Penulis Topik: Haid (Menstruasi)  (Dibaca 99870 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Haid (Menstruasi)
« pada: Agustus 01, 2006, 06:36:29 pm »
Haid adalah darah yang dikeluarkan dari rahim apabila perempuan telah mencapai usia balig. Setiap bulan perempuan mengalami masa-masa haid dalam waktu tertentu. Jangka waktu haid minimal sehari semalam dan maksimal selama lima belas hari, namun umumnya adalah enam atau tujuh hari.

Jika perempuan hamil, dengan izin Allah darah haid itu berubah menjadi makanan janin yang berada di dalam kandungannya. Maka, perempuan hamil tidak mengalami haid. Dalam masalah haid ini, perempuan dikelompokkan menjadi tiga kelompok: mubtada'ah (perempuan yang baru menjalani haid untuk pertama kalinya), mu'tadah (perempuan yang sudah terbiasa menjalani haid), dan mustahadhah (perempuan yang darahnya keluar dan tidak berhenti).

Mubtada'ah adalah perempuan yang baru pertama kali mengalami haid. Jika melihat ada darah keluar, ia harus meninggalkan salat, puasa, jimak (berhubugan suami istri), dan amalan lain yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang haid, hingga datangnya masa suci. Jika dalam masa sehari semalam ia melihat kesuciannya, hendaknya segera mandi dan menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Jika darahnya tidak berhenti selama lima belas hari, perempuan tersebut dianggap sebagai perempuan mustahadhah.

Mu'tadah adalah perempuan yang sudah terbiasa menjalani haid. Jika telah selesai menjalani masa haid, kemudian ia mendapati darah berwarna kekuning-kuningan atau berwarna keruh, hal tersebut tidak perlu dihiraukan. Artinya, darah tersebut tidak dianggap sebagai darah haid.

Mustahadhah adalah perempuan yang darahnya keluar terus-menerus melebihi kebiasaan masa berlangsungnya haid. Jika perempuan mustahadhah adalah perempuan yang sudah terbiasa menjalani masa haid setiap bulannya, dan ia mengetahui kebiasaan tersebut, hendaknya ia menjalani masa haidnya hingga selesai. Jika masa haidnya telah selesai, ia diharuskan mandi, mengerjakan salat, puasa seperti biasanya. Namun, ia harus berwudu setiap hendak mengerjakan salat. Jika keadaan mendesak, ia boleh melakukan jimak. Dari Ummu Salamah r.a. bahwa ia pernah meminta fatwa kepada Rasulullah saw. mengenai seorang perempuan yang selalu mengeluarkan darah. Maka, Rasulullah saw. bersabda, "Hitunglah berdasarkan bilangan malam dan hari dari masa haid pada setiap bulan berlangsungnya, sebelum ia terkena serangan darah penyakit yang menimpanya itu. Maka, tinggalkanlah salat sebanyak bilangan haid yang biasa dijalaninya setiap bulan. Apabila ternyata melewati dari batas yang berlaku, maka hendaklah ia mandi, lalu memakai cawat (pembalut) dan mengerjakan salat." (HR Abu Dawud dan An-Nasai dengan isnad hasan).

Sumber dari:  kitab Minhajul Muslim karya Syekh Abu Bakar Jabir al-Jazairi dan Al-Jami' fi Fiqhin Nisa' karya Syekh Kamil Muhammad 'Uwaidah

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #1 pada: Agustus 02, 2006, 10:09:18 am »
Kutip
Mustahadhah adalah perempuan yang darahnya keluar terus-menerus melebihi kebiasaan masa berlangsungnya haid. Jika perempuan mustahadhah adalah perempuan yang sudah terbiasa menjalani masa haid setiap bulannya, dan ia mengetahui kebiasaan tersebut, hendaknya ia menjalani masa haidnya hingga selesai. Jika masa haidnya telah selesai, ia diharuskan mandi, mengerjakan salat, puasa seperti biasanya. Namun, ia harus berwudu setiap hendak mengerjakan salat. Jika keadaan mendesak, ia boleh melakukan jimak. Dari Ummu Salamah r.a. bahwa ia pernah meminta fatwa kepada Rasulullah saw. mengenai seorang perempuan yang selalu mengeluarkan darah. Maka, Rasulullah saw. bersabda, "Hitunglah berdasarkan bilangan malam dan hari dari masa haid pada setiap bulan berlangsungnya, sebelum ia terkena serangan darah penyakit yang menimpanya itu. Maka, tinggalkanlah salat sebanyak bilangan haid yang biasa dijalaninya setiap bulan. Apabila ternyata melewati dari batas yang berlaku, maka hendaklah ia mandi, lalu memakai cawat (pembalut) dan mengerjakan salat." (HR Abu Dawud dan An-Nasai dengan isnad hasan).

kalo yang diatas ini maksudnya kayak pendarahan yawh bang?
« Edit Terakhir: Agustus 02, 2006, 06:05:28 pm oleh bangsholeh »

Herera

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.701
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #2 pada: Agustus 02, 2006, 10:20:31 am »
Ye... kok fie malah tanya ama yang cowo siy...   :) ;) :D ;D

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #3 pada: Agustus 02, 2006, 10:39:17 am »
Ye... kok fie malah tanya ama yang cowo siy...   :) ;) :D ;D

dih........ itu ilmu tau her!
fie pingin dapetin ilmu dari sapa aja tanpa pandang bulu

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #4 pada: Agustus 02, 2006, 02:30:36 pm »
Ye... kok fie malah tanya ama yang cowo siy...   :) ;) :D ;D

istihadhah adalah darah luka, kalo haidh itu dari ovum yang gak dibuahi. kalo keluar, terlihat berbeda,

kalo darah haidh warnanya agak gelap/gelap sekali dan bau busuk  :o serta ada lendir kentalnya (biasanya)
sementara darah istihadhah, warnanya merah segar, dan nggak begitu bau dibandingkan darah haidh (darah haidh baunya khas)

dijelasin oleh Nadhifah

bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #5 pada: Agustus 02, 2006, 06:15:17 pm »
kalo yang diatas ini maksudnya kayak pendarahan yawh bang?

pendarahan? boleh juga...
cuma dalam fiqihnya di sebut istihadhoh, orang yang pendarahan itu di sebut dengan mustahadhoh.

Istihadhoh itu darah yang keluar dari rahim seorang wanita yang balig di luar masa haidnya.

Nah bagaimana membedakan haid dan istihadhoh?


PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #6 pada: Agustus 02, 2006, 06:19:08 pm »
Nah bagaimana membedakan haid dan istihadhoh?


istihadhah adalah darah luka, kalo haidh itu dari ovum yang gak dibuahi. kalo keluar, terlihat berbeda,

kalo darah haidh warnanya agak gelap/gelap sekali dan bau busuk   serta ada lendir kentalnya (biasanya)
sementara darah istihadhah, warnanya merah segar, dan nggak begitu bau dibandingkan darah haidh (darah haidh baunya khas)


bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #7 pada: Agustus 02, 2006, 06:52:57 pm »
istihadhah adalah darah luka, kalo haidh itu dari ovum yang gak dibuahi. kalo keluar, terlihat berbeda,
kalo darah haidh warnanya agak gelap/gelap sekali dan bau busuk   serta ada lendir kentalnya (biasanya)
sementara darah istihadhah, warnanya merah segar, dan nggak begitu bau dibandingkan darah haidh (darah haidh baunya khas)

Yup betul...

darah istihadhoh itu lebih encer dari darah haid, Namun kalo kamu tidak bisa bedakan darahnya.... encer tidaknya, baunya, warnanya
hendaklah kamu menghitung masa hari haidmu, biasa berapa hari? masa haid  yang paling cepat satu hari satu malam, paling lama 15 hari 15 malam. nah... kalo kebiasaan haidmu 10 hari...... tapi setelah 10 hari masih keluar darah.... NAH ITULAH YANG DI SEBUT DENGAN DARAH ISTHIHADHOH.

Istihadhoh dan haid beda hukumnya, masa haid seorang wanita di larang mengerjakan ibadah, sholat, puasa, membawa-membaca al-quran, dll. Namun kalo istihadhoh kewajiban tetap, sekalipun keluar darah... kata Nabi pakelah pembalut.(pembalut itu rupanya dari dulu udah ada)

buat kamu wanita, hati hati dengan haid dan istihadhoh ini.... jangan sempat lalai.. :)

 

Athiyyah

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 21
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #8 pada: Agustus 03, 2006, 01:23:18 pm »
kalo yang diatas ini maksudnya kayak pendarahan yawh bang?

pendarahan? boleh juga...
cuma dalam fiqihnya di sebut istihadhoh, orang yang pendarahan itu di sebut dengan mustahadhoh.

Istihadhoh itu darah yang keluar dari rahim seorang wanita yang balig di luar masa haidnya.

Nah bagaimana membedakan haid dan istihadhoh?



cara membedakan haidh dengan istihadhoh...
salah satu caranya adalah dengan melihat waktu keluarnya darah tersebut. jika darah keluar di waktu siklus haidh, maka darah itu adalah darah istihadhoh... Ada yang mau nambahain??...

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #9 pada: Agustus 04, 2006, 10:01:19 am »
kalo yang diatas ini maksudnya kayak pendarahan yawh bang?

pendarahan? boleh juga...
cuma dalam fiqihnya di sebut istihadhoh, orang yang pendarahan itu di sebut dengan mustahadhoh.

Istihadhoh itu darah yang keluar dari rahim seorang wanita yang balig di luar masa haidnya.

Nah bagaimana membedakan haid dan istihadhoh?



cara membedakan haidh dengan istihadhoh...
salah satu caranya adalah dengan melihat waktu keluarnya darah tersebut. jika darah keluar di waktu siklus haidh, maka darah itu adalah darah istihadhoh... Ada yang mau nambahain??...

berul!!!
ini bisa di jadikan cara membedakan paling mudah!
karena setiap orang pasti tau siklus haidnya setiap bulan

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #10 pada: Agustus 04, 2006, 09:02:04 pm »
makanya, wajib bagi kita untuk mengetahui fiqih wanita...

Herera

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.701
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #11 pada: Agustus 16, 2006, 11:34:07 am »
Tapi apakah forum yang membahas tentang haid / menstruasi ini harus di sticky, ini kan persoalan kaum akhwat, tapi kaum ikhwan dengan bebas membacanya, kalo hera kok agak risih & malu loh, afwan kalo salah...  :(

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #12 pada: Agustus 21, 2006, 05:35:42 pm »
Nah bagaimana membedakan haid dan istihadhoh?


istihadhah adalah darah luka, kalo haidh itu dari ovum yang gak dibuahi. kalo keluar, terlihat berbeda,

kalo darah haidh warnanya agak gelap/gelap sekali dan bau busuk   serta ada lendir kentalnya (biasanya)
sementara darah istihadhah, warnanya merah segar, dan nggak begitu bau dibandingkan darah haidh (darah haidh baunya khas)



duuuh. kayanya nggak gitu2 banget. :D

dhiya

  • Moderators
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #13 pada: September 07, 2006, 03:16:56 pm »
Nah bagaimana membedakan haid dan istihadhoh?


istihadhah adalah darah luka, kalo haidh itu dari ovum yang gak dibuahi. kalo keluar, terlihat berbeda,

kalo darah haidh warnanya agak gelap/gelap sekali dan bau busuk   serta ada lendir kentalnya (biasanya)
sementara darah istihadhah, warnanya merah segar, dan nggak begitu bau dibandingkan darah haidh (darah haidh baunya khas)



masa sih?
waktu dhiya lagi ujian, malah dapet..padahal harusnya jadwalnya itu 10 hari lagi..
darah yang keluar merah segar, ngga agak item seperti biasanya..trus lama banget..sampe 13 hari..biasanya 8-10 hari...
berarti kemaren itu harusnya dhiya shalat aja ya?
trus gimana donk shalat yang udah ditinggal?

--agak menyimpang dari topik..tapi pen banget nyari tau kejelasannya...
1. nisfu sya'ban itu apa? toloong dijelasin...soale ada temen nanya..dhiya ngga tau...
2. katanya kolo udah nisfu sya'ban tu ngga bisa bayar puasa qadha..bener gak sih?
3. ada yang tanya...kolo belum lunas uatang puasa ramadhan  di tahun2 lalu bayarnya gimana? kan besok dah nisfu sya'ban...?
4. udah dulu deh...

walo dah pake jilbab dari kecil, tapi dhiya emang kurang banget dalam hal wawasan keislaman neh...baru cari tau tentang islam juga waktu di kuliahan tingkat2...(dulu dhiya kemana aja yaa? hmmm...rugi banget...)

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Haid (Menstruasi)
« Jawab #14 pada: September 07, 2006, 04:12:51 pm »
masa sih?
waktu dhiya lagi ujian, malah dapet..padahal harusnya jadwalnya itu 10 hari lagi..
darah yang keluar merah segar, ngga agak item seperti biasanya..trus lama banget..sampe 13 hari..biasanya 8-10 hari...
berarti kemaren itu harusnya dhiya shalat aja ya?
trus gimana donk shalat yang udah ditinggal?

--agak menyimpang dari topik..tapi pen banget nyari tau kejelasannya...
1. nisfu sya'ban itu apa? toloong dijelasin...soale ada temen nanya..dhiya ngga tau...
kalo kita ambil dari dzahir nya adalah nisfu artinya separoh. berarti kalo nisfu sya'ban berarti separuh dari bulanromadahan, sebenernya tdak ada ritual khusus yang ada pada bulan ramadhan
2. katanya kolo udah nisfu sya'ban tu ngga bisa bayar puasa qadha..bener gak sih?
gak ada dlil yang menjelaskan penjelasan seperti yang anti ungkapkan...3. ada yang tanya...kolo belum lunas utang puasa ramadhan  di tahun2 lalu bayarnya gimana? kan besok dah nisfu sya'ban...?
silahkan anti bayar aja deh...
4. udah dulu deh...

wallohu a'lam bishowabi...

walo dah pake jilbab dari kecil, tapi dhiya emang kurang banget dalam hal wawasan keislaman neh...baru cari tau tentang islam juga waktu di kuliahan tingkat2...(dulu dhiya kemana aja yaa? hmmm...rugi banget...)
[/quote]
« Edit Terakhir: September 08, 2006, 02:22:37 am oleh bangsholeh »