Penulis Topik: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani  (Dibaca 10184 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
[tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« pada: Maret 03, 2010, 05:58:14 am »
assalamu'alaikum wr wb...

ingin bertanya kpd teman2...
bagaimana hukumnya bila seorang bayi muslim mendapatkan asi dr perempuan nasrani???

jazakumullah khoiron...
wassalamu'alaikum wr wb...

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
D
« Jawab #1 pada: Maret 04, 2010, 06:05:12 pm »
Asal asi nya bgs why not? Saya blm tau adanya larangan menerima shadaqah dari orang non muslim. Saya sendiri bekerja pd orang yg menyembah berhala, mungkin hukum na sama.

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #2 pada: Maret 11, 2010, 04:56:33 am »
saudariku...
bukan itu masalahnya...
tapi si anak akan menjadi saudara sepersusuan dengan anak si Nasrani yg memberikan asinya...
itulah yg ingin saya tanyakan...

temans, yg paham...
tolong dijawab donk...
terima kasih...

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
D
« Jawab #3 pada: Maret 11, 2010, 06:16:45 am »
Bersaudara dg nasrani gak dosa kan? Yang dosa it kalau kita nikah dg yg beda agama.

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #4 pada: Maret 11, 2010, 05:04:26 pm »
sampai saat ini saya blm bisa menemukan dalil yg kuat tentang hal ini...
saya benar2 butuh informasi ini...

bisa tolong berikan dalil2 yg kuat?

krn logika saya yg bermain adalah hal ini tidak diperbolehkan...
tp saya msh belum bisa menemukan alasannya secara konkret...

menurut saya, selain dia akan jd saudara sepersusuan..
selain itu jg mengalir darah nasrani di tubuhnya...

si ibu msh memberikan asi, namun tidak mencukupi kebutuhan si bayi...
lalu dapat subsidi asi dr ibu nasrani...

* kasus ini berbeda dgn bank asi

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #5 pada: Maret 11, 2010, 05:29:25 pm »
saya ikut urun pendapat dengan pengetahuan yang terbatas ya..

asupan makanan yang dimakan oleh ibu non muslim khan bisa saja mengandung makanan-makanan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh muslim (mis. alkohol atau daging babi), sementara ASI itu khan diantaranya merupakan ekstraksi dari apa yang dimakan oleh si ibu (CMIIW), jadi saya rasa sikap kehati-hatian perlu diterapkan.

saya sih cenderung sebaiknya cari ibu yang muslim saja jika memang masih bisa diupayakan.

kalo persoalan mengenai darah nasrani yang mengalir di tubuhnya, saya rasa darah manusia secara fitrah tidak ada bedanya.. hanya pemikiran dan keyakinan yang membedakan seorang muslim dengan nasrani..
sederhananya..
seorang muallaf khan ga perlu cuci darah setelah masuk Islam  :p

wallahu a'lam

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
A
« Jawab #6 pada: Maret 11, 2010, 08:18:12 pm »
Angela balik tanya, apakah ibu muslimah dilarang menyusui bayi nasrani? Sekali lagi tidak ada dalil yg melarang kita menerima sadaqah dari orang kafir sekalipun

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
A
« Jawab #7 pada: Maret 11, 2010, 08:19:05 pm »
Dan tidak ada larangan umat islam bersadaqah pd umat selain islam

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: A
« Jawab #8 pada: Maret 12, 2010, 09:11:19 am »
Angela balik tanya, apakah ibu muslimah dilarang menyusui bayi nasrani? Sekali lagi tidak ada dalil yg melarang kita menerima sadaqah dari orang kafir sekalipun
boleh saja menerima hadiah/sedekah dari non-muslim
tapi kalo dapet kiriman daging babi atau alkohol apa mau dikonsumsi juga?

bukan_malaikat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 885
  • Reputasi: 27
  • Jenis kelamin: Pria
  • Menimba ilmu dan menjalin silaturrahim :)
    • Lihat Profil
Re: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #9 pada: Maret 12, 2010, 11:17:34 am »
Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh, Chandra.

Tidak semua non Muslim mengonsumsi makanan or minuman yang haram bagi Muslim.
Banyak umat Katolik yang vegetarian dan tidak mengonsumsi alkohol. Dapat dikatakan "dosa" mereka dalam kacamata Islam hanya syirik. Demikian pula para Buddhis.

Kalau sudah demikian, tinggal dikembalikan apakah pertimbangan kita didasarkan pada perbedaan agama atau pada prinsip kehati-hatian yang disampaikan mas Arif.

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #10 pada: Maret 12, 2010, 11:39:45 am »
saya ikut urun pendapat dengan pengetahuan yang terbatas ya..

asupan makanan yang dimakan oleh ibu non muslim khan bisa saja mengandung makanan-makanan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh muslim (mis. alkohol atau daging babi), sementara ASI itu khan diantaranya merupakan ekstraksi dari apa yang dimakan oleh si ibu (CMIIW), jadi saya rasa sikap kehati-hatian perlu diterapkan.

berarti seharusnya berlaku secara umum. bukan nasrani saja.

kalo saya simpulkan kira-kira :

1. pastikan calon ibu yang menyusui sehat. bukan peminum alkohol, pemakan babi, +perokok, pengguna narkotika, dll.
2. pastikan silsilah si ibunya juga. jangan sampe anak kita nantinya nikah sama anak si ibu.
« Edit Terakhir: Maret 12, 2010, 12:52:48 pm oleh sai »

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
A
« Jawab #11 pada: Maret 12, 2010, 11:45:39 am »
Tanpa angela sebutkan apa alasanya, angela rasa umat nasrani juga bakal tau diri untuk tidak memberikan shadaqah babi pd orang islam. Sama hal na apakah mentang2 dibolehkan shadaqah pd umat lain, anda akan memberikan daging sapi pd umat kahuchu? Memberikan daging pd umat vegetarian? Jika iya boleh dibilang alangkah takaburnya orang itu dalam hal agama.

Angela maksud dg apa yang anda maksud. Jika ibu nasrani makan babi apakah boleh menyusui bayi muslim? TENTU BOLEH BANGET DONG. Karna sama hal nya apakah ayam yang makan bangkai n juga daging babi, lantas ayam itu haram untuk dimakan? Bukankah ikan dilaut yang makan bangkai manusia sekalipun masih halal untuk dimakan.

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
A
« Jawab #12 pada: Maret 12, 2010, 11:57:49 am »
Jika alasanya karna mengandung al kohol atau daging babi. Angela rasa banyak juga wanita muslimah yang merokok!  Kenapa? Apa anda akan bilang rokok haram untuk wanita padahal itu jadi makanan sehari2 kaum laki2 (mayoritas)
asupan asi pada ibu muslim juga gak semua bgs, disisi lain bnyk jg umat nasrani yg jd vegetarian. Lagi pula kenapa sii ribet amat masalah asi? Kalau gak mau asi orang yg bkn islam, pake aja susu kaleng, namun apakah anda yakin itu susu kaleng benar2 haram? Bhkn bisa jd asi wanita muslim jd buruk jika dia jg makan dari uang haram, tp apakah anak yg minum asi berdosa? Kalau asi dari ibu nasrani buruk. Tentu nya seluruh dokter didunia akan bilang WANITA NASRANI JANGAN MENYUSUI

naruse07

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 623
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Life is simple, but sometimes we make it confused.
    • Lihat Profil
Re: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #13 pada: Maret 12, 2010, 12:36:59 pm »
yg saya tangkap maksud dari pertanyaan ini mungkin tentang masalah silsilah keluarganya nanti bagaimana, bukan halal/haram asi tsb. . .

*menurut saya lhoo :D

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: [tanya] bayi muslim disusui oleh nasrani
« Jawab #14 pada: Maret 12, 2010, 12:57:53 pm »
saudariku...
bukan itu masalahnya...
tapi si anak akan menjadi saudara sepersusuan dengan anak si Nasrani yg memberikan asinya...
itulah yg ingin saya tanyakan...

maksudnya, nanti akan terasa 'risih' karena menjadi saudara sepersusuan seorang nasrani ya?