Penulis Topik: hari ini aku belajar...  (Dibaca 5718 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #15 pada: Oktober 31, 2009, 11:21:03 pm »
Hari ini aku belajar...
Aku tidak pernah tau dari arah mana jalan keluar itu datang tapi, aku yakin tidaklah  sia2 setiap jalan yg ku tempuh dan d setiap ujung kebuntuan pastilah ada petunjuk selama aku sabar dan sholat. Krn aku yakin dg janjiNya. Dan aku belajar bahwa sabar itu bukan hanya DIAM...

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #16 pada: November 03, 2009, 12:42:28 pm »
hari ini aku belajar....

Manusia itu terbagi menjadi 4 macam...
1. Seseorang yang oleh Allah diberi kekayaan dan ilmu, dimana ia dengan kekayaan dan ilmunya tersebut ia bisa melakukakan banyak amalan kebaikan di jalan Allah.

2. Orang yang oleh Allah di beri Il,u tetapi tidak di beri kekayaan, dimana dengan ilmunya tersebut ia berkeinginan kuat bila ia mempunyai harta maka ia akan menafkahkannya seperti halnya orang no1. dengan niat dan keinginan kuatnya itu ia mendapatkan pahala seperti halnya orang no1.

3. Orang yang oleh Allah di beri harta tetapi tidak di beri ilmu, dimana dengan hartanya itu ia memperturutkan hawa nafsunya dan banyak melakukan kemaksiatan-kemaksiatan.

4. Orang yang oleh Allah tidak diberi kekayaan dan tidak di beri harta, dimana dengan kebodohan dan kedunguannya ia berkeinginan kuat bila ia memiliki kekayaan ia akan menjadi orang yang no3. ia dengan niat dan keinginan kuatnya itu ia mendapatkan dosa seperti halnya  orang no 3. sungguh ini adalah orang yang paling merugi... ia tidak mendapatkan apa-apa di dunia di akherat ia malah terkena azab Allah SWT.

Wallahua'lam

Sungguh beruntunglah golongan 1 dan 2 dan sunguh tertipulah golongan ke 3 dan ke 4....
Dan hari ini aku belajar... masuk golongan manakah aku...

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #17 pada: November 13, 2009, 07:16:37 pm »
Malang 12/11/2009/19:50 wib
Hari ini aku belajar...
"Demi masa. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, saling menasehati dengan  kebenaran dan saling menasehati dengan kesabaran." (al-'Ashr: 1 -3)
 
Imam Syafi'i r.a. berkata, "Seandainya semua manusia benar-benar memikirkan surah ini, maka hal itu sudah cukup baginya." Sebagai penjelasan dari perkataan  Imam Syafi'i adalah bahwa ada empat  tingkatan bagi manusia dalam mencapai  kemuliaan. Dengan menyempurnakan semua tingkatan tersebut, maka seseorang  akan memperoleh kemuliaan yang tertinggi. Pertama, mengetahui kebenaran. Kedua,  mengamalkan kebenaran tersebut. Ketiga, mengajarkannya kepada orang yang tidak  mengetahuinya.  Kempat,  bersabar dalam mempelajari, mengamalkan, dan mengajarkannya.

Di dalam surah al-Ashr di atas Allah SWT menyebutkan empat tingkatan ini  dan Allah bersumpah di dalam surah tersebut dengan al-'Ashr  'masa'. Allah SWT  menyatakan bahwa setiap orang adalah merugi kecuali mereka yang beriman. Ini  adalah tingkatan pertama, yaitu tingkatan orang-orang yang mengetahui kebenaran.  Kemudian mereka mengamalkan kebajikan berdasarkan apa yang mereka ketahui  dari kebenaran. Ini adalah derajat kedua. Setelah itu mereka saling memberi nasehat dalam kebenaran dengan saling mengingatkan dan mengajarkannya. Ini adalah tingkatan ketiga. Kemudian mereka yang saling menasehati untuk bersabar dan teguh dalam kebenaran. Ini adalah tingkatan yang keempat. Dan, ini adalah akhir dari kesempurnaan, karena kesempurnaan seseorang adalah jika dirinya sempurna dan menyebabkan orang lain sempurna. Kesempurnaan itu dicapai dengan cara meningkatkan kualitas potensi ilmiah dan amaliahnya. Kebaikan kualitas ilmiah seseorang dengan iman, sedangkan kualitas kekuatan amaliah dengan amal saleh. Adapun menyempunakan orang lain adalah mengajarnya dengan penuh kesabaran dan mewasiatkan kepada orang tersebut untuk bersabar dalam mencari ilmu dan beramal.
Jadi surah ini meskipun singkat, ia merupakan salah satu surah Al-Qur'an yang  paling komprehensif dalam masalah kebaikan dengan segala aspeknya. Puji syukur  kepada Allah SWT yang telah menyempurnakan kitab-Nya sehingga tidak  membutuhkan kitab lain, menjadikannya obat segala penyakit dan petunjuk kepada  jalan yang lurus.
Ibn Qoyim.

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #18 pada: November 25, 2009, 09:59:40 am »
Sekedar Mengingatkan…

Jangan Lupa Puasa ‘Arofah Tanggal 9 Dzulhijjah…

Menghapus Dosa Dua Tahun..

Dosa Setahun Yang Lalu dan Setahun Yang Akan Datang…

Bertepatan Dengan Hari Kamis Tanggal 26 Nopember 2009…

Semoga Allah Mengampuni Dosa-Dosa Kita

dan Menerima Amal Ibadah Kita…

Amien.......

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #19 pada: November 25, 2009, 10:03:11 am »
hari ini aku belajar....

Berikut ini cerita tentang seorang anak petani miskin di sebuah sekolah dasar di australia di sebuah wilayah pedesaan yang cukup terpencil.

Beberapa puluh tahun yang lalu, disuatu hari saat anak ini sekolah, sang guru seni menyuruh anak didiknya untuk menggambar rumah impiannya, sangat tidak disangka anak petani miskin ini menggambar rumah yang sangat besar dan mewah. Dengan keyakinan tinggi si anak merasa bahwa gambarnya bagus dan layak mendapatkan nilai A, namun apa yang terjadi ? sang guru memberikan nilai F untuk gambarnya tersebut.

Anak tersebut memprotes sang guru, “Kenapa engkau memberikan aku nilai F padahal rumah yang ku gambar sangat bagus ?”

Sang guru menjawab, “Engkau terlalu menghayal! bagaimana mungkin engkau seorang anak petani miskin di desa kecil ini dapat memiliki rumah besar dan mewah seperti itu? sangat tidak masuk akal!!”

Rupanya anak kecil tersebut benar-benar kecewa dengan penilaian gurunya tersebut, namun dia tidak putus asa, kejadian ini membuat dia benar-benar berjuang keras untuk mewujudkan mimpinya.

Di akhir cerita, terbuktilah bahwa anak petani di desa terpencil tersebut berhasil mewujudkan mimpinya, ia sekarang sudah menjadi pengusaha sukses dan berhasil membangung sebuah rumah besar dan mewah seperti yang dahulu diimpikannya.

Saat rumah tersebut selesai dibuat, ia mengundang teman-teman dan warga di sekitar rumahnya, termasuk gurunya yang dahulu memberikan nilai F untuk mimpi besarnya.

Sang guru hanya bisa terdiam dan tercengang saat melihat sebuah gambar yang sudah lusuh dalam sebuah pigura yang indah, sebuah gambar rumah besar dan mewah dengan nilai F, tulisan tangan sang guru.

Pelajaran berharga yang bisa diambil dari kisah ini, jangan pernah berkecil hati jika orang-orang menertawakan mimpi-mipi Anda, jangan takut mengejar mimpi meskipun Anda dianggap sebagai orang gila. Jangan khawatir, hampir sebagian besar pengusaha sukses dan orang-orang hebat di dunia ini pernah dianggap gila oleh banyak orang. [Pengusaha Muslim] www.hatibening.com

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #20 pada: Desember 03, 2009, 08:18:19 pm »
hari ini aku belajar...

hati itu sepertihalnya papan yang kosong sedang pikiran kita adalah kapur tulis.
bila kita memenuhinya dengan pikiran-pikiran kosong lalu dimana kita bisa melukiskan hikmah.

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #21 pada: Desember 08, 2009, 09:00:39 am »
Malang 8/12/2009/07:55WIB

Hari ini aku belajar....

Namun orang yang hanya menyandarkan diri kepada takdir karena kebodohan, kelemahan, kelalaian, dan kealpaan dirinya, maka tawakalnya ini hanyalah merupakan kelemahan dan kelemahannya berubah menjadi tawakal.
Orang faqih(berilmu) yang sesungguhnya adalah orang yang menolak, menampik, dan melawan takdir dengan takdir pula. Bahkan manusia tidak mungkin bisa bertahan hidup melainkan dengan melakukan hal ini. Lapar, haus, dingin, serta berbagai macam ketakutan dan kekhawatiran merupakan bagian dari takdir, sedangkan semua makhluk berusaha untuk menghadapinya dengan takdir pula.
Begitu juga dengan orang yang di beri pemahaman dan petunjuk oleh Allah. Ia akan menolak takdir hukuman akhirat dengan takdir taubat, iman dan amal shalih. Hal ini setara dengan takdir yang ditakuti di dunia serta kebalikannya. Sebab, Rabb dunia dan akhirat adalah satu, hikmah-Nya juga satu, serta tidak ada pertentangan dan penafian antara satu sama lain. 

Ibn.Qoyyim “Ad- Daa’ Wa Ad-Dawaa’”. Pustaka imam asy-syafi’i  hal. 44

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #22 pada: Desember 08, 2009, 09:54:19 am »
Hari ini aku belajar...

Cinta yang Salah..
Cinta bisa berakibat fatal apabila kita salah dalam mempraktikkannya dengan mengedepankan syahwat dan hawa nafsu, karena nafsu tidak akan pernah ada puasnya sampai kapanpun. Seseorang yang terperangkap dalam cinta syahwat dan hawa nafsu akan selalu tersiksa dan bahkan menjadi budak setan dan hawa nafsunya sendiri yang semestinya dia menjadi hamba Allah Ta’ala.

www.hatibening.com

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #23 pada: Desember 22, 2009, 08:59:01 pm »
Hari ini aku belajar....
Perhatikanlah baik-baik dan renungkanlah akan betapa pentingnya hal ini! Bagaimana mungkin di dalam hati seorang hamba terkumpul keyakinan bahwasanya ia akan bertemu Allah, Dia mendengar perkataannya, melihat tempatnya, melihat apa yang tampak dan tersembunyi darinNya , tidak satupun rahasianya tersembunyi dariNya, berdiri dihadapanNya, serta ia akan dimintai pertanggungjawaban atas semua perbuatannya, sementara itu ia melakukakan hal-hal yang membuatNya murka, mengacuhkan perintah-perintahNya dan mengabaikan hak-hakNya. Meskipun demikian, ternyata ia masih tetap berbaik sangka kepadaNya. Bukankah semua ini bersumber dari jiwa yang tertipu dan angan-angan kosong belaka?
Hal. 57
Seorang laki-laki bertanya kepada al-Hasan: “Wahai abu sa’id, apa yang harus kami perbuat saat berkumpul dengan suatu kaum yang menakut-nakuti kami sampai-sampai hati kami hampir terbang?” Ia menjawab: “Demi Allah, sesungguhnya berteman dengan suatu kaum yang menakut-nakutimu hingga akhirnya kamu menemukan rasa aman itu lebih baik daripada kamu berteman dengan sekelompok orang yang membuatmu merasa aman, namun akhirnya kamu dikejar-kejar oleh perkara-perkara yang menakutkan.” Hal.60
Ibn.Qoyyim “Ad- Daa’ Wa Ad-Dawaa’”. Pustaka imam asy-syafi’i

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #24 pada: Desember 28, 2009, 10:33:54 am »
Hari ini aku belajar...

Terkadang, sebagian orang yang terpedaya dikarenakan bersandar penuh pada apa yang dilihatnya dari nikmat-nikmat yang tercurah untuknya di dunia. Ia merasa bahwa Allah tidak mengubah kondisi tersebut. Ia menyangka semua (anugrah) itu diterimanya karena cinta Allah kepadanya, bahkan Dia akan memberikan yang lebih baik untuknya di akhirat nanti. Inilah contoh orang yang tertipu.

“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.”(Qs. Al-An’am:44)

“Dan sekiranya bukan karena hendak menghindari manusia menjadi ummat yang satu (dalam kekafiran), tentulah kami buatkan bagi orang-orang kafir kepada Rabb Yang  Maha pemurah loteng-loteng perak bagi rumah mereka dan (juga) tangga-tangga (perak) yang mereka menaikinya. Dan (kami buatkan pula) pintu-pintu (perak)bagi rumah-rumah mereka dan (begitu pula) dipan-dipan yang mereka bertelekan diatasnya. Dan (kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan (dari emas untuk mereka). Dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia, dan kehidupan akherat itu disisi Rabbmu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.”(Qs. Az-Zukhruf:33-35)

“Sesunguhnya Allah memberikan kenikmatan dunia kepada orang yang dicintaiNya dan orang yang tidak dicintaiNya, tetapi Allah tidak memberikan iman selain kepada orang yang dicintaiNya” (Hr. Ahmad, secara marfu)
Sebagian salaf berkata “ berapa banyak orang yang terpedaya dengan nikmat Allah tanpa disadarinya, berapa banyak orang yang yang tertipu dengan tabir Allah tanpa disadarinya, dan betapa banyak orang yang terfitnah dengan pujian manusia kepad dirinya tanpa disadarinya.”


ibn Qoyim

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #25 pada: Januari 06, 2010, 02:51:18 pm »
hari ini aku belajar....

saat ini hari hujan deras... padahal seharian tadi panas.
target tanggal 12 apa bisa aku selesaikan aku sendiri tak tahu... tapi aku tetap yakin 100% Allah bersamaku...

langkah-langkah memang terasa berat, beban dipundak bukan lagi hanya dariku.

satu hal yang sangat ku suka pada hari ini...... ketika aku nyaris berputus asa... sunguh Allah mendatangkan seseorang untuk membesarkan hatiku... membuatku lebih yakin bahwa target tanggal 12 itu bisa ku tempuh walaupun ku tau bahwa jalan menuju ke sana itu sangatlah curam dan menanjak. tapi selama aku masih mampu berjalan aku akan terus melangkah.... HasbiAllahu lailahaila hitawakaltu wa huwa Rabbul arsil Azim....

Brandybeer

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 16
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #26 pada: Januari 08, 2010, 01:12:20 pm »
tiaphari juga ane belajar om :D

wa

  • Pengunjung
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #27 pada: Februari 10, 2010, 03:10:12 pm »
hari ini aku belajar......
di setiap hantaman keras terdapat hikmah yang sangat besar dan mendalam.... yang mampu merubah kepribadian dan kehidupan seseorang... dan kita memiliki kemampuan untuk memilih jalan mana yang kita tempuh...

dekade_akhir

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 588
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:hari ini aku belajar...
« Jawab #28 pada: Februari 10, 2010, 05:13:11 pm »
Wah... subhanallah... isinya bagus2 neh...  :great:

SMANGAT!!! salam ukhuwah.

wa

  • Pengunjung
Re: hari ini aku belajar...
« Jawab #29 pada: Februari 28, 2010, 05:26:39 pm »
Hari ini aku belajar......

aku belajar kembali dari apa yang aku tulis....