Penulis Topik: MOHON DOANYA...  (Dibaca 9140 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dhiya

  • Moderator
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
MOHON DOANYA...
« pada: Februari 22, 2009, 03:35:19 pm »
Assalamualikum...

Dear Teman-Teman Semua,

Mohon Doanya dari semua, karena Dhiya baru saja keguguran kandungan yang berusia 1 Bulan & sudah menjalani Kuret kemarin.

Mohon sarannya juga kepada rekan rekan yang punya tips BAGAIAMANA CARA CEPAT PULIH SETELAH DIKURET?

Terima Kasih Banyak

Wassalamualaikum

Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #1 pada: Februari 23, 2009, 06:08:36 am »
Innalillahi wainna ilaihi raji'un..
Turut berduka mbak :(
tentang kuret ya? Maaf belum tau :(

Rifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 529
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • jln2 pgi yuk.... udara sueger bget bo'...he3x
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #2 pada: Februari 23, 2009, 08:50:44 am »
cepat pulih kmbli ya mbk???
tarak / jangan makan sayur daun ketela pohong ma terong...
karna dlu kakakku hbis kuret makan itu lalu pendarahan trus....
smoga bermanfaat.... >:D<

nida annisa al-hammasah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 872
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • mujahid cilik ku
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #3 pada: Februari 23, 2009, 02:04:45 pm »
innalillahi...
syafakillah ya mba...

duuh, jadi syereem...

ehm....konsul ma bidan ajah mba...

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #4 pada: Februari 23, 2009, 02:34:57 pm »
1 bulan belum ada nyawanya

sing sabar ya dhiya
yg pernah keguguran bukan cuma dhiya koq :)
rata2 saat kandungan usia 3 bulanan
temanku malah udah berkali2...sampai dia akhirnya terapi
mudah2an buat dhiya ini yg pertama & terakhir kalinya mengalami keguguran :)

coba buka situs2 ttg kehamilan
atau konsultasi ke dokter

but...yg paling penting utk segera dipulihkan adalah KESEHATAN MENTAL.... :)

erista

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 539
  • Reputasi: 8
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #5 pada: Februari 23, 2009, 04:02:10 pm »
Kutip
Keguguran tergolong momok yang menakutkan bagi kaum ibu. Setelah peristiwa menyedihkan itu, apa sih yang boleh dilakukan dan yang harus dihindari? Karena, terkadang akibat ketidaktahuan kita malah memberikan dampak yang lebih buruk. Keguguran adalah sebuah pengalaman yang tidak mengenakkan.

PENYEBAB KEGUGURAN
Penyebab keguguran ada dua yakni kelainan yang berasal dari janin atau ibu sendiri. Bila berasal dari janin, biasanya karena faktor kelainan kromosom (pembawa sifat di dalam inti sel yang diturunkan dari ayah dan ibu kepada anaknya). Ini dapat berupa kelainan bentuk atau jumlahnya yang tak sesuai. Sedangkan kelainan yang berasal dari ibu umumnya diakibatkan karena kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, minum obat-obatan yang dapat membahayakan kandungan, atau terkena pengaruh radiasi serta polusi. Bisa juga akibat kondisi rahim yang kurang baik atau akibat pengaruh kadar hormonal yang kurang baik pada si ibu. Perhatian lebih patut diberikan pada kejadian keguguran berulang. Keguguran berulang, tandas Kanadi, "Adalah keguguran sebanyak tiga kali atau lebih secara beruntun.'' Penyebab terbesar pada keguguran berulang, tambah dokter dari Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UI, adalah terjadinya kelainan pada sistem pembekuan darah atau sistem kekebalan tubuh ibu, dan selanjutnya secara berurutan adalah akibat gangguan hormonal, kelainan bentuk rahim, dan kelainan kromosom.

PENANGANAN PASCAKEGUGURAN
Berikut beberapa hal yang patut diperhatikan, bila Anda telah mengalami keguguran.

1. Beristirahatlah Istirahat berguna untuk mengurangi kelelahan fisik dan psikologis setelah dilakukan kuret. Kuret adalah pembersihan sisa-sisa jaringan yang ada dalam rahim. Menurut Kanadi, pemulihan fisik sangat bergantung pada usia kehamilan, atau ada tidaknya komplikasi saat tindakan. Umumnya,jika tidak terjadi komplikasi waktu pemulihannya antara satu hingga dua minggu. "Tidak perlu istirahat total di tempat tidur. Istirahat dapat diperpanjang sesuai saran dokter, bila ada gejala infeksi atau pendarahan setelah tindakan kuret. Sebaiknya lakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Diharapkan, peredaran darah akan lancar dan bentuk rahim kembali normal seperti sediakala. Hanya saja, hindari aktivitas yang terlalu banyak membutuhkan tenaga. Namun, bila ibu malas beraktivitas malah dapat memperlama masa pemulihan.

2. Lakukan komunikasi dengan pasangan Komunikasikan dengan pasangan, apa rencana selanjutnya. Jangan tenggelam dalam kesedihan dan menyalahkan diri sendiri, karena belum tentu penyebabnya berasal dari ibu.

3. Merencanakan untuk hamil kembali Para ahli memang merekomendasikan untuk menunggu paling tidak satu kali siklus haid sebelum mencoba untuk hamil kembali. Namun, setelah keguguran kesuburan akan segera datang dalam waktu antara dua hingga empat minggu. Hal ini berbeda dengan wanita yang baru melahirkan dan menyusui, di mana terjadi pengeluaran hormon prolaktin (hormon untuk menyusui) yang dapat menghambat kesuburan.

4. Lakukan pemeriksaan ke dokter Bagi yang merencanakan kehamilan berikut, segera lakukan pemeriksaan ke spesialis kandungan. Terutama, untuk yang telah mengalami keguguran sedikitnya dua kali secara beruntun. Semakin sering terjadi keguguran berulang, maka risiko untuk keguguran pada kehamilan berikutnya cukup tinggi. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan bentuk rahim, serta mengevaluasi kondisi hormonal dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Yang tak kalah penting adalah melakukan wawancara demi mengetahui bila ada kelainan kromosom dari keluarga kedua belah pihak. Bila Anda baru sekali mengalami keguguran dan terjadi pada trimester pertama, umumnya penyebabnya adalah kelainan kromosom. Apabila diakibatkan karena kelainan jumlah kromosom, maka Anda tak perlu khawatir, karena kemungkinan untuk berulang tidaklah terlalu besar. Hal ini akibat kesalahan pembagian kromosom selama proses pembelahan sel saat pembuahan terjadi. Namun, apabila ditemukan kelainan bentuk kromosom, maka akan sulit untuk dilakukan perbaikan, sehingga keguguran dapat kembali berulang.

5. Memasang alat kontrasepsi Jika Anda tak ingin cepat-cepat hamil lagi, segera pasang alat kontrasepsi. Bahkan, bila perlu langsung setelah kuret. Alat kontrasepsi dapat langsung dipasang atau diberikan seusai tindakan kuret, tak perlu menunggu hingga masa menstruasi tiba. Alat atau jenis kontrasepsi yang dapat diberikan setelah keguguran adalah Pil KB, KB suntik, susuk atau alat kontrasepsi dalam rahim (spiral).

6. Waspadai demam Bila setelah kuret, ibu demam menggigil, sakit sekitar perut, kram atau sakit punggung, mengalami pendarahan berlebihan atau terdapat pengeluaran cairan dari vagina yang berbau busuk, segeralah kembali ke dokter. Jangan ditunda. Siapa tahu telah terjadi komplikasi.

sumber : http://www.balita-anda.com

Mungkin temen2 ada yang mau nambahin??

erista

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 539
  • Reputasi: 8
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #6 pada: Februari 23, 2009, 04:30:56 pm »
Mba diriku juga ikut berduka cita ya atas kehilangan calon bayinya, aku tau pasti sedih banged yach.. :(  :(
Aku juga seorang wanita dan bisa merasakan kesedihan yang dialami oleh mba walaupun aku sendiri juga belum pernah mengalaminya sama sekali . Insya Allah suatu saat nanti kesedihan mba akan di ganti kebahagiaan yang amat sangat oleh Allah S.W.T.
Percaya deh..!!  ;)  ;)  ;)

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #7 pada: Februari 23, 2009, 05:25:05 pm »
wa'alaikum salam wr wb..

saran medis untuk hal tsb ga punya tu mbak..
tapi kalo nanti isi lagi
sebaiknya bed rest total aja pas usia kandungan masih rentan (1-3 bulan)
apalagi punya riwayat medis keguguran

semoga Allah menggantinya dengan yang lebih baik  :)

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #8 pada: Februari 25, 2009, 09:58:41 am »
kalo dhiya bekerja, saat hamil lagi nanti, sebaiknya pikirkan utk berhenti bekerja
(saran yg diterima beberapa teman yg pernah mengalami keguguran)

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #9 pada: Februari 25, 2009, 10:41:05 am »
mbak dhiya, tdk ada pantangan apa pun kayaknya stlah kuret. malah lbh bagus jalan2 karna bs kembali menguatkan otot2 n cepet sembuh,,, *pengalaman teman*

semoga jundi kecil nya di ganti dgn yg lebih sholeh n berbakti pada ortu

salendra_kms

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.133
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dream Light
    • Lihat Profil
    • Mengembalikan Jati Diri Bangsa||Web Blog Silampari Nan Cinde
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #10 pada: Februari 25, 2009, 10:50:47 am »
sabar mbak...........moga disegerakan dikasih yg lebih baik lagi  :)

nida annisa al-hammasah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 872
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • mujahid cilik ku
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #11 pada: Februari 25, 2009, 09:25:37 pm »
sabar mbak...........moga disegerakan dikasih yg lebih baik lagi  :)



amien....  [-O<

vidz

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 120
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Assalamualaikum
    • Lihat Profil
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #12 pada: Februari 25, 2009, 11:12:16 pm »
sabar mbak...........moga disegerakan dikasih yg lebih baik lagi  :)

Amin...
jangan menyerah!!!!!

dhiya

  • Moderator
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #13 pada: Februari 26, 2009, 09:45:37 am »
makasih temen2..atas semangatnya...

insyaAllah dhya ikhlas kok....menitikan sedikit air mata ngga  apa2 kan? :)

oya...apakah setelah kuret darah masih keluar? normalkah itu? dan berapa lama pendarahan setelah kuret?

jazzakallah all..

dhiya

  • Moderator
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re:MOHON DOANYA...
« Jawab #14 pada: Februari 26, 2009, 10:11:40 am »

yg pernah keguguran bukan cuma dhiya koq :)
rata2 saat kandungan usia 3 bulanan
temanku malah udah berkali2...sampai dia akhirnya terapi

but...yg paling penting utk segera dipulihkan adalah KESEHATAN MENTAL.... :)

terapinya gimana?

kesehatan mental? maksutnya gimana mas?