Penulis Topik: tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya  (Dibaca 69268 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« pada: September 29, 2009, 08:10:37 am »
Assalamualaikum wr wb...

Anah mau tau bagaimana caranya pakai tes pack, kapan pemakaiannya? Apakah menunggu telat haid 2 minggu baru ada hasilnya, lalu apakah benar2 akurat hasilnya?

Rizki Amalia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.002
  • Reputasi: 29
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #1 pada: September 29, 2009, 09:41:33 am »
Cara pakai ny,
tampung urine pertama di pagi hari setelah bangun, di wadah yg bersih&kering
trus strip ny dicelupkan hingga tanda batas (tiap testpack ada kog), lalu diangkat, tunggu beberapa menit(1-3 menit)
kalau tdk muncul garis, berarti test gagal
muncul satu garis, berarti negatif
muncul dua garis, berarti positif

kehamilan sudah dapat dideteksi sekitar seminggu setelah terlambat. Kadang2 dalam 3 hari pun dapat terdeteksi (tergantung testpack ny)

kalau muncul garis berarti tes sudah berjalan dg baik. Apabila masih ragu maka bisa diulang setelah 2-3 hari

testpack bekerja dengan mendeteksi hormon hCG yang dihasilkan jaringan placenta yg sedang berkembang.

*keseringan bantuin petugas laboratorium puskesmas :D

^_^chusni@.maniez

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.447
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Wanita
  • ^senyum^
    • Lihat Profil
Re:tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #2 pada: September 29, 2009, 10:00:07 am »
mb seminggu stela berhubungan pun sdh bs ngetest ko.tp gake'y yg mahal y!jgn yg 3rb an.g hrz nunggu telat haidh.

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #3 pada: September 30, 2009, 08:20:51 am »
maunya sih segera tes, tp suami minta di tunggu pulang biar barengan menunggu hasilnya.
Anah sudah telat 10 hari, tanda2 mau haid ga ada padahal biasanya Anah seminggu atau 10 hari menjelang haid sudah ada tanda2 nya. Tapi Anah juga heran soalnya tanda2 hamil juga ga ada cuma belakangan sejak lebaran Anah merasa sakit kepala rasanya berkunang-kunang, kemarin mulai puasa syawal sakit kepala nya semakin sering dan kuat setelah berbuka mulai berkurang, tapi hari ini tetap puasa dan masih terasa berkunang-kunang tapi tidak separah kemarin

Isriyanti Hakim

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 82
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #4 pada: Oktober 01, 2009, 11:54:40 am »
mbak anah,,
wah, itu dulu aku juga gitu telat seminggu, waktu bulan agustus aku telat seminggu mbak anah, tapi karena aku kecapean pas pulang kerja keluarlah haid. Dan waktu sebelum keluar haid aku udah coba tes kan pas telat selama 10 hari, ternyata hasilnya negatif. Tapi pas aku haid itu keluarnya haid gak seperti biasanya mbak, ada semacam gumpalannya gituh,,
sebelumnya juga aku gak biasa telat sampai sejauh itu, tapi kalo di tes kok hasilnya negatif??
dan ternyata banyak orang yang bilang melakukan tes itu kalo sudah telat 2 minggu baru akan kedetek hasilnya.
Makanya pas bulan ini aku cek pas 2 minggu aku telat haid. Alhamdulillah hasilnya positif, insya allah mau cek ke dokter besok untuk nanya berapa usia kandunganku.
Suami ku seneng banget >:D<
Mudah2an mbak anah juga nyusul yuach, biar kita hamilnya bareng, hihihihi.... :D

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #5 pada: Oktober 01, 2009, 01:57:22 pm »
mbak anah,,
wah, itu dulu aku juga gitu telat seminggu, waktu bulan agustus aku telat seminggu mbak anah, tapi karena aku kecapean pas pulang kerja keluarlah haid. Dan waktu sebelum keluar haid aku udah coba tes kan pas telat selama 10 hari, ternyata hasilnya negatif. Tapi pas aku haid itu keluarnya haid gak seperti biasanya mbak, ada semacam gumpalannya gituh,,
sebelumnya juga aku gak biasa telat sampai sejauh itu, tapi kalo di tes kok hasilnya negatif??
dan ternyata banyak orang yang bilang melakukan tes itu kalo sudah telat 2 minggu baru akan kedetek hasilnya.
Makanya pas bulan ini aku cek pas 2 minggu aku telat haid. Alhamdulillah hasilnya positif, insya allah mau cek ke dokter besok untuk nanya berapa usia kandunganku.
Suami ku seneng banget >:D<u
Mudah2an mbak anah juga nyusul yuach, biar kita hamilnya bareng, hihihihi.... :D

Amien... Anah juga menunggu besok baru tes pack, karena besok insyaAllah suami pulang jadi malamnya baru ke dokter

aliph

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #6 pada: Februari 21, 2010, 05:45:38 pm »
mbag....lw msalx ney qta uda pke test pack 2x tpi hasilx negatif.....truz abs gt periksa k dokter blangnya da penebalan endometrium..da yang tw gag itu mksdnya gmna??...cz q udah telat hampir 2 minggu...q tapi mash gag pengen hamil cz mash kuliah gitu....

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re:tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #7 pada: Maret 12, 2010, 05:29:12 am »
afwan OOT
tp aliph sudah menikah kan??

hiperplasia (penebalan) endometrium (rahim) terjadi ketika lapisan dlm rahim tumbuh secara berlebihan...
krn gangguan hormon...
normalnya, dinding rahim menebal setiap bulannya utk persiapan kehamilan. tapi bila tidak terjadi kehamilan, maka lapisan ini akan meluruh (baca -> menstruasi).

jadi kemungkinan.. telat mens yg dialami aliph terjadi krn gangguan hormon estrogen & progesteronnya..

dapat terapi apa dr dokter??

***

pemakaian tespack bisa dilihat seminggu setelah berhubungan...
akurasinya bergantung dr merk masing2, semakin banyak kadar HCG yg bisa diperiksa akan semakin akurat.. (harganya pun semakin mahal).
misal, sensitif kepekaan 25 mlU/ml HCG harganya sekitar 19.900
akurat kepekaan 10mlU/ml HCG harganya 7.900
ada jg yg pakai wadah urine, tp saya lupa namanya apa...
yg lain, ada yg harganya sekitar 1.300an tp sebaiknya jangan pakai yg murahan... (pengalaman kerja di apotek  :D )

selain itu, sebaiknya tidak hanya sekali test.. tapi beberapa hari kemudian, coba ditest lagi...
utk memastikan... kalau hasilnya sama (positif), baru periksa ke dokter/bidan...

Oshin Syalala

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 352
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Wanna be a strongger woman....
    • Lihat Profil
Re: tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #8 pada: Maret 12, 2010, 04:32:58 pm »
mbag....lw msalx ney qta uda pke test pack 2x tpi hasilx negatif.....truz abs gt periksa k dokter blangnya da penebalan endometrium..da yang tw gag itu mksdnya gmna??...cz q udah telat hampir 2 minggu...q tapi mash gag pengen hamil cz mash kuliah gitu....
Penebalan dinding endometrium tidak mesti karena terjadi nidasi plasenta sis.
Penebalan dinding endometrium juga tidak mesti berarti bersifat patologis.
Penebalan dinding endometrium bisa salah satu reaksi fisiologis dalam proses menstruasi, yang mana dinding itu akan luruh pada saat menstruasi.
Ada proses-proses kimiawi hormonal yang terlibat didalamnya.

Telat 2 minggu?
Udah yakin telat 2 minggu?
Siklus menstruasi mba aliph teratur (exp: siklus 21 hr, siklus 28 hari atw siklus 35 hari (diambil rata-rata siklus mestruasi perempuan)) karena ini juga bisa berpengaruh?
Lagi banyak pikiran atau kecapean atau berat badan dibawah nilai normal juga bisa mempengaruhi sistem hormonal lho sis.

Kalo masih belum pengen hamil karena masih kuliah, kan bisa diprogram mba.
Banyak kok alat kontrasepsi, tinggal pilih mana yang cocok dengan mba aliph dan suami (atw juga bisa dipilih berdasarkan pertimbangan sudut pandang agama, karena tidak semua ikhwah setuju dalam penggunaan alat kontrasepsi).

Sekarang masih gundah belum (baca: udah haid atau belum  :D )?
Mudah2an bermanfaat  :)

dinie_bgt

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.976
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #9 pada: Maret 12, 2010, 06:35:18 pm »
Duch, berat bahasanya.. :D

Shandi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #10 pada: Oktober 12, 2011, 02:59:36 pm »
mas saya mw tanya nech...

istri saya tu kq gk mens" ya...?
padahal saya MP am istri saya tu saat masa" gk produktif....?

tlg jelaskan dengan detil.... n thx ya

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:tes pack, kapan, bagaimana dan keakuratan hasilnya
« Jawab #11 pada: Oktober 12, 2011, 07:16:13 pm »
kurang jelas keterangannya..
gak mens sudah berapa lama?
udah coba pake test pack belum?
kalo masih ragu dateng aja ke dokter kandungan untuk diperiksa...