Penulis Topik: Belajar Algoritma - Pascal .... disini  (Dibaca 7461 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

firman_identity

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 22
  • Reputasi: 1
  • JAdikan Sholat dan sabar dalam hidup mu
    • Lihat Profil
Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« pada: Desember 15, 2008, 11:35:42 am »
 :) kasus :

membuat bilangan kelipatan
 apabila membeli barang > 5 buah maka akan mendapatkan 1 buah .... dan kelipatannya ( kalo beli 10 dpt 2 buah dst ... )
Rumus algoritmanya pake apa tuh ??????
ada yg tau gak ??
plz share ya ?  :)  :D  ;)

sai

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #1 pada: Desember 15, 2008, 12:28:08 pm »
:) kasus :

membuat bilangan kelipatan
 apabila membeli barang > 5 buah maka akan mendapatkan 1 buah .... dan kelipatannya ( kalo beli 10 dpt 2 buah dst ... )
Rumus algoritmanya pake apa tuh ??????
ada yg tau gak ??
plz share ya ?  :)  :D  ;)

mendng kamu tulis jawaban kamu disini, ntar temen-temen ngasih komentar, atau koreksi jika algonya salah

mrwoohoo

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 198
  • Reputasi: 2
    • Lihat Profil
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #2 pada: Desember 15, 2008, 12:34:08 pm »
mod 5

sai

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #3 pada: Desember 15, 2008, 12:35:56 pm »

mrwoohoo

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 198
  • Reputasi: 2
    • Lihat Profil
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #4 pada: Desember 15, 2008, 12:40:27 pm »
iya ya?
lupa gue pascal
pokonya yg buat sisa bagi gitu deh

sai

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #5 pada: Desember 15, 2008, 12:49:21 pm »
iya ya?
lupa gue pascal
pokonya yg buat sisa bagi gitu deh

mm.. kalo dilihat kasusnya sih hasil bagi. bukan sisa bagi.
kalo beli 5 dapet 1, dst...

a5  = 1
a10 = 2
a12 = 2
a16  = 3
dst,...

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #6 pada: Desember 15, 2008, 01:09:57 pm »
mendng kamu tulis jawaban kamu disini, ntar temen-temen ngasih komentar, atau koreksi jika algonya salah
Na'am
Tapi ngak papa deh, bantu dikit... sekalian Coba...


Kutip
uses wincrt;
BarangYangDibeli, Bonus: Int;                  // Pengenalan
Begin

writeln('Barang Yang Dibeli = '); readln(BarangYangDibeli);               // Pemasukan banyaknya Barang Yang Dibeli

Bonus: = 0;                                               //Karena nilai awal ngak dapet bonus, jadinya, Bonusnya benilai "0"

While BarangYangDibeli>5 do     // Penentuan
Begin
  Bonus:= Bonus +1;      // Karena Bisa masuk ke "While" Maka angka pada "Bonus" bertambah
  BarangYangDibeli:= BarangYangDibeli - 5      // Untuk mengurangi angka Barang Yang Dibeli sampai angka yang tidak lebih besar dari 5 agar semua angka dapat di koreksi
end;

  writeln('Bonus yang diperoleh:', Bonus);                                       // Penunjukkan banyaknya angka Bonus pada layar.

end.


Sample ini masih banyak kesalahan, silahkan diperbaiki...
(yang jelas, belom di test :p )
« Edit Terakhir: Desember 15, 2008, 01:11:44 pm oleh Akhina Ifa »

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #7 pada: Desember 15, 2008, 01:15:33 pm »
"div" kali
Na'am...
masih belajar pake DIV dan MOD
Belum bisa :)

sai

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #8 pada: Desember 15, 2008, 01:27:56 pm »
^^

div, simbol " / " <garis miring> adalah hasil bagi dibulatkan. contoh 3 / 2 = 1 (bukan 1.5)
mod, simbol " % " <peratus> adalah sisa bagi. contoh 16 % 5 = 1 (sisa dari hasil pembagian)

sai

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #9 pada: Desember 15, 2008, 01:29:22 pm »
btw, coding nya kepanjangan :D

aku bisa 1 baris tuh :p

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #10 pada: Desember 15, 2008, 01:41:23 pm »
^ tapi klo di copas ke pascal, bakal ngak jalan :p

mungkin, DIV / MOD ini ya, yang Abang maksud :D
« Edit Terakhir: Desember 15, 2008, 01:42:56 pm oleh Akhina Ifa »

firman_identity

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 22
  • Reputasi: 1
  • JAdikan Sholat dan sabar dalam hidup mu
    • Lihat Profil
Re: Belajar Algoritma - Pascal .... disini
« Jawab #11 pada: Desember 15, 2008, 03:32:41 pm »
syukron..... semuanya .... entar q coba !!!!  :) :) :) :)