Penulis Topik: MIA (Missing In Action)  (Dibaca 4718 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
MIA (Missing In Action)
« pada: Juli 23, 2009, 08:51:12 pm »
dapet ide topik ini dari liat film MIA yang dibintangi Chuck Norris.
begini , ketika seorang prajurit dinyatakan dalam status MIA atau hilang dalam tugas (pengertian yang berbeda dengan KIA (killing in action)), maka bisa diartika bahwa si Prajurit itu tewas terbunuh dalam tugas namun mayatnya hilang belum ditemukan atau bisa saja dia memang benar-benar hilang dan mesih hidup di suatu tempat dengan meninggalkan anak istri di rumah sendirian. yang ingin saya tanyakan ketika kemudian setelah bertahun-tahun tanpa kabar si istri prajurit tadi kemudian menikah lagi dengan orang lain, namun setelah pernikahan tersebut si prajurit yang hilang itu kemudian mendadak kembali ...nah bagaimana kemudian hukum pernikahan mereka??

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #1 pada: Juli 23, 2009, 09:42:53 pm »
OOT

mirip "Cast Away"
yang dibintangi aktor keren favoritku.

BTT

setauku istri yang masih berstatus menikah, haram menikah.
jadi jika mengikuti itu, maka pernikahan tersebut haram.

CMIIW

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #2 pada: Juli 23, 2009, 10:34:08 pm »
AFAIK

berdasarkan syariat islam,
boleh, jika telah sampai jangka waktu tertentu (maaf, lupa berapa waktunya) alasannya, karena telah tidak memberikan nafkah kepada keluarga.dan maaf lagi, belum bisa ngasi 'dalil' nya

berdasarkan hukum indonesia
setelah setahun ditinggal tanpa keterangan, maka istri boleh ke pemerintah setampat/dewan syariah/ hakim (KUA kali ya), nanti, pemerintah / KUA yang akan menentukan status wanita tersebut. berdasarkan UU Perkawinan (lupa juga pasal berapa :| )

^:)^
mohon yang lebih tahu dilengkapi

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #3 pada: Agustus 10, 2009, 09:17:58 pm »
Ikrar nikah di Indonesia,

Jika sewaktu2, saya (suami):
1. Meninggalkan istri 2 tahun berturut2
2. Tidak memberi nafkah lahir/batin 3 bulan berturut2 lamanya

Maka tersebutlah talak saya satu kepada istri saya...

Kira2 seperti itu  :D

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #4 pada: Agustus 10, 2009, 09:30:06 pm »
Ikrar nikah di Indonesia,

Jika sewaktu2, saya (suami):
1. Meninggalkan istri 2 tahun berturut2
2. Tidak memberi nafkah lahir/batin 3 bulan berturut2 lamanya

Maka tersebutlah talak saya satu kepada istri saya...

Kira2 seperti itu  :D

Hoh 3 Bulan yah???
Kalo kerjaannya banyak jalan jalan gimana donk?
3 bulan mah masih tergolong sebentar.

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #5 pada: Agustus 10, 2009, 09:34:51 pm »
Hoh 3 Bulan yah???
Kalo kerjaannya banyak jalan jalan gimana donk?
3 bulan mah masih tergolong sebentar.
Sebentar2... aku lupa  :p
Ngga bawa buku nikah nih  ;D
Tapi kayaknya kisaran2 itu deh  :-?

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #6 pada: Agustus 10, 2009, 09:58:35 pm »
Sebentar2... aku lupa  :p
Ngga bawa buku nikah nih  ;D
Tapi kayaknya kisaran2 itu deh  :-?
Kalo yg kerjanya sering ninggalin rumah lebih dari 3 bulan gimana tuh?

calon_akhwat

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #7 pada: Agustus 10, 2009, 10:06:54 pm »
Ikrar nikah di Indonesia,

Jika sewaktu2, saya (suami):
1. Meninggalkan istri 2 tahun berturut2
2. Tidak memberi nafkah lahir/batin 3 bulan berturut2 lamanya

Maka tersebutlah talak saya satu kepada istri saya...

Kira2 seperti itu  :D
dalam 3 bulan ndak memberikan nafkah lahir / bathin khan? bukan harus keduanya?
kalau misalnya suami kerja di luar negeri, masa dalam 3 bulan ndak memberikan nafkah?
raib itu mah namanya

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #8 pada: Agustus 11, 2009, 05:30:34 am »
dalam 3 bulan ndak memberikan nafkah lahir / bathin khan? bukan harus keduanya?
kalau misalnya suami kerja di luar negeri, masa dalam 3 bulan ndak memberikan nafkah?
raib itu mah namanya
Sy adja yg mikir aneh yah?
Sy ingetnya pelajaran "Logika Matematika", hehe

coba liat kalimat ini:
Tidak memberi nafkah lahir/batin 3 bulan berturut2 lamanya Maka tersebutlah talak saya satu kepada istri saya

kalo dibikin matematis:
( huruf U adalah simbol matematis untuk "atau", huruf "U" terbalik merupakan simbol "dan")

selama 3 bulan berturu-turut (tidak nafkah lahir U tidak nafkah batin) => bisa talak (misal disimbolkan c)
artinya talak akan berlaku jika salah satu dari kedua kondisi dibawah ini terpenuhi:
(a)selama 3 bulan berturut-turu tidak meberikan nafkah lahir
(b)selama 3 bulan berturut-turu tidak meberikan nafkah batin
 ( a U b ) = c

bisakah dibilang bahwa: ( a U b ) = !c

Bingung ah,
maaph kebanyakan OOT. Cuma celetukan orang yg belum tidur. ;D

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #9 pada: Agustus 20, 2009, 11:32:11 am »
kok aku malah jadi bingung ya??? trus yang kerjanya jadi ABK kapal barang yang harus pergi hingga lebih dari 3 bulan???

bundo_kanduang

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.097
  • Reputasi: 21
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Cantik Gak?????
    • Lihat Profil
    • Sesuatu yang ku tau......
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #10 pada: Agustus 23, 2009, 02:57:55 pm »
maaf ini juga slentingan pendapat bundo ya,murni pendapat tanpa dalil yg jelas.heuhehe  ;D ;D

klo menurut bundo, seorang istri yang telah ditinggal suami nya lebih dari 2 tahun tanpa ada nya pemberian nafkah lahir dan batin(ngerti kan maksud nya??? ini termasuk terhadap pemberian kabar en komunikasi lainnya), berarti telah jatuh talak terhadap si istri tersebut. sehingga si istri tersebut sudah menjanda...jadi klo dia merit lagi sich sah aja...kan dah gak da hubungannya lagi...  B-) B-)

afwan klo gak sependapat  ;))

« Edit Terakhir: Agustus 24, 2009, 02:23:42 pm oleh bundo_kanduang »

د ج ل

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.084
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • my personalities
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #11 pada: Agustus 30, 2009, 11:25:42 pm »
komunikasi juga kan nafkah bathin...
sms ":-*" ke pasangannya juga sudah bentuk nafkah kan? >:)

bundo_kanduang

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.097
  • Reputasi: 21
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Cantik Gak?????
    • Lihat Profil
    • Sesuatu yang ku tau......
Re:MIA (Missing In Action)
« Jawab #12 pada: September 03, 2009, 11:48:14 am »
komunikasi juga kan nafkah bathin...
sms ":-*" ke pasangannya juga sudah bentuk nafkah kan? >:)

yups...emberrrr. ;D ;D ;D ;D