Penulis Topik: Mendidik anak untuk belajar dan cinta Al-quran  (Dibaca 2483 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ma2aurora

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 130
  • Reputasi: 2
    • Lihat Profil
Mendidik anak untuk belajar dan cinta Al-quran
« pada: September 29, 2009, 02:08:40 pm »
Semua orang tua pasti berharap anaknya menjadi anak yang saleh dan shalehah. anak yang berbakti kepada Allah, dan Rasul-Nya serta kedua orang tuanya. dan salah satu cara terpenting untuk menuntun dan mengajarinya adalah dengan memperkenal Al- Qur'an dengan mendidiknya membaca dan menulis Al-Qur'an sejak masa anak-anak, baik dirumah maupun disekolah. agar anak bisa memahami makna dan kadungan Al-Qur'an. hingga akhirnya dia mencintai Al-qur'an.

Pentingnya menanamkan kepada anak cinta Al-Qur'an
- menghindari anak dari keasikan masa kecilnya
- menanamkan anak cinta Al-Qur'an
- Al'Qur'an sebagai hal utama pendidikan anak
- sejak dini ketika usia 4-6tahun masa ideal, 7 tahun ketika usia mereka telah diharuskan untuk berlatih shalat
- tidak ada kata terlambat bagi orang dewasa untuk belajar ("Tidak akan meraih ilmu orang yang malu dan orang yang merasa bisa (sombong)." Ketika Al-Qur'an diturunkan kebanyakan para sahabat usianya telah dewasa antara 40-70. betapapun usia senja generasi Islam pertama itu semangat dalam belajar Al-Qur'an, Tidak berputus asa dan nyatanya bisa, bahkan mahir.


Dengan menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Qur'an sejak dini, maka kecintaan itu akan bersemi pada masa dewasanya kelak, mengalahkan kecintaan anak terhadap hal yang lain, karena masa pembentukan watak utama.



bila orang tua memperdengarkan bacaan Al'Qur'an atau melatih  mengeja huruf-huruf hijaiyah pada anak secara berulang-ulang bacaan itu akan mudah diserap atau di rekam di otak si anak, sebagaimana anak begitu mudah menyerap kata-kata kotor yang diperdengarkan di depannya berulang-ulang oleh orang disekitarnya.

"Suruhlah anak-anakmu menjalankan shalat di saat umur tujuh tahun, beri mereka pukulan bila meninggalkan shalat di saat umur sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat-tempat tidur di antara mereka". (HR Abu Dawud)

"Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur'an akan berkumpul beserta para malaikat yang mulia-mulia lagi baik-baik, sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an secara 'gagap' (tidak mahir), dan susah, maka baginya diberikan dua pahala."(HR Bukhari dan Muslim) :)

bersambung :)


ma2aurora

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 130
  • Reputasi: 2
    • Lihat Profil
Re:pentingnya mengajar anak belajar dan cinta Al-quran
« Jawab #1 pada: September 29, 2009, 10:07:40 pm »
"Barang siapa membiasakan sesuatu semenjak kecil maka dia akan terbiasa dengannya hingga dewasa."


pendidikan yang baik sejak dini sangat penting agar terhindar dari kegilaan masa kecilnya "jununus shaba". yaitu satu kecendrungan buruk, noda hitam kedurhakaan, dan bibit kesesatan pada anak yang berasal dari semaian hawa nafsu maupun setan. penyakit ini kerap terjangkit pada anak yang tidak ditanamkan pendidikan agama yang baik sejak dini.

fungsi utama pendidikan itu adalah melestarikan fitrah anak, yaitu fitrah kebenaran, fitrah tauhid, fitrah berlaku positif, dan sebagainya. sejak lahir anak telah diberikan insting atau kecendrungan kepada kebaikan yang tertanam sebagai naluri dalam dirinya. fitrah anak tersebut melalui program pendidikan diharapkan tidak membengkok dan menyimpang, namun lurus dan kokoh secara lestari. dalam Al-Qur'an dinyatakan

"maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (ALLAH); (tetaplah atas) fitrah ALlah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan fitrah ALLAH, (itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (Ar-Ruum:30)

Fungsi dari pendidikan anak juga agar kehanifan anak (kelurusannya dalam meniti kebenaran) tetap terjaga. keberagamaannya bagus. ia senantiasa akrab dan sekaligus teguh dengan kebenaran. cahaya hikmah selalu ,menyertainya.

"Orang tua tidak memberi anak suatu pemberian yang lebih baik daripada (memberi) pendidikan yang bagus."(HR Tirmidzi dan al-Hakim)

pendidikan yang paling mulia yang harus diberikan oleh orang tua kepada anaknya adalah pendidikan Al-qur'an, karena Al-qur'an adalah lambang agama Islam yang paling asasi dan hakiki. dengan itu kita para orang tua akan mendapatkan keberkahan dan kemulian dari Al-qur'an.

Rasulullah saw. memiliki misi mengajarkan Kitab suci Al-qur'an, menyeru dan mendorong oran tua agar tidak lupa mendidik anak2nya membaca Al-qur'an bila mereka telah cukup umur. hadisnya
"didiklah anak2mu dengan tiga perkara: mencintai Nabimu, mencintai keluarga nabi, dan membaca Al-qur'an."(HR Thabrani)

bersambung >>>
(dikutip dari buku mendidik anak membaca, menulis, dan mencintai Al-Qur'an)
Penulis : Syarifudin
diterbitkan oleh : GEMA INSANI
dicetak pertama Dzulqa'idah 1425 H/ Desember 2004 M.