Penulis Topik: Ketika istri butuh bantuan di rumah  (Dibaca 4446 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

IMUT_4EVER

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Ketika istri butuh bantuan di rumah
« pada: September 28, 2009, 03:44:13 pm »
Assalamu'alaikum Wr. Wb

Sebagai istri ada kalanya kita merasa kerepotan dengan pekerjaan rumah serta mengurus anak, ditambah lagi dengan sibuknya kerjaan dikantor..
Bagaimana sebaiknya perkataan yang cocok untuk meminta bantuan suami agar dapat terjun membantu istri dikala istri kerepotan dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak ?
Sopankah kalau istri menyuruh suami melakukan pekerjaan rumah tangga?
Tapi satu sisi saya merasa tidak tega melihat suami mengerjakan pekerjaan rumah tangga, karena selama ini saya memang tidak pernah meminta suami mengerjakan pekerjaan rumah  :(

mohon bantua rekan2 sekalian, agar pekerjaan rumah dapat berjalan dengan baik dan suami merasa tidak dibebani..

Atas saran dari saudara-saudari, ana ucapkan banyak terima kasih..

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #1 pada: September 28, 2009, 04:01:58 pm »
wah...blom tau kerjaanku tiap pagi sebelum ngantor...?  :))
bis sholat shubuh, cuci piring, ngejemur cucian kalo ada, masak nasi, nyapu + ngepel, sama nyari sarapan (kalo pas gak ada makanan).
Tergantung masing2 orang...kalo suaminya nyadar betapa repotnya istri ngurus anak, gak perlu disuruh dia juga udah ngelakukan sendiri...

tapi ada tipe suami yg malas ngerjain pekerjaan rumah...
apakah anda orangnya...? ;)

oki_toink

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.635
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #2 pada: September 28, 2009, 04:05:43 pm »
karena aku belum nikah yah ...
mantau aja yak

IMUT_4EVER

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #3 pada: September 28, 2009, 04:08:15 pm »
Suami saya mungkin ga termasuk yang rutin melakukan apa yang seperti mas vian lakukan..
ga saya pungkirin suami suka juga membantu kerjaan seperti jemur dan angkat pakaian, nyapu..
Namun yang buat saya repot dan merasa kewalahan pada saat saya didapur anak ga mau ikut ayahnya.. :(.. solusi inilah yang blm saya temukan mas vian..


vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #4 pada: September 28, 2009, 04:15:01 pm »
Suami saya mungkin ga termasuk yang rutin melakukan apa yang seperti mas vian lakukan..
ga saya pungkirin suami suka juga membantu kerjaan seperti jemur dan angkat pakaian, nyapu..
Namun yang buat saya repot dan merasa kewalahan pada saat saya didapur anak ga mau ikut ayahnya.. :(.. solusi inilah yang blm saya temukan mas vian..

kamu bekerja di kantorkah?
atau...dirumah gak ada orang lain selain kalian berdua + anak?

salah satu cara yg dipakai istriku saat masak (pas saya ada di kantor), anak di "kurung" di box bayi dg segudang mainan.
memang gak menjamin bakal anteng berjam-jam....setiap saat pasti nangis atau manggil2. jadi masaknya ya disambi...waktu dia anteng saatnya masak menggunakan kompor. pas dia lagi rewel, bisa lakukan hal yg lain (ngupas bawang, ngiris wortel, motong2, etc.) sambil nemenin dia main.

makanya saya gak pernah minta dimasakin yg macam2 & ribet2. cukup yg simpel2 aja, karena saya tahu betapa repotnya masak sambil jagain anak... ;)

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #5 pada: September 28, 2009, 04:22:46 pm »
wa'alaikum salam wr wb

ya harus liat2 jugalah.. kalo suami seharian udah capek nyari nafkah buat keluarga
jangan trus pulangnya disuruh ngosek kamar mandi  ;D

dan jangan pake kalimat perintah
pake magic word..
"mas, bisa ga minta tolong.. bla..bla..bla.." dengan suara yang lemah lembut
insya Allah kalo suaminya baik hati dan sedang longgar pasti mau deh bantuin  ;)

kalo saya sih
pilih bantuin ngurus anak daripada ngerjain pekerjaan rumah tangga  :p

(wah udah ada 3 tulisan baru..  :D )

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #6 pada: September 28, 2009, 04:27:54 pm »
Suami saya mungkin ga termasuk yang rutin melakukan apa yang seperti mas vian lakukan..
ga saya pungkirin suami suka juga membantu kerjaan seperti jemur dan angkat pakaian, nyapu..
Namun yang buat saya repot dan merasa kewalahan pada saat saya didapur anak ga mau ikut ayahnya.. :(.. solusi inilah yang blm saya temukan mas vian..
kalo emang ga mendesak
tinggalin aja dulu pekerjaan di dapurnya
sampe anaknya tidur.. baru dilanjut lagi
atw bisa juga pake caranya mas vian..
atw kalo ayahnya ada di rumah ya diajak maen dulu (ayahnya harus belajar ngebujuk anak supaya mau ikut ayahnya)

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #7 pada: September 28, 2009, 04:31:11 pm »
nyimak mode:ON (belum punya anak :D)

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #8 pada: September 28, 2009, 04:32:00 pm »
kalo emang ga mendesak
tinggalin aja dulu pekerjaan di dapurnya
sampe anaknya tidur.. baru dilanjut lagi
atw bisa juga pake caranya mas vian..
atw kalo ayahnya ada di rumah ya diajak maen dulu (ayahnya harus belajar ngebujuk anak supaya mau ikut ayahnya)

yak, betul....lupa saya....
satu hal yg paling berharga adalah saat si kecil tidur
karena saat itulah sang istri bisa melakukan banyak hal
(tapi anaknya jangan dkasih obat tidur ya... :p )

hehehe...untung anakku lengket sama daku...  :x :x :x
jadi akan sangat membantu jika si bunda lagi kerepotan ;)

(buat para bapak....hayo, harus pinter2 ngerayu si kecil biar mau ikut...;) )

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #9 pada: September 29, 2009, 07:57:21 am »
belum punya anak  nih, mudah2an segera diberi, amien.

Alhamdulillah di rumah mertua, bapak udah biasa bantuin ibu, jadi pekerjaan rumah dikerjakan bareng, termasuk masak-memasak. Seperti lebaran kemarin, bapak ga hanya pergi kepasar tapi juga bantu mengupas kentang,  ;)) lucu juga Anah liatnya soalnya klo dirumah Anah para lelaki benar2 jadi raja. Jadinya suami Anah juga ga merasa berat klo membantu pekerjaan rumah, malah sering2 bantuin. Jadi Anah ga perlu pusing mencari kata2 buat minta tolong.
Yang terpenting adalah kesadaran dari para suami, kerelaan saling bekerjasama dalam berumah tangga. Tapi sebisa mungkin Anah mengerjakan sendiri, klo di bantuin juga ga nolak, dan minta tolong klo udah benar2 ga bisa dikerjakan sendiri, Alhamdulillah mas sejauh ini belum pernah 'keberatan' klo dimintain tolong.

ma2aurora

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 130
  • Reputasi: 2
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #10 pada: September 29, 2009, 09:30:03 pm »
 :) semua ibu rumah tangga emang udah kewajibannya ngurusin segala embel2nya di rumah, tapi peran bapak juga perlu, kalo re lagi sibuk di dapur misalkan lagi ga da abinya re nidurin dia dulu. baru bisa masak or beresin rumah. kalo dia ga tidur ajak dia ikut kedapur tapi jauhin dari benda tajam, api n sejenisnya yg membahayakan, beri dia mainan bisa sayur, bawang, atau apa aja agar dia bisa sibuk, dan kita nerusin kerja sambil memantau apa yang dibuatnya. kalo kita lagi nyuci piring, kasih piring plastik dan sendok ajak dia bicara agar kita bisa trus kerja, tapi terkadang dia suka ikutin nyuci piring  :D mainin air. eittss tapi jgn kelamaan nti masuk angin.

kalo lagi ada abinya, sama aja karena sikecil jarang ma abinya, ga mau ikur ma abi. si abi juga ga mau denger anak nya nangis dibiarin aja sianak ikut ngobrak-abrik dapur :(. tapi dia juga terkadang bantuin nyapu tapi kalo ga kepepet banget ga mau :D tapi kalo lagi baeeeeeeek dibawa juga sikecil jalan2, n yang re bersyukur banget kalo kita dalam keadaan sakit dia baru super hironya apa aja dia lakuin. nyapu, masak, nyuci piring, nyuci baju, sampe beresin rumah.semuanya deh. makanya kalo re dalam keadaan sehat re usahain gimana cara nya ngerjain rumah dengan baik. emang kita juga perlu bantuan suami, tapi kita juga harus melihat kondisi suami kita, jika dia lelah ga tega juga nyuruhnya. ayo para ibu kita belajar mengatur waktu bekerja dirumah :) 

IMUT_4EVER

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #11 pada: September 30, 2009, 10:13:15 am »
kamu bekerja di kantorkah?
atau...dirumah gak ada orang lain selain kalian berdua + anak?

salah satu cara yg dipakai istriku saat masak (pas saya ada di kantor), anak di "kurung" di box bayi dg segudang mainan.
memang gak menjamin bakal anteng berjam-jam....setiap saat pasti nangis atau manggil2. jadi masaknya ya disambi...waktu dia anteng saatnya masak menggunakan kompor. pas dia lagi rewel, bisa lakukan hal yg lain (ngupas bawang, ngiris wortel, motong2, etc.) sambil nemenin dia main.

makanya saya gak pernah minta dimasakin yg macam2 & ribet2. cukup yg simpel2 aja, karena saya tahu betapa repotnya masak sambil jagain anak... ;)
[/quote]

Saya kerja + skrg lagi kul S2 juga mas..
dirumah kalau pulang kerja ga ada siapa2 cuma ber3, kalo pagi anak dibantu oleh ibu saya jagain..kalau saya pulang kerja ya ibu pulang juga.. :(, terkadang anak saya anter kerumah ibu pulang kerja baru dijemput..

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #12 pada: Oktober 01, 2009, 10:46:52 am »
ya...salah satu resiko jika kedua orang tua bekerja adalah si anak yg jadi korban, sebagian waktunya dititipkan ke orang lain.
umumnya yg saya tahu, suami-istri yg bekerja, selain mereka juga ada orang lain yg tinggal di rumah, entah itu orang tua/mertua, kakak/adik atau pembantu.
Karena suami-istri sama2 bekerja, maka peran mereka dalam membereskan pekerjaan rumah tangga jelas akan berkurang, karena tenaga & waktu yg terbatas.
Maka dari itu peran2 orang2 tsb yg juga tinggal di rumah sangat penting.

Jadi, kembali ke masalah semula, harap maklum aja jika suami (atau juga istri) merasa terlalu lelah utk mengerjakan pekerjaan rumah sesampainya di rumah. Apalagi bagi yg tinggal di jakarta & jarak dari kantor ke rumah lumayan jauh, perjalanannya aja udah sangat menguras tenaga.

Ini yg pernah saya alami waktu masih tinggal di mertua, pulang dari kantor rasanya udah ga sanggup ngapa-ngapain, maunya langsung tidur. Salah satu solusinya adalah mencari tempat tinggal yg dekat dengan kantor shg bisa menghemat waktu & tenaga. Saya pun jadi punya waktu cukup banyak utk membantu mengerjakan pekerjaan rumah.

Intinya sih...sama2 pengertian aja, karena itu sudah jadi tanggung jawab berdua.

Oh ya....biar si anak mau ngikut ayahnya, si ayah harus sering2 ngajak main & momong si anak.
Biasanya sih, anak hanya mau nempel sama orang yg dekat sama dia.

kayak temanku, yg sering pulang malem, saking jarangnya ketemu si anak sampai manggil bapaknya sendiri "Oom" :))

Luthi

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.155
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • forgiven
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #13 pada: Oktober 01, 2009, 11:15:51 am »
karena aku belum nikah yah ...
mantau aja yak
kasian deh lo  :p

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re:Ketika istri butuh bantuan di rumah
« Jawab #14 pada: Oktober 18, 2009, 09:45:25 am »
apa salahnya menjadi sumi siaga... ;;)
tidak jarang aku mencucikan baju anak dan istriku hadiahnya ntar malem katanya he he he... ;D ;D ;D