Penulis Topik: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)  (Dibaca 39916 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #75 pada: Januari 21, 2007, 01:01:01 pm »
oooo.....ic.......udah pengalaman nih jadi moderator diskusi ya???siip deh.......
Ngga juga sieh
cuma pernah jadi global mod di sc doank, tapi keluar pas adminnya ganti.

well, back to topic. Apa ya?
itu
ummmm
 :D
ga tau mau nulis apa lagi
 :D

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #76 pada: Januari 21, 2007, 02:15:03 pm »
lha wong ana yang nggak begitu pandai ini aja bisa nemuin jawaban untuk pertanyaan anta :p
Hehehe, jangan gitu om... Om cerdas kok!  :) Masih muda tapi udah jadi boss. Jadi punya banyak waktu tuk ngelakuin ibadah2 dan mempelajari ilmu2 agama... nggak stress dikejar2 urusan pekerjaan ama deadline ^^

tisa

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 338
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • alquran my way
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #77 pada: Januari 22, 2007, 09:29:19 am »
tisa dukung akhi pernikmuslim dot com.......ayo akhi semangat!!!!!mau tisa pijitin dulu nggak????!!  :D
wah...diskriminasi nih.....
ingat mbak....mas pernik dah punya istri loh......

 :( :( :(, aku tau mbak tisa ga minat ama berondong kaya aku..... =)) =))

@82
aku akan mendukungmu selalu......

Tapi ada 1 hal aja yg ku ga setuju denganmu....
yaitu.....kenapa kamu ingin ada di posisi netral???


tisa nggak peduli mau matahari yang berputar atau bumi yang berputar atau semuanya berputar.....tisa hanya percaya ama al quran dan al hadits.akhi pernikmuslim dot com percaya dengan al quran & hadits,jadi tisa dukung beliau...........  :D
afwan akhi prince darkness,berondong itu maksudnya apa yawh?!?!?

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #78 pada: Januari 22, 2007, 10:01:44 am »
Aku juga percaya ma alquran dan al hadits 100%....karna kemutlakannya..
Tapi...
Sekali lagi....
Penggeneralisasiannya itu relatif.........jadi mah saya cenderung ke paham multitafsir

Berongong itu jagung yg masih muda...konotasi dari anak2 muda....

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #79 pada: Januari 22, 2007, 10:14:59 am »
berondong bukannya bahasa indonesianya pop corn :P

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #80 pada: Januari 22, 2007, 11:14:51 am »
kalo kalimat "orang diberondong tembakan, diberondong pertanyaan, etc" gimana?
kayanya berondong artinya sesuatu yg dilempar secara bertubi tubi deh. ada yg punya kbbi gak? punya gue dirumah.

hehe saya si ga tertarik sama mana yg benar mana yg salah. cuma pingin liat gimana seseorang menghadapi tafsir, menghadapi sains, dan mempertahankan argumen di topik ini. itu aj.

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #81 pada: Januari 23, 2007, 11:15:40 am »
same with 82....karena bagiku ga ada yg menag dan ga ada yg kalah dalam diskusi.....

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #82 pada: Januari 23, 2007, 03:14:48 pm »
sama2 sharing ilmu, bener apa betul....

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #83 pada: Januari 23, 2007, 03:33:00 pm »
same with 82....karena bagiku ga ada yg menag dan ga ada yg kalah dalam diskusi.....

Setuju. Dalam diskusi ngga perlu ada yang merasa kalah atau dikalahkan, karena yang ikut diskusi adalah peserta yang pendapatnya benar dan yang hampir benar, atau argumennya tepat dan yang hampir tepat. Ok?
Kalo mau tahu kebenaran hakiki dalam segala hal, nanti tanya kepada Allah yang Maha Benar di akhirat. Semoga Allah selalu membimbing kita semua.

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #84 pada: Januari 24, 2007, 08:56:35 am »
bukan benar atau hampir benar...............coz kebenaran itu relatif bagiku......

Tapi adalah bagaimana belajar memahami orang lain.......

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #85 pada: Januari 24, 2007, 11:34:40 am »
bukan benar atau hampir benar...............coz kebenaran itu relatif bagiku......

Tapi adalah bagaimana belajar memahami orang lain.......

Betul, belajar memahami orang lain ... itu juga bagian dari hikmah berdiskusi.
Sepertinya juga nyambung dengan maksud saya yaitu supaya kita tidak berlebihan dalam menganggap pendapat kita selalu benar dan cenderung antipati jika ada pendapat yang kontra. Ok?

Kembali ke topik aja ah... OOT-nya udahan... :">

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #86 pada: Januari 24, 2007, 11:37:10 am »
sebenernya sih inti dari topik ini sudah lama berlalu...
:D

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #87 pada: Januari 24, 2007, 12:06:20 pm »
sebenernya sih inti dari topik ini sudah lama berlalu...
:D

Ya udah di-close aja atuh kalo gitu... Kita ganti topik lain ...  ;D ;D

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #88 pada: Januari 24, 2007, 12:37:09 pm »
nunggu pak/ ibu modi tuk nge close :D

Aswad

  • Moderators
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #89 pada: Januari 25, 2007, 11:02:15 pm »
Kalau thread ini mau ditutup ya monggo saja.

Ana cuma mau menegaskan, bahwa Al-Qur'an dan Hadist tidak multitafsir secara umum. Al-Qur'an dan Hadist ada yang muhkamat ada yang mutasyabihat. Yang muhkamat, maksudnya dapat diketahui secara zhahir maknanya. Sedangkan yang mutasyabihat, dimungkinkan terjadi beberapa penafsiran. Kita yang masih jahil (kurang ilmu) diwajibkan memegang teguh yang muhkam dan wajib mengimani yang mutasyabihat dengan mengembalikan menyerahkan maknanya kepada orang yang lebih paham. Siapa orang itu? Siapa lagi kalau bukan para sahabat, tabi'in, ulama dan ahli tafsir Qur'an yang terpercaya yang telah menghabiskan banyak waktunya mendalami agama ini. Jadi tidak sembarang orang.

Dan ketahuilah ikhwah, Allah sendiri melaknat orang yang sembarang menafsirkan ayat-ayat mutasyabihat dan mencoba mencari takwil (makna yg melenceng)-nya:
"Dialah Yang menurunkan al-Kitab (Al-Quran) kepadamu. Di antara (isinya) ada ayat-ayat yang muhkamât, itulah pokok-pokok isi al-Quran, dan yang lain (ayat-ayat) mutasyâbihât. Ada pun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat mutsyâbihât untuk menimbulkan finah dan untuk mencari-cari takwilnya" (QS Ali Imran [3]: 7)

Dan kita wajib memiliki qo'idah, beriman kepada semua yang diturunkan Allah walau kita belum tahu hikmahnya atau belum terbukti secara ilmiah kebenarannya. Bila ternyata suatu ketika secara ilmiah kebesaran Allah bisa terbukti, maka ini membuat iman kita bertambah. Bila belum, ya kita tetap beriman. Seperti Nabiyullah Ibrahim, yang yakin dan beriman bahwa Allah bisa menghidupkan orang mati, namunbeliau meminta pembuktian agar bertambah imannya
“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Rabbku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang yang mati.” Allah berfirman, “Apakah kamu belum percaya.” Ibrahim menjawab, “Saya telah percaya, akan tetapi agar bertambah tetap hati saya.” (QS. Al-Baqarah: 260)

Ana tidak pandai fisika, maka ana tidak bisa berbicara ilmiah dalam hal ini. Namun jika ada ayat-ayat yang mutasyabihat, yang terjadi perbedaan penafsiran, yang satu penafsiran dari ulama dan ahli tafsir, yang satu penafsiran para ilmuan ghairu mu'alim dan kuffar, maka ana pilih penafsiran para ulama.

Wallahu'alam.