Penulis Topik: adab berdebat  (Dibaca 14395 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re:adab berdebat
« Jawab #15 pada: April 05, 2009, 03:30:31 pm »
1.mengedepankan ketakwaan kepada allah, bermaksud bertaqarub keopadanya, dan mencari ridhaNya.
2.harus diniatkan untuk memastikan kebenaran sebagaikebenaran dan membatilkan yang batil.
3.tidak dimaksud untuk mencari kebanggaan, kedudukan, meraih dukungan, berselisih,dan ingin dilihat.
4.harus diniatkan memberikan nasihat kepada allah, agamaNya,dan kepada lawan debatNya.karena agama adalah nasihat.
5.harus  diawali dengan memuji kepada allah dan membaca salawat kepada rosul.
6.harus memohon dengan sungguh-sungguh kepada alllah agar diberi taufik terhadap perkara yang diridoinya.
7.singkat dan padat dalam berbicara.
8.tidak mengeraskan suaranya kecuali dalam batas supaya terdengar.
9. tidak bioleh meredahkan lawan diskusi dan meremehkan persoalannya.
10. harus bersabar terhadap penyimpangan lawan diskusi.
11.tidak boleh bermaksud merendahkan lawan diskusi.
tidak boleh bermaksud ingin mengalahkan lawan diskusi.
12.tidak boleh mengacaukan jawaban.

kurang lebih itulah adab dalam berdebat, mudah-mudahan perdebatan di dudung dot net adalah perdebatan yang dibenarkan syara.

tidak menjustise kesalahan personal...

Areyou

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 708
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • Lihat Mata Saya.....BERUBAH..!!!
    • Lihat Profil
Re:adab berdebat
« Jawab #16 pada: April 05, 2009, 04:47:22 pm »
Kaka ad tmen sya yang bilang klo debat itu gak dianjurin dalam Islam, Sayangnya ak suka debat, lah kaka punya cara gak biar kita bisa mundur dari debat tapi masih tetap berwibawa, gak merasa ato dianggap kalah. Gitu aj kaka^^
SEMANGAT!?!

Yg gak dibolehkan itu Debat DENGAN NIAT Sombong, GEdein Rasa GW, GW yg paling kuasa, dkk

"Sesungguhnya segala sesuatu itu diawali dari Niatnya...."

Niat nirvana debat apa ya??? Kalau berusaha untuk mencari Solusi dan kebenaran sih kenapa tidak.....  >:D< >:D<

alhikmah99

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 741
  • Reputasi: -38
  • ada yang punya free
    • Lihat Profil
Re:adab berdebat
« Jawab #17 pada: Juni 10, 2009, 11:03:32 am »
Bismillah ..!


Kutip
15. jangan hanya memandang dari satu sudut pandang

mungkin bisa nggak sepakat

pandang dari sudut panjang atau perspektif syara saja
kalau bicara masalah agama atau mabda'

kalau bicara masalah lainnya terserah saja

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:adab berdebat
« Jawab #18 pada: Juni 19, 2009, 09:39:26 am »
JANGAN merasa PALING BENAR DAN YANG LAIN SALAH..
gunainlah logika dalam penyerapan bukan HAWA NAFSU...   ;))

logika dan hati

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:adab berdebat
« Jawab #19 pada: Juni 19, 2009, 09:41:08 am »
Bismillah ..!


Kutip
15. jangan hanya memandang dari satu sudut pandang

mungkin bisa nggak sepakat

pandang dari sudut panjang atau perspektif syara saja
kalau bicara masalah agama atau mabda'

kalau bicara masalah lainnya terserah saja


ngapa g sepakat mas ??? wong dalam syara' sendiripun terdapat ikhtilaf ulama kan ?? jadi jangan hanya lihat satu sudut pandang ulama saja tapi bagaimana ulama lain yang Tsiqah memandang suatu masalah

ummi_thifa

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 5
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Menjalin ukhuwah
    • Lihat Profil
Re:adab berdebat
« Jawab #20 pada: Juli 31, 2009, 06:14:36 pm »
kalo sedang berdebat, sekali - kali bileh bercanda dong yaa..?? :-$

nirvana

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 64
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kubangun langit d atasmu agar qt selalu berjuang tuk menggapainya. http://cahayaygkembali.blogsland.net
    • Lihat Profil
    • Blog Islami
Re:adab berdebat
« Jawab #21 pada: Oktober 08, 2009, 03:29:10 pm »
Trimaksh ka2, salam kenal ya  'areyou' setiap pertanyaan hrus qt dapatkan jawabannya agar saat melngkah qt semakin mantap!!! Iya kan.. Keep Istiqomah..

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:adab berdebat
« Jawab #22 pada: Oktober 13, 2009, 02:01:51 pm »
berdebat......

kayaknya yang lebih dominan dalam debat adalah mempertahankan hujjah / alasan kita terhadap sesuatu pendapat yang kita pegang..... bedakan dengan diskusi....

kalau disini yang paling banyak adalah debat dengan mengutamakan 'Etnosentrisme" jamaah atau organisasi jadi jarang ada yang bilang saya terima pendapat mu

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: adab berdebat
« Jawab #23 pada: Februari 22, 2010, 04:26:15 pm »
Hmm, kita lihat mana yang paling dekat dengan al qur'an dan assunnah itu yang paling diikuti. Gak mungkin dong yang bertentangan dengan keduanya trus diikuti. bener gak? ;;)

helix

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 118
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • homo sapiens juga merupakan homo religius
    • Lihat Profil
Re: adab berdebat
« Jawab #24 pada: Juni 24, 2010, 03:04:26 pm »
hmm...all of them are right
but when i talked with the christian,
i couldn't handle my anger....he3 sophistry ini

ababil

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 13
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:adab berdebat
« Jawab #25 pada: Oktober 18, 2010, 01:46:21 pm »

8.tidak mengeraskan suaranya kecuali dalam batas supaya terdengar.


Gak paham ane, Gan? Suara?