Penulis Topik: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)  (Dibaca 41657 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

tisa

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 338
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • alquran my way
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #45 pada: Desember 08, 2006, 06:48:22 am »
akh pernikmuslim dot com benar,jangan menafsirkan ayat alquran seenak kita........dosa lho!!!

itu tisa baca baca,ada komentar mas jodi yang bilang siapa tau kedua teori salah,maksudnya apa ya???kalo kedua duanya salah,terus yang bener apa donk??!!


82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #46 pada: Desember 08, 2006, 09:06:51 am »
Mungkin maksutnya kalau keduanya salah, yang bener brarti ...apa ya....kan belum ketauan (skarang kan blum bisa dibuktiin kalau heliocentic itu salah), nah klo seandainya dimasa yg akan datang ada fakta / teori lain yg membuktikan bahwa heliocentric itu salah, yg bener ya teori itu.

Tapi itu kan cuma siapa tau / apabila / whatif and maybe.
Coba liat dari sudut pandang orang 'dulu' yg nganggep geocentric itu adalah teori yang benar, kan mereka nggak tau kalau yg benar ternyata heliocentric) .

Itu cuma dijadikan format pembukaan pikiran aja.

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #47 pada: Desember 10, 2006, 01:31:21 pm »
itu tisa baca baca,ada komentar mas jodi yang bilang siapa tau kedua teori salah,maksudnya apa ya???kalo kedua duanya salah,terus yang bener apa donk??!!
Siapa tau ternyata langit yg kita lihat itu cuma kain raksasa yang dibentangkan melingkari bumi kita yang dilukis biru dengan gambar sinar di satu sisi dan dilukis hitam di sisi yang lain??  :p

Well, seperti yg dijelaskan 82, tetap tidak menutup kemungkinan akan ada teori lain seperti kasus Geosentris yg berubah jadi Heliosentris waktu itu.

Banyak orang menyebut Science adalah ilmu pasti, namun Science tetap aja hrs melalui berbagai proses trial-error sampai benar2 disebut pasti... apalagi yg menyangkut hitungan matematika super2 kompleks dg skala besar seperti ilmu astronom ini.

Aswad

  • Moderators
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #48 pada: Januari 09, 2007, 06:14:54 am »
*Ana baru lihat thread ini*

Tentang teori matahari mengelilingi bumi ini ana juga awalnya kaget. Tapi setelah ana mendengar rekaman kajian Ust. Ahmad Sabiq hafizhohullah ana menjadi punya pandangan baru ttg hal ini.

Ikhwah, jangan menafsirkan Qur'an-Hadist demikian dan demikian tanpa ilmu, mengandalkan logika kita. Apalagi ternyata tafsiran kita itu koq berlawanan dengan tafsiran para ulama ahli tafsir. Apakah kita lebih memahami Al-Qur'an-Hadist daripada mereka? Jika ada yang mengatakan "Lha, para ulama itu khan gak ngerti Fisika, ya pasti tafsirannya ttg hal ini pasti banyak salahnya". Subhanalloh, sungguh Allah telah menciptakan makhluknya dan memberikan tanda-tanda kebesarannya itu lewat nash-nashNya. Dan siapakah yang lebih memahami nash-nashNya? Para ulama yang shalih? Atau ahli Fisika?

Ketahuilah ikhwah, dalam kasus ini, memahami nash itu urutannya baca - tafsirkan (dengan kaidah2 bahasa dan merujuk pada dalil2 lain) - baru dibandingkan dengan akal manusia. Kalau ternyata bertentangan, yakinlah akal manusia yang salah, nash yang benar. Kebanyakan orang menafsirkan nash dengan serampangan dengan urutan baca - dibandingkan dengan akal - baru mencari penafsirannya sesuai pendapat akal.

Dan ana juga baru sadar, bahwa selama ini kita mendapat ilmu2 (ttg alam dan fenomenanya) semacam ini kebanyakan dari orang kuffar. Dan tidak pernah kita membuktikan secara jelas. Foto-foto planet, animasi gerakan bumi dan matahari, teori-teori ilmu alam, tentang orang yg ke luar angkasa, kabar2 itu semua kita dapatkan dari orang kuffar bukan?

Dan ana mengutip sedikit perkataan Ust. Ahmad Sabiq bahwa:
1. Beliau bukan membuat pendapat-pendapat baru yang aneh2 dan menghebohkan. Beliau hanya menukil dari aqwal (perkataan) para ulama terdahulu. Jadi, pendapat ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu dari para ulama.
2. Beliau sebenarnya tidak mempermasalahkan siapa mengelilingi siapa. Sungguh ini tidak urgen untuk diketahui, lebih bermanfaat menyibukkan diri pada ilmu syar'i. Tapi, ayat-ayat dan hadist yang banyak sekali yg menjelaskan hal tersebut mau dikemanakan? Dibuang ke tong sampah? Atau kita acuhkan saja dan menganggapnya nash-nash yang tak berarti?

Wallahu'alam.

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #49 pada: Januari 09, 2007, 10:01:59 am »
@aswad ...
itu resiko dari sang pembuat buku ... ketika dia mulai membicarakan sesuatu, maka sesuatu itu harus punya bukti ...
memang isi buku itu meyakinkan banget deh ...
Tapi, banyak yang harus dijelaskan untuk membuktikannya ...

Hmm...aku jadi ingin belajar tafsir metaforis, kali aja maknanya kontekstual ya......

Btw, yang pingin dapet nobel fisika...sok aja tuh coba buktikan kalo matahari mengelilingi bumi ....
yang sederhana aja dulu yang perlu dijelaskan adalah gerakan bandul ama gravitasi aja deh

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #50 pada: Januari 11, 2007, 04:35:31 pm »
Btw, yang pingin dapet nobel fisika...sok aja tuh coba buktikan kalo matahari mengelilingi bumi ....
heheh yang ini ga akan bisa dibuktikan.
    semua bukti menunjuk ke arah sebaliknya.

Dan ana juga baru sadar, bahwa selama ini kita mendapat ilmu2 (ttg alam dan fenomenanya) semacam ini kebanyakan dari orang kuffar. Dan tidak pernah kita membuktikan secara jelas. Foto-foto planet, animasi gerakan bumi dan matahari, teori-teori ilmu alam, tentang orang yg ke luar angkasa, kabar2 itu semua kita dapatkan dari orang kuffar bukan?
Hmmm pada saat orang 'kuffar' mengetahui lebih banyak dari orang Muslim........ternyata cuma ini pembelaannya.
pantas nggak maju maju.

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #51 pada: Januari 13, 2007, 06:52:53 pm »
@82
Segala bukti emang menuju ke arah sebaliknya ...tapi kalo mau ya sok aja....kali2 aja ada 'sesuatu' yang bisa menjadi antitesis semuanya....

And aku setuju ma kamu......kenapa ya ilmu pengetahuan dikuasai kaum kuffar???
dan rasanya aneh banget kalo pembelaannya kaya gitu....makin terbelekang deh

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #52 pada: Januari 14, 2007, 08:14:09 pm »
Apa bedanya anak SD dan anak Kuliahan??

Kalo anak SD dikasih pertanyaan "Kenapa ban itu bundar??", jawabannya pasti "Karena biar bisa jalan". Simpel dan sederhana.
Tapi kalo anak Kuliahan dikasih pertanyaan "Kenapa ban itu bundar??", jawabannya mungkin bisa berlembar2 kayak skripsi! Banyak istilah sebab-musabab, rumusan masalah, teori, sampai kesimpulan... sangat kompleks!

Karena itu ketika disodori pertanyaan "Kenapa terjadi siang dan malam", jawaban anak Kuliahan nggak hanya "Karena Matahari mengelilingi Bumi atau sebaliknya", tapi jauh lebih luas dari itu! mulai dari teori2, penyebab ini itu, keterkaitan dengan kenyataan, fenomena alam, dsb
Hingga akhirnya disimpulkan bahwa "terjadinya siang dan malam" karena akibat dari Perputaran Bumi pada porosnya. Dan Alhamdulillah untungnya hal itu juga sesuai dangan yg ada di Al Qur'an

Intinya adalah, teori Matahari mengelilingi Bumi masih belum bisa menjelaskan beberapa kenyataan2 yang terjadi dibanding teori Bumi yang mengelilingi Matahari.

Pernah nggak temen2 bertanya2, kenapa kok jam2 waktu sholat bisa berbeda2 dari bulan ke bulan?? di bulan ini maghrib-nya mundur, tapi di bulan itu maghrib-nya maju?? Coba jelaskan dengan teori Matahari mengelilingi Bumi kalo bisa  :)

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #53 pada: Januari 16, 2007, 01:46:12 am »
ana yakin saat anta berpikir cukup keras untuk menjawab pertanyaan anta itu, anta akan mendapatkan jawabannya.
lha wong ana yang nggak begitu pandai ini aja bisa nemuin jawaban untuk pertanyaan anta :p

mosok anta gak bisa akh, kebangeten jhe hehehe

piss

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #54 pada: Januari 16, 2007, 06:22:24 am »
kenapa ya ilmu pengetahuan dikuasai kaum kuffar???
karena mereka nggak membuang buang waktu mereka yang terlalu berharga dengan menjelek jelekkan kaum lain dan mereka selalu mencoba untuk mendasarkan setiap teori pada penelitian ilmiah.
   coba diliat karakter para ilmuwan terkenal. Ada gak dari mereka yang hobinya ngomong si itu kafir, kaum itu jelek, ngomong ini bener itu salah tapi nggak punya penjelasan ilmiah dll?

Apa bedanya anak SD dan anak Kuliahan??

Kalo anak SD dikasih pertanyaan "Kenapa ban itu bundar??", jawabannya pasti "Karena biar bisa jalan". Simpel dan sederhana.
Tapi kalo anak Kuliahan dikasih pertanyaan "Kenapa ban itu bundar??", jawabannya mungkin bisa berlembar2 kayak skripsi! Banyak istilah sebab-musabab, rumusan masalah, teori, sampai kesimpulan... sangat kompleks!
Betul.
Normalnya anak umur kuliahan punya pola pikir yg lebih ilmiah dari anak sd.

Dipikir pikir Jod, teori sistem geosentris kan udah patah dari abad 16. Dan setelah misi voyager(1977) patahnya makin jelas.
trus buku yang mendukung teori geosentris itu sendiri tidak memberikan penjelasan ilmiah.

Jadi menurutku setidaknya sebelum ada yg bisa membawa argumen ilmiah atas isu ini (beneran tau, bukan cuma ngomong 'tau' doang tapi gak nulis apa apa), hal ini mungkin bisa dianggap sebagai usaha mencari sensasi dari penulis buku tersebut.

ps:
tambahan sedikit tentang kekonyolan teori geosentris.
mayoritas orang yg pecicilan di situs ini tentunya pernah baca buku fisika donk.
tau kan tentang gaya revolusi terhadap suatu benda dimana suatu benda hanya berevolusi terhadap benda lain yang massanya lebih besar (karena gaya tariknya yg kalah), contoh paling sederhana, satelit. mungkin yg nulis tuh buku belum pernah dikasih tau bahwa massa dan ukuran bumi itu kalah jauh oleh matahari.
« Edit Terakhir: Januari 16, 2007, 06:37:02 am oleh 82 »

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #55 pada: Januari 18, 2007, 04:51:35 pm »
adakah manusia yang pernah mengukur besarnya (ukuran) matahari?

setahu saya, ukuran, massa, dan sebagainya dilandaskan pada asumsi yang berdasarkan asumsi pula.

ilmunya orang yang suka beasumsi. sedangkan Al-Qur'an dan Hadits adalah mutlak

Allahua'lam

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #56 pada: Januari 18, 2007, 05:05:47 pm »
@82
Gw setuju ma loe ... orang kuffar kebanyakan adalah ilmuwan murni...bukan ilmuwan ideologis......
Mereka ga peduli apa hasil yang terciptakan atau pembuktian yang timbul walau kadang itu bertentangan dg hal2 pada diri mereka......

Bukan untuk membuktikan hal2 yang sudah dianggap benar sebelumnya
Tapi....mencari kebenaran yang belum ditemukan...itulah bedanya ilmuwan Kuffar dg ilmuwan Islam

@pernikmuslim
Asumsi tidak pernah sembarangan ...
Ada syarat2 mutlak sebelum mengeluarkan/menciptakan suatu asumsi.....
Misalnya sebelum ada teori bumi itu bulat ...
Awalnya bumi itu bulat hanyalah sebuah asumsi ...
didasarkan pada apa???
Banyak hal ...pelayaran ...dll

Matahari benar2 diukur mas.....
Massa,ukuran,Jarak matahari ke bumi diukur dengan perhitungan......
dan perhitungannya ga sembarangan,......
Tanya ma anak astronomi aja ....


AlQuran dan Hadits mutlak..setuju!!!
Tapi penggeneralisasiannya relatif!!!!

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #57 pada: Januari 18, 2007, 08:26:42 pm »
adakah manusia yang pernah mengukur besarnya (ukuran) matahari?
Isaac Newton(Teori): Gaya gravitasi antara 2 objek berbanding lurus terhadap massa keduanya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak keduanya.
Johannes Kepler(Teori): Kuadrat periode orbit berbanding lurus dengan panggkat 3 jarak ke pusat orbit.
     
perumusan.
jarak(x) = interval(x) * C
massa(A) * G = (waktu(interaksi B)*C)^3 / ( waktu(periode) / 2 pi)^2
massa(B) * G = (waktu(interaksi A)*C)^3 / ( waktu(periode) / 2 pi)^2

C, G dan pi adalah konstanta, semua yg ngaku tamat SMU pasti tau.  ;)
     Buat ngukur jarak dibantu ini
           tan(X) = kecepatan orbit(X) / C

Kalau yang ngukur pake meteran atau diukur berapa jengkal emang blom pernah ada. Kalo ente mau ngelakuin, monggo, saya gak larang tapi aneh aja klo hari gini masih ada orang ngukur benda jauh berukuran raksasa dengan cara itu. =)) =)) =)) =)) =)) =))

Kutip
setahu saya, ukuran, massa, dan sebagainya dilandaskan pada asumsi yang berdasarkan asumsi pula.
ilmunya orang yang suka beasumsi. sedangkan Al-Qur'an dan Hadits adalah mutlak
teori tidak sama dengan asumsi. teori harus bisa dibuktikan dan memiliki perumusan.
asumsi adalah sesuatu yang dianggap benar tanpa perumusan atau pembuktian.
     lantas, siapakah yang suka berasumsi?
     ada yg merasa punya hobi bikin asumsi?
           "maling ngaku penjara penuh"  =)) =)) ;D =)) =)) :) :) :D =)) =))
         

Matahari benar2 diukur mas.....
Massa,ukuran,Jarak matahari ke bumi diukur dengan perhitungan......
dan perhitungannya ga sembarangan,......
Tanya ma anak astronomi aja ....
perhitungan sederhananya(aslinya rada rumit, tapi masih bisa dipahami) udah kutulis barusan, tapi apa ada gunanya ya?
      kalo astrologi sie bisa dipahami oleh orang yg cuma bisa bikin asumsi
      tapi perumusan astronomi?  =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))
« Edit Terakhir: Januari 19, 2007, 06:46:55 pm oleh 82 »

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #58 pada: Januari 19, 2007, 10:06:31 am »
sudah liat perhitungan diatas kan?

coba lihat adakah variabel mutlak (pasti dan terukur secara sebenarnya) yang digunakan?
makanya ana bilang menghitung dengan asumsi

iya kalo orbitnya sekian. iya kalo waktunya sekian.

tentang penafsiran, maka siapakah yang lebih pandai penafsirannya dari para ulama?

sesungguhnya manusia zaman akhir ini banyak mengeluh, dan banyak membangkang. sekiranya antum ada saat Rasulullah melakukan isra' mi'raj, maka niscaya antum akan berkata, tidak mungkin jarak sekian kilo bisa ditempuh dengan waktu semalam dst... atau, itu hanya perjalanan bathin saja....dst....

sesungguhnya Allah Maha Adil

Allahua'alam

82

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.307
  • Reputasi: -11
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #59 pada: Januari 19, 2007, 06:51:19 pm »
sudah liat perhitungan diatas kan?

coba lihat adakah variabel mutlak (pasti dan terukur secara sebenarnya) yang digunakan?
makanya ana bilang menghitung dengan asumsi

iya kalo orbitnya sekian. iya kalo waktunya sekian.
Lha orbit dan waktu dapat dipastikan.
Ngerti ga sih maksud rumus tersebut?
       Kalau pada detik 0 posisi ada di X1 dan pada detik 1 pada di X2, nyari jarak tinggal pake tangen dari sudutnya.
Cara ini udah dipake lama bung. Untuk menentukan jarak dan kecepatan antar kapal sebelum ditemukan teknologi radar.

Kutip
tentang penafsiran, maka siapakah yang lebih pandai penafsirannya dari para ulama?
Lah siapa yang ngomong tafsir?
       Dalil yang diminta TS aja ngga ada yg nulis.
Dan mana jawaban tentang berbedaan waktu shalat melalui teori yang anda dukung?
       bukankan anda mengaku tahu?

Kutip
atau, itu hanya perjalanan bathin saja....dst....
teori bagus. itu bisa saja.

« Edit Terakhir: Januari 19, 2007, 07:24:25 pm oleh 82 »