Penulis Topik: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)  (Dibaca 39071 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #30 pada: Oktober 08, 2006, 12:23:45 pm »
@kang 82
makasih :)
lumayan nambahin jawaban dari pertanyaan2 yang ada di benak saya :)

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #31 pada: Oktober 08, 2006, 03:55:14 pm »
@dajal007
Komentar dalilnya kerenn... cukup bisa diterima  :)

Soal atmosfir yang terbentuk dari rotasi bumi, ntar gw coba cari2 info-nya...
Tapi kayaknya ucapan 82 bener tuh, banyak planet2 yang tidak memiliki atmosfir padahal mereka juga berotasi

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #32 pada: Oktober 08, 2006, 03:56:30 pm »
jawabannya tidak.
 
mengapa?
efek friction dari udara (jangan dilupakan bahwa bumi memiliki udara), dan udara itu sendiri ikut 'bergerak' seiring dengan rotasi bumi.
contohnya adalah udara yang berada di dalam kendaraan tertutup begerak mengikuti arah kendaraan tersebut.
Sip2!!
keren nih penjelasannya! gw pake buat kesimpulan besok yach ^^

82

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #33 pada: Oktober 09, 2006, 11:44:01 pm »
@Atasku

monggo
saya juga suka nyomot kata kata orang lain untuk dijadikan salah satu bahan diskusi koq (tentunya setelah melewati beberapa filter  :) )
dan memang seharusnya sesama manusia saling berbagi ilmu.  ;)

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #34 pada: November 21, 2006, 08:56:25 pm »
Wah, ni topik jadul udah nggak ada peminatnya... kita akhiri aja yah!? Daripada dibiarin unfinished seperti ini...

Besok deh gw tutup, sekalian dengan kesimpulan. Malem ini belum siap bahannya soalnya  :D

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #35 pada: November 26, 2006, 05:06:46 pm »
Awal mula munculnya teori Heliosentris

Ok fren, sebelum sampai pada sebuah kesimpulan... mari kita liat dulu, bagaimana kronologi para ilmuwan astronomi sehingga bisa berkesimpulan bahwa Bumi kita ini yang mengitari Matahari, bukan sebaliknya...

Jaman dahulu, ketika para Druid membangun Stonehenge di Inggris, mereka tiba2 tersadar akan sesuatu... yaitu pergeseran Matahari pada sumbu utara-selatan. Mereka membangun batu sedemikian rupa, namun ketika masa pembangunan itu diketahui bahwa bayangan matahari ternyata bergeser. Mereka-pun berkesimpulan, pasti ada pergerakan "miring" dari sistem Matahari-Bumi?
Hal itulah yang membuat para kaum pagan penyembah berhala dan dewa2 menjadi sepakat untuk berpendapat bahwa sistem alam ini Geosentris! yaitu semua benda2 alam mengelilingi Bumi.

Kemudian dari negri Yunani kira2 tahun 500 SM, lahirlah ilmuwan gila yang bernama Phytagoras, si penemu hitungan Sin-Tan-Cos (penemuan hitungan itu konon terinspirasi ketika dia melihat lantai kamar mandi rumah temennya yang berbentuk segitiga diapit persegi2) yang berpendapat bahwa Geosentris adalah kesalahan!
Hal itu juga diperkuat oleh orang2 gila lain seperti Nicolaus Copernicus dan Galileo (mereka semua udah jauh beda jaman dg Phytagoras). Setelah mengamati pergerakan "planet inner" (Merkurius & Venus) mereka memang berpendapat cukup masuk akal jika sistem alam ini Geosentris, namun masalah timbul pada pergerakan planet Mars (bintang merah)

Gampangnya gini,
Jika seolah2 kita bisa melihat tata surya kita dari atas, dg asumsi Bumi sebagai pusat alam dan gerakan revolusi berlawanan arah jarum jam. Maka kita akan melihat gerak Venus sebagai gerak dari kiri langit ke kanan langit. Nah, sedangkan gerak Mars beda... Kita akan melihat dia bergerak dari ujung kanan langit ke tengah-lebih dikit-ke kiri, lalu seolah2 'berhenti', terus bergerak ke arah kanan langit hingga tengah-lebih dikit-ke kanan, dan seolah-olah 'berhenti', kemudian baru terus ke ujung kiri langit
Setelah melihat itu, para ilmuwan jadi berpikir ulang... Kok aneh gini?? pasti ada yang salah antara planet Venus dan Mars terhadap Bumi dalam konsep Geosentris...
Lalu mereka coba2 bagaimana seandainya Bulan yang jadi pusat alam (Lunarsentris), ternyata justru makin banyak error-nya...
Terus mengkaji dan mengkaji, mereka lalu terpikir pada konsep Phytagoras dulu. Yaitu Matahari sebagai pusat alam semesta, Heliosentris. Eh ternyata kok bisa menutupi error ya??

"Bid'ah!! Penghujatan atas agama!!" Pihak Gereja lalu berstatement, dan Galileo-pun akhirnya disiksa sedangkan Copernicus dikucilkan dari masyarakat.

Itulah awal pembuktian bahwa Bumi ini yang mengelilingi Matahari

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #36 pada: November 26, 2006, 05:09:17 pm »
Benarkah Bumi ini berputar pada porosnya? Bagaimana ilmuwan bisa tahu sehingga berkesimpulan seperti itu??

Bagaimana jika saya berpendapat seperti ini... Bumi nggak berputar pada porosnya, tapi Bumi berputar mengelilingi Matahari selama 24 jam sehingga terjadi siang dan malam! Boleh aja kan?? hehe...

Ok, kita telaah lebih lanjut.
Efek siang malam jelas akan hilang bila rotasi bumi sama dengan kecepatan revolusi bumi terhadap matahari (efek inilah yg terjadi pd bulan, sehingga kita terus menerus melihat sisi bulan yang itu2 aja)
Copernicus dulu itupun juga masih berpikiran seperti itu, bahwa siang malam mungkin terjadi karena Bumi mengelilingi Matahari dalam 24 jam.

Intinya beberapa astronom jaman itu masih berkesimpulan seperti ini:
- Siang malam terjadi karena --> penjelasan belum ada, tapi dugaan karena pengaruh matahari, berarti bisa jadi Bumi mengelilingi Matahari dlm 24 jam
- Ada siklus bulan mati, bulan separuh, dan bulan purnama karena --> dugaan akibat Bulan yang berputar mengelilingi Bumi
- Ada perubahan musim yang bermacam2 dalam +/- 365 hari karena --> penjelasan belum ada, dan belum ada dugaan pengaruh dari apa

Dari tiga point diatas, mereka lalu menghubung2kan ketiganya untuk mendapatkan sebuah jawaban. Seperti pada perubahan musim... Mari kita hitung siklus bulan dan siklus musim, kalau hasilnya cocok berarti musim dipengaruhi oleh bulan. Eh, ternyata ada perbedaan beberapa hari (itulah sebabnya mengapa idul fitri selalu bergeser, karena kalender Islam memakai perhitungan siklus/gerak bulan). Berarti bulan tidak mempengaruhi musim.
Hmm tunggu2, perubahan musim berarti perubahan suhu juga kan? bukankah suhu dipengaruhi oleh Matahari? Jadi musim pasti dipengaruhi oleh Matahari. Tapi tunggu dulu? bukankah hubungan efek matahari dan bumi hanya sebatas revolusi?? Wah kalo gitu pasti ada sebab lain... atau gerak lain yang mempengaruh musim di bumi.
Kembali ke leluhur kita yg mendirikan Stonehenge dan mengamati pergeseran bayangan matahari sepanjang sumbu utara-selatan. Siklusnya ternyata juga cocok dengan siklus musim. Lalu apakah karena pergerakan (rotasi) matahari? sepertinya nggak ngefek deh... jadi pasti ada tambahan gerak dari bumi. Dan itulah hipotesa awal dari rotasi Bumi

Pembuktian selanjutnya dilakukan oleh Edwin Aldrin yang melihat sendiri bahwa bumi berotasi, dan oleh John Gleen di Mercury Project-nya

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #37 pada: November 26, 2006, 05:10:55 pm »
Mana yang benar? Matahari mengelilingi Bumi atau Bumi yang mengelilingi Matahari??

Anggap saja kedua statement itu masih berupa teori, maka ada baiknya kita kaitkan dengan kenyataan yang terjadi...

1. Bagaimana bisa terjadi siang dan malam?
Jawab:
> Teori Matahari mengelilingi Bumi = Matahari berputar mengelilingi Bumi dalam 24 jam
> Teori Bumi mengelilingi Matahari = Bumi berputar pada porosnya (berotasi) sekali dalam 24 jam
Dua2nya sama2 ilmiah dan sama2 bisa diterima...

2. Bagaimana bisa terjadi bentuk bulan seperti sabit, separuh, dan purnama??
Jawab:
> Teori Matahari mengelilingi Bumi = Bulan berputar mengelilingi Bumi dan Matahari juga seperti itu, namun kecepatan Bulan tidak secepat Matahari sehingga bisa terlihat bentuk bulan yang berbeda2
> Teori Bumi mengelilingi Matahari = Bulan berputar mengelilingi Bumi, namun karena kecepatan Bulan lebih lambat daripada rotasi Bumi sehingga pantulan cahaya Matahari yang terkena bulan berbeda2 seiring dengan berputarnya Bulan dan membuat bentuk yang berbeda2 juga
Sekali lagi, dua2nya sama2 ilmiah dan bisa diterima...

3. Bagaimana bisa terjadi Gerhana Bulan dan Matahari?
Jawab:
> Teori Matahari mengelilingi Bumi = Dianalogikan sama dengan teori Bumi mengelilingi Matahari
> Teori Bumi mengelilingi Matahari = Gerhana Matahari --> Bulan ada diantara Matahari dan Bumi, Gerhana Bulan --> Bumi berada diantara Matahari dan Bulan
Sama2 bisa diterima...

Sudah 3 bukti, ternyata kedua2nya sama2 memiliki dasar teori... lalu mana yang benar nih??
Terus terang aku juga nggak bisa menyimpulkan mana yang benar. Namun ada beberapa kenyataan yang menyebabkan teori Matahari mengelilingi Bumi belum memiliki jawabannya...

4. Bagaimana bisa terjadi 4 macam musim di belahan Bumi ini??
Jawab:
> Teori Bumi mengelilingi Matahari = Bumi berevolusi mengelilingi Matahari, dan titik tengah matahari itu tidak tepat menyinari garis khatulistiwa tapi tegak lurus garis lintang utara sebesar 23,5 derajat. Karena dalam teori ini Bumi berotasi tidak tegak lurus sumbu utara dan selatan namun berputar miring 23,5 derajat, maka itulah sebabnya pada bulan2 sekitar Juli negara utara seperti Amerika mengalami musim panas sedangkan di bulan Desember mengalami musim dingin. Negara kita tidak mengalami itu karena negara kita terletak di khatulistiwa.
> Teori Matahari mengelilingi Bumi = ??? (masih menjadi tanda tanya)

5. Bagaimana bisa dinegara yang semakin mendekati kutub kadang sudah malam namun masih siang, dan terkadang harusnya udah siang tapi masih malam?
Jawab:
> Teori Bumi mengelilingi Matahari = Seperti yg kita ketahui, posisi Bumi kita ini miring 23,5 derajat. Itu membuat beberapa daerah Bumi (terutama di dekat kutub) dalam posisi didepan matahari akan terkena sinar matahari terus menerus, dan di posisi belakang matahari justru tidak pernah terkena sinar matahari
> Teori Matahari mengelilingi Bumi = ??? (tanda tanya juga)

Lalu teori mana yang benar?? Wallahu'alam, keputusan ada ditangan anda

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #38 pada: November 26, 2006, 05:12:55 pm »
Beberapa ayat yang dikutip dari buku Matahari Mengelilingi Bumi - Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf, Pustaka Al-FURQON

Sebelumnya saya ingin meng-klaim sesuatu bahwa saya bukan ahli tafsir, dan tidak mahir berbahasa Arab. Jadi tafsiran versi saya ini sangat tidak berdasar dan tidak bisa dijadikan rujukan. Semoga Allah SWT mengampuniku jika aku memang telah melakukan kesalahan besar...

"Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan bergeser, dan sungguh jika keduanya bergeser tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." [QS. Fathir: 41]
tafsir versi buku itu: kata "bergeser" disitu bisa diartikan tidak bergerak dan tidak berputar, jadi bumi ini diam
tafsir versi saya: kata "bergeser" disitu bisa diartikan tetap pada orbitnya... jadi bumi ini berputar sesuai orbitnya dan tidak bergeser karena kalo bergeser maka kekacauan akan terjadi

"Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya beredar di dalam garis edarnya." [QS. Al-Anbiya': 33]
tafsir versi buku itu: "masing-masing" berarti bulan dan matahari. "beredar di dalam garis edarnya" berarti berputar dalam suatu lintasan... Intinya matahari ini berputar
tafsir versi saya: bulan dan matahari memang berputar, namun matahari tidak berputar mengelilingi bumi melainkan mengelilingi pusat galaksi kita, Bima Sakti

Itu hanya beberapa ayat yang aku nukil dari buku itu. Selebihnya mungkin bisa dibaca sendiri...
Namun satu yang perlu saya tegaskan disini adalah bahwa Al Quran adalah petunjuk bagi umat manusia sampai akhir zaman. Kita mengetahui kenyataan, dari saat turunnya Al Quran sampai akhir zaman sudah pasti telah terjadi peradaban yang berbeda2, belum lagi untuk semua umat manusia... padahal manusia yg tinggal di bumi ini juga memiliki peradaban yang berbeda2 pula tergantung daerahnya.
Sebagai pedoman yang bisa diterima semua manusia dalam kurun waktu sampai akhir zaman, itulah sebabnya kenapa ayat2 Al Qur'an bisa ditafsirkan dengan maksud yang berbeda2.
Orang yang belum pernah melihat bumi dari satelit jelas akan berbeda pendapat dengan orang yang sudah melihat bumi dari satelit. Tapi Alhamdulillah, Al Qur'an mengandung kata2 yang bisa dimengerti oleh orang yg kenal satelit maupun yg tidak. Bisa dibayangin nggak gimana seandainya orang2 jaman dulu dikasih tau bahwa Matahari ini tetap sedangkan Bumi yang berputar, maka sudah pasti orang2 jaman dulu akan terbengong2 dan menganggap omongan itu hanya bualan... Jelas Islam nggak akan diterima oleh banyak orang seandainya seperti itu. Tapi sekali lagi, Alhamdulillah Allah Maha Tahu dan Maha Bijaksana, sehingga Dia memilih kata2 yang tepat untuk umat ini sehingga bisa selalu dijadikan pedoman sampai akhir jaman.

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #39 pada: November 26, 2006, 05:14:25 pm »
KESIMPULAN

Seperti yang telah saya sebutkan di postingan sebelumnya, keputusan ada ditangan anda.
Jadi disini saya tidak akan mengatakan bahwa teori satu benar dan teori dua salah. Karena pembuktian langsung sesuatu yang berskala besar seperti lingkup astrologi bisa dikatakan hampir mustahil untuk saat ini. Hal itu sangat mungkin bisa berubah di keesokan harinya...
Bisa saja teori Heliosentris salah, dan teori Geosentris yang benar. Atau mungkin justru kedua2nya salah? Wallahu'alam
Yahh, semoga aja besok muncul ilmuwan2 muslim yg bisa melakukan pembuktian... Amin

Jika ada yang bertanya, "Lah Jod, kalo kamu sendiri cenderung ke teori yang mana?". Untuk sementara aku akan jawab bahwa saat ini aku ikut yg teori Heliosentris (Bumi mengelilingi Matahari). Karena memang dari beberapa bukti nyata ada beberapa yang masih belum bisa terjelaskan jika memakai teori Geosentris.

Tapi diluar itu semua, sepertinya ini memang nggak terlalu penting yah?... Yang pasti kita sebagai umat muslim memang diwajibkan untuk mengimani dan mengamalkan apa yang dituliskan dalam Al Qur'an serta menteladani Rasulullah SAW.
So, aku tutup sampai disini... semoga diskusi ini ada manfaatnya

Terima kasih juga aku ucapkan untuk prince_darkness, psycho_avatar, 82, dajal007, rafifah, dan PernikMuslim.com yang mana udah ikut memberikan daya pikirnya ke topik ini  :)

tisa

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 338
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • alquran my way
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #40 pada: Desember 05, 2006, 10:55:10 pm »
terus ini intinya apa???masa diskusi panjang lebar,kesimpulan akhirnya nggak jelas gini??!?
mas jody nggak seru ahh!!jadi ngambang dech,kembali ke awal,nggak tau mana yang bener......................

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #41 pada: Desember 06, 2006, 08:15:28 am »
afwan akh, sekedar mengingatkan. alangkah lebih baiknya kalo kita bukan ahli tafsir, maka kita tidak berusaha menafsirkan sesuai ra'yu kita. apalagi menjelaskan pada orang lain. BAHAYA. apalagi kalo kita salah, dan ternyata ada orang lain yang mengambil pendapat kita, maka kita akan dimintai pertanggungjawaban.

afwan sekedar mengingatkan lo :)

Allahua'lam

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #42 pada: Desember 07, 2006, 05:23:52 pm »
terus ini intinya apa???masa diskusi panjang lebar,kesimpulan akhirnya nggak jelas gini??!?
mas jody nggak seru ahh!!jadi ngambang dech,kembali ke awal,nggak tau mana yang bener......................
Iya afwan, soalnya maksud awal aku membuka diskusi ini untuk mengetahui kebenaran. Terus terang aku memang ragu setelah membaca buku "itu", karena itu aku buka diskusi ini dengan maksud biar ada temen2 penganut konsep Geosentris yg bisa menjelaskan kenapa mereka bisa percaya dengan teori itu...

Eee ternyata setelah aku buka, justru penganut Geosentris nggak ada yg muncul. Jadinya ya berat sebelah... Karena itu akhirnya aku mengambil jalan tengah, untuk sementara aku masih percaya bahwa Bumi ini yang Mengelilingi Matahari, tapi tetap tidak menutup kemungkinan keyakinanku akan berubah seandainya ada yg bisa menjelaskan dengan detail & logis antara alam dan konsep Geosentris.

Makanya kesimpulan akhirnya aku buat ngambang gitu  :)

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #43 pada: Desember 07, 2006, 05:31:50 pm »
afwan akh, sekedar mengingatkan. alangkah lebih baiknya kalo kita bukan ahli tafsir, maka kita tidak berusaha menafsirkan sesuai ra'yu kita. apalagi menjelaskan pada orang lain. BAHAYA. apalagi kalo kita salah, dan ternyata ada orang lain yang mengambil pendapat kita, maka kita akan dimintai pertanggungjawaban.

afwan sekedar mengingatkan lo :)
Iya afwan, jazakumullah...
Aku juga sadar apa yg aku lakukan bisa sangat fatal. Aku telah menafsirkan ayat Qur'an dengan hafsu (semoga Allah mengampuniku...)

Tapi, seandainya aku disuruh memilih:
1. Al Qur'an yg ditafsir oleh ulama, atau
2. Al Qur'an yang ditafsir oleh alam

Aku jelas akan memilih yang nomer 2.
Karena itu aku coba kait2an antara Qur'an dengan pernyataan ilmuwan2 astronomi. Karena Al Qur'an jelas benar, dan kenyataan yg terjadi di alam juga benar, jadi jelas nggak mungkin kalo Al Qur'an yg benar bisa berbeda dengan kenyataan alam.

Tapi tetep aja, ulama maupun para ilmuwan semuanya cuma manusia, yang sangat mungkin untuk bisa salah dan khilaf. Sehingga ya itu tadi, aku masih belum bisa menyimpulkan teori mana yg benar. Karena mau disangkut pautkan dengan teori yg manapun Al Qur'an tetap sejalan dengan itu...

Semoga Allah memberi petunjuk kepada kita bahwa yang benar memang benar dan yang salah memang harus salah  :)

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #44 pada: Desember 07, 2006, 07:10:34 pm »
Amin. semoga akh. melihat sikap anta, semoga Allah akan segera memberi ilmu yang cukup pada anta tentang matahari dan bumi :) kalo ana sih manut baru nanya logis ato nggak. kalo anta kan masih logis/nggak dulu baru manut :) tapi nggak apa akh. dengan sikap anta yang tidak menutup diri terhadap kebenaran, semoga kebenaran akan masuk pada diri anta :)

Amin