Penulis Topik: How to becoming an Inspiring Teacher  (Dibaca 3969 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

chakef

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 21
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
How to becoming an Inspiring Teacher
« pada: September 02, 2009, 11:21:17 am »
Bismillah

  • Mediocre teacher tells

    Good teacher explains

    Superior teacher demonstrates

    Great teacher inspires


    William A. Ward

    Mana yang akan seorang guru pilih?. Jadi Guru Biasa biasa saja (Mediocre), Guru yang baik (sekedar menjelaskan/ menyampaikan), Guru Yang SUperior (sekedar mendemonstarasikan setiap ilmu yang diajarkan), atau bahakan lebih hebat lagi menjadi Guru yang Inspiring, alias mampu menjadi Inspirasi bagi Murid muridnya.

    Bangga sekaligus haru kalau seorang murid yang sudah sukses mengatakan, Bu/ Pak Guru ... yang menginspirasi saya sehingga sukses eperti sekarang. Tapi "How to becoming an Inspiring Teacher" ?. Sederhana namun berdampak luar biasa pada murid kita. Berikut ini beberapa tips bagaimana menjadi guru yang penuh inspirasi bagi murid muridnya (Semoga ada rekan rekan yang biasa menambahkan).

    I.N.S.P.I.R.A.S.I:

    1. Ikhlas,
       Bagi seorang guru, profesi mulia ini adalah pengabdian. Urusan kompensasai/ gaji adalah urusan yg menggaji kita. Tapi ada kewajiban moral yang besar untuk menyampaikan suatu kebenaran pada para murid. Dengan Ikhlas, diharapkan jadi energi yang besar buat selalu setia di dunia pendidikan.

    2. Ngarep terus
       Masih Ingat tentang Law of attratction?. Apa yang kita harapkan/ pikirkan, maka itulah yang akan terjadi. Kalo kita Ngarep terus murid2 kita (yang dicap "bandel" oleh orang lain), bahwa suati hari mereke akan jaug lebih baik pribadi & akhlaknya, maka itulah yang akan terjadi. Jadi apa harapan para Guru akan muridnya?

    3. Strong Opening
       Dalam ilmu presentasi, seseorang yang tengah presentasi didepan orang banyak, hendaklah memulai dengan sesuatu yang membuat Pendengar "Amaze" atau terpesona, maka curilah perhatian mereka, maka kelas menjadi milik Anda. Bisa mulai dengan Cerita, Gambar, Film yang mendidik, dll.

    4. Playing
       Dalam Quantum Teaching, digambarkan bahwa proses mengajar seperti sebuah Konser Orkestra. Ya... Ingat Hiburan, karena kelas bukan sekedar tempat penanaman doktrin & manusia pada dasarnya senang bermain. Maka ciptakanlah suasana menyenangkan dengan permainan yang disisipi materi yang kita ajarkan.

    5. Istiqomah
       Mood seorang guru terkadang naik turun. Namun Berusahalah mempertahankan pribadi menyenangkan Anda.

    6. Real Student
       "Ketika seseorang berhenti mengajar, brearti ia berhenti untk belajar", begitu kata Kwai Chang Caine, seorang tokoh di FIlm Jadul "Kung fu" yang diperankan David Caradine. Ilmu pasti bertambah jika dibagikan, dan seorang guru hendaklah selalu meng up date Ilmunya apalabi di tengah deras era web 2.0, pandai pandailah melakukan seleksi informasi.

    7. Alam Bawah Sadar
       Penting bagi seorang Guru mengetahui cara pikiran seseorang bekerja. Singkatnya Pikiran manusia terbagi dua, Alam Sadar & Alam Bawah Sadar. Alam sadar tempat memori jangka pendek kita, namun yang luar biasa adalah Alam bawah sadar, tempat semua memori kita, karakter, kecerdasa, termasuk motivasi atau demotivasi kita. Ketika seorang guru mampu memamasukan pesan kedalam alam bawah sadar siswa, maka itu adalah hal yang luar biasa. Alam bawah sadar seseorang bisa disentuh dengan cara:
    - Pengulangan (atau gunakan metode accelerated Learning Terkini)
    - Disertai Emosi (entah itu rasa bahagia atau rasa2 lainnya)
    - Sampaikan pesan dengan memperhatikan Submodality siswa (Audio, Visual, Kinestik).
    - Lakukan strategi Komunikasi tanpa Penolakan, yaitu Pacing, Pacing, Pacing (penyesuaian empati & simpati sesuai kondisi siswa), baru Leading (penyampaian pesan/ pelajaran pada siswa)
       
    8. Sabar
      Kondisi kelas terkadang tidak kita harapkan. Anak anak yang dicap Bandel yang mungkin sering membuat kita kesal, justru telah memberikan arti dan tantangan menjadi seorang guru. Maka bersabarlah, karena sabar itu tidak ada batasnya

    9. Ingat Allah
      Apapun usaha kita, perbaiki selalu dari hari ke hari, dan bersandarlah selalu pada Allah untuk hasil yang lebih Luar Biasa.

    OK itu saja sedikit sharing dariku.

    Kalau ada yang mau nambahin... silahkan

    Wallalhu 'alam bish showab
    (Buatan sendiri khusus pertama kali di publish spesial buat di Forum Dudung)


nirvana

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 64
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kubangun langit d atasmu agar qt selalu berjuang tuk menggapainya. http://cahayaygkembali.blogsland.net
    • Lihat Profil
    • Blog Islami
Re:How to becoming an Inspiring Teacher
« Jawab #1 pada: Oktober 21, 2009, 10:36:23 pm »
Wah Luar Biasa, benar2 memperluas cakrawala sebagai calon pengajar, ka2 sebenarnya setiap orang itu meskipun bukan guru butuh ilmu untuk mengajar, karna guru kita adalah semua orang yang ilmunya lebih dari kita, iyakan... Semangat Pengajar,

Godelava

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 87
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: How to becoming an Inspiring Teacher
« Jawab #2 pada: Juli 31, 2010, 04:13:35 pm »
ka'chakef, artikelnya bermanfaat banget,
ijin copas ya  :)

ah_ken

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 232
  • Reputasi: 8
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: How to becoming an Inspiring Teacher
« Jawab #3 pada: Agustus 01, 2010, 05:28:12 pm »

3. Strong Opening
   Dalam ilmu presentasi, seseorang yang tengah presentasi didepan orang banyak, hendaklah memulai dengan sesuatu yang membuat Pendengar "Amaze" atau terpesona, maka curilah perhatian mereka, maka kelas menjadi milik Anda. Bisa mulai dengan Cerita, Gambar, Film yang mendidik, dll.


pertama saya ucapkan terimakasih atas post anda yang sangat bagus & bermanfaat bagi praktisi pendidikan dimanapun ...

sedikit saya ingin bertanya tentang NO 3 " strong opening " ...
umunya dimulai dengan ...

Pembukaan
- menyampaikan salam
- menyampaikan judul materi
- apersepsi
isi  
-
-
-
-
-
-
-
Penutup
- tanya jawab
- menyimpulkan
- memberi tugas
- menyampaikan materi yg akan datang
- menutup salam

pembukaan sering difahami sebagai pengkondisikan/mengendalian kelas sebagai persiapan, saya abaikan dulu soal metode presentasi, saya ingin tanya dimana amaze/curi perhatian anda mulai .... ( biasanya saat masuk, saya udah langsung curi perhatian mereka, bahkan kadang lebih ekstrem saat jalan dari kantor guru menuju kelas udah mulai amaze misal dengan bawa media tertentu/alat peraga ... )
« Edit Terakhir: Agustus 01, 2010, 05:31:18 pm oleh ah_ken »