Penulis Topik: Siapakah Pencipta Tuhan?  (Dibaca 11900 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

KataHati

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 5
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Siapakah Pencipta Tuhan?
« pada: Februari 14, 2010, 02:10:21 am »
Assalamualaikum wr.Wb!
Terlebih dahulu saya mohon maaf, saya pendatang baru di forum ini jadi saya minta bimbingan dari senior2 smua.
Sampai saat ini saya belum mampu menjwab secara logika sebuah pertanyaan yang dilemparkan oleh seorang temen yang keagamaannya belum jelas, jika saya mampu melogikakan pertanyaan dia maka dya bersedia masuk islam. beginilah pertanyaannya.
"Jika Alam Semesta Ciptaan Tuhan, Tuhan Ciptaan Siapa?, Kenapa Alam semesta dan Isinya Ada yang menciptakan sedangkan Tuhan tidak ada yang menciptakan?, Bagaimana Cara menyakini bahwa Tuhan yang menciptaka Alam Semesta adalah Allah bukan yang lain? Buktinya apa?" (mohon saudara(i) smua menjawabnya secara logika hingga saya mampu melogikakan pikiran temen saya tersebut, Jangan menjawab dulu dengan Al-Quraan atau Alhadist karena dya blum percaya akan sumber islam tersebut benar dari tuhan"

terimakasih, besar harapan saya kita menemukan solusi yang jenih dari diskusi ini.

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re:Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #1 pada: Februari 14, 2010, 08:57:57 am »
wa'alaikumussalam wr.wb
emang Tuhan itu siapa? tahu darimana alam semesta ciptaan Tuhan?

alhikmah99

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 741
  • Reputasi: -38
  • ada yang punya free
    • Lihat Profil
Re:Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #2 pada: Februari 14, 2010, 10:17:25 am »
tanya dia
duluan mana telur sama ayam
ha 3x...
dia pasti nggak bisa jawab
kalau itu akupun bingung jawabannya

tapi secara logika bahasa

antara ciptaan dan pencipta
ya jelas duluan pencipta
kalau pencipta ada yang menciptakan berarti dia bukan pencipta beneran
tuhan yang dibikin tuhan berarti bukan tuhan beneran
semisal patung atau apa
atau dewa yang dilahirkan dewa

tapi
hati-2 lu main logika
bisa sesat jadinya

berpikir menggunakan metode berpikir Islam
bukan filsafat

coba buka ini

http://forum.dudung.net/index.php/topic,5550.msg244201.html#msg244201

jalan menuju iman
dimulai dengan berpikir
bukan warisan

KataHati

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 5
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #3 pada: Februari 14, 2010, 10:51:22 am »
wa'alaikumussalam wr.wb
emang Tuhan itu siapa? tahu darimana alam semesta ciptaan Tuhan?
Dia tahu alam semesta ini dari saya dan temen2 lainnya bro,... Namun menurut dya alam semesta ada sendiri seperti kebenaran adanya tuhan bahwa tidak ada yg menciptakan... Jika tuhan tidak ada yg menciptakan bukankah alam semesta bisa dikatakan juga tidak ada yg menciptakan. Begitu katanya. Gimana cara buktiinnya ya.

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re:Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #4 pada: Februari 14, 2010, 11:30:05 am »
lah. kalau dia percaya bahwa alam semesta ini tidak ada yang menciptakan, kenapa dia tidak bisa percaya bahwa Tuhan itu tidak ada yang menciptakan?
semua punya awal dan akhir
nah, emang awal dari alam semesta apa?
ga ada?gimana tiba tiba ada?

د ج ل

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.084
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • my personalities
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re:Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #5 pada: Februari 14, 2010, 08:23:22 pm »
seandainya alam semesta ada dengan sendirinya, mengapa bisa tercipta keteraturan di alam semesta ini?
adakah sesuatu yang terjadi secara kebetulan memiliki keteraturan?

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #6 pada: Februari 15, 2010, 11:30:01 am »
Assalamualaikum wr.Wb!
Terlebih dahulu saya mohon maaf, saya pendatang baru di forum ini jadi saya minta bimbingan dari senior2 smua.
Sampai saat ini saya belum mampu menjwab secara logika sebuah pertanyaan yang dilemparkan oleh seorang temen yang keagamaannya belum jelas, jika saya mampu melogikakan pertanyaan dia maka dya bersedia masuk islam. beginilah pertanyaannya.
"Jika Alam Semesta Ciptaan Tuhan, Tuhan Ciptaan Siapa?, Kenapa Alam semesta dan Isinya Ada yang menciptakan sedangkan Tuhan tidak ada yang menciptakan?, Bagaimana Cara menyakini bahwa Tuhan yang menciptaka Alam Semesta adalah Allah bukan yang lain? Buktinya apa?" (mohon saudara(i) smua menjawabnya secara logika hingga saya mampu melogikakan pikiran temen saya tersebut, Jangan menjawab dulu dengan Al-Quraan atau Alhadist karena dya blum percaya akan sumber islam tersebut benar dari tuhan"

terimakasih, besar harapan saya kita menemukan solusi yang jenih dari diskusi ini.

Anggap saja lawan bicara anda seorang atheis.  Intinya ada dua pertanyaan besar :
1. apakah ada tuhan ?
2. Kalau ada kenapa tuhan yg benar itu Allah swt ?

Menghadapi orang atheis atau non muslim memang harus bicara masalah ketuhanan dulu, karena bagaimana mereka yakin dg quran ? dg tuhan saja masih belum yakin.

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #7 pada: Februari 16, 2010, 08:10:46 am »
Siapa pencipta alam semesta ---------> tuhan

siapa pencipta tuhan --------------------> tuhannya tuhan

siapa pencipta tuhannya tuhan --------------------> tuhannya tuhannya tuhan

siapa pencipta tuhannya tuhannya tuhan ----> tuhannya tuhannya tuhannya tuhan, dst. dst

itulah jawaban kalo kita menggunakan logika, tak akan ada habisnya ?



Salaam,

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #8 pada: Februari 16, 2010, 07:57:40 pm »
"Bagaimana Cara menyakini bahwa Tuhan yang menciptaka Alam Semesta adalah Allah bukan yang lain? Buktinya apa?" (mohon saudara(i) smua menjawabnya secara logika hingga saya mampu melogikakan pikiran temen saya tersebut, Jangan menjawab dulu dengan Al-Quraan atau Alhadist karena dya blum percaya akan sumber islam tersebut benar dari tuhan"
Kalo udah bawa Allah berarti udah masuk ke wilayah Muslim, dan itu hanya bisa dijawab dgn Qur'an dan Hadits, tdk bisa dijawab dgn logika buta

Kecuali kalo temen diskusi kamu menanyakan "Tuhan itu ada ga sih??"
...itu baru bisa dijawab menggunakan logika

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #9 pada: Februari 17, 2010, 08:07:58 am »
Kalo udah bawa Allah berarti udah masuk ke wilayah Muslim, dan itu hanya bisa dijawab dgn Qur'an dan Hadits, tdk bisa dijawab dgn logika buta

Kecuali kalo temen diskusi kamu menanyakan "Tuhan itu ada ga sih??"
...itu baru bisa dijawab menggunakan logika

sepakat  :cool:

@TS

Allah disitu merujuk pada siapa? Allah swt? Allah-nya nasrani? atau Tuhan secara keseluruhan?

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #10 pada: Februari 17, 2010, 10:44:14 am »
"Bagaimana Cara menyakini bahwa Tuhan yang menciptaka Alam Semesta adalah Allah bukan yang lain? Buktinya apa?" (mohon saudara(i) smua menjawabnya secara logika hingga saya mampu melogikakan pikiran temen saya tersebut, Jangan menjawab dulu dengan Al-Quraan atau Alhadist karena dya blum percaya akan sumber islam tersebut benar dari tuhan"
Kalo udah bawa Allah berarti udah masuk ke wilayah Muslim, dan itu hanya bisa dijawab dgn Qur'an dan Hadits, tdk bisa dijawab dgn logika buta

Kecuali kalo temen diskusi kamu menanyakan "Tuhan itu ada ga sih??"
...itu baru bisa dijawab menggunakan logika

Sepakat :cool:

Zilva

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #11 pada: Maret 22, 2010, 08:23:13 pm »



Wa'alaikum salam wr.wb

Menanggapi pertanyaan anda. Mari kita buktikan secara logika bahwa Allah itu ada, dan adanya Allah bukan karena diciptakan.

Sesuatu dikatakan ada yaitu karena 3 hal :

1. Adanya sesuatu karena disandarkan (idhofi)  contoh siang dan malam, miskin dan kaya, panas dan dingin, dll
    Kita bisa mengatakan adanya malam karena adanya siang, adanya miskin karena ada kaya, ada panas kerena ada dingin.
    Kalau tidak ada siang, maka tidak ada malam, kalau tidak ada miskin maka tidak ada kaya.
    pengertian wujud atau ada seperti ini karena karena disandarkan oleh sesuatu.

2. Adanya sesuatu yang sifatnya baru karena adanya penciptaan (Aridi) contoh : Manusia, Komputer, kursi, meja, dll
    Adanya mereka adalah sesuatu yang baru, walaupun sudah terlihat usang saat sekarang ini, tetapi beberapa tahun yang lalu mereka adalah baru.
    Kita mengatakan mereka yang telah usang dan lama karena saat ini.
    kita adalah baru, ayah, kakek, buyut dan seterusnya adalah lama, lebih lama, terlama  dan seterusnya keatas.
    Kita akan menjadi lebih lama, bahkan terlama, jika dibandingkan dengan anak, cucu kita dan terus kebawah.
    Hal ini terjadi karena kita diperjara oleh yang namanya "Ruang dan Waktu"


    Kalau demikian yang terjadi, maka timbulah konsep tasasul (berkesinambungan yang tiada habisnya)
    Tuhan satu, menciptakan tuhan kedua, tuhan kedua menciptakan tuhan ketiga, dan seterusnya
     Dan itu artinya tuhan-tuhan tersebut juga dipenjara oleh ruang dan waktu.


    Waktu adalah relatif, 1 tahun di planet bumi = 365 hr, tapi satu tahun di planet pluto bisa jadi = 720 hari

    Ruang diciptakan memiliki dimensi yang berbeda.
    Contoh : Seekor jin dapat berpindah dari satu tempat ketempat yang lain dalam sekejap dibumi ini, jadi luasnya  bumi ini tidak akan berarti
                   buat seekor jin.


3. Bersifat  Dzati yaitu Wujud secara haqiqi tanpa disandingkan oleh sesuatu, dan tidak bersifat baru atau diciptakan, tetapi Dzat itu
    sendiri yang memang ada, dialah Allah.


Allah adalah tuhan yang tidak terkungkung oleh ruang dan waktu,
Bagi Allah,  "dulu, saat ini, dan yang akan datang, adalah sama"
Karena Allah lah yang menciptakan ruang dan waktu


Jadi berdasarkan penjelasan tersebut, dengan sendirinya telah "menggugurkan pertanyaan benarkah Allah ada dan sejak kapan Allah ada".
 
Poin No. 1 dan 2, membuktikan bahwa Alam semesta beserta isinya adalah hasil penciptaan.

Demikian penyelasan saya, mohon maaf jika memang sulit dipahami, karena memang harus menggunakan pemahaman logika yang dalam.
Dan saya yakin jika kita menggunakan akal kita, kita akan dapat memahami dengan logika kita.

Wassalamualaikum,


Yazid Hizbullah


madAs

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 7
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • bbb
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #12 pada: Maret 23, 2010, 01:34:31 am »

"Jika Alam Semesta Ciptaan Tuhan, Tuhan Ciptaan Siapa?, Kenapa Alam semesta dan Isinya Ada yang menciptakan sedangkan Tuhan tidak ada yang menciptakan?, Bagaimana Cara menyakini bahwa Tuhan yang menciptaka Alam Semesta adalah Allah bukan yang lain? Buktinya apa?" (mohon saudara(i) smua menjawabnya secara logika hingga saya mampu melogikakan pikiran temen saya tersebut, Jangan menjawab dulu dengan Al-Quraan atau Alhadist karena dya blum percaya akan sumber islam tersebut benar dari tuhan"



Izinkan saya bantu jawab.
Dalam Filsafat sebenernya itu pertanyaan dasar.Artinya pertanyaan tentang Alam, apakah diciptakan atau tidak.Karena jika pakai logika, keduanya belum bisa memuaskan hati kita.Makanya Aristoteles pernah ngomong "Baik alam itu punya permulaan atau tidak, keduanya sama2 tidak masuk akal".
Nah, buat teman Anda, satu hal yang harus dipegang, baik daur (circular reasoning) maupun tasalsul (infinite circle), keduanya telah disepakati sebagai hal yang tidak masuk akal.
Sekarang tentang alam.Jika dia mengakui bahwa alam ada penciptanya, akal tidak bisa melanjutkan pertanyaannya, mengenai siapa pencipta alam karena akan membawa kepada daur atau tasalsul.Nah untuk menghindarinya, akal harus mencari ujung proses penciptaan ini dan menentukan titik akhirnya pada sesuatu yang transenden, tidak terikat dengan waktu , tempat dan semua tentang alam.Dan ketemulah Tuhan.

abichakef

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 25
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #13 pada: Maret 25, 2010, 12:39:58 pm »
Harusnya peratnyaannya ini dulu.."Apakah Tuhan itu menciptakan atau diciptakan...?"

Abi Nizma

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.850
  • Reputasi: 43
  • Jenis kelamin: Pria
  • Aku Mencintai Kedua2nya
    • Lihat Profil
Re: Siapakah Pencipta Tuhan?
« Jawab #14 pada: Maret 31, 2010, 10:17:34 am »
Sebenarnya intinya saja langsung


Tuhan itu Maha Awal
Tuhan itu Maha Akhir
Tuhan itu Maha Pencipta ..... sesuatu yang tidak memiliki ke tiga sifat ini adalah bukan Tuhan.....

Dia juga Maha Mengadili.... Maha mengatur..... dan Maha Menghendaki....


Maha mengadili :
Manusia yang berbuat zalim pasti akan diadili masa bebas2 saja.. ini gak mungkin


Maha Mengatur :
Terjadinya siang dan malam...  takdir baik-buruk.....


idem sama teman2 yang lain.....