Penulis Topik: Sharing cara merawat bayi  (Dibaca 31304 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #15 pada: November 21, 2008, 03:48:21 pm »
babynya saudara saya
duu dia suka banget ASI
tapi setelah di ajari minum susu kaleng
malah g me tuch ma ASI ibunya  :(


kalo si ibu kerja
masih ada cara lain..
ASI-nya diperas pas malem hari atau pagi hari sebelum kerja, taruh di freezer untuk persediaan bayi selama ibunya kerja..
sesampai di rumah dinenenin lagi si bayi..
gitu terus tiap hari..
emang repot, tapi insya Allah manfaatnya luar biasa buat si bayi..

Gpp ta om
g takut basi  :-/ :-/

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #16 pada: November 21, 2008, 04:17:44 pm »
Gpp ta om
g takut basi  :-/ :-/
ngga kok..
khan beku ditaruh di freezer..
kalo mau dipake dicairin dulu..
masih kuat kalo cuma nginep semalem di kulkas

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #17 pada: November 21, 2008, 04:34:20 pm »
Gpp ta om
g takut basi  :-/ :-/

ASI punya daya tahan sampe 2 tahun minggu di freezer.
-googling sendiri dulu ya. aku lupa lagi linknya-
« Edit Terakhir: November 21, 2008, 04:51:10 pm oleh sai »

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #18 pada: November 21, 2008, 04:44:51 pm »
makasih om atas infonya kalo ntar q bingung lagi aq tanya² lagi
jangan bosen ya om kalo q tanya terus  ;)) ;)) ;))

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #19 pada: November 21, 2008, 04:46:56 pm »
Gpp ta om
g takut basi  :-/ :-/

ASI punya daya tahan sampe 2 tahun di freezer.
-googling sendiri dulu ya. aku lupa lagi linknya-

tapi om q dapet ini
Kutip
Berapa lama ASI tahan disimpan di freezer? Sebaiknya ASI tak ditaruh di freezer, karena waktu dihangatkan ada beberapa kandungannya yang menurun kualitasnya.
di ambil dari http://www.ibuhamil.com/topik_isi.php?forum_id=forum_pascahamil&id=368&limit=20

gmn dong ???

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #20 pada: November 21, 2008, 04:51:52 pm »
ups, salah ketik. 2 minggu, bukan 2 tahun. (gila aja 2 tahun...bayinya keburu gede :D )

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #21 pada: November 21, 2008, 04:56:42 pm »
Kutip
Berapa lama ASI tahan disimpan di freezer? Sebaiknya ASI tak ditaruh di freezer, karena waktu dihangatkan ada beberapa kandungannya yang menurun kualitasnya.
di ambil dari http://www.ibuhamil.com/topik_isi.php?forum_id=forum_pascahamil&id=368&limit=20

gmn dong ???


ada juga yang ini

ASI tahan disimpan di dalam suhu ruangan sampai 6 jam. Jika disimpan di thermos yang diberi es batu, bisa tahan hingga 24 jam. Bahkan, kalau disimpan di kulkas ketahanannya meningkat hingga 2 minggu dengan suhu kulkas yang bervariasi. Jika disimpan di frezeer yang tidak terpisah dari kulkas, dan sering dibuka, ASI tahan 3-4 bulan. Sedangkan pada freezer dengan pintu terpisah dari kulkas dan suhu bisa dijaga dengan konstan, maka ketahanan ASI mencapai 6 bulan.


http://asi.blogsome.com/2005/12/

semuanya bisa jadi benar.
IMAO, gimanapun ASI lebih baik diberikan langsung. selain lebih higienis, bisa sebagai media mempererat hubungan antara ibu-bayi.

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #22 pada: November 22, 2008, 10:57:19 am »
ada juga yang ini

ASI tahan disimpan di dalam suhu ruangan sampai 6 jam. Jika disimpan di thermos yang diberi es batu, bisa tahan hingga 24 jam. Bahkan, kalau disimpan di kulkas ketahanannya meningkat hingga 2 minggu dengan suhu kulkas yang bervariasi. Jika disimpan di frezeer yang tidak terpisah dari kulkas, dan sering dibuka, ASI tahan 3-4 bulan. Sedangkan pada freezer dengan pintu terpisah dari kulkas dan suhu bisa dijaga dengan konstan, maka ketahanan ASI mencapai 6 bulan.


http://asi.blogsome.com/2005/12/

semuanya bisa jadi benar.
IMAO, gimanapun ASI lebih baik diberikan langsung. selain lebih higienis, bisa sebagai media mempererat hubungan antara ibu-bayi.

Thanks om dah banyak membantu

moga aja ntar si baby tambah sehat
 :x :x

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #23 pada: November 24, 2008, 08:40:59 am »
Jangan dibiasain pake pampers.....
1.  mahal
2.  boros, bayi baru lahir kerjaannya pipis melulu ---> mahal :))
3.  biar ikatan batin antara si ibu & baby lebih erat. kalo sering2 ganti popok kan interaksinya jadi lebih sering (maksudnya buat nambah2 kerjaan gitu :p )

kalo pantat baby merah2, bisa dikasih cream yg khusus utk mengatasi ruamnya (eh...apa istilahnya ya? lupa nama creamnya). ada koq di toko perlengkapan baby.

kalo babynya perempuan sih rada mending.
kalo laki, nah loh....siap2 aja deh cape nyusuin ;))
(tapi malah bagus kan :) )

baby saya juga dibantu susu kaleng. tapi gak sering.
cuma kalo bundanya udah klenger gak sanggup nyusuin aja.
yg utamanya tetap dikasih ASI. si baby tetep doyan tuh.
malah kayaknya lebih doyan ASI.....rasanya lain katanya  ;))

oh ya....setau saya ASI eksklusif adalah si baby sejak dia lahir tidak pernah diberi susu kaleng sedikitpun. jadi langsung di kasih ASI, terus selama 6 bulan.
kalo itu sukses (tanpa diberi susu kaleng) kabarnya sih bakal dapat penghargaan tuh. tapi ga tau hadiahnya apa. plakat kali ya (tapi tanpa logo dudung.net :)) )

cuma....kalo emang mau ngasih ASI eksklusif, ASInya harus disiapkan dari sebelum baby lahir (maksudnya dirangsang biar keluar). coz baby saya kemarin gagal ASI eksklusif gara2 ASInya pas awal2 gak mau keluar. udah gitu telat bilang sama suster rumah sakit, si babynya udah dikasih susu kaleng duluan. pas dikasih tau, katanya, "ooo....mau ASI eksklusif ya pak? yah...tadi sudah dikasih minum duluan"  yo wis.... :D

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #24 pada: November 24, 2008, 10:29:47 am »
nambahin sedikit..
sebaiknya begitu bayi lahir langsung aja dikasih ke bundanya (bolehlah dimandiin dulu, tapi jangan lama2)
karena refleks menghisap bayi tu paling bagus sesaat setelah lahir..
apalagi dalam ASI pas awal2 setelah bayi lahir ada kandungan kolostrumnya (warnanya kekuningan) yang bagus buat ketahanan tubuh bayi..

pokoknya ASI is the best deh..

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #25 pada: November 24, 2008, 11:46:44 am »
Jangan dibiasain pake pampers.....
1.  mahal
2.  boros, bayi baru lahir kerjaannya pipis melulu ---> mahal :))
3.  biar ikatan batin antara si ibu & baby lebih erat. kalo sering2 ganti popok kan interaksinya jadi lebih sering (maksudnya buat nambah2 kerjaan gitu :p )

kalo pantat baby merah2, bisa dikasih cream yg khusus utk mengatasi ruamnya (eh...apa istilahnya ya? lupa nama creamnya). ada koq di toko perlengkapan baby.

kalo babynya perempuan sih rada mending.
kalo laki, nah loh....siap2 aja deh cape nyusuin ;))
(tapi malah bagus kan :) )

baby saya juga dibantu susu kaleng. tapi gak sering.
cuma kalo bundanya udah klenger gak sanggup nyusuin aja.
yg utamanya tetap dikasih ASI. si baby tetep doyan tuh.
malah kayaknya lebih doyan ASI.....rasanya lain katanya  ;))

oh ya....setau saya ASI eksklusif adalah si baby sejak dia lahir tidak pernah diberi susu kaleng sedikitpun. jadi langsung di kasih ASI, terus selama 6 bulan.
kalo itu sukses (tanpa diberi susu kaleng) kabarnya sih bakal dapat penghargaan tuh. tapi ga tau hadiahnya apa. plakat kali ya (tapi tanpa logo dudung.net :)) )

cuma....kalo emang mau ngasih ASI eksklusif, ASInya harus disiapkan dari sebelum baby lahir (maksudnya dirangsang biar keluar). coz baby saya kemarin gagal ASI eksklusif gara2 ASInya pas awal2 gak mau keluar. udah gitu telat bilang sama suster rumah sakit, si babynya udah dikasih susu kaleng duluan. pas dikasih tau, katanya, "ooo....mau ASI eksklusif ya pak? yah...tadi sudah dikasih minum duluan"  yo wis.... :D


carane merangsang sblm melahrkan gmn om?


Smpt dngr sch katany kalo Baby ny laki2 ktny suka minum Beda kalo babyny prmpuan

nah lo kalo gthu gmn cra ngatasiny?

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #26 pada: November 24, 2008, 11:48:06 am »
Jangan dibiasain pake pampers.....
1.  mahal
2.  boros, bayi baru lahir kerjaannya pipis melulu ---> mahal :))
3.  biar ikatan batin antara si ibu & baby lebih erat. kalo sering2 ganti popok kan interaksinya jadi lebih sering (maksudnya buat nambah2 kerjaan gitu :p )

kalo pantat baby merah2, bisa dikasih cream yg khusus utk mengatasi ruamnya (eh...apa istilahnya ya? lupa nama creamnya). ada koq di toko perlengkapan baby.

kalo babynya perempuan sih rada mending.
kalo laki, nah loh....siap2 aja deh cape nyusuin ;))
(tapi malah bagus kan :) )

baby saya juga dibantu susu kaleng. tapi gak sering.
cuma kalo bundanya udah klenger gak sanggup nyusuin aja.
yg utamanya tetap dikasih ASI. si baby tetep doyan tuh.
malah kayaknya lebih doyan ASI.....rasanya lain katanya  ;))

oh ya....setau saya ASI eksklusif adalah si baby sejak dia lahir tidak pernah diberi susu kaleng sedikitpun. jadi langsung di kasih ASI, terus selama 6 bulan.
kalo itu sukses (tanpa diberi susu kaleng) kabarnya sih bakal dapat penghargaan tuh. tapi ga tau hadiahnya apa. plakat kali ya (tapi tanpa logo dudung.net :)) )

cuma....kalo emang mau ngasih ASI eksklusif, ASInya harus disiapkan dari sebelum baby lahir (maksudnya dirangsang biar keluar). coz baby saya kemarin gagal ASI eksklusif gara2 ASInya pas awal2 gak mau keluar. udah gitu telat bilang sama suster rumah sakit, si babynya udah dikasih susu kaleng duluan. pas dikasih tau, katanya, "ooo....mau ASI eksklusif ya pak? yah...tadi sudah dikasih minum duluan"  yo wis.... :D

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #27 pada: November 24, 2008, 11:54:39 am »
carane merangsang sblm melahrkan gmn om?

Yeee....masak musti dijelasin disini....ntar aye kena pasal UU APP donk :p  :D
Coba tanya bapaknya si baby....mestinya dia paling tau tuh.... :p
(kalo gak mah kebangetan  ;)) )


Smpt dngr sch katany kalo Baby ny laki2 ktny suka minum Beda kalo babyny prmpuan

nah lo kalo gthu gmn cra ngatasiny?

Tul....bayi laki2 nyusunya kuat bgt. makanya si ibu mesti jaga fisik betul2. kalo gak bakal teler deh. Bisa seharian kerjanya nyusuuuuu aja. si ibu mati gaye deh... :p
yg penting jangan telat makan (emaknya maksudnya) karena keluar-nggaknya ASI terkandung kondisi si ibu. kalo kurang makan biasanya produksi ASI berkurang.
Oh ya....banyak2 makan daun terutama daun katuk biar ASInya lancar & bagus. tapi jangan daun jambu ya....kalo itu sih buat sakit perut.

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #28 pada: November 24, 2008, 12:00:11 pm »
pada bulan2 terakhir masa kehamilan
banyak2 makan makanan bergizi.. sayur2an terutama daun bayam atw katuk.. minum susu..
sambil berdoa supaya dikaruniai ASI yang cukup pada saat kelahiran

insya Allah pada saat dibutuhkan akan keluar sendiri, sesuai sunnatullah..  ;)

satu hal yang perlu diingat, kalo ASInya sedikit, jangan trus jadi berhenti menyusui..
justru dengan si bayi menghisap terus produksinya akan semakin banyak, insya Allah

siswoyo

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 169
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • manokwari
    • Lihat Profil
« Edit Terakhir: November 30, 2008, 11:46:21 pm oleh siswoyo »