Penulis Topik: Musisi Indonesia  (Dibaca 2006 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Musisi Indonesia
« pada: Juli 24, 2009, 11:16:27 am »
Andy TieLman (TieLman Brothers)


jreeeeeeeeennngggg...
mungkin sedikit yg mengenaL tokoh ini, tapi perLu diketahui, beLiau adaLah saLah satu perintis musik rock n' roLL di negeri kincir, BeLanda. waw, hebat bukan?! sekarang mari kita kenaL beLiau sedikit Lebih daLam, jauh Lebih daLam, jauh Lebih daLam [the master mode ON] :D

Andy TieLman, beLiau adaLah pria (udh ketahuan dari wajah) keLahiran Makassar, 30 Mei 1936. ( nanya : pak arif, bapak Lahirnya tahun berapa? hehee, piss...just kidding :D ). Pada tahun 1945, beLiau membentuk sebuah band, The Timor Rhythm Brothers...iniLah band pertama yg dibentuk oLehnya bersama saudara-saudaranya. PenampiLan pertama mereka di acara pesta di rumah. Teman-teman ayah mereka kagum karena anak-anak ini mampu membawakan Lagu-Lagu suLit untuk ukuran mereka. Lagu-Lagu seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag dibawakan dg muLus (keren euy). Sejak saat itu mereka sering tampil di berbagai acara di Surabaya. Tawaran dari Luar Surabaya juga mulai berdatangan. Terkadang sang ayah ikut memainkan gitar. Eh eh, tau ngga? Ketika Indonesia merdeka, mereka juga sempat tampil di istana negara di hadapan Presiden Soekarno Lhoo, saLut deh buat TieLman Brothers.
:cool:

Pada tahun 1957, mereka hijrah ke BeLanda, tepatnya di daerah Breda. BerbekaL gitar besar MiLLers dan WiLson dari perusahaan gitar Egmond asaL Eindhoven, mereka tampiL pertama kaLi di HoteL de Schuur, Breda. Kemudian nama mereka berganti menjadi The Four TieLman Brothers atau The 4T’s. Mereka pun meraih sukses di Breda. Kemudian pada tahun 1958, mereka diberi kesempatan untuk tampil daLam WereLdtentoonsteLLing (Expo dunia) di BrusseL. Mereka sempat terkejut dan BINGUNG !!!, bagaimana caranya nanti menarik perhatian penonton?! Di situLah untuk pertama kaLinya mereka memainkan permainan yg atraktif, misaLnya memainkan gitar dengan stik drum, kaki, gigi, dan di beLakang kepaLa, meLempar gitar, berguLingan sambiL memainkan rock n’ roLL....dan semua itu mereka Lakukan SEBELUM ERA JIMI HENDRIX yg juga dikenaL dg permainannya yg 'giLa-giLaan'.

Kita pasti pernah mendengar nama The BeatLes...yup, band besar asaL british yg bersinar pd era 60-an. Gitaris The BeatLes, George Harrison, sangat mengidoLakan Andy TieLman...dia mengatakan bahwa Andy adaLah saLah satu inspiratornya. SebeLum The BeatLes menjadi band besar, mereka sering nonton konsernya TieLman Brothers ini...appLause buat TieLman dah pokok nya.

Meskipun The TieLman Brothers dan The BeatLes tak pernah sepanggung, pengaruh The TieLman Brothers tak bisa dianggap enteng. George Lipsitz daLam bukunya Dangerous Crossroads (1998) menegaskan : "penampilan rock & roLL dan aksi akrobat The TieLman Brothers mendapat perhatian besar. Mereka memainkan gitar dan bass dengan kaki dan gigi. Bahkan terkadang memainkannya di beLakang kepaLa. Aksi ini menuai popuLaritas di Eropa hingga akhirnya mereka memiLiki massa penggemar fanatik sendiri di Hamburg, Jerman. Suatu tempat di mana mereka mungkin membawa pengaruh penting puLa bagi awal karir The BeatLes."

Sebenarnya tidak hanya aksi panggung The TieLman Brothers yang menjadi acuan para musisi sesudahnya. Andy TieLman pun berperan daLam perkembangan gitar Listrik dunia. Menurut Cees Baker, peneLiti BeLanda, Andy TieLman memodifikasi senar gitar Olympic White Jazzmaster-nya. Ia memasang empat senar banjo tambahan di gitarnya. Dengan sepuLuh senar, sound yang dihasiLkan sangat Luar biasa. Semua orang yang menyaksikan dibuatnya penasaran. Penemuan Andy ini diikuti oLeh band-band Lainnya. Khususnya band-band di Jerman.

PubLik BeLanda kerap menjuLuki Andy TieLman sbg "The Godfather of Dutch Rock & RoLL". Sementara bagi para penggemar Indo Rock ia disebut sbg "The Uncrowned King of Indorock". Pada 11 Juni 2005, Andy TieLman menerima penghargaan bergengsi Orde van Oranje Nassau dari pemerintah Kerajaan BeLanda atas jasa-jasanya daLam perkembangan musik pop BeLanda.

Terakhir, Andy TieLman mengadakan konser di Bintang Theater di Den Haag, BeLanda pada tanggaL 30 Mei 2008 kemarin. WaLaupun umur sudah kepaLa 7, tapi sepertinya dia tak pernah kehabisan energi. Tampaknya dia tahu benar cara mengatur ritme. MaLam itu, semua dihadirkan ke panggung, muLai Lagu peLan seperti Blue Bayou, My Maria, dan I Can't forget You, instrumentaLia semacam Black Eyes dan Guitar Boogie/Java Guitars, hingga Rock n RoLL macam Blue Suede Shoes.

Andy bahagia bekerja bersama sang istri, Carmen, yang juga manajernya. Putrinya, Loraine Jane juga mendukung penuh, dari rituaL pembuka konser, membawakan gitar, hingga mengatur penggemar yg datang siLih berganti. Mereka bertiga hidup tenang di sebuah kota keciL di Jerman sambil mempersiapkan pertunjukan berikutnya.


SaLut buat ANDY TIELMAN :great:



referensi :
1. TieLman Brothers
2. Andy TieLman, perintis rock n roLL BeLanda
3. Pesta rock Andy TieLman

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re:Musisi Indonesia
« Jawab #1 pada: Juli 27, 2009, 09:49:18 am »
ini dia thread nya dari tadi maLem saia cariin, Lupa kaLo naro nya d sini :D

ada pideo keren nih dari Andy TieLman :cool:

Andy TieLman - Rock LittLe Baby of Mine

naruse07

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 623
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Life is simple, but sometimes we make it confused.
    • Lihat Profil
Re: Musisi Indonesia
« Jawab #2 pada: Maret 24, 2010, 03:10:09 pm »