Penulis Topik: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)  (Dibaca 41604 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #60 pada: Januari 19, 2007, 07:48:54 pm »
see....

just to remind us all.

kalo aqidah saja rusak, bagaimana mau paham fiqih? ciri dari kaum akalliyyun
coba ingat ingat lagi apa arti dari Islam

Allahua'lam

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #61 pada: Januari 19, 2007, 07:51:04 pm »
see....
just to remind us all.
kalo aqidah saja rusak, bagaimana mau paham fiqih? ciri dari kaum akalliyyun
coba ingat ingat lagi apa arti dari Islam
Allahua'lam
Relevansinya dengan topik apa nih?
     Pertanyaan yang anda jawab dengan 'tahu' juga belum terjawab.

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #62 pada: Januari 19, 2007, 09:45:02 pm »
lho anta nggak tahu jawabannya to? kebangeten kang :D apa memang karena sudah ill feel dengan kenyataannya terus menutup otak untuk berpikir cerdas?

jawab ini dulu :
apakah orbit itu selalu lonjong/lingkaran?
apakah anda tahu fungsi bintang di langit?

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #63 pada: Januari 19, 2007, 10:25:05 pm »
apakah orbit itu selalu lonjong/lingkaran?
Orbit pada umumnya terbagi menjadi 3
      orbit tertutup selalu berbentuk lonjong /lingkaran (cth: bumi mengelilingi matahari)
      orbit terbuka, jika kecepatan terlalu tinggi atau ravitasi tidak cukup, orbit terlepas dan objek kan melewati pusat orbit (cth: komet pada umumnya, voyager probe)
      collision, jika kecepatan terlalu rendah atau gravitasi terlalu kuat, orbit juga terlepas dan objek akan menabrak pusat orbit (cth: komet Levy menabrak Jupiter pada 1994)
Lantas?

Kutip
apakah anda tahu fungsi bintang di langit?
Sebagai pusat tata surya, sebagai sumber energi, penentu waktu bagi planet planet yang mengorbitnya dan sebagai penunjuk arah.
       Lantas?

Kutip
ho anta nggak tahu jawabannya to? kebangeten kang Nyengir apa memang karena sudah ill feel dengan kenyataannya terus menutup otak untuk berpikir cerdas?
Dan jika anda tidak merasa ill feel terhadap kenyataan dan menutup otak, mengepa tidak langsung di jawab?

Masih punya hobi mengelak? mana jawabannya?
Apa masih mau menjawab seperti anda menjawab pertanyaan kesubjektivan agama dengan teori misionaris seperti 'dulu'?  =)) =)) =)) =)) =))
« Edit Terakhir: Januari 20, 2007, 01:08:32 am oleh 82 »

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #64 pada: Januari 20, 2007, 12:16:58 pm »
lantas, jawaban anda menunjukkan bahwa anda tidak berpikir terbuka dan hanya menyatakan yang sudah terjadi saja.

dan jawaban anda juga menyatakan bahwa anda kurang ilmu agama sehingga tidak mengetahui apa fungsi bintang bintang sebenarnya.

karenanya, sebelum anda mempelajari agama ini lebih lanjut, mengetahui jawaban dari pertanyaan2 ana diatas, maka nggak ada gunanya ana menjawab pertanyaan anda.

karena jawabannya mungkin nggak bisa dinalar oleh otak manusia yang lemah. kecuali orang orang yang ditunjukkan oleh Allah. akhir akhirnya anda ngeyel juga dan membantah, ini nggak mungkin, itu nggak mungkin dst...

let's just prove it later... on the day of judgement that's if you dare not to change your mind :))

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #65 pada: Januari 20, 2007, 12:50:12 pm »
lantas, jawaban anda menunjukkan bahwa anda tidak berpikir terbuka dan hanya menyatakan yang sudah terjadi saja.
Kalau saya tidak berpikir terbuka, tentunya saya akan mengacuhkan semua bukti bukti yang berlawanan dengan teori yang saya dukung.
     Tetapi mana bukti buktinya? NONE. Tidak ada.

dan sekarang siapa yang selalu mengelak dari bukti yang jelas diberikan, dan berakhir pada "siapa sebenarnya yang berpikiran tertutup"
dari 'mengandalkan asumsi' ke 'berpikiran tertutup', sebutan yang anda tujukan pada orang lain, yang sebenarnya melekat kuat pada diri anda sendiri.

     Paling anda cuma bisa jawab "karena tafsir yang saya percaya berkata begitu" tanpa ada statement ilmiah (yang valid) satu pun.
          Tetapi jawaban seperti itu terlalu mudah dipatahkan dengan argumen 'salah tafsir'.
          Sehingga anda memilih dengan menjawab 'tahu', lalu menjawab pertanyaan dengan pertanyaan, dan berakhir dengan mengeluarkan
          statement 'anda tidak berpikiran terbuka' pada jawaban yang tidak pernah diberikan.

Apakah anda pikir menggunakan kalimat seperti "anda tidak berpikir terbuka" tanpa bisa membuktikan "dimana lawan bicara anda tidak berpikir terbuka" akan membantu argumen yang anda kemukakan? haha ya membantu. membantu anda kelihatan 'tidak cerdas'

Kutip
dan jawaban anda juga menyatakan bahwa anda kurang ilmu agama sehingga tidak mengetahui apa fungsi bintang bintang sebenarnya.
Lantas, jelaskan kepada "saya yang kurang ilmu agama" 'apa fungsi bintang sebenarnya? . Jika memang anda benar benar tahu (tidak asal tulis)

Kutip
karenanya, sebelum anda mempelajari agama ini lebih lanjut, mengetahui jawaban dari pertanyaan2 ana diatas, maka nggak ada gunanya ana menjawab pertanyaan anda.
Suatu kalimat pengelakan yang sering dapat diartikan sebagai bentuk lain dari "saya sebenarnya tidak tahu, tetapi saya tidak memiliki argumen lain"

Kutip
let's just prove it later... on the day of judgement that's if you dare not to change your mind
Sure, why not. The world isn't run with maybes and whatifs anyways.

ps: tidakkan anda menyadari bahwa ketidak mampuan anda untuk mempertahankan statement secara ilmiah(topik ini) berujung pada kesimpulan bahwa reaksi Islam(golongan anda, saya dengan bangga menyatakan tidak sealiran dengan Islam menurut anda) saat ini sama seperti reaksi Gereja terhadap teori "bumi itu bulat" yang terjadi beberapa ratus tahun lampau.
apakah anda masih berani mengatakan bahwa Islam(golongan anda) 'berbeda' dengan kepercayaan lain? lebih dari sekadar agama ritual belaka?
« Edit Terakhir: Januari 20, 2007, 01:58:18 pm oleh 82 »

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #66 pada: Januari 20, 2007, 04:06:40 pm »
penafsiran al-quran dan al-hadits terbaik memang berada pada zaman sahabat, tabi'in dan tabi'it tabi'in.

apakah itu berarti kita harus selalu membenarkan semua penafsiran beliau terhadap al-qur'an dan al-hadits??

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #67 pada: Januari 20, 2007, 08:26:00 pm »
penafsiran al-quran dan al-hadits terbaik memang berada pada zaman sahabat, tabi'in dan tabi'it tabi'in.

apakah itu berarti kita harus selalu membenarkan semua penafsiran beliau terhadap al-qur'an dan al-hadits??

tidak. tapi sesungguhnya ummat islam (ulama islam) tidak bersepakat kecuali dalam kebenaran.
dan tafsir para Sahabat tidak diragukan lagi kebenarannya. karena jika tafsir Sahabat diragukan, bagaimana dengan tafsir orang orang yang jauh dari akhlak dan aqidah mereka?

@82, jika ana mampu menjawab, apakah anta akan rujuk pada al-Qur'an dan sunnah, berhenti melakukan dosa (at least berusaha) dan patuh pada Islam?
jika tidak, nggak ada gunanya diteruskan pembicaraan ini :)

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #68 pada: Januari 20, 2007, 09:45:29 pm »
tidak. tapi sesungguhnya ummat islam (ulama islam) tidak bersepakat kecuali dalam kebenaran.
jawaban paradox.
yang jelas dong kaloo jawab pertanyaan.
hobi koq muter muter jawaban.

Kutip
@82, jika ana mampu menjawab, apakah anta akan rujuk pada al-Qur'an dan sunnah, berhenti melakukan dosa (at least berusaha) dan patuh pada Islam?
berarti anda tidak memungkiri bahwa pernyataan saya "anda hanya mampu menjawab berdasar tafsir yang anda percaya tanpa ada pembuktian ilmiah sama sekali" adalah benar adanya.
Dan bahwa jawaban anda sebelumnya, termasuk mensyaratkan saya menjelaskan arti orbit hanyalah upaya pengelakan belaka.  =)) =)) =)) =)) =)) =))

Kutip
jika tidak, nggak ada gunanya diteruskan pembicaraan ini :)
Anda kira saya menulis hanya untuk anda baca?
Saya menulis untuk mematahkan kembali (mematahkan yang sudah patah) teori matahari mengelilingi bumi.
Dan saya tidak peduli apakah ada yang bisa menjawab atau tidak kecuali pada kesimpulan bahwa bumi memang mengelilingi matahari yang tidak / belum bisa dibantah(karena memang nyatanya pendukung teori matahari mengelilingi bumi tidak memiliki argumen jelas dan memadai).
« Edit Terakhir: Januari 21, 2007, 06:29:59 am oleh 82 »

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #69 pada: Januari 21, 2007, 09:53:31 am »
mas pernik muslim....
saya pernah buat topik...diantaranya ada pertanyaan bagaimana pendapat tentang multitafsir????

Atau kini kita akan beralih pada pembahasan multitafsir saja ......

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #70 pada: Januari 21, 2007, 10:43:32 am »
Atau kini kita akan beralih pada pembahasan multitafsir saja ......
Bisa aja. Kalau ini berarti tergantung sejauh mana seseorang bisa menghargai tafsir yang tidak sesuai tafsir yang dipercayanya.

Tetapi kalau pembahasan ini dikaitkan dengan subjek, berarti pertanyaan TS ga akan terjawab.

ku quote y
Kutip
- Apa yang aku lihat, itu yang aku percaya
- Nggak percaya dengan statmen yg dibuat ilmuwan2
Nah, kalau yg keliatan dengan satelit, probe dan teropong aj masih bisa jadi argumen, apalagi tafsir?

tisa

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 338
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • alquran my way
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #71 pada: Januari 21, 2007, 10:52:47 am »
tisa dukung akhi pernikmuslim dot com.......ayo akhi semangat!!!!!mau tisa pijitin dulu nggak????!!  :D

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #72 pada: Januari 21, 2007, 11:20:17 am »
tisa dukung akhi pernikmuslim dot com.......ayo akhi semangat!!!!!mau tisa pijitin dulu nggak????!!  :D
wah...diskriminasi nih.....
ingat mbak....mas pernik dah punya istri loh......

 :( :( :(, aku tau mbak tisa ga minat ama berondong kaya aku..... =)) =))

@82
aku akan mendukungmu selalu......

Tapi ada 1 hal aja yg ku ga setuju denganmu....
yaitu.....kenapa kamu ingin ada di posisi netral???


82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #73 pada: Januari 21, 2007, 11:39:53 am »
Tapi ada 1 hal aja yg ku ga setuju denganmu....
yaitu.....kenapa kamu ingin ada di posisi netral???
Yah jawaban idealnya sih karna dengan posisi netral saya bisa (minimal) mencoba memahami pemikiran kedua belah pihak, dan memang enakan begitu di sebuah diskusi.

Contohnya, kalau seandainya apabila mungkin....ga yakin banget si gue  :D ada pembuktian ilmiah yang mendukung teori Matahari mengelilingi Bumi yg saya tahu valid, pasti saya tulis. Seperti pada post tentang pacaran yg saya tulis semua baik sisi positif maupun negatif karena memang seperti itu adanya.

Tetapi memang penulisan ilmiah bagi saya itu harus. Jika ada seseorang berkata "ada orang pergi ke kedalaman 1000 meter di bawah laut" maka saya pasti menanyakan "bagaimana caranya?" apakah dengan kapal selam atau apa gimana?

Teori tidak selalu benar, tetapi teori hanya bisa dipatahkan oleh fakta atau teori lain.
     Kamu pasti tau donk teori itu didasarkan pada apa, yg observasi, pengumpulan data dan eksperimen, analisis, hipotesis itu loh

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #74 pada: Januari 21, 2007, 11:45:12 am »
Tapi ada 1 hal aja yg ku ga setuju denganmu....
yaitu.....kenapa kamu ingin ada di posisi netral???
Yah jawaban idealnya sih karna dengan posisi netral saya bisa (minimal) mencoba memahami pemikiran kedua belah pihak, dan memang enakan begitu di sebuah diskusi.

Contohnya, kalau seandainya apabila mungkin....ga yakin banget si gue  :D ada pembuktian ilmiah yang mendukung teori Matahari mengelilingi Bumi yg saya tahu valid, pasti saya tulis. Seperti pada post tentang pacaran yg saya tulis semua baik sisi positif maupun negatif karena memang seperti itu adanya.

Tetapi memang penulisan ilmiah bagi saya itu harus. Jika ada seseorang berkata "ada orang pergi ke kedalaman 1000 meter di bawah laut" maka saya pasti menanyakan "bagaimana caranya?" apakah dengan kapal selam atau apa gimana?

Teori tidak selalu benar, tetapi teori hanya bisa dipatahkan oleh fakta atau teori lain.
     Kamu pasti tau donk teori itu didasarkan pada apa, yg observasi, pengumpulan data dan eksperimen, analisis, hipotesis itu loh

oooo.....ic.......udah pengalaman nih jadi moderator diskusi ya???siip deh.......