Penulis Topik: perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??  (Dibaca 9307 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

akhwat_fighter

  • Pengunjung
perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« pada: April 18, 2009, 09:16:13 am »
aslm ikhwahfillah..
sekarang ini kayaknya perceraian bukan lagi hal yang tabu..walaupun halal..tapi itu kan dibenci oleh Allah..

menurut ikhwan wa akhwat sekalian..di kalangan ikhwah ini ada perceraian juga g y?
kalo ada..kira2 karena sebab apa?masa sih..kayaknya keluarga ikhwan akhwat itu baik2 aja deh..?
bener g?
mohon penjelasannya..buat kita yang belum menikah..jadi bisa lebih bijak menghadapinya nanti..
jazakumullah..

acetaminophen

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 341
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Wanita
  • let's smile together
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #1 pada: April 18, 2009, 10:00:27 am »
eiittss.... jangan salah... ada lho... kan ikhwah juga manusia (alasan klasik sih, tapi ya fitrahnya begitu)
kalau permasalahannya sih saya juga kurang paham, karena itu privacy masing2 orang. tapi ya (mungkin) menurut saya sih sama seperti keluarga lain yg mengambil cerai sebagai jalan terakhir. apalagi krn masa perkenalan yg bisa dibilang cukup singkat. utk alasan ini sebenarnya ga bisa dijadikan alasan utama.
ada juga yg karena beliau menikah krn awalnya ga enak menolak pilihan murobbi, akhirnya setelah menikah justru ga bisa menemukan kecocokan & memilih jalan cerai.
atau krn tuntutan keluarga yg keberatan & menyuruh bercerai. ada lho yg begini. asli, bukan rekayasa.
dan karena alasan lain2 sebagainya..

ya mungkin semua dikembalikan ke niat awal menikah. kalaupun dalam perjalanan ada permasalahan, ada baiknya menggunakan "jasa" orang ketiga yg dipandang bisa membantu menyelesaikan masalah.

kalau di Jogja sih ada BKKBS (biro konseling keluarga bahagia sejahtera) bisa dijadikan tempat solusi dari pra nikah sampai saat sudah menikah. dan kalau ada permasalahan pun bisa meminta bantuan. tapi entahlah kalau di tempat lain.
begitu kira-kira...

akhwat_fighter

  • Pengunjung
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #2 pada: April 18, 2009, 10:12:52 am »
oo gitu?
ane baru baca artikel nih..
judulnya "bercerai dari suami karena kecanduan chatting"
sediiih banget bacanya..
y Allah semoga Engkau menghindarkan aku dari sifat buruk itu..

open your heart

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.224
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • .: Dunia Ini Panggung Sandiwara :.
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #3 pada: April 18, 2009, 02:48:42 pm »
ya pasti adalah perceraian....

mana ada sih "gading yang tak retak" di dunia ini  B-)

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #4 pada: April 18, 2009, 04:19:13 pm »
aslm ikhwahfillah..
sekarang ini kayaknya perceraian bukan lagi hal yang tabu..walaupun halal..tapi itu kan dibenci oleh Allah..

menurut ikhwan wa akhwat sekalian..di kalangan ikhwah ini ada perceraian juga g y?
kalo ada..kira2 karena sebab apa?masa sih..kayaknya keluarga ikhwan akhwat itu baik2 aja deh..?
bener g?
mohon penjelasannya..buat kita yang belum menikah..jadi bisa lebih bijak menghadapinya nanti..
jazakumullah..

jangan dikira mereka yang bergelar ikhwan dan akhwat adalah orang-orang yang maksum(bebas dari kesalahan). Ikhwan dan akhwat adalah manusia biasa yang pada saatnya ia futur dalam ibadahnya. Yang dalam bahasan aqidah keimanan seseorang bisa bertambah dan berkurang, demikian adalh bagian dari keyakinan ahlus sunnah wal jama'ah.

Ikhwan dan akhwat tidak ubahnya seperti manusia pada umumnya yang sama-sama memiliki tabiat yang berbeda-beda satu sama lainnya. Sebagai contoh adalah laki-laki egonya tinggi, atau yang perempuan memiliki tabiat ingin dipuji. Sudah menjadi fitrah manusia diciptakan dengan bawa'an sifat yang dimilikinya sejak lahir terlebih dalam lingkunan keluargaya.

Jangankan kita, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam manusia sempurna pernah berkeinginan untuk menceraikan istrinya yang benama saudah radiyalahu 'anha, siapa yang meragukan kesempurnaan beliau shalalahu 'alaihi wasallam. Atau beberapa sahabat nabi radiyallahu 'anhum ada juga dari mereka yang menceraikan istrinya dengan alasan tertentu. Atau yang lebih dekat adalah Syaikh bin Baaz rahimahullah mempunyai istri tiga dan yang dicerai satu.

Jadi, perceraian ditinjau dari sisi mana bisa terjadi. Apakah alasan syar'ikah atau tidak. Untuk itu, jangan merasa aman dari fitnah jika ikhwan atau akhwat mendapatkan pasangan dari mereka yang sudah mengenal dien Islam apa lagi yang semanhaj dengan dirinya. Tidak ada jaminan kecuali atas kehendak Allah subhanahu wata'ala yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Memahami dengan segala kekurangan dan mengerti dengan segala kelebihan masing masing menjadi warna tersendiri dalam lika-liku pejalannan rumah tangga. Tidak semata-mata mencari-cari kesalahan masing-masing, yang mana hal tersebut akan senantiasa menjadi pemciu benih-benih perselisihan yang berujung pada penyesalan, kenapa ana harus menikah sama antum/anti.

Terimalah dengan lapang dada atas apa yang ada dihadapan anda yaitu pasangan anda. Tidak perlu berlebih-lebihan menuntut apa yang menjadi prioritas antum terhadap pasangan antum. Jalanilah hidup ini dengan apa adanya. Jika menikah semata mencari kepuasan seks, betapa banyak orang-orang yang mencari kepuasan dengan jajan di luaran. Jika menikah sekedar bagusnya rupa, betapa banyak mereka yang mempunyai rupa menawan akhirnya cerai juga, jika demi harta kita menikah, betapa banyak pula orang yang bergelimang harta rumah tangganya berantakan.

Butuh keikhlasan demi menerima keadaan. Pasangan kita adalah wasilah kita demi meraih surga. InsyAllah...

akhwat_fighter

  • Pengunjung
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #5 pada: April 19, 2009, 10:30:57 pm »
@ atas

yuup..bener juga..
dan selayaknya kita terus memperbaiki diri..

wa

  • Pengunjung
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #6 pada: April 24, 2009, 08:12:34 pm »
aslm ikhwahfillah..
sekarang ini kayaknya perceraian bukan lagi hal yang tabu..walaupun halal..tapi itu kan dibenci oleh Allah..
ukthi.... Tidak ada sesuatu yang halal yang Allah membencinya.....yang dihalalkan oleh Allah itu 100% pasti baik.
Ukthi perceraian itu adalah rahmat dari Allah.... bisakah ukthi bayangkan ketika ukthi sudah tidak cocok lagi dengan pasangan ukhti, setiap hari selalu bertemu dengan orang yang kita benci.... seberapa sumpekah hati rasanya.... bagaimana hidup bisa tenang... bukankah salah satu tujuan menikah adalah untuk mendapatkan ketenangan.....
Bersyukurlah islam menghalalkannya sebab ada agama lain yang mengharamkan perceraian ini.

memang dampak dari perceraian sangatlah banyak.... tapi kalau tidak ada perceraian dampaknya akan tambah lebih banyak dan runyam.... tapi untuk mengatakan cerai tidaklah mudah, banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan dengan akal yang jernih dan matang.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #7 pada: April 25, 2009, 05:47:10 pm »
Akan tetapi, perceraian bukan solusi utama demi memecahkan masalh rumah tangga. Tidak seharusnya anak-anaklah yang menjadi terabaiakan(menjadi korbannya). Tentu jika demikian terjadi akan ada dampak-dampak buruk baru yang akan muncul.

Perlu dipikirkan matang-matang dan perlu lebih jauh kedepan hal buruk yang perlu dibayangkan jika perceraian terjadi. cari alternatif terbaik sebelum jalan terakhir itu terjadi yaitu perceraian. Hal yang akan timbul di antaranya jika seorang aktifis[ikhwan dan akhwat], orang mau bilang apa jika hal demikian terjadi. Tentu akan menjadi senjata ampuh demi memojokkan para aktifis da'wah. Yang mana akan memperlambat gerak langkah da'wah kita. B-) B-) B-)

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #8 pada: Mei 02, 2009, 02:25:11 pm »
aslm ikhwahfillah..
sekarang ini kayaknya perceraian bukan lagi hal yang tabu..walaupun halal..tapi itu kan dibenci oleh Allah..
ukthi.... Tidak ada sesuatu yang halal yang Allah membencinya.....yang dihalalkan oleh Allah itu 100% pasti baik.
Ukthi perceraian itu adalah rahmat dari Allah.... bisakah ukthi bayangkan ketika ukthi sudah tidak cocok lagi dengan pasangan ukhti, setiap hari selalu bertemu dengan orang yang kita benci.... seberapa sumpekah hati rasanya.... bagaimana hidup bisa tenang... bukankah salah satu tujuan menikah adalah untuk mendapatkan ketenangan.....
Bersyukurlah islam menghalalkannya sebab ada agama lain yang mengharamkan perceraian ini.

memang dampak dari perceraian sangatlah banyak.... tapi kalau tidak ada perceraian dampaknya akan tambah lebih banyak dan runyam.... tapi untuk mengatakan cerai tidaklah mudah, banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan dengan akal yang jernih dan matang.

kalau g salah hadistnya dhoif tapi saya lupa periwayatnya,.... ana yang bisa jelasin g

nees

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.121
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • just wait and see ^__^
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #9 pada: Mei 05, 2009, 05:45:52 am »
jangankan cerai, perselingkuhan pun ada..

coba baca catatan seorang istri-nya Asma Nadia..  :great:

afwan OOT

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #10 pada: Mei 13, 2009, 07:12:55 pm »
sebenarnya kalo yang paham 'prosedur' cerai menurut Islam..
akan memahami betapa ada banyak 'birokrasi' yang harus dilalui sebelum jatuhnya talaq
dari tahapan menegur, pisah ranjang, 'memukul', memanggil pihak ketiga, dll...
dalam proses itu selalu ada peluang untuk introspeksi diri dan saling kompromi
bahkan tahapan tersebut bisa terus diulangi sampe pada titik yang dinamakan talaq tiga..
baru pada saat itu dapat dikatakan benar2 cerai..

tapi ya segalanya dikembalikan pada seberapa pahamkah ikhwah yang sudah menikah tersebut
memahami esensi kehidupan rumah tangga..
yang bahkan Allah telah memagari ikatan pernikahan dengan pintu2 yang mencegah terjadinya perceraian..

wallahu a'lam


lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #11 pada: Mei 14, 2009, 09:53:28 pm »
betul kang sepakat

akhwat_fighter

  • Pengunjung
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #12 pada: Mei 15, 2009, 07:16:59 am »
sebenarnya kalo yang paham 'prosedur' cerai menurut Islam..
akan memahami betapa ada banyak 'birokrasi' yang harus dilalui sebelum jatuhnya talaq
dari tahapan menegur, pisah ranjang, 'memukul', memanggil pihak ketiga, dll...
dalam proses itu selalu ada peluang untuk introspeksi diri dan saling kompromi
bahkan tahapan tersebut bisa terus diulangi sampe pada titik yang dinamakan talaq tiga..
baru pada saat itu dapat dikatakan benar2 cerai..

tapi ya segalanya dikembalikan pada seberapa pahamkah ikhwah yang sudah menikah tersebut
memahami esensi kehidupan rumah tangga..
yang bahkan Allah telah memagari ikatan pernikahan dengan pintu2 yang mencegah terjadinya perceraian..

wallahu a'lam



 :great:
iya betul setuju..
banyak tahapan yang sebaiknya dilalui hingga akhirnya bercerai..
jazakumullah untuk teman2 y..
sumbangsih pikiran temen2 sangat membantu penelitian ana..

wa

  • Pengunjung
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #13 pada: Mei 15, 2009, 09:09:45 pm »

Perlu dipikirkan matang-matang dan perlu lebih jauh kedepan hal buruk yang perlu dibayangkan jika perceraian terjadi. cari alternatif terbaik sebelum jalan terakhir itu terjadi yaitu perceraian. Hal yang akan timbul di antaranya jika seorang aktifis[ikhwan dan akhwat], orang mau bilang apa jika hal demikian terjadi. Tentu akan menjadi senjata ampuh demi memojokkan para aktifis da'wah. Yang mana akan memperlambat gerak langkah da'wah kita. B-) B-) B-)
kang... menurut ana mau dia aktifis apa bukan itu sama saja, yang namanya ketidak cocokan itu bisa aja terjadi......
bagaimana mungkin seorang aktifis dakwah bisa fokus berdakwah bila pikirannya gak bisa tenang.....
yang perlu kita dengar itu adalah apa kata Allah dan Rasul-Nya, bukan kata orang.... jangan sampai kita berdakwah hanya demi kata orang....

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:perceraian di kalangan ikhwah, mang ada??
« Jawab #14 pada: Mei 19, 2009, 11:29:37 am »
zaid bin haritsah aja bisa cerai dengan zainab binti jahsy ya kan ??? apalagi kita yang bukan sahabat nabi