Penulis Topik: al-maidah 44-50  (Dibaca 4665 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

tanya

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
al-maidah 44-50
« pada: Mei 31, 2009, 12:48:04 pm »
assalamu'alaikum

saya mau tanya, maksud dari surat al-maidah ayat 44, 45, dan 47 apa?
terutama yg bagian seperti ; "Barangsiapa yg tdak berhukum dengan hukum Allah, maka dia KAFIR, ZALIM, FASIK, dsb"

kemudian ; "Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?"

yang dimaksud dengan hukum manusia (yang sering dianggap sebagai hukum jahiliyah) & hukum Allah itu yang seperi apa?

terima kasih
wassalam

zuhair

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 48
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • زهير عبد الله البنتاني
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #1 pada: Juli 20, 2009, 10:28:05 am »
Sederhana aja, misal Allah memerintahkan untuk menghukum cambuk para pelaku zina yang belum menikah, maka itulah hukum Allah. Bila kita menerapkan hukuman selain itu, maka itu termasuk berhukum bukan dengan hukum Allah.

Secara keseluruhan, artinya harus melandasi segala tindak-tanduk kita hanya kepada panduan yang telah digariskan oleh Allah dan Rasul-Nya..

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2009, 10:40:31 am »
assalamu'alaikum

saya mau tanya, maksud dari surat al-maidah ayat 44, 45, dan 47 apa?
terutama yg bagian seperti ; "Barangsiapa yg tdak berhukum dengan hukum Allah, maka dia KAFIR, ZALIM, FASIK, dsb"

kemudian ; "Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?"

yang dimaksud dengan hukum manusia (yang sering dianggap sebagai hukum jahiliyah) & hukum Allah itu yang seperi apa?

terima kasih
wassalam

hukum yang betentangan dengan hukum Allah itulah hukum yang dimaksud contohnya sudah diberikan mas Zuhair diatas.... Namun ada beberapa hukum manusia yang diperbolehkan karena masuk ruang mnasalih mursalah dan ijtihad manusia seperti hukum lalu lintas... hal ini diperbolehkan ditetapkan

kafir dalam surah almaidah diatas dibagi menjadi tiga kategori karena jika kafir diterjemahkan seperti biasa (artinya telah keluar dari islam) maka inilah pemahaman khawarij.. kafir dalam ayat tersebut bermakna :

1. Jika ia mengambil hukum manusia dan dia yakin hukum manusia lebih baik dari hukum allah maka kafirlah ia
2, jika hukum manusia sama dengan hukum Allah maka kafirlah ia
3. jika ada orang berhukum selain dari hukum Allah namun dia sadar dan tahu bahwa hukum tersebut tidak lebih baik dari hukum Allah dan dia sadar perbuatannya salah hal ini tidak dihukumi kafir namun dosa besar dan orang berdosa besar dalam manhaj salafus saleh tidak lah jhal ini mengeluarkannya dari islam.

hal ini menjadi pendapat Ibnu Abbas, Mujahid, Ikrimah, Atho', Ibnu taymiyah, Nashirudin al-albani dan ulama salaf maupun khalaf lainnya...

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2009, 04:51:54 pm »
Kutip dari: lyceum_salf
1. Jika ia mengambil hukum manusia dan dia yakin hukum manusia lebih baik dari hukum allah maka kafirlah ia
Subhanallah, bisakah anda memberi contoh hukum manusia yg anda yakini atau diyakini orang lebih baik dr hukum Allah, silahkan mas jangan hanya berteori saja.

Kalau memang ada manusia sanggup membuat hukum yg lebih baik dr yang dibuat Allah, kenapa Allah menurunkan ayat ini :

Dan sesungguhnya jika kamu sekalian mentaati manusia yang seperti kamu, niscaya bila demikian, kamu benar-benar orang-orang yang merugi.(QS 23:34)

Bukankah ayat ini peringatan bagi kita utk tidak mentaati manusia sesamanya, kenapa kita cuek saja malah lebih percaya pada manusia ?



Salaam,


BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2009, 08:27:09 pm »
mas tobiL baca baik2 deh pernyataan dari mas Lyceum, di situ beLiau tidak ada mengatakan bahwa "ada hukum manusia yg Lebih baik dari hukum ALLAH"

maka ny mas, kaLo baca jangan ngebut2 :wink:

zuhair

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 48
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • زهير عبد الله البنتاني
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #5 pada: Juli 22, 2009, 09:37:50 pm »
Kutip dari: lyceum_salf
1. Jika ia mengambil hukum manusia dan dia yakin hukum manusia lebih baik dari hukum allah maka kafirlah ia
Subhanallah, bisakah anda memberi contoh hukum manusia yg anda yakini atau diyakini orang lebih baik dr hukum Allah, silahkan mas jangan hanya berteori saja.

Kayaknya ada salah paham, nih..

Tapi kalau emang ditanya contoh hukum manusia yang diyakini lebih baik dibanding hukum Allah, ya faktanya banyak sekali, termasuk di negara kita ini..

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #6 pada: Juli 23, 2009, 06:12:30 am »
Kutip dari: BINGUNG !!!
mas tobiL baca baik2 deh pernyataan dari mas Lyceum, di situ beLiau tidak ada mengatakan bahwa "ada hukum manusia yg Lebih baik dari hukum ALLAH"
Jadi cuma statement kosong saja bahwa yg sebenarnya tidak ada hukum manusia yg lebih baik dari pada hukum Allah gitu ?
apakah anda tidak memperhatikan kata "ada", saya hanya minta ke"ada"annya ini ditunjukkan, yah ... kalau tidak bisa itu artinya tidak ada.

Kutip dari: zuhair
Kayaknya ada salah paham, nih..

Tapi kalau emang ditanya contoh hukum manusia yang diyakini lebih baik dibanding hukum Allah, ya faktanya banyak sekali, termasuk di negara kita ini..
contohnya aja deh, hukum manusia yg mana yg diyakini lebih baik dr hukum Allah, kalau memang faktanya banyak sekali.

Sebenarnya yang terjadi adalah fakta tunggal (bukannya dlm perbandingan dengan hukum Allah) hukum yang dibuat oleh manusia banyak sekali, misalnya hukum berjenggot yg dikatakan sbg sunnah.

Celakanya manusia lebih patuh kepada manusia yg lain dr pd kpd Allah, meskipun Al- Maidah jelas mengatakan KAFIR, ZALIM dan FASIK bagi orang yg berhukum pada selain hukum Allah.

Selanjutnya kalau kita kafir (berhukum kpd selain Allah), maka semua amal2 shaleh (kebaikan) yg pernah kita lakukan akan dihapus.

Dan orang-orang yang kafir maka kecelakaanlah bagi mereka dan Allah menghapus amal-amal mereka.(QS 47:8)

Mari kita sama2 introspeksi diri.



Salaam,

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.924
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #7 pada: Juli 23, 2009, 07:14:03 am »
Kutip dari: lyceum_salf
1. Jika ia mengambil hukum manusia dan dia yakin hukum manusia lebih baik dari hukum allah maka kafirlah ia
Subhanallah, bisakah anda memberi contoh hukum manusia yg anda yakini atau diyakini orang lebih baik dr hukum Allah, silahkan mas jangan hanya berteori saja.
anda mengerti makna tulisan lyceum yang anda kutip?

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #8 pada: Juli 23, 2009, 08:39:29 am »
Jadi cuma statement kosong saja bahwa yg sebenarnya tidak ada hukum manusia yg lebih baik dari pada hukum Allah gitu ?
apakah anda tidak memperhatikan kata "ada", saya hanya minta ke"ada"annya ini
#:-S #:-S #:-S

mas, bisa mencerna dari sebuah tuLisan ga sih? :-j

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #9 pada: Juli 24, 2009, 05:55:21 am »
Kutip dari: BINGUNG !!!
mas, bisa mencerna dari sebuah tuLisan ga sih?
Sekarang gini aja deh, tolong anda jelaskan dimana letak kesalahan saya, anggap saja saya gak bisa mencerna tulisan, oke.

Saya percaya, anda bisa menyalahkan anda juga pasti bisa membetulkan yg salah, silahkan, mas !



Salaam,

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #10 pada: Juli 24, 2009, 09:55:45 am »
#:-S #:-S #:-S

Kutip
kafir dalam surah almaidah diatas dibagi menjadi tiga kategori karena jika kafir diterjemahkan seperti biasa (artinya telah keluar dari islam) maka inilah pemahaman khawarij.. kafir dalam ayat tersebut bermakna :

1. Jika ia mengambil hukum manusia dan dia yakin hukum manusia lebih baik dari hukum allah maka kafirlah ia
2, jika hukum manusia sama dengan hukum Allah maka kafirlah ia
3. jika ada orang berhukum selain dari hukum Allah namun dia sadar dan tahu bahwa hukum tersebut tidak lebih baik dari hukum Allah dan dia sadar perbuatannya salah hal ini tidak dihukumi kafir namun dosa besar dan orang berdosa besar dalam manhaj salafus saleh tidak lah jhal ini mengeluarkannya dari islam.
yg dimaksud mas Lyceum adaLah mksud kafir yg ada daLam surat aL-maidah, saLah satunya ya itu tadi, "Jika ia mengambil hukum manusia dan dia yakin hukum manusia lebih baik dari hukum allah maka kafirlah ia"

jadi mas Lyceum bukan menyatakan bahwa ada hukum manusia yg Lebih baik, beLiau hanya menyampaikan apa penafsiran dari ayat tsb.

jerry_spy

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 825
  • Reputasi: -2
  • Jenis kelamin: Pria
  • beramal dan beramal
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #11 pada: Agustus 04, 2009, 06:31:56 pm »
seru jg nih ........ana rasa sudah jelas sejelas matahari di siang bolong , ga perlu di debat lagi ........

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #12 pada: Agustus 15, 2009, 11:36:17 am »
Kutip dari: lyceum_salf
1. Jika ia mengambil hukum manusia dan dia yakin hukum manusia lebih baik dari hukum allah maka kafirlah ia
Subhanallah, bisakah anda memberi contoh hukum manusia yg anda yakini atau diyakini orang lebih baik dr hukum Allah, silahkan mas jangan hanya berteori saja.

Kalau memang ada manusia sanggup membuat hukum yg lebih baik dr yang dibuat Allah, kenapa Allah menurunkan ayat ini :

Dan sesungguhnya jika kamu sekalian mentaati manusia yang seperti kamu, niscaya bila demikian, kamu benar-benar orang-orang yang merugi.(QS 23:34)

Bukankah ayat ini peringatan bagi kita utk tidak mentaati manusia sesamanya, kenapa kita cuek saja malah lebih percaya pada manusia ?



Salaam,



Masya Allah...... udah jelas seperti kata mas Jerry jadi saya g perlu jelasin lagi......... pernyataan saya dengan yang disebut mas tobil g nyambung

Abu Hafizh

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 36
  • Reputasi: -5
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #13 pada: Agustus 18, 2009, 02:53:55 pm »
wah pendapat Subhat tuh..kufrun duna kufrin nya salafy....hati2  hujjah nya mana?

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:al-maidah 44-50
« Jawab #14 pada: Agustus 18, 2009, 03:50:17 pm »
wah pendapat Subhat tuh..kufrun duna kufrin nya salafy....hati2  hujjah nya mana?

nah.... lantas menurut sampeyan gimana toh mas.....