Penulis Topik: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian  (Dibaca 4315 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

calon_akhwat

  • Pengunjung
karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« pada: September 26, 2006, 10:33:43 am »
 :">

assalamu'alaiku.wr.wb...
dari dulu ana sering menyimpulkan bahwa seorang akhwat itu adalah seorang muslimah berjilbab besar dan memiliki kepribadian yang lembut serta wawasan yang luas.tapi, saat ana menceritakan hal tsb kepada adikku, katanya jadilah diri sendiri dan ndak perlu mengikuti orang lain.karena itu..,

kriteria akhwat itu yang seperti apa?
syukran before
« Edit Terakhir: September 26, 2006, 10:35:58 am oleh calon_akhwat »

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #1 pada: September 26, 2006, 10:40:42 am »
iya... fie juga setuju sama adik mu :)
jadilah diri sendiri dan ga perlu mencontoh org lain :)
tapi kalau mencontoh yang baik ya... ga apa2  :cool:

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #2 pada: September 26, 2006, 08:03:49 pm »
biar lebih objektif, kudu yang bukan akhwat nih yang ngomong... >:)

kata akhwat itu berasal dari bahasa Arab. kalo diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti wanita

nah, wanita adalah manusia yang memiliki organ-organ kewanitaan (belajar biologi kan?) ;))

nah, saat ini telah terjadi penyerapan (ntah sekarang sudah baku apa belom) kata akhwat. saat ini kata tersebut telah digunakan untuk mengistilahkan seorang wanita yang berkepribadian sesuai mungkin dengan aturan Islam, misalnya berkerudung dan berjilbab (kerudung itu bukan jilbab dan jilbab itu bukan kerudung, coba buka an-nur:31 [tentang kerudung] dan  AL AHZAB:59 [tentang jilbab]), de el el (kalo yang wanita, kayaknya lebih ngerti deh)

nah, sekarang tergantung, mau ngeliat akhwat itu dari mana? dari asal katanya, atau dari makna serapannya?


tambahan: kita tidak cukup dengan hanya menjadi diri sendiri, tetapi kita pun harus menjadi diri sendiri yang tidak teralienasi dari fitrah. coba buka link ini

husni

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 249
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • wanna be a professional
    • Lihat Profil
    • vbBASE
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #3 pada: September 27, 2006, 05:32:36 am »
ya, seringkali kata "akhwat" jadi ambigu  :(

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #4 pada: September 27, 2006, 06:51:48 am »
makanya belajar bahasa arab atuh...

masa' bisanya cuma ana - antum, ikhwan-akhwat, afwan and syukran doank...







btw gw ngomongin sapa yah...   :D :D :D

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #5 pada: September 27, 2006, 07:52:12 am »
akhwat
hadirnya di damba
cintanya di butuhkan

hatinya susuah di tebak
miteriusnya akhwat

memang...
sejuta keikhlsan petutlah di persiapkan
demi mencari akhwat idaman

capolista

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 81
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #6 pada: September 27, 2006, 08:49:29 am »
Akhwat itu merupakan bentuk jamak dari ukht (untuk wanita). Sedangkan untuk laki-laki adalah akh yang artinya saudara. Sekarang istilah ini sudah menjadi biasa dalam istilah bahasa Indonesia untuk pembedaan jenis kelamin, maksudnya wanita.


« Edit Terakhir: September 30, 2006, 10:58:09 am oleh vian »

capolista

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 81
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #7 pada: September 27, 2006, 08:59:38 am »
Betul kang, kadang-kadang ada orang yang menganggap seorang wanita yang tidak memakai jilbab itu bukan akhwat. Ini kan sama saja menganggap orang itu bukan saudara, padahal setiap orang Islam itu bersaudara.


« Edit Terakhir: September 30, 2006, 10:58:26 am oleh vian »

calon_akhwat

  • Pengunjung
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #8 pada: September 27, 2006, 09:38:56 am »
makanya belajar bahasa arab atuh...

masa' bisanya cuma ana - antum, ikhwan-akhwat, afwan and syukran doank...



btw gw ngomongin sapa yah...   :D :D :D

he...he ketahuan yah kalau kita-kita bisanya bahasa arab yang standart saja ;;)

husni_mubarak

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 68
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Gonna be d'great CHIEF (khalifah), is ME
    • Lihat Profil
Abizzz
« Jawab #9 pada: September 27, 2006, 09:50:39 am »
Yah abiz yang biasanya dipakai itu  :-/

Lgian, ngga semua dpt kesempatan bljr bhs Arab

(mlenceng y dr bhsan? :p)

husni

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 249
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • wanna be a professional
    • Lihat Profil
    • vbBASE
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #10 pada: September 27, 2006, 06:34:48 pm »
Lho, kok diatasku namanya sama?  ;;)

Sorry OOT

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #11 pada: September 27, 2006, 09:04:07 pm »
iya... fie juga setuju sama adik mu :)
jadilah diri sendiri dan ga perlu mencontoh org lain :)
tapi kalau mencontoh yang baik ya... ga apa2  :cool:

sering ikhwanterjebak denganakhwat, so bagi yang merasa ikhwan berhati - hatilah dalam memilih akwat... :D :D :D
yang terpenting luruskan niat dalam sebuah tujuan, ikhlasan...

fadhillah

  • Pengunjung
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #12 pada: September 28, 2006, 04:47:43 pm »
akhwat itu adlah muslimah yang selalu mejaga iffahnya , menjaga dirinya , taat sam ailahi dan rasulnya , memiliki perasaan , pemikiran , dan peraturan islami ...dst ...be your self !!!

XiaoTian

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 135
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
    • see my web
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #13 pada: Oktober 03, 2006, 02:16:10 pm »
bener tuh apa yang ditulis fadhillah...jangan kita tertipu sama tampilan luar aja. kebanyakan dari kita menilai akhwat itu mesti yang alim, pendiam (yang cerewet keluar dari kata " akhwat"), malu-malu (padahal bisa jadi malu-maluin, hehehe). yang terpenting bagi seorang akhwat (wanita) adalah mentaati Allah, rasul, orang tua (selama masih sesuai syariat) dan juga menjalankan hukum-hukum Allah di muka bumi ini..

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: karakter akhwat yang sesuai dengan kepribadian
« Jawab #14 pada: Desember 09, 2006, 03:42:28 pm »
tapi ko yg berkembang malah aneh, akhwat malah diidentikkan dgn wanita dgn jilbab/kerudung yg lebar perilaku amat terjaga, lembut, pengetahuan agama luas, ibadah, akhlak dan aqidahnya juga terjaga banget..misalnya gini, dulu aku pernah diajak utk pretes (tes sebelum praktikum) pas malem2, aku nolak, kubilang "afwan kalo mlm ko aku agak keberatan", dan mereka (temen2 satu kelompokku) bilang, "kalo akhwat ga boleh keluar mlm ya?" gitu.. (hoek.. pikirku)
kalo aku pribadi sih ya (afwan) lbh suka dgn sebutan perempuan atau wanita kalau misalnya orang yg ngajak omong itu ga bisa sebut akhwat drpd sebutan "cewek" jujur aja aku hampir ga pernah ucap "cewek" kalo ngobrol biasa soalnya ko kayanya rendah banget gitu, istilah akhwat kan agak meninggikan walaupun artinya sama aja.