhrim seorang wanita,gitu2 dah....
Nah, maksudnya TS mungkin mau nanya, kalo misalnya si anak disusui sama orang non muslim hukum persaudaraan sepersusuannya gimana untuk si anak di masa depannya?batasan2nya seperti apa...

Kalo ngajak orang non Muslim sebagai saudara sih hayuk2 aja. Saya aja di rumah muslim sendiri, sisanya Katolik semua..  :D
Tapi ga ada salahnya kita memperhatikan urusan fiqih dalam persaudaraan...

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re:[tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #21 pada: Januari 06, 2011, 07:20:50 am »
sebenarnya hal ini saya dapat waktu baca artikel tentang bank asi, jadi saya terpikir bagaimana kalo ternyata si pendonor bank asi adalah seorang nasrani...
apakah diperbolehkan??
atau di kehidupan sehari2, apakah menyerahkan bayi untuk disusui oleh wanita nasrani (atau agama lain) diperbolehkan??

tapi dari beberapa jawaban yg saya baca.. saya bs ambil kesimpulan, bahwa tidak ada hukum yg mengharamkan utk bayi yg menyusu kepada wanita non-Islam..
tapi untuk kehati-hatian dalam berbagai hal, sebaiknya dihindari...
begitu kan??


untuk mba angela, coba disimak dulu dr awal ya.. jangan dipahami secara parsial  :) :)