Penulis Topik: Sharing cara merawat bayi  (Dibaca 32319 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Sharing cara merawat bayi
« pada: November 19, 2008, 11:31:36 am »
untuk yang udah pegalaman punya bayi
share disini dong gmn caranya ngerawat bayi
mklum ni anak pertama
 ;;) ;;) ;;) ;;)
sebelumnya aku ucapkan terima kasih atas harenya
maaf kalo udah ada thread ini
tolong di lock aja
 ;) ;)
« Edit Terakhir: April 27, 2010, 01:43:42 pm oleh arif budiman »

open your heart

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.224
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • .: Dunia Ini Panggung Sandiwara :.
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #1 pada: November 19, 2008, 12:34:48 pm »

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #2 pada: November 19, 2008, 12:44:09 pm »

open your heart

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.224
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • .: Dunia Ini Panggung Sandiwara :.
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #3 pada: November 19, 2008, 12:47:45 pm »
salah satunya ada di sini

http://forum.dudung.net/index.php/topic,8681.0.html

OON mode : on
ada yang bhs indonesia g om
 ;) ;)

Wah..gak punya tuh Mbak...

Intinya yang tulisan warna merah itu lho....

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #4 pada: November 19, 2008, 01:10:16 pm »
Ngerawat gimana nih?
Ngegendong, ngemandiin, ngegantiin popok, atau ngediemin kalo nangis? :D

Ini ada artikel ttg cara menggendong bayi yg benar :)

Bagaimana Gendong Bayi yang Benar?

Wajar jika seorang ibu baru masih canggung menggendong si kecil. Padahal, bayi yang baru lahir seringkali harus digendong. Pasalnya bayi yang baru lahir masih membutuhkan kehangatan seperti yang ia rasakan ketika dalam kandungan, dan menggendong serta memeluknya merupakan cara tepat untuk menggantikan semua itu.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menggendong si kecil? Tidak terlalu sulit ko, ikuti saja cara-cara berikut ini:

    * Ketika si kecil telentang di tempat tidur, sisipkan salah satu telapak tangan (biasanya tangan kiri) di punggung dan bokongnya. Kemudian sisipkan telapak tangan kanan Anda ke belakang leher dan kepalanya.
    * Angkat si kecil secara perlahan. Seluruh tubuhnya tersangga dengan baik dan kepalanya tidak akan berputar karena sudah disangga oleh tangan kanan Anda.
    * Dengan hati-hati, pindahkan kepalanya ke bagian dalam siku atau bagian dalam lengan Anda. Dalam keadaan ini, bayi merasa nyaman karena kepala, leher dan seluruh tubuhnya tersangga dengan baik.
    * Untuk memeluk bayi dan menyandarkannya ke bahu Anda, sangga leher dan kepalanya dengan tangan yang lebih bebas (tidak menyangga leher dan kepala), lalu pindahkan posisi bayi menyandar ke bahu. Sangga berat badannya dengan cara meletakkan telapak tangan di bokongnya. Jaga kepala dan lehernya yang masih lemah dengan telapak tangan yang lain.


Diambil dari http://www.ayahbunda-online.com/main/default.asp

coba aja dibuka2. Saya dulu juga nyari2 info disitu  ;)

Rifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 529
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • jln2 pgi yuk.... udara sueger bget bo'...he3x
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #5 pada: November 19, 2008, 03:03:46 pm »
cara mengendong bayi udah....
Skrg RIFA coba tambah saran-ny...
sepengetahuan RIFA....
Kebetulan RIFA ada ketikn dri bu Bidan soal maslah perawatan BAYI....

Menyusui bayi dengan :
1.posisi berbaring miring

•Ibu berbaring miring dengan nyaman.
•Letakkan satu / dua bantal di bawah kepala dan sisipkan satu bantal dibelakang punggung ibu
•Letakkan bantal lain atau lipatan selimut dibawah luntut kaki
•Baringkan bayi dengan posisi miring kearah ibu. Mulut bayi sejajar dengan puting susu
•Gunakan lengan ibu untuk mengatur posisi bayi agar tetap miring atau sisipkan gulungan selimut atau handuk dibelakang punggung bayi.
•Gunakan tangan ibu yang bebas untuk memegang yang paling dekat dengan bayi kemudian susui bayi ibu.
•Apabila ingin menyusui bayi dengan yang satunya, maka balikkan badan ibu kesisi yang satunya lagi.

2.Posisi menggendong
-Ibu duduk dengan santai dan nyaman
-Gunakan bantal atau selimut untuk menyangga punggung 2 lengan ibu
-Bila perlu gunakan penopang kaki untuk menyangga kaki ibu
-Posisi bayi miring menghadap ibu. Perut bayi menempel ke perut ibu
-Gendong bayi setinggi ibu. Bila tubuh bayi kecil, gunakan bantal sebagai ganjal.
-Letakkan kepala bayi pada siku ibu. Sangga punggung bayi dengan lengan bawah ibu. Tangan ibu memegang bokong atau paha atas bayi.
-Tangan bayi diletakkan melingkari tubuh ibu
-Pegang dengan tangan ibu yang satunya, arahkan dan masukkan puting susu ke mulut bayi

Cara menghentikan bayi yang sedang menyusu
•Selinpkan jari kelingking ibu ke sudut mulut bayi, diantara pipi dan gusi bayi
•Bayi akan beralih mengisap jari ibu
•Tekan dagu bayi untuk melepaskan dari mulut bayi

Ini tmbhan saran RIFA semoga berguna bagi ibu2 yg dh puya momongan....
Kapan ya RIFA nyusul kakak yg dh menikah n puya anak....
Ya smoga Allah cpet mengabulkan doa RIFA tuk cpet dpat jodoh n momongan....
AMIN!!!!


« Edit Terakhir: November 19, 2008, 03:10:07 pm oleh Rifa »

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #6 pada: November 20, 2008, 10:32:06 am »
kan biasanya kalo anak kecil suka beser (sering pipis) ya nah gmn tipsnya cara ngerawatnya yang baik buat kesehatan si baby

Rifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 529
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • jln2 pgi yuk.... udara sueger bget bo'...he3x
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #7 pada: November 21, 2008, 10:44:53 am »
Biasa-nya ak liht kakakku yg puya bayi....
klu dia hbis pipis (bayi), lap smpi kering area daerh yg kena air pipis
trus kasih bedak bayi...biar ga' gampang iritasi kulit si bayi-nya
***semoga bermanfaat*** >:D<

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #8 pada: November 21, 2008, 11:36:17 am »
kan biasanya kalo anak kecil suka beser (sering pipis) ya nah gmn tipsnya cara ngerawatnya yang baik buat kesehatan si baby
harus sering2 dicek popoknya.. kalo kotor dibersihkan pake kapas yang udah dicelup air, trus dilap.. saya sih ga suka pake bedak.. kalo pas basah malah jadi kotor..
kalo sampe telat ganti, kulit di bagian yang basah suka jadi melepuh merah..
kalo udah gitu diolesin lotion diaper rash aja.. atw kalo udah parah pake bepanthene (cari di apotik)

pokoknya kalo bayi nangis tu cuma ada 3 kemungkinan
1. lapar/haus: ya dikasih minum ASI
2. tidak nyaman: cek popoknya, mungkin basah/kotor.. cek apa dia kedinginan/kepanasan.. betulin posisi tidurnya, mungkin pegel dia.. atw gendong, mungkin dia merasa nyaman digendong (tapi jangan keseringan juga.. ntar jadi kebiasaan repot lo  :p )
3. sakit (kalo ini nangisnya biasanya langsung kuenceng.. ga ada proses dari pelan -> kenceng): dicek mungkin digigit serangga atw yang lainnya..

CMIIW

btw, bayinya laki2 apa perempuan?

Abi Nizma

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.850
  • Reputasi: 43
  • Jenis kelamin: Pria
  • Aku Mencintai Kedua2nya
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #9 pada: November 21, 2008, 02:39:55 pm »
satu lagi... kalo mau memakaikan bayi anda pempers, jangan keraskan kaitannya... longgarkan sedikit..karena nanti jika dikaitkan secara keras...disamping  si bayi gak nyaman.. juga biasa membentuk tubuh bagian pinggang menjadi kurang proporsional... alias nanti kalo dipakaikan celana gampang melorot.... dan bagian atas pinggang menjadi membesar.....


apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #10 pada: November 21, 2008, 02:40:17 pm »
 :-/
btw, bayinya laki2 apa perempuan?

I.Allah Perempuan (itu hasil USG)
ni belum lahir om masih ngumpulin data mengenai merawat bayi
 :D :D

oh ya boleh g kalo pas pipis di bersihinnya ma air hangat  :-/ :-/

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #11 pada: November 21, 2008, 02:41:26 pm »
satu lagi... kalo mau memakaikan bayi anda pempers, jangan keraskan kaitannya... longgarkan sedikit..karena nanti jika dikaitkan secara keras...disamping  si bayi gak nyaman.. juga biasa membentuk tubuh bagian pinggang menjadi kurang proporsional... alias nanti kalo dipakaikan celana gampang melorot.... dan bagian atas pinggang menjadi membesar.....



menurut temenq malahan jangan di biasakan pake pempers kalo pake pempers g bagus buat kulit baby katany
bener g sich  :-/ :-/ :-/
« Edit Terakhir: November 21, 2008, 02:43:49 pm oleh apriliya »

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #12 pada: November 21, 2008, 02:59:32 pm »
oh ya boleh g kalo pas pipis di bersihinnya ma air hangat  :-/ :-/
boleh aja.. malah kalo masih dibawah usia sebulan sebaiknya pake air hangat, biar ga kaget kedinginan..

yup, sebaiknya ga usah pake pamper kalo ibunya full di rumah..
pengaruhnya ke kulit bayi saya ga tau..
tapi membiasakan bayi pake pamper bikin bayi jadi adem ayem aja kalo pipis.. soalnya biarpun pipis tetap nyaman2 aja, khan ga basah..
sebaiknya pake aja popok kain trus dibungkus popok plastik (teapers)
itu membiasakan bayi merasa tidak nyaman kalo pipis di popok, jadi kedepannya lebih mudah ngajarin toilet training
CMIIW

Ooo.. masih dalam perut to dedenya.. kirain udah ditimang-timang ;D
semoga bayinya lahir dalam keadaan sehat wal'afiyat, ibunya juga dimudahkan proses kelahirannya ;)

apriliya

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.607
  • Reputasi: 34
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Sudah kutemukan dia...........
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #13 pada: November 21, 2008, 03:16:19 pm »
amin
semoga semuanya berjalan dengan lancar


oh ya si ibu kan kerja otomatis g bisa memberikan asi setiap saat
dan alternatif laen kan harus pake susu kaleng

menurut informasi yang aq dapet kalo baby dah pernah ngerasakan susu kaleng akan g mau untuk di kasih ASI

gimana solusinya agar mau tetep minum ASI dan susu Kaleng  :-/ :-/ :-/

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: share disini dong gmn caranya merawat bayi
« Jawab #14 pada: November 21, 2008, 03:30:04 pm »
oh ya si ibu kan kerja otomatis g bisa memberikan asi setiap saat
dan alternatif laen kan harus pake susu kaleng

menurut informasi yang aq dapet kalo baby dah pernah ngerasakan susu kaleng akan g mau untuk di kasih ASI

gimana solusinya agar mau tetep minum ASI dan susu Kaleng  :-/ :-/ :-/
saran saya ya mbak april..
niatkan dengan sungguh2 untuk memberikan ASI ke sang bayi.. gimanapun itu haknya dia sampai usia 2 tahun..
berdasarkan penelitian, ASI ekslusif paling bagus untuk bayi sampe usia 6 bulan

kalo si ibu kerja
masih ada cara lain..
ASI-nya diperas pas malem hari atau pagi hari sebelum kerja, taruh di freezer untuk persediaan bayi selama ibunya kerja..
sesampai di rumah dinenenin lagi si bayi..
gitu terus tiap hari..
emang repot, tapi insya Allah manfaatnya luar biasa buat si bayi..

btw, infonya dapet dari mana tu?
anak kedua saya masih rajin minum ASI tu walaupun udah ditambah susu kaleng..
kalo anak pertama saya malah ga mau minum susu kaleng sama sekali .. jadinya ya full ASI sampe usia 2 tahun