Penulis Topik: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....  (Dibaca 10915 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #30 pada: November 14, 2008, 12:45:00 pm »
Mantabbbb....  :great:  Coz saya suka bgt sambal....  :D

Btw....cabenya koq ditentukan berapa buah ya....?
Emangnya itu utk porsi berapa orang....?

Kalo saya nyambel mah berapa cabe yg ada ya dipake aja semua
Kan bisa utk makan beberapa hari :D

Jumlah cabe nya boleh sesuka hati kok... Ga patuh2 amat ama resep jg ga apa ;))

Masalah porsi nya, syifa ga tau :D tergantung porsi makan dan selera pedes nya mbah vian jg ;))

Itu ada jumlah cabenya kan cuman sbg patokan aja :D

Bs jg si masak sambel untuk beberapa hr, lumayan hemat waktu & tenaga :D

Trik nya nih, kalu mbak vian buat sambel goreng, masukin tomat nya duluan, sblm cabe. Jd ga mudah basi.
Satu lg, bs jg kok pake air jeruk nipis biar cabe nya tahan lama...bisa buat berhari hari ;))

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #31 pada: November 14, 2008, 12:49:57 pm »
@mbak ani, resep sambelnya keknya praktis amat ya,,,
Mu di coba ah,,,, :D


@jeng wulan, huehuehue....sama2 jeng......
Smg enak yach....

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #32 pada: November 14, 2008, 01:26:56 pm »
Pertanyaan buat syifa :

Kapan mau buka restoran....?
Jadi kalo dudung mau bikin acara offline kan bisa dapet harga khusus gitu....  :p

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #33 pada: November 14, 2008, 08:26:13 pm »
Pertanyaan buat syifa :

Kapan mau buka restoran....?
Jadi kalo dudung mau bikin acara offline kan bisa dapet harga khusus gitu....  :p

jawaban buat mbah vian :D

gak tau, kek nya gak minat buka usaha dibidang kuliner deh.. :D belum tau maksud nya...kadang2 aja semangat mu buka catering,,,kl lagi diskusi ma bu ayash..namun keseringan gak semangat nya kayak nya ;))

ku masak kan juga kadang2 :D kadang pas sempet dan pas ada mood...

nah, kl bikin makanan untuk acara oflen dudungerrrr....tenang aja....insyaAllah nanti kl ada acara oflen ku buatin masakan yang enak kok...   ;;) ;;)
namun untuk acara oflen kali ini (yang tgl 16 nov) muhun maaf,,emang gak bisa sejak awal :D





open your heart

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.224
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • .: Dunia Ini Panggung Sandiwara :.
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #34 pada: November 17, 2008, 10:15:46 pm »
Kalo akyu suka banget sambel, tapi sambalnya gak pake kecap...akyu kurang suka kecap...
 

alakadzam

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 88
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #35 pada: Desember 03, 2008, 03:44:07 pm »
maaf ini masuk ruangan ibu2  :D

wah yang dibahas ko resep sambal saja ya, bisa mules ini klo lauknya cuma sambal  :)

IMUT_4EVER

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #36 pada: Januari 16, 2009, 03:11:08 pm »
Sambal terasi belimbing wuluh..
Bahan :
1. Cabe merah + cabe rawit (kalau mau pedes banyakin cabe rawitnya pokoknya sesuai selera)
2. 2 siung bawang merah
3. 2 siung bawang putih
4. terasi secukupnya
5. gula 1 sendok teh
6. 3 buah belimbing wuluh (kalau ga ada belimbing wuluh bisa diganti dgn tomat)

Cara masak :
- rebus/kukus cabe, bawang merah + bawang putih dan belimbing wuluh setelah setengah matang angkat lalu tiriskan
- panggang terasi
Lalu giling semua bahan, untuk cara giling sesuai dgn selera boleh halus boleh kasar..

Cara lain :
Cabe merah, bawang merah + bawang putih + terasi + belimbing wuluh  digoreng dgn sedikit minyak goreng lalu tutup wajannya. setelah 5 menit angkat lalu masukkan dalam cobek setelah itu bisa langsung digiling trus tambahkan gula, garam dan penyedap sesukanya..

Sambal ini enak kalau dimakan dengan ikan goreng/ikan asin dan lalapan.. ;))  ;))