Penulis Topik: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/  (Dibaca 17620 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #15 pada: Desember 06, 2008, 02:09:54 pm »
itung-itung ah..... :-?

pagi: mie rebus pake telor      4000
siang: nasi tahu tempe           4000
malam: mie gelas diseduh      2000
 ;))
Total = 10.000

pagi : roti + kopi susu + 2 batang rokok  ;D                                        500 + 1500 + 1000
siang : paket 6000 nasi padang (dah ada ayamnya loch)  ;D ;D          6000
malam : nasi goreng tek tek                                                              5000
 
Total = 14.000

kalo aku...
pagi          cereal+telor                                          1000+1000
siang        paket nasi campur                                  3000
malam (tergantung mood)kare,rawon,nasi ala bali        4000

Total = 9.000



lebih murah B-)


[ga ada kerjaan banget sih :)) ]
:->-

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #16 pada: Desember 06, 2008, 03:28:36 pm »
menu untuk anak kosan apa aja mbak

menu2 yang di atas bisa juga buat anak kos kok..cuman sekarang bersedia masak atau gak...

kalu mau yang simpel simpel banget sih ada...

seperti ini :

mie goreng sayuran




bahan :
1 bungkus indomie goreng
2. sayur sawi (yang banyak,,biar mencukupi kebutuhan serat)
3. tomat (dikit aja)
4.  telor ayam 1 butir
5. minyak goreng

cara membuat :
1. rebus mie nya
2. panaskan minyak goreng, ceplok mie nya, aduk2 hingga telor hancur dan matang
3. masukan mie dan sayur sawi.
4. aduk hingga sayur matang
4. masukan bumbu indominya.

atau mau yang inih :

nasi goreng sayur



bahan
1. nasi putih yang sudah masak
2. bawang putih, iris2
3. bawang merah, iris2
4. cabe rawit, iri2
5. telur
6. sayur sawi yang banyak

cara membuat

1. panaskan minyak, masukan bawang merah, bawang putih hingga harum
2. masukan cabe rawit
3. kemudian telur, aduk-aduk hingga hancur
4. seteleh telur masak, kemudian masukan sayur sawi
5. terakhir nasi, aduk hingga rata
6. hidangkan.. :)

soto_ayam

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 191
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Pria
  • GenErAsi PeNeruS BangSa inI
    • Lihat Profil
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #17 pada: Desember 06, 2008, 03:44:17 pm »
itung-itung ah..... :-?

pagi: mie rebus pake telor      4000
siang: nasi tahu tempe           4000
malam: mie gelas diseduh     2000
 ;))
Total = 10.000

pagi : roti + kopi susu + 2 batang rokok  ;D                                       500 + 1500 + 1000
siang : paket 6000 nasi padang (dah ada ayamnya loch)  ;D ;D         6000
malam : nasi goreng tek tek                                                             5000
 
Total = 14.000

kalo aku...
pagi          cereal+telor                                          1000+1000
siang        paket nasi campur                                  3000
malam (tergantung mood)kare,rawon,nasi ala bali        4000

Total = 9.000



lebih murah B-)


[ga ada kerjaan banget sih :)) ]
:->-

g salah tuh... murah2 aja mas...

revisi

pagi : roti + kopi susu + 2 batang rokok  ;D                                        1500 + 1500 + 1500
siang : paket 6000 nasi padang (dah ada ayamnya loch)  ;D ;D          6000
malam : nasi goreng tek tek                                                              7000
Total = 17.500

nasi campur 3000  :-/ :-/
nasi rawon 4000  :-/ :-/ :-/

murah aja....

dark_elf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.562
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • rule the world
    • Lihat Profil
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #18 pada: Desember 06, 2008, 05:42:21 pm »
klo aku sih:
pagi: kadang makan kadang ga
siang: wajib padang
malem: mie rebus+telor

Ade Yan

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 574
  • Reputasi: 12
  • I am a traveler
    • Lihat Profil
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #19 pada: Desember 07, 2008, 04:59:55 am »
Buat Pak Arif, Dark and David ...
Kalian kan tinggal di tempat yang berbeda..harga makanan (matang) nya juga beda...jadi ga bisa dibandingin langsung..

Kalau saya, benernya suka masak, karena kondisi saya memungkinkan untuk itu. Ada lemari es, standing stove plus oven, peralatan masak lengkap, dapur nyaman bahkan microwave....juga waktu luang

Dulu pas kos ga pernah masak, kecuali masak nasi...
Kecuali pas dah di rumah petak yang ada dapurnya dan setelah beli lemari es...

Masak buat anak kos bisa jadi ide yang bagus, karena kita bisa ngontrol kebutuhan gizi, sesuai sama selera dan hemat di ongkos..
Tapi itu semua , bisa nyaman kalau ditunjang perlengkapan dan juga waktu luang...

Kalau engga, mending beli aja dah...lebih hemat praktis dan hemat waktu ...

Untuk resep dari saya, jujur ga ada..saya juga ngikut resep2 yang ada, baik dari web atau majalah/tabloid..

Saya lebih concern mengasah kemampuan masak, misalnya pengetahuan tentang bumbu dan fungsinya, peralatan masak dan fungsinya.. sifat2 bahan makanan dan pengolahanya..

Kalau dah jago di situ.. bisa mengkreasikan resep masak sendiri.. tentu saja kalau jam terbangnya juga tinggi..
Contohnya TS Khaira sama Bu Ayash .. mereka top dah ... :great: :great: :great:

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #20 pada: Desember 08, 2008, 09:45:02 am »
hmm bwt anak kost..  :D

kalau di kostan kei, kan isinya cwo semua... kalau pagi2 sblm mereka bangun kei dah siapin nasi goreng..  ;D pake bumbu seadanya plus telur... segitu aja mereka makan lahap..  :D kdang kalau emg mepet banget, kei cm nyiapin juice n roti isi goreng.. ;D muat bwt penghuni kost putra di rumah yang isinya 5 org :D.. divariansiin aja... mereka bayar 10rb bwt makan pagi siang n malem.. :D nyummm.. nyumm deh... ;)

esti

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 160
  • Reputasi: 19
  • abis mandi
    • Lihat Profil
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #21 pada: Desember 15, 2008, 03:15:57 pm »
Tape Bakar

Bahan-Bahan:

1. Tape Singkong
2. Margarin
3. Susu Kental Manis
4. Keju chedar
5. Coklat Mesis

Cara membuatnya:

1. Panaskan margarin di wajan
2. Masukan tape singkong ke dalam wajan (sedikit ditekan2 supaya bentuknya pipih) jangan lupa dibolak balik kalau margarinnya terserap tape bisa ditambahkan lagi supaya gak gosong. Setelah agak kering diangkat taruh di piring
3. Tuangkan susu kental manis, parutan keju chedar dan coklat mesis di atas tape

Smoga berguna  :)

fairuz.nafiah

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 78
  • Reputasi: 2
  • Love & Save PalestinE !!
    • Lihat Profil
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #22 pada: Desember 16, 2008, 04:54:39 pm »
sarapan sereal + roti = Rp. 1500,-  :D

td pagi dah coba nasgor sayuran na mba syifa, siiip dech tp bumbu nya d ulek
kapan2 pake toge enak ga ya rasanya :D
Jazakillah ya mba  :great:






IMUT_4EVER

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #23 pada: Januari 24, 2009, 02:46:58 pm »
Nasi goreng mie kangkung

Bahan.
1 bungkus mie goreng indomie
1 ikat kangkung (ambil daunnya saja)
1 piring nasi putih
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 buah cabe merah
1 butir telur ayam
garam secukupnya

cara masak :
1. rebus mie selama 3 - 5 menit, lalu tiriskan
2. garam +bawang merah+bawang putih + cabe merah di giling halus
3. tumis kangkung beserta bumbu yang sdh dihaluskan, lalu masukkan telur di orek-orek
4. masukkan nasi putih beserta mie dalam tumisan kangkung tadi.. masak di api sedang setelah kurang lebih 5 - 10 menit siap disajikan..
untuk 2 porsi....:)

Semoga bermanfaat

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: belajar masak part 4 : Menu Sehat dan Hemat \(^_^)/
« Jawab #24 pada: April 25, 2010, 08:07:03 am »
sarapan sereal + roti = Rp. 1500,-  :D

td pagi dah coba nasgor sayuran na mba syifa, siiip dech tp bumbu nya d ulek
kapan2 pake toge enak ga ya rasanya :D
Jazakillah ya mba  :great:







iya, sama2..makasi juga :D
Nasi goreng mie kangkung

Bahan.
1 bungkus mie goreng indomie
1 ikat kangkung (ambil daunnya saja)
1 piring nasi putih
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 buah cabe merah
1 butir telur ayam
garam secukupnya

cara masak :
1. rebus mie selama 3 - 5 menit, lalu tiriskan
2. garam +bawang merah+bawang putih + cabe merah di giling halus
3. tumis kangkung beserta bumbu yang sdh dihaluskan, lalu masukkan telur di orek-orek
4. masukkan nasi putih beserta mie dalam tumisan kangkung tadi.. masak di api sedang setelah kurang lebih 5 - 10 menit siap disajikan..
untuk 2 porsi....:)

Semoga bermanfaat

iya, ini enak juga..adek saya suka nya kalo masak mie dicampur sama kangkung :D :D :D