Penulis Topik: Sharing cara merawat bayi  (Dibaca 32154 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #30 pada: November 25, 2008, 10:06:13 am »
oh ya ma ibu disuruh minum jamu
katanya sich jamu jawa buat memperlancar asi
emang gpp ya buat perkembangan bayi dalam rahim ?
ato nanti aja setelah melahirkan ???

@ Om Vian
maap om aq emang g tw
cz yang hamil kan bukan aq
tapi kk iparku
nah dia tanya ma aq tentang itu tips² merawat bayi
 #:-S #:-S
kkq ada² aq kan belom pernah ngalamin
 #:-S #:-S #:-S

jadi akhirnya q buat threadnya aja
dsni kan banyak yang udah pengalaman
 B-) B-)

afwan ya jika g berkenan

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #31 pada: November 25, 2008, 11:03:57 am »
Lha.....dikira yg hamil situ....gak taunya....  ;))

Tapi gpp koq. Kelak pasti bakal hamil juga kan?  ;)
Jadi itung2 nambah ilmu utk persiapan :)

Tadi baru dengan acara bincang2 mengenai pemberian ASI di radio.
Beberapa point yg sempet dicatat :

-  Utk bayi yg baru lahir s/d 6 bulang, usahakan tidak diberi susu formula (susu kaleng), terutama saat2 baru lahir, karena di ASI terkadung suatu zat yg sangat bagus utk daya tahan tubuh si baby (maap namanya gak inget).

-  ASI mengandung protein yg berasal dari manusia, sedangkan susu formula mengandung protein hewani yaitu dari susu sapi. biasanya bayi yg diberi susu formula ee'nya keras. memang sih ada obatnya, semacam pencahar utk bayi (tapi harganya mahal boo... 58.000 #:-S ). jadi sebisa mungkin selalu diberi ASI.

-  salah satu cara merangsang agar ASI keluar adalah membiarkan anunya (aorry :D ) si ibu dikenyot sama baby meskipun ASInya belum/nggak keluar. karena hisapan yg terus menerus tsb lah ASI akan terangsang utk keluar.

-  ASI bisa bertahan selama 4-8 jam di ruang terbuka pada suhu ± 25° C
   di dalam kulkas (bukan freezer) bisa tahan ± 2 hari.
   di dalam freezer bisa tahan selama 3 bulan.

-  ASI yg belum keluar (masih di dalam anunya si ibu) gak bakalan basi (ya iyalah...). tapi ASI yg tidak disusui harus dikeluarkan/diperas. Infonya (ini bukan dari radio) ASI yg tidak disusui kelak bakal berpotensi jadi kanker. makanya ini peringatan buat para wanita karir yg malas menyusui bayinya.

-  KB suntik tidak mempengaruhi kualitas ASI, namun mungkin mempengaruhi kuantitas ASI. Ini bisa diatasi dengan terus menerus disedot sama si baby. sama banyak2 makan daun2an (kambing kaleee... :p ). sayur2an maksudnya

jamu....?
aku gak tau ya. tapi yg aku dengar dari radio tadi, apa yg si ibu makan/minum akan keluar melalui ASI. misalnya si ibu makan yg pedas2, nanti ASInya juga berasa rada2 pedas atau kayak mint gitu (pengalaman teman). Yg jelas, rasa ASI akan berubah dan itu akan menyebabkan si baby jadi emoh minum ASI lagi.
Lha....kalo si ibu minum jamu, ntar ASInya berasa pahit si baby gak doyan donk.

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #32 pada: November 25, 2008, 11:06:45 am »
Oh ya satu lagi.
Si ibu kalo bisa jangan minum obat2an, kalo gak terpaksa. memang sih kata yg di radio, obat2an ringan macam flu, masuk angin dll gak pengaruh ke ASI. tapi kalo menurut saya sih sebaiknya dihindari, karena yg namanya obat kalo sampai masuk ke baby yg tubuhnya masih rentan (apalagi antibiotik) kan gak bagus tuh.

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #33 pada: November 25, 2008, 11:13:03 am »
oh ya om adi barusan d sms ma kkq katanya nama jamunya kamu peja nah itu bukan kemasan bubuk yangs ering di sediakan di toko jamu
tapi beli di jamu gendongan itu om
 ;;) ;;)

trus gimana dong
boleh g ????

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #34 pada: November 25, 2008, 11:39:37 am »
oh ya om adi barusan d sms ma kkq katanya nama jamunya kamu peja nah itu bukan kemasan bubuk yangs ering di sediakan di toko jamu
tapi beli di jamu gendongan itu om
 ;;) ;;)

trus gimana dong
boleh g ????

coba aja diminum trus kasih si baby ASI. trus tanya si baby, masih doyan ASInya ga? kalo doyan, berarti gpp :D

Sorry becanda...

Utk soal itu saya gak berani bilang deh. mending tanya ke dokter yg nangani kehamilan kakakmu itu.
istri saya gak pake jamu tapi ASInya keluar terus tuh. sampe banjir malah  :D

Oh ya...kan baru hamil kan ya? belum lahir kan?
kalo emang masih hamil sebaiknya jangan minum yg aneh2 deh. takutnya ntar efek ke kandungan/bayinya.

kalo udah lahir, nah....tanya deh ke dokternya.
apa boleh minum jamu dan yg lainnya.
okeh...?  selamat menanti menjadi tante ya....  ;)

Rizki Amalia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.002
  • Reputasi: 29
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #35 pada: November 25, 2008, 11:48:52 am »
[ngiklan]
klo g ke dokter, nanya ttg obat/jamunya ke apoteker boleh juga kog :D

kandungan ASI yg dmaksud bisa meningkatkan daya tubuh bayi itu imunoglobulin ya? Trdpt bbrp jenis imunoglobulin, diantaranya ada yang hanya dapat didapatkan dari ASI. cmiiw

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
share disini dong gmn caranya merawat bayi (ASI tidak Keluar)
« Jawab #36 pada: Desember 17, 2008, 08:35:43 am »
 :(( :(( :(( :((
Air susu Ibu kk ipar g keluar sama sekali
ada yang bisa bantu g caranya biar yang keluar ato minum apa gthu biar bisa keluar
udah minum susu prenagen ibu menyusui juga belom keluar
akhirnya di kasih susu bantu cuman g pake botol jadi di sendokin githu ada yang bisa bantu g

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi (ASI tidak Keluar)
« Jawab #37 pada: Desember 17, 2008, 11:21:04 am »
:(( :(( :(( :((
Air susu Ibu kk ipar g keluar sama sekali
ada yang bisa bantu g caranya biar yang keluar ato minum apa gthu biar bisa keluar
udah minum susu prenagen ibu menyusui juga belom keluar
akhirnya di kasih susu bantu cuman g pake botol jadi di sendokin githu ada yang bisa bantu g

Coba dipompa. Tanya ke rumah sakit atau apotik, pompa utk ASI.
jangan lupa terus dirangsang, dengan dipijit2.
salah satu cara supaya ASI mau keluar adalah dengan membiarkan si bayi menghisap terus p........a si ibu, lama2 ASInya akan keluar sendiri.

Dulu istri saya juga susah keluar ASInya, terpaksa sementara dibantu susu formula. Tetapi si bayi terus2an dibiarkan nyusu...akhirnya ASInya keluar juga. malah sampe banjir :D

jangan lupa banyak makan sayur2 hijau

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #38 pada: Desember 17, 2008, 11:57:50 am »
 makasih om
tadi dah dibelikan a kkq
dan keluar meskipun dikit
n keluarnya cuman air bening gthu

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #39 pada: Desember 17, 2008, 03:40:43 pm »
makasih om
tadi dah dibelikan a kkq
dan keluar meskipun dikit
n keluarnya cuman air bening gthu

ibunya si bayi kerja ya?
kalo mau bener2 ngasih ASI ke bayi, sebaiknya gak banyak aktivitas
coz, kalo bayinya laki nyusunya kuat banget
bakal kewalahan deh si ibunya
kalo ibunya kerja, usahakan tetap ngasih ASI walaupun berada dikantor
caranya, dg memompa ASI keluar, lalu disimpan didalam kulkas
semakin banyak ASI dikeluarkan, produksi ASI semakin banyak
semakin jarang ASI dikeluarkan, produksi ASI semakin berkurang, dan kalo terus menerus bisa beresiko terkena kanker p......a.

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #40 pada: Desember 18, 2008, 08:57:20 am »
Sayangnya akhir² ni kkq koq rasanya g mw ya dedek minum
cz kemarin kayak ogah-ogahan gthu
akhirnya g keluar dech air susunya
 :( :( :(

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #41 pada: Desember 18, 2008, 09:45:26 am »
Sayangnya akhir² ni kkq koq rasanya g mw ya dedek minum
cz kemarin kayak ogah-ogahan gthu
akhirnya g keluar dech air susunya
 :( :( :(

yg ogah2an sapa?
si dedek atau ibunya?

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #42 pada: Desember 18, 2008, 10:28:08 am »
si ibunya katanya kalo d buat duduk sait apalagi kalo dedek pas netek
akhirnya dedeknya ogah ogahanan neteknya :( :( :(

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #43 pada: Desember 18, 2008, 10:47:43 am »
si ibunya katanya kalo d buat duduk sait apalagi kalo dedek pas netek
akhirnya dedeknya ogah ogahanan neteknya :( :( :(

ya namanya netein bayi emang gitu
pasti p.....g s....unya sakit karena suka digigitin sama si dede.
trus juga posisi duduknya mesti senyaman mungkin.
kalo duduk gak bisa, ya tiduran.
bayi kalo gak nyaman gak mau nete. dia pasti nangis
coba cari2 info cara menyusui yg benar. ada2 trik2nya
utk p....g s....u yg sakit/lecet, ada obatnya. coba minta ke dokter atau tanya di apotik. saya pernah beli tapi lupa namanya. gak mahal koq. berupa salep.

kalo dedenya ga mau nyusu, diusahakan ya supaya dia mau.
sayang kalo gak.
dan ASI yg gak disusuin harus dikeluarkan, karena kalo gak dikeluarkan berpotensi jadi penyebab kanker p........a. (ribet amat sih nulisnya mesti disamarin :p )

kemarin lahirannya normal atau cesar?
kalo baru2 lahiran, biasanya nyusuinnya emang mesti tiduran, biar nyaman.

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #44 pada: Desember 18, 2008, 10:50:56 am »
normal om
jahitan 4

cuman berat bayinya hanya 2,3 kg
dan panjangnya 44 cm
makanya kemarin pas minta pulang kata dokternya tunggu berat badan bayinya normal
apalagi air ketubannya pecah dulu sebelum saatnya
makanya takutnya ntar terjadi infeksi apa gthu katanya dokter

trus ada trik lain g om buat memperlancar ASI  :-/ :-/ :-/