Penulis Topik: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll  (Dibaca 54034 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

oki_toink

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.635
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« pada: Desember 06, 2008, 04:58:00 pm »
Assalamualaikum

buat temen punya pengalaman tentang liqo, dll

ceritain disini yah..


buat share cerita aja gitu

riyan-m

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 23
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #1 pada: Desember 06, 2008, 08:35:03 pm »
'Alaikum slm.
dulu ikut lq.
pertemuan mingguan dengan seorang murobbi dengan beberapa orang yang dilakukan secara rutin. seorang murobbi akan membina secara rutin. dalam pengalaman teman saya, dia ikut lq dengan seorang murobbi lebih dari 5 tahun tanpa berganti murobbi.
menurut saya ada baik dan buruknya juga.
1. tiap individu (murobbi) pasti punya kelebihan dan kekurangan dalam ilmu. hal ini akan membuat mutarobbinya juga akan punya pemahaman yg sama dengan murobbinya. Seorang murobbi yg jg seorang aktifis, tentu akan lebih banyak berbicara tentang politik sehingga dalam bidang lain akan terasa kurang. . dampaknya mutarobbinya pun hanya lebih mengetahui politik.
2. mutarobbi yang menerima ilmu hanya dari seorang murobbi cenderung hanya akan menerima pendapat yg sejalan dengan murobbinya, karena tidak ada pembanding.

ada baiknya jk mutarobbi diganti atau digilirkan dalam beberapa waktu.


ophelia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.713
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • ophelia: that is me
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #2 pada: Desember 06, 2008, 09:25:08 pm »
liqo? menyenangkan (bagi saya). :D

cayhe

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 243
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #3 pada: Desember 07, 2008, 05:56:41 am »
Belum pernah liqo, tapi pernah ikut mentoring di kampus. Terpaksa karena diwajibkan.

calon_akhwat

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #4 pada: Desember 07, 2008, 07:10:48 am »
liqo? menyenangkan (bagi saya). :D
sangat menyenangkan  :D

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #5 pada: Desember 07, 2008, 10:58:35 am »
<--- sering d ajak mentoring ama senior, tp ga pernah mau (pernah sih, tp cm sekaLi...ga enak ama seniornya ngajakin trus)

btw, bedanya Liqo, mentoring, etc apa an? :-/

calon_akhwat

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #6 pada: Desember 07, 2008, 05:50:06 pm »
<--- sering d ajak mentoring ama senior, tp ga pernah mau (pernah sih, tp cm sekaLi...ga enak ama seniornya ngajakin trus)

btw, bedanya Liqo, mentoring, etc apa an? :-/
kayaknya sama aja, ngung
cuma beda penyebutannya saja :D

oki_toink

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.635
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #7 pada: Desember 07, 2008, 09:37:44 pm »
Belum pernah liqo, tapi pernah ikut mentoring di kampus. Terpaksa karena diwajibkan.

wew kamapus keren juga yah..

oki_toink

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.635
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #8 pada: Desember 07, 2008, 09:39:37 pm »
<--- sering d ajak mentoring ama senior, tp ga pernah mau (pernah sih, tp cm sekaLi...ga enak ama seniornya ngajakin trus)

btw, bedanya Liqo, mentoring, etc apa an? :-/
kayaknya sama aja, ngung
cuma beda penyebutannya saja :D

iya setuju

oki_toink

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.635
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #9 pada: Desember 07, 2008, 09:40:47 pm »
bagian aku yah

hmm pas pertma liqo bahas ttg ma'rifatullah gitu

bersama 4 orang lainnya..lama kelamaan jadi 2 orang (saya dan oka)

lama-kelamaan jai ilang begitu aja

terus ganti lagi murrabi..


tha_tha_

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 246
  • Reputasi: 2
  • satu senyuman...satu persahabatan
    • Lihat Profil
    • RUANGKU KETIKA LUANGKU
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #10 pada: Desember 10, 2008, 03:14:12 pm »
btw, bedanya Liqo, mentoring, etc apa an? :-/

Klo menurut saya Liqo n mentoring itu sama.Sama2 salah satu wadah untuk belajar banyak hal

Bedanya: Motivasi peserta tuk ikutan acara tersebut
Mentoring awalnya peserta (sebahagian) ikut karena ada kewajiban.Misal Mentoring agama islam, untuk beberapa kampus setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah agama islam diwajibkan ikut mentoring. Ada juga karena rasa "ga enak" karena sering diajakin senior (seperti BINGUNG !!!). Selain itu ada juga yang ikut mentoring karena selalu dikawal senior dari depan kelas sampai ke tempat mentoring, hingga ngga bisa kabur (Pengalaman pribadi)  :)

Nah klo Liqo, biasanya merupakan kesadaran dari peserta sendiri untuk ikutan.
Sadar ingin berubah ke arah yang lebih baik.
Karena menurut saya, liqo merupakan salah satu sarana tempat orang-orang yang ingin berubah ke yang lebih baik lagi.

Itu sih pendapat saya

agnez_virgirlz

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 678
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Keep Istiqomah..... !!!!!!!!
    • Lihat Profil
    • yg mau bayar zakat disini ajah!!!
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #11 pada: Desember 10, 2008, 03:24:48 pm »
Lagi akrab2nya sama MR eh...tiba2 harus ganti MR  :(

tp ternyata MR yg baru enak juga n masih muda jadi makin asik buat curhat... :
ternyata banyak juga yah dudunger yg ikut liqo.... :)

oki_toink

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.635
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #12 pada: Desember 11, 2008, 12:52:35 pm »
bener juga kalo mentoring itu di ajak ma senior disekolahnya

hmmm

iya lumayan banyak yg ikut liqo & mentoring

lin_yank

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.479
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Love Allah.. ^_^
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #13 pada: Desember 11, 2008, 04:08:25 pm »
Liqo'???
sangat menyenangkan juga bagiq..
bisa belajar banyak hal ttg agam n memperdalam ilmunya juja..
bisa curhat juga ma murobi
pa lagi didukung ma temen2 yang ikut dah akrab bgt dari dulu jadinye tambah enak suasana liqo'nya.
 :) :) :cool: :cool:

Rizki Amalia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.002
  • Reputasi: 29
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Tentang Liqo, Holaqah, Mentoring, Murrabi, Mad'u, dll
« Jawab #14 pada: Desember 11, 2008, 08:06:00 pm »
Udah lama kosong :(

susah nyari jadwal yg cocok.. Karena di jurusan saya satu angkatan cuma saya yg ikut liqa di organisasi keislaman fakultas.. Ada sih sbnarnya temen seangkatan yg liqa juga, tapi beda harakahnya. Akhir2 ini saya jga sempat nanya klo aj bisa ikut liqa ma tmen itu,, tp ktnya dia g aktif lg juga..

Dulu sempet semester awal2 pnya jadwal liqa, sbg follow-up mentoring wkt semester 1. itupun sendirian aja. Skarang mbak MRnya udah lulus,, jadi jadwal liqanya g bisa sefleksibel dulu,, beberapa kali nanya2 belum ada kepastian juga.. :( gtw kapan bisa lq lagi.
Emang sih, sejak jurusan kami menempati gedung baru,, organisasinya gbs aktif lagi.. Karena tempat kuliah terpisah dari fakultas, jdnya jarang ketemu orang2 yg g satu jurusan.. Jd klo ada apa2 jd jarang dpt info, akhirnya yah.. Organisasi g jalan, lq nya juga ikut2an g jalan..