Penulis Topik: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)  (Dibaca 39048 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #15 pada: September 23, 2006, 09:39:16 pm »
Ohw, hisab dan ru'yat tidak hanya menghitung kapan awal puasa dan lebaran.  Namun juga menghitung kapan bisa terjadi gerhana bulan dan matahari, itu masih satu contoh, karena saya juga blm terlalu paham.  Sebagai contoh, dalam majalah Risalah terbaru keluaran PERSIS, jauh-jauh hari sudah bisa ditentukan Gerhana Bulan Sebagian yang tejadi tanggal 8 September 2006.  Bahkan sdah diketahui juga Jam dan lamanya waktu terjadi gerhana tersebut.  Sedangkan kita tahu bahwa untuk dapat menentukan gerhana tersebut, variabel-variabel yang dihitung adalah jarak bumi terhadap matahari, jarak bulan terhadap bumi, posisi bumi terhadap matahari dan posisi bulan terhadap bumi.  Itu sederhananya. Mungkin juga periode perputaran bulan terhadap bumi, dan perputaran bumi terhadap matahari.  Dan semua itu, dilakukan dengan asumsi bahwa Bumi mengelilingi matahari.  Dan gerhana tersebut terbukti. ;)
Wah Psycho, jawabanmu asli bagus banget!!
Gw tulis intinya,
Kalo Matahari mengelilingi Bumi, trs bagaimana menjelaskan terjadinya fenomena Gerhana??  :cool:
Gw tebelin & gw kasih icon, besok gw pinjem komentarmu ketika diskusi ini udah sampe pada kesimpulan  :)

Sayang, lu nggak sekalian jelasin teori ilmiahnya gimana kok Gerhana bisa terjadi...

sebetulnya dalam atom juga udah ada sih miniatur alam semesta...dimana proton/elektron mengelilingi neutron (kalau gak salah).  Aktivitas tawaf juga sebetulnya 'bercerita' tentang hal tersebut...aktivitas tawaf, atom dan planet2 ini memiliki kecenderungan yang sama, berputar berlawanan dengan arah jarum jam....
Kemungkinan malaikat memutari Arsy Allah pun juga dengan gerakan yg berlawanan dengan arah jarum jam

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #16 pada: September 23, 2006, 09:50:19 pm »
ketika kita naik mobil yang sedang bergerak, kita akan melihat bahwa ternyata... pohon itu dapat berjalan. dan pergerakan pohon itu bergerak ke arah kita. apakah logika kita akan berkata bahwa, pohon itu bisa berjalan.
Om, jawabannya kurang mengena tuh... Inget, "gw" adalah orang yang percaya bahwa Matahari mengelilingi Bumi.
Orang yang seperti itu, biasanya berkesimpulan:
- Apa yang aku lihat, itu yang aku percaya
- Nggak percaya dengan statmen yg dibuat ilmuwan2

Jadi kalo om Dajal jawabnya seperti, pasti bakal disangkal... "Ngapain lu repot2 berpikiran bahwa semua nggak seperti yg kita lihat? Liat tuh, jelas2 mataharinya berpindah dari barat ke timur, itu kan tandanya matahari yg mengelilingi kita??"
Atau mungkin, disangkal gini... "Kalo naik mobil kan kita terasa bahwa kita memang jalan? lha trs ini? emangnya kita merasa bahwa bumi ini berputar??"

kalo secara logika, jika matahari mengelilingi bumi, bagaimana dengan garis edar planet-planet tentangga bumi yang laen? apakah mengelilingi bumi juga? atau mengelilingi matahari? atau tidak mengelilingi apapun?

jika mengelilingi bumi... perlu adanya pengaturan lagi jarak dan gravitasi antara matahari, bumi dan planet, sebab jarak dan gravitasi yang ada saat ini sudah cocok dengan skema planet-planet (teramsuk bumi) mengelilingi matahari
Nah ini baru jawaban keren!! Orbit planet!
Kalo Matahari mengelilingi Bumi? bagaimana dengan orbit planet2 yang lain??  :great:
Gw tandain yach, bsk gw pinjem untuk kesimpulan akhir ^^

Kalo misal ditanyain gini gimana om... "Lho? buktinya kalo planet2 itu ada gimana?? nyatanya dari Bumi nggak kelihatan tuh??

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #17 pada: September 23, 2006, 09:52:02 pm »
Mmmmm... Sebelumnya aku mo tanya nih, dalil yang mengatakan matahari mengelilingi bumi yang mana? Selama ini aku cuma pernah denger-denger aja, belum tahu dalilnya seperti apa dan seperti apa juga penafsiran yang ditimbulkan atas dalil itu... Tolong kasih penjelasannya...
Insya Allah, bentar lagi diskusi kita ini akan sampai pada dalil2... Ikutin trs aja topik ini :)

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #18 pada: September 23, 2006, 09:52:45 pm »
mau ikutan, tapi ntar dulu deh, masih banyak yang perlu dikerjain :p
Ayo om ikutan... Biar tambah seru  :)

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #19 pada: September 24, 2006, 04:37:11 pm »

Sayang, lu nggak sekalian jelasin teori ilmiahnya gimana kok Gerhana bisa terjadi...


Maless euy...sumpeh! :p Lu baca2 aja lah di Internet proses terjadinya gerhana mah...;)) Lu juga dah ngerti kali ah...;))

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #20 pada: September 24, 2006, 05:50:10 pm »
Kutip
- Apa yang aku lihat, itu yang aku percaya
- Nggak percaya dengan statmen yg dibuat ilmuwan2
"Lho? buktinya kalo planet2 itu ada gimana?? nyatanya dari Bumi nggak kelihatan tuh??
kalo memang hanya percaya dengan apa yang di lihat, coba kunjungi peneropong bintang. disana kita dapat melihat benda2 angkasa. ga perlu statemen para ilmuwan. cukup mempelajari tentang bermacam jenis gerak. kalo udah nutup pikiran terhadap teknologi dan iptek, juga penemuan... saya sih ga mau memaksa untuk percaya (kang jodi lagi memposisikan diri sebagai orang seperti itu ga?)

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #21 pada: September 26, 2006, 08:18:09 am »
saya rasa jawaban kang dajal udah benar..dalam artian kang dajal telah melakukan pendekatan rasional...
kita uji rasio mereka terlebih dahulu hingga mencapai batas kekritisan.......sehingga mereka berpikir.....
dan kang dajal benar....
ketika kita naik mobil yang sedang bergerak, kita akan melihat bahwa ternyata... pohon itu dapat berjalan. dan pergerakan pohon itu bergerak ke arah kita.
tanya pada mereka "menurutmu...pohon yang bergerak atau kita yang bergerak?"

kemudian tanya hal2 lainnya ....

baru setelah itu kita bisa menayakan pada mereka ttg matahari...

kemudian...akhirnya setelah pendekatan....baru pembuktian....


Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #22 pada: September 30, 2006, 09:21:04 pm »
ketika kita naik mobil yang sedang bergerak, kita akan melihat bahwa ternyata... pohon itu dapat berjalan. dan pergerakan pohon itu bergerak ke arah kita.
tanya pada mereka "menurutmu...pohon yang bergerak atau kita yang bergerak?"
Aww, come on Prince, kamu jelas nggak bisa donk meyakinkan orang yang percaya Matahari mengelilingi Bumi dengan argumen itu...
Harus butuh bukti2 konkret yang terlihat nyata

Coba aku tanya,
Misal pesawat terbang melayang diudara (tanpa berjalan), kira2 pesawat itu bakal sampai sendiri ke arah barat nggak? berhubung Bumi berputar dari barat ke timur?...

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #23 pada: September 30, 2006, 09:29:40 pm »
Sepertinya ni topik udah mulai basi...
Kita langsung ke dalil aja yuk,

Bagaimana menurut kalian dengan ayat2 ini?...

- "Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya beredar di dalam garis edarnya" (QS. Al-Anbiya' :23)

- "Dia menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar, Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang telah ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun" (QS. Az Zumar :5)

- "...'Engkau adalah makhluk yang diperintah dan saya pun diperintah. Ya Allah, tahanlah matahari itu untukku sebentar.' Maka matahari itu pun ditahan sampai Allah Ta'ala memberikan kemenangan baginya." (HR. Bukhari Muslim)

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #24 pada: September 30, 2006, 09:47:06 pm »
kalo dari teori-teori dan pengamatan yang dilakukan, ada teori baru bahwa.... matahari atau pun bumi bukan pusat alam raya, sedangkan dalil yang dimaksud menunjukkan bahwa matahari pun melakukan revolusi (mengelilingi sesuatu)

kalo masalah kenapa kita tak merasa berputar jika memag bumi itu melakukan rotasi (berputar pada porosnya) saya lupa teori dan penjelasannya,yang saya ingat ini ada hubungannya dengan gravitasi, jadi kang jodi aja ya... yang nyari teorinya, kang kang jodi mah pinter aklo di suruh nyari bahan :D

tapi kalo berdasarkan logika saya (maaf ini mah cuman logika orang awam aja jadi jangan dijadikan dalil) atmosfir merupakan salah satu bukti kalo bumi itu berrotasi, sebab jika bumi tak berrotasi maka keadaan lapisan atmosfir tak akan seperti ini

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #25 pada: Oktober 01, 2006, 10:40:56 am »
ketika kita naik mobil yang sedang bergerak, kita akan melihat bahwa ternyata... pohon itu dapat berjalan. dan pergerakan pohon itu bergerak ke arah kita.
tanya pada mereka "menurutmu...pohon yang bergerak atau kita yang bergerak?"
Aww, come on Prince, kamu jelas nggak bisa donk meyakinkan orang yang percaya Matahari mengelilingi Bumi dengan argumen itu...
Harus butuh bukti2 konkret yang terlihat nyata

Coba aku tanya,
Misal pesawat terbang melayang diudara (tanpa berjalan), kira2 pesawat itu bakal sampai sendiri ke arah barat nggak? berhubung Bumi berputar dari barat ke timur?...
maaf mas...sebelum ke pembuktian kita haruslah pake pendekatan rasional dulu...
kalo langsung ke pembuktian entar malah ada kekacauan loh....

yg no.2 jawabannya sama dg...coba ya saya bisa melayang diudara setengah meter saja....berarti besok bisa sampai diamerika kan???

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #26 pada: Oktober 07, 2006, 04:42:42 pm »
tapi kalo berdasarkan logika saya (maaf ini mah cuman logika orang awam aja jadi jangan dijadikan dalil) atmosfir merupakan salah satu bukti kalo bumi itu berrotasi, sebab jika bumi tak berrotasi maka keadaan lapisan atmosfir tak akan seperti ini
Atmosfir tercipta karena Bumi berotasi?? wah Om, keren banget nih! gw nggak tau soal ini! om tau darimana?

maaf mas...sebelum ke pembuktian kita haruslah pake pendekatan rasional dulu...
kalo langsung ke pembuktian entar malah ada kekacauan loh....
Hmm, i see i see... i think i know your point...

yg no.2 jawabannya sama dg...coba ya saya bisa melayang diudara setengah meter saja....berarti besok bisa sampai diamerika kan???
Iya, kira2 gitu... menurutmu gimana Prince? bisa nggak?

@all
Oh iya, soal dalil-nya dikomentari donk, itu maksudnya kira2 gimana?...

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #27 pada: Oktober 08, 2006, 08:32:59 am »
Kutip
Atmosfir tercipta karena Bumi berotasi?? wah Om, keren banget nih! gw nggak tau soal ini! om tau darimana?
he... itu mah cuman logika saya aja. kan kalo benda yang terus berputar dengan kencang akan menarik udara yang ada disekitarnya dan semakin dekat udara ke pusat putaran akan menimbulkan (saya menyebutnya) efek pemadatan gas (gas seakan-akan menjadi padat). -->sekali lagi ini cuman logika saya aja, jadi bener-bener bisa salah soalnya saya ga berkompeten di bidang ini (lagi pengen ngomong tapi ga tau mau ngomongin apa). biar jelasnya coba deh amatin fenomena pesawa ulang alik yang keluar angkasa atau pulang dari luar angkasa.

tapi... saya masih janggal dengan kalimat "lapisan ozon berlubang" maksudnya apakah ada lobang-lobangnya ya?? atau  yang dimaksud sudah menipis, jadi sesekali sinar ultraviolet bisa menembus lapisan ozon

kalo komentar dalil, saya cuman tau yang ini aja
Kutip
malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya beredar di dalam garis edarnya
matahari memang berevolusi juga, tapi bukan mengelilingi bumi, karena dari pengamatan para astronom, ternyata matahari itu bergerak (tidak diam)"

Kutip
Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang telah ditentukan
kalo ini kan jelas, waktu revolusinya matahari terhadap x berbeda dengan waktu revolusinya bumi terhadap matahari, karena jarak yang ditempuh dan kecepatannya juga beda

82

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #28 pada: Oktober 08, 2006, 11:33:43 am »
Kutip
Atmosfir tercipta karena Bumi berotasi?? wah Om, keren banget nih! gw nggak tau soal ini! om tau darimana?
he... itu mah cuman logika saya aja. kan kalo benda yang terus berputar dengan kencang akan menarik udara yang ada disekitarnya dan semakin dekat udara ke pusat putaran akan menimbulkan (saya menyebutnya) efek pemadatan gas (gas seakan-akan menjadi padat). -->sekali lagi ini cuman logika saya aja, jadi bener-bener bisa salah soalnya saya ga berkompeten di bidang ini (lagi pengen ngomong tapi ga tau mau ngomongin apa). biar jelasnya coba deh amatin fenomena pesawa ulang alik yang keluar angkasa atau pulang dari luar angkasa.
Atmosfir Pada umumnya memiliki komposisi utama nitrogen (78 %) dan oxygen (21 %). Sisa 1%nya adalah argon (0.9 %), carbon dioxide (0.03 %), beragam variasi uap air, dan sedikit hydrogen, ozone, methane, carbon monoxide, helium, neon, krypton, and xenon.

jadi keberadaan atmosfir tergantung pada keberadaan unsur unsur diatas pada suatu planet. Hal menjelaskan mengapa planet-planet lain berotasi, tetapi banyak yang tidak memiliki atmosfir.

Kutip
tapi... saya masih janggal dengan kalimat "lapisan ozon berlubang" maksudnya apakah ada lobang-lobangnya ya?? atau  yang dimaksud sudah menipis, jadi sesekali sinar ultraviolet bisa menembus lapisan ozon
Ya benar menipis, tetapi di bagian tertentu saja (paling parah di bagian kutub) sehingga disebut 'berlubang'

ps: unsur-unsur-pembentukan atmosfir diatas tedapat di bacaan-bacaan pengetahuan umum, jadi saya rasa tidak perlu kompetensi khusus.
« Edit Terakhir: Oktober 08, 2006, 11:41:29 am oleh 82 »

82

  • Pengunjung
Re: Matahari mengelilingi Bumi? (bag. 2)
« Jawab #29 pada: Oktober 08, 2006, 11:47:41 am »
yg no.2 jawabannya sama dg...coba ya saya bisa melayang diudara setengah meter saja....berarti besok bisa sampai diamerika kan???
1/2 meter?
jawabannya tidak.
 
mengapa?
efek friction dari udara (jangan dilupakan bahwa bumi memiliki udara), dan udara itu sendiri ikut 'bergerak' seiring dengan rotasi bumi.
contohnya adalah udara yang berada di dalam kendaraan tertutup begerak mengikuti arah kendaraan tersebut.

« Edit Terakhir: Oktober 08, 2006, 12:45:36 pm oleh 82 »