Penulis Topik: Nikah Dalam ADAT & BUDAYA  (Dibaca 12434 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Qudama

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 327
  • Reputasi: 7
    • Lihat Profil
Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« pada: Maret 17, 2009, 02:13:52 pm »
Assalamualaikum wr wb

Mohon opini, saran , sanggahan, dasar & apapun yg terkait dengannya..
Sudah menjadi hal yg lumrah dimana - mana, bahwa prosesi walimah yg terjadi dikalangan saudara/kerabat/teman kita yang keinginan awalnya mendambakan walimah dengan 'format' islami namun pada realisasinya tidak demikian adanya.

Banyak faktor memang, salah satunya orang tua kita atau mertua kita yang masih keukeuh dengan (salah satunya) yakni adat istiadat/ budaya....

untuk itu tentu akan lebih baik kita mengetahui juga apa saja sih perbedaan yg ada dialam budaya/adat dari beragam suku yg ada, agar bisa mengantisipasi kemungkinan kemungkinan yang tidak diharapkan terjadi ataupun meminimalisir resiko yg memang tidak diharapkan..

mohon berbago temen2 dari berbagai suku bagaimana sih kebiasaan / tradisi adat dalam suku2 yg berbeda itu;

kasi contoh ;

saya org banjar

disana adat istiadat yg sering dilakukan masyarakatnya ada acara seperti jujuran - beantaran yg banyak menampilkan kue- kue an.

biaya pernikahan ditanggung lebih banyak oleh yg laki - laki.

nah, bgmn dg suku2/adat budaya dr suku lain yah ??

syukran atas illmunya, insyaaLlah bermanfaat, apalagi yg berniat mencari pasangan beda suku ..  :)

Orchid

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 731
  • Reputasi: -32
  • Jenis kelamin: Wanita
  • -nothing-
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #1 pada: Maret 17, 2009, 02:47:52 pm »
oh ya momod dudung ada yang anak banjar tuh
kang faritz, coba tanya dan konsul sama beliau saja yang sudah jadi suami....

Qudama

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 327
  • Reputasi: 7
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #2 pada: Maret 17, 2009, 03:23:54 pm »
afwan ukhti.

mksud ane dudunger lain yg berasal dr suku laen mohon berbagi informasi ttg adat yg mmg mjd tradisi didlm sukunya...

utk adat istiadat banjar tentu insyaaLlah ane jg tau, ane butuh info dri suku/adat istiadat/budaya lain maksudnya...  :D

Orchid

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 731
  • Reputasi: -32
  • Jenis kelamin: Wanita
  • -nothing-
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #3 pada: Maret 17, 2009, 03:26:07 pm »
Saya mah gak pake adat apa2.....pake secara Islam yang penting sah
jadi gak bisa kasih cument apa2....

Qudama

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 327
  • Reputasi: 7
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #4 pada: Maret 17, 2009, 05:17:52 pm »
afwan mbak huda..  :)

insyaaLlah sedaya upaya ane ingin prosesi walimah jelas dgn format yg islami.

Namun, adakalanya setiap kondisi tidak sebagaimana yg qita harapkan..

Nah, benturan² seperti ini nyata adanya dikehidupan kita. Yg pada akhirnya kita dihadapkan pada situasi 'mengalah'

bila semuanya berjalan lancar (kemungkinan terbaik) berarti tidak perlu kita permasalahkan krn smua toh berjalan lancar dan semua mengharapkannya...

Lain persoalannya bila kemungkinan terburuk yg qt dpt... maka dari itu ane perlu byk tau informasi adat istiadat dr berbagai mcm suku.. bilamana kemungkinan terburuk yg dtg maka minimal kita bisa memperkecil resiko 'kerusakan' pd prosesinya..


kita tentu melihat dr berbagai perspektif , katakanlah ini dr perspektif org yg awam thd Islam. Dan mmg realitanya kebanyakan org2 tua msh spt itu... kan ?

Allahualam

afwan mb huda, mb huda dr suku apa ?? kebiasaan adat disana bgmn ??

Orchid

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 731
  • Reputasi: -32
  • Jenis kelamin: Wanita
  • -nothing-
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #5 pada: Maret 17, 2009, 06:34:51 pm »
saya jawa
jawa pun adatnya beda2
antara tempat saya dan jogya solo juga udah beda
ntar 2 saya jabarkan deh
lagi sibuk ni...

Qudama

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 327
  • Reputasi: 7
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #6 pada: Maret 17, 2009, 07:16:25 pm »
ayo yg dari suku batak, jawa, sunda, padang dll.... semuanya...
berbagi wawasan dunk.... ;D

jazakalloh

alfarouq03

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 51
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #7 pada: Maret 17, 2009, 10:52:42 pm »
neh ane org betawi yg pny gaye..

klo adat betawi sie msh ada rasa gengsi klo acara walimahan cm sderhana..
aplg g ngadain acaranya..wah jd mati gaye dah..
di betawi jg yg nanggung biaya lbh byk dr pihak laki2..
trs accesoris bwt acara hrs meriah n lengkap,
trs peralatan rmh tngga spt kasur ma lemari n lain2 hrs udh dibeli sblm acara d adakan..
n g pke lupa roti buaya nya tuh yg gde2 hrs ada..


tp alhamdulillah ane kmrn ngadain acara walimah pke  adat betawi dikit, pke adat sunda dikit, pke islami jg dikit..

krn wlpun acara dpegang ma ortu2, tp ttep hrs ssuai pmintaan ane ma istri ane... :D

Qudama

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 327
  • Reputasi: 7
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #8 pada: Maret 17, 2009, 11:19:39 pm »
dizaman sekarang apalagi... materi jadi patron utama dlm acara2 walimahan....
smoga ini dpt digerus dgn dakwah ( by all dai+mubaligh) dimana saja...

hehehe... syukran akh

info dari sunda, padang, batak, madura dll semuanya.... ditungguuuu....

Qudama

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 327
  • Reputasi: 7
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #9 pada: Maret 20, 2009, 05:22:50 pm »
mana neeh 'bocoran' budaya dari suku laeen  :((

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.925
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #10 pada: Maret 20, 2009, 05:56:23 pm »
Assalamualaikum wr wb

disana adat istiadat yg sering dilakukan masyarakatnya ada acara seperti jujuran - beantaran yg banyak menampilkan kue- kue an.

biaya pernikahan ditanggung lebih banyak oleh yg laki - laki.
Wa'alaikumussalam warohmatulLohi wabarokatuh
jujuran - beantaran tun kek gimana yak? :-? trus kalo disana, kue²annya gitu, bikin sendiri ato beli jadi gitu? :-?

Orchid

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 731
  • Reputasi: -32
  • Jenis kelamin: Wanita
  • -nothing-
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #11 pada: Maret 20, 2009, 06:03:01 pm »
Ky hantaran x y kalo d jawa.ada buah2an,kue2,kosmetik,pakaian.

All Fana

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 241
  • Reputasi: 3
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #12 pada: Maret 20, 2009, 06:27:25 pm »
Yap, anda benar  :D

@ dave  bisa berbagi adat istiadat suku 'bawaannya' ga? sebagai bahan berbagi saja ... :)

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.582
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re:
« Jawab #13 pada: Maret 21, 2009, 07:33:03 pm »
Disuku aq ykn suku buton ada jg yg namax hantarn gt bw buah2n n perlengkapn wanita dr ujung kaki ampe ujung rambut, trus ada acr pingitan biasax slm seminggu tp skrg dah byk ga pake pingitan kl pun ada cuman 2 ato 3 hr n klo dah kluar dr pingitan biasax bbrp saat sblm acr akad nikah n si cln pngantin wanitax tsbt d salamin ma undangn ato org2 dgn d kasih duit eunak jg ya tp yg dpingit cewekx doang, trus apa lg ya?oya ada acr nyiapin aneka makanan khas daerah n kykx wajib gt tp aq ga setuju kyk sesajen gt jd mknn itu d taruh d ats nampan yg wjbx hrs ada ayam kaluku n kue baruasa hmm 2 jenis ini dperebutx stlh acr nikah ktx bt yg blm nikah biar cpt nikah hmm aneh ya...
Oya klo mahar besarnx beda antara turunan raja dgn org biasa, biasax turunan raja d tandai dgn gelar waode ato laode jd bt ikhwan yg ngelamar akhwt dgn gelar waode (wd) mk maharx 2x lipat dr mhr biasax, tp skrg aq liat dah byk org ga make gelarx lg hehe kasian kale ya ma clnx nanti hrs mesti byk duit...

Qudama

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 327
  • Reputasi: 7
    • Lihat Profil
Re:Nikah Dalam ADAT & BUDAYA
« Jawab #14 pada: Maret 21, 2009, 09:33:16 pm »
biasax turunan raja d tandai dgn gelar waode ato laode jd bt ikhwan yg ngelamar akhwt dgn gelar waode (wd) mk maharx 2x lipat dr mhr biasax, tp skrg aq liat dah byk org ga make gelarx lg hehe kasian kale ya ma clnx nanti hrs mesti byk duit...

apakah setiap yg bernama depan laode itu brarti keturunan ningrat/raja ??

ane pnya sepupu nama depannya laode ..  :D