Penulis Topik: Haid (Menstruasi)  (Dibaca 87751 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Lieberina

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 548
  • Reputasi: 8
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #30 pada: April 30, 2007, 11:46:54 am »
wah...kya'x mlsh haid ini komplex jg y. Sbnarx bnyk hal yg ingin rina tnyakan seputar haid. atu2 deh....
klo rina spndapt ma bang soleh mengenai wanita g dilrng msk dlm masjid pd saat haid, asal darah haidx g mengotori masjid. Mengenai pegang ato baca Alquran, ini jg bnyk pendpt. wktu kul dl rina diajk pngajian dirmh slh seorng akhwat, saat itu rina g megiyakn dg alasan gi haid, tp beliau blng gpp memegang ato pun membaca Alquran saat haid, lnjut beliau mengatkn "hanya ada 5 hal yg g bs dilakukan wanita yg sdng haid, yaitu : solat, puasa, b'setubuh, tawaf, ....." satux lg rina lupa, tp ibadah haji klo g slh ingt. Yg bkn binun neh pndpt para uztad, ada yg mengatakn blh aj tp bkn Alquran murni, maksudx ayat suci dr buku or t'jemahan, ada jg yg mengatakn bs bc tp g bs dipegang, ada mlh yg g bs ke2x. Tp sampe saat ini rina ttp megang or baca Quran saat haid coz lom dpt ayat or hadis yg m'jlskn ttng itu. Nah klo ada tmn yg punya referensi yg mengugurkn hal itu, sharing aj, jng smpe slm ini rina bkn dosa lg.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #31 pada: April 30, 2007, 02:53:36 pm »
Diharamkan bagi wanita haid berdiam dalam masjid, bahkan diharamkan pula baginya berdiam dalam tempat shalat Ied. Berdasarkan hadits Ummu Athiyah Radhiyallahu Anha bahwa ia mendengar Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : Agar keluar para gadis, perawan dan wanita haid ... Tetapi wanita haid menjauhi tempat shalat". [Hadits Muttafaq 'Alaih]


evia

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sebaik-baik perhisan dunia adalah Wanita sholehah
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #32 pada: Mei 01, 2007, 06:24:48 pm »
Yg bkn binun neh pndpt para uztad, ada yg mengatakn blh aj tp bkn Alquran murni, maksudx ayat suci dr buku or t'jemahan, ada jg yg mengatakn bs bc tp g bs dipegang, ada mlh yg g bs ke2x. Tp sampe saat ini rina ttp megang or baca Quran saat haid coz lom dpt ayat or hadis yg m'jlskn ttng itu. Nah klo ada tmn yg punya referensi yg mengugurkn hal itu, sharing aj, jng smpe slm ini rina bkn dosa lg.
memang byk pendapat dlm hal memperbolehkan atau tdknya membaca quran saat haid.
Kebanyakan ulama tidak memperbolehkan perempuan yang sedang haid membaca al-Qur'an . Sedang yang memperbolehkan adalah Imam Malik dan Ibnu Rusd. Imam Malik beralasan bahwa seorang yang lagi haid diperbolehkan karena haid itu biasanya berhari-hari, karenanya boleh membaca al-Qur'an dalam masa haid.
Sementara menurut Ibnu Rusd perempuan yang haid diperbolehkan membaca al-Qur'an.

kebanyakan ulama sepakat melarang perempuan menyentuh al-Qur'an saat haid. Jadi kalaupun ada yang berpendapat bolehnya perempuan haid membaca al-Qur'an, itu berarti membaca tanpa menyentuh.

Mohon dikoreksi... wallahu alam..

Fakhrunnisa

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 11
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #33 pada: Mei 05, 2007, 11:17:48 am »
Ass
fakhrun blh tanya...??
Amalan apa aja yg bsa dikerjain waktu kita sedang haid?
trus klo lg haid boleh masuk mesjid/ diterasnya aja ga?
klo lg haid,kty bila ada rambut yg jatuh ato rontok harus dikumpulin lalu nanti dibawa pas mandi wajib,bener y?
mohon penjelasannya....jg sm dalilnya y...
af1 kebanyakan nanya...habis...ilmunya msh kurang....
Jazakillah atas jawabannya.... ;;) ;;)

evia

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sebaik-baik perhisan dunia adalah Wanita sholehah
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #34 pada: Mei 05, 2007, 12:31:58 pm »
Ass
fakhrun blh tanya...??
Amalan apa aja yg bsa dikerjain waktu kita sedang haid?

Wa'alaikum salam wr wb,
Dalam keadaan haid, ibadah yang seharusnya dilaksanakan adalah berzikir dengan memperbanyak membaca tasbih, tahmid, istigfar dan tahlil, diperbolehkan membaca Qur'an tanpa menyentuhnya.

Mungkin ada yg mau menambahkah... wallahu alam wa bishowab

dhiya

  • Moderators
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #35 pada: Mei 14, 2007, 08:18:20 pm »
maaf...ini dhiya lagi... :-/ masihg seputar haid...

dhiya bingung...haid-nya udah 2minggu lebih qra2 20 hari..trus 2 hari engga dan sekarang haid lagi. masih tetep hitam.. dhiya butuh pendapat ukhfillah...
kata tetangga, dhiya harus waspada...takutnya ini gejala Kista? dan katanya tar susah punya anak...?
mohon bantuannya.... :((

Lieberina

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 548
  • Reputasi: 8
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #36 pada: Mei 18, 2007, 03:09:29 pm »
af1 mo OOT.....
tmpo hr rina posting link yg bahas ttng haid......pas rina mo liat lg koq g ada y  :-??
pa di delete ma moderator y.......mank napa, kasi alasan donk  :(

bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #37 pada: Mei 18, 2007, 07:03:43 pm »
af1 mo OOT.....
tmpo hr rina posting link yg bahas ttng haid......pas rina mo liat lg koq g ada y  :-??
pa di delete ma moderator y.......mank napa, kasi alasan donk  :(


gak ada yang di delate, cari aja di link lain kali aja digabungkan ama link yang sama...

thanks..

moderator setempat

bangsholeh

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #38 pada: Mei 23, 2007, 07:09:31 am »
maaf...ini dhiya lagi... :-/ masihg seputar haid...

dhiya bingung...haid-nya udah 2minggu lebih qra2 20 hari..trus 2 hari engga dan sekarang haid lagi. masih tetep hitam.. dhiya butuh pendapat ukhfillah...
kata tetangga, dhiya harus waspada...takutnya ini gejala Kista? dan katanya tar susah punya anak...?
mohon bantuannya.... :((


kalo haid udah lebih dari limabelas hari and darah nya yang keluar darah seger...berarti ada masalah dengan organ reproduksimu
dicek atuh....

biasanya haid yang nggak teratur karena kecapekan
hormon gak seimbang
dan kurang gizi, hehehehehe <bener loh>

bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #39 pada: Juli 10, 2007, 10:28:51 pm »
Ketentuan Hukum Darah Kebiasaan Wanita (haid dan istihadhoh)

- Usia minimal dan maksimal seorang wanita datang bulan/haid
+ Usia Minimal adalah sembilan tahun, jika darah keluar dari kemaluan sebelom usia itu maka itu adalah darah istihadhoh. Sementara batas maksimal usia haid tiada batasnya.

- Batas minimal jumlah hari haid
+ Sehari semalam (24 jam) jika kurang, maka itu adalah darah istihadhoh.

- Batas maksimal jumlah hari haid
+ Lima belas hari, apabila darah yang keluar lebih dari lima belas hari, maka itu adalah darah istihadhoh.

- Masa suci antara masa haid
+ Tiga belas hati, jika darah keluar sebelom sempurnanya masa itu, maka itu adalah darah istihadhoh.

- Masa normal wanita haid
+ Enam atau tujuh hari

- masa normal wanita suci
+Dua puluh tiha atau dua puluh empat hari

- Apakah darah yang keluar saar hamil adalah darah haid?
+ Sesuatu yang keluar dari wanita hamil berupa darah bercorak coklat atau lendir kekuning-kuningan itu adalah darah istihadhoh.

- Kapankah wanita yang haid mengetahui bahwa dia sudah suci?
+ Mengetahuinya dengan dua cara, 1. Lendir putih, jika dia dapat melihatnya. 2. Keringnya lubang vagina dari darah, bercak coklat atau kekuning-kuningan, jika dia tidak bisa melihatnya lendir putih tersebut.

- Cairan yang keluar dari kemaluan wanita pada masa suci
+ Jika cairan itu putih/bening berbentuk lendir, maka cairan itu suci, dan jika itu darah bercak coklat atau kekuning-kuningan maka itu najis, seluruhnya dapat membatalkan wudhu, jika keluarnya terus-menerus, maka it adalah darah istihadhoh.

- Bercak coklat, kekuning-kinunganyang keluar dari vagina
+ Jika keluarnya bersambung dengan, sebelom dan sesudahnya maka itu adalah darah haid, apabila keluarnya terpisah, maka itu adalah darah istihadhoh.

- Haid datang lebih cepat atau terlambat dari waktu kebiasaannya
+ Selama ciri-ciri darah haid terbukti, maka itu adalah haid, kapanpun waktunya. Dengan catatan jarak dari masa haid dengan masa berikutnya lebih dari tiga belas hari (minimal masa suci). Kalau tidak, maka itu adalah darah istihadhoh.

- Kalau masa haid bertambah aau berkurang dari kebiasaannya
+ Maka itu adalah darah haid, dengan syarat tidak lebih dari masa maksimal haid(lima belas hari)

- Jika darah teru-menerus keluar untuk waktu yang panjang, seperti sebulan atau lebih
+ Ada empat kondisi : 1. Wanita yang mengetahui waktu haidnya pada setiap bulannya, jumlah harinya dan perbedaan antara darah haid dengan darah lainnya, maka yang menjadi patokan adalah jumlah hari, waktu kebiasaan, bukan darahnya. 2. Wanita yang mengetahui waktu haidnya pada setiap bulannya, dan jumlah hari, akan tetapi kondisi darahnya terus berada dalam satu keadaan atau tidak berobah, maka dia berpatokan kepada waktu dan jumlah haidnya. 3. Wanita yang mengetahui waktu haidnya pada setiap bulannya, tapi tidak tahu berapa jumlah harinya, maka dia mengambil enam atau tujuh hari (masa normal haid) sesuai waktu kebiasaan. 4. Wanita yang mengetahui jumlah haidnya, tapi tidak mengetahui kapan datangnya pada setiap bulan, maka dia mengambil jumlah hari yang diketahuinya pada setiap awal bulan hijriah.


bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #40 pada: Juli 10, 2007, 10:30:51 pm »
Ketentuan Darah Dan hukum kebiasaan wanita (nifas atau istihadhoh)

- Apabila seorang wanita melahirkan namun tidak melihat ada darah keluar
+ Tidak dikatagorikan ke dalam hukum nifas, tidak wajib mandi dan tidak membatalkan puasa.

- Apabila melihat tanda-tan melahirkan
+Darah dan cairan yang diiringi oleh rasa sakit beberapa waktu sebelom melahirkan tidak termasuk nifas, tapi istihadhoh.

- Darah yang keluar dari wanita saat melahirkan
+ Darah itu adalah darah nifas, walaupun anak yang akan dilahirkan belom keluar atau baru keluar separoh badan, maka tidak wajib mengqodho sholat yang ditinggalkan pada kondisi tersebut.

- Kapan dimulai hitungan hari nifas?
+ Setelah janin keluar dari perut ibunya ke bumi secara sempurna.

- Berapa minimal hari nifas?
+ Tidak ada batas minimal, jika ia melahirkan kemudian darahnya langsung berhenti setelah melahirkan, maka wajib mandi, sholat dan tidak perlu menunggu sampai lengkap 40 hari.

- Berapa batas maksimal masa nifas?
+ Empat puluh hari (40 hari), apabila lebih dari itu, tidak dianggap darah nifas lagi, oleh karena itu wajib mandi dan shola kecuali berketapatan pada masa haid sebelom hamil, maka dianggap darah haid.

- Wanita yang melahirkan dua anak kembar atau lebih
+ Masa nifasnya dimulai setelah melahirkan anak yang pertama.

- Apakah hukum darah yang keluar setelah keguguran?
+ Apabila umur janin yang keguguran delapan puluh hari atau kurang, maka darah yang keluar adalah darah istihadhoh. Apabila setelah sembilan puluh hari maka darah iru adalah darah nifas. Apabila masanya diantara delapan puluh dan sembilan puluh hari, maka hukumnya tergantung kepada bentuk fisik janin, apabila bentuknya lebih menyerupai bayi manusia, maka darah itu adalah darah nifas, apabila belom bebentuk manusia, maka itu adalah darah istihadhoh.

- Apabila sebelom empat puluh hari dia sudah suci, kemudian datang darah lagi sebelom empat puluh hari habis.
+ Tanda suci yang dilihat wanita dalah masa empat pulih hari nifas itu adalah suci, maka harus mandi dari nifas dan mengerjakan sholat. Apabila darah itu datang lagi selama masih dalam empat puluh hari, maka dikatagorikan nifas, begitulah seterusnya sampai habis empat puluh hari.

bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #41 pada: Juli 10, 2007, 10:33:12 pm »
Catatan penting :

* larangan bagi wanita haid dan nifas, sama dengan larangan bagi orang yang berhadast besar.
* Wanita yang istihadhoh wajib mengerjakan sholat, akan tetapi berwudhu pada setiap sholat.
* Apabila wanita suci dari haid atau nifas sebelom magrib, maka diharuskan mengerjakan sholat juhur dan ashar pada hari itu, apabila dia suci sebelom terbit pajar, maka dia wajib mengerjakan sholat magrib dan isya pada malam itu.
* Apabila waktu sholat udah masuk, kemudia dia haid atau nifas sebelom sempat mengerjakan sholat itu, maka dia wajib mengqodho sholat itu.
* Diwajibkan kepada wanita untuk membuka ikatan rambutnya pada saat mandi dari haid dan nifas, dan tidak diwajibkan membukanya ketika mandi junub.
* Dilarang menyetubuhi wanita yang sedang haid dan nifas di kemaluannya, dan boleh bersenang-senang (menyalurkan syahwat) selain melalui kemaluan.
* Makruh hukumnya menyetubuhi wanita yang sedang istihadhoh di kemaluannya dan hal tersebut diperbolehkan untuk dilakukan jika diperlukan.
* Dianjurkan kepada wanita yang sedang istihadhoh untuk mandi setiap kali akan mengerjakan sholat. Jika tidak mampu maka menjama' sholat juhur dengan ashar dengan satu kali mandi. Sholat mangrib dan isya dengan satu kali mandi, dan mandi untuk sholat shubuh. Sehingga semuanya menjadi tiga kali mandi sehari. Dan berwudhu untuk setiap kali sholat. Jika dia tidak mampu juga, maka berwudhu untuk setiap sholat setelah mandi dari haid.
* Diperbolehkan bagi wanita meminum obat penahan haid untuk sementara dalam rangka melaksanakan haji dan umroh, atau melengkapi puasa ramadhan, dengan syarat terjamin dari efek samping obat tersebut.


NB. Artikel ini adalah ringkasan dari kesepakatan ulama sedunia....
« Edit Terakhir: Juli 10, 2007, 10:34:48 pm oleh bangsholeh »

secret

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 13
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #42 pada: Juli 21, 2007, 07:50:25 pm »
assalamualaikum...
bang soleh saya boleh nanya gak tentang haidh???
gini lho... aq haidh tu kadang2 warnanya cokelat dan akhir2 ini semakin sering bahkan warnanya udah gak merah lagi tapi banyak itu apa perlu cek ke dokter ya???
terus kalo warna kuning kecoklat-coklatan itu pas habis haidh tapi sedikit banget masih termasuk haidh gak????
terus satu masalah lagi kalo ada kuning kecoklat2an tapi sedikit dan diluar waktu haidh itu bisa menyebabkan gak bisa sholat gak????
syukron atas jawabannya....

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #43 pada: Agustus 15, 2007, 11:42:30 am »
Catatan penting :

* Wanita yang istihadhoh wajib mengerjakan sholat, akan tetapi berwudhu pada setiap sholat.

* Dilarang menyetubuhi wanita yang sedang haid dan nifas di kemaluannya, dan boleh bersenang-senang (menyalurkan syahwat) selain melalui kemaluan.

* Dianjurkan kepada wanita yang sedang istihadhoh untuk mandi setiap kali akan mengerjakan sholat. Jika tidak mampu maka menjama' sholat juhur dengan ashar dengan satu kali mandi. Sholat mangrib dan isya dengan satu kali mandi, dan mandi untuk sholat shubuh. Sehingga semuanya menjadi tiga kali mandi sehari. Dan berwudhu untuk setiap kali sholat. Jika dia tidak mampu juga, maka berwudhu untuk setiap sholat setelah mandi dari haid.

NB. Artikel ini adalah ringkasan dari kesepakatan ulama sedunia....

1. yang gak haid aja suaruih berwudlu...
2. dan juga haram lewat duburnya
3.Tidak ada dalil bagi yang istihadzah untuk mandi dalam setiap hendak sholat
4.

Rizki Amalia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.002
  • Reputasi: 29
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #44 pada: September 26, 2007, 12:20:18 pm »

- Kapankah wanita yang haid mengetahui bahwa dia sudah suci?
+ Mengetahuinya dengan dua cara, 1. Lendir putih, jika dia dapat melihatnya. 2. Keringnya lubang vagina dari darah, bercak coklat atau kekuning-kuningan, jika dia tidak bisa melihatnya lendir putih tersebut.
apakah apabila salah satunya sudah terjadi maka sudah dihukumi suci? ataukah harus terjadi keduanya baru bisa dikatakan suci?


- Bercak coklat, kekuning-kinunganyang keluar dari vagina
+ Jika keluarnya bersambung dengan, sebelom dan sesudahnya maka itu adalah darah haid, apabila keluarnya terpisah, maka itu adalah darah istihadhoh.

apakah ada batas minimal keluarnya lendir putih tsb? bagaimana bila setelah putih keluar cairan kecoklatan lagi? soalnya kemarin pas magrib dah liat "si putih", trus mandi, tapi pas isya malah ada cairan kecoklatan(tapi ga sampai item)& ga berbau seperti darah yg biasa.. ini hukumnya apa? :-/ :-/
Dijawab ya, bang, penting banget nih,,,