Penulis Topik: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....  (Dibaca 11333 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #15 pada: November 03, 2008, 03:32:52 pm »
nah, sekarang saya mu posting sambel cabe ijo ala padang.... salah satu sambel favorit saya ;)) (sapa juga yang nanyak.. ;)) )

bahan nya

cabe hijau besar
bawang merah
tomat hijau, potong-potong
terasi
garem
air jeruk nipis
minyak untuk menggoreng

cara membuat nya
1. kukus cabe hijau nya

2. setelah itu, tumbuk kasar dengan bawang merah dan garam

3. panaskan minyak goreng

4. masukan terasi, dan Cabe yang telah di tumbuk. dan juga tomat. hingga matang. (ciri2 nya aroma nya gak bikin bersin)

5. tambahkan sedikit jeruk nipis. (ada yang bilang fungsi nya biar gak gosong, ada juga yang bilang biar warna nya cerah, dan ada juga biar gak cepet basi. tiga2 nya bener keknya)


dah siap deh... kalu mu lebih pedes bisa di tambah cabe rawit.
atau kalu suka boleh juga di tambah teri medan atau ikan teri....hmmmm.....tapi kalo ditambah ikan teri, terasi nya jangan banyak2 yah ntr jadi nya terasa 'ikan' banget...

selamat mencoba ;)

andromeda

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.051
  • Reputasi: 19
  • Jenis kelamin: Pria
  • The unforgettable moment
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #16 pada: November 03, 2008, 03:35:22 pm »
Tangan siapa tuh??  >:) >:) :go:

ez_crim_maniez

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 360
  • Reputasi: 7
  • ^_^ Indahnya persahabatan...;-)
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #17 pada: November 03, 2008, 05:28:30 pm »
@mbak esti, ohya bener ya, kek gitu cara buat sambal nya....
yang cara ku sambal yang untuk sate  :"> tapi dirumah juga kadang buat kek gitu juga kok untuk makan pake tahu.

@es krim manis, sambal juga enak lho kalo pake kemiri

@ir1, resep yang ala nenek nya,,,iya secara umum memang kek gitu cara bikin sambel yang populer, tapi...bawang putih nya lebih banyak..? :-? baru tau...

@ aprilia, sambel bajak emang pake kemiri,,,cuman bener apa gak resep nya itu...perlu ku cek lagi keknya

@ calon akhwat,,, itu sambel nya gak di ulek? di iris2 aja? ;))


 :) Iya, syifa, baru tau....btw...
 :-? kangkungnya...mau dibuat ya untuk makan siang di acara dudung..;))..kaya'nya enakkk bgt...

ir1

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 341
  • Reputasi: 5
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #18 pada: November 03, 2008, 05:34:42 pm »
Wah..kangkungnya ndiri yg udah berfungsi menurunkn tekanan darah...he2 tp enak kyknx enak tuh..jd thread ni bhas smbal yg diolah ma bhan syur jg y?blh jg nich..
Btw..klo tumis kangkung sama cm pke minyak y?..enak soalna..cm bkin lemes klo tiap hari,he2

calon_akhwat

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #19 pada: November 03, 2008, 08:31:00 pm »
@ calon akhwat,,, itu sambel nya gak di ulek? di iris2 aja? ;))
iya mbak
silahkan dicoba kapan2  :D

erista

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 539
  • Reputasi: 8
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #20 pada: November 04, 2008, 09:36:01 am »
Wah nanti salah satu resep sambal dari jeng syifa ku coba yach  ;;) ;;)
aku prefer yang sambal ijo ala padang..!!! oya kalau sambal yang pecel lele itu gimna yach!!!! soalnya pernah bikin tp rasanya koq beda yach.. :(( :((
nech bumbunya :

cabai merah+cabai rawit
bawang merah+putih
terasi
tomat
sebelum diuleg di goreng dulu dengan api kecil terus tambahin garam+micin.

kira2 masih ada yang kurang gak yach??? :-? :-?

ir1

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 341
  • Reputasi: 5
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #21 pada: November 04, 2008, 03:42:59 pm »
Smbl pcel le2 bda tmpt bda rasa. Ada 2 tmpt yg mirip rasanya..n enak bgt..bkin pngin tmbh smbelny. Dr rasany keliatan klo g pke terasi. Trus ''tomat'' jgn  digoreng..coz yg bkin seger smbelny si tomat itu/lgsg diuleg..micin jg agak bnyk tu yg bkin ketaghn

Gidza

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.042
  • Reputasi: 20
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Menanti senja...Untuk sebuah Rindu ^^
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #22 pada: November 04, 2008, 06:30:20 pm »
Insya Allah bsok Cobain resepY mbak Asyifa yang Sambel ijo ala padang Dech.. :)

Tp klau Dikasih Lbih Banyakan Cabe RawitY g Pa2 Kan?

Suka Pedas SoalY..Hehe

Sekalian Di rmh aDa Persediaan Teri too....

Hmm..Byangin Ja dah....Laperrrrrrrrrr.... ;)) ;))


khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #23 pada: November 07, 2008, 11:39:04 am »
@andromeda, lho bukannya waktu itu situ ikut bantuin ngerebus kangkung nya ;))

@jeng wulan,,,,,suka juga sambel cabe ijo tho...
resep sambel pecel lele aku gak tau jeng,,,tapi kira2 kek punya erista gitu deh,,, kenapa rasa nya kurang enak nya.. mungkin komposisi bahan2 nya kurang tepat jeng...

tak cuba bantu kasi komposisi nya deh ya...coba aja dulu.. gak tau enak apa gak ;))

bahan :
cabe merah keriting 8 buah (buang tangkai nya)
cabe rawit 4 buah
tomat merah yang mateng 1 buah
bawang merah 4-5 siung
bawang putih 3 siung
terasi 1/2 sendok makan
kemiri 2 butir (disangrai)
garam

cara buat :
ampir sama ama punya jeng wulan, cuman kemiri nya di sangrai. semua bumbu di goreng dulu,, trus di ulek bareng2 ama kemiri dan garam nya ya jeng...

selamat mencuba ya... semoga enak...  :great:


@gidza, selamat mencoba juga..
kalu suka pedes boleh juga ditambah cabe rawit,,,, trus kl cabe ijo nya gak di kukus dulu juga gpp sih... cuman nanti pas di goreng nya emang bau nya jadi kek mu bersin gitu.. ;))
gidza, nanti kl dah jadi cuba, lapor disini ya..





khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #24 pada: November 12, 2008, 02:45:37 pm »
nah... lanjut ya... :D

dari hasil i-net, syifa nemuin beberapa resep sambel terasi..kek nya semua enak...di posting aja deh semua nya ya :D

resep 1

bahan2
5 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
½ sendok teh terasi bakar
1 buahTomat
1 buah Bawang Bombay, belah 4-5
1 sendok makan gula merah
garam
Minyak goreng

cara membuat : goreng semua bahan kecuali terasi, garam dan bawang merah. lalu di ulek bersama dgn semua bahan.

resep 2

bahan2 :
•   3.Cabe merah (iris).
•   4 siung b.merah(iris).
•   4.b.putih(iris).
•   1 tomat kecil.
•   1 sdt terasi.
•   setengah gandum gula merah.
•   garam secukupnya.
•   Jeruk limo,peras(kl ada).

•   cara bikin nya :
 Goreng terasi di atas api sedang,dgn menggunakan minyak yg sedikit-selama 2 detik(jgn lama2 ngegoreng terasinya).
•   Goreng tomat (dgn proses yg sama seperti terasi),sampai sedikit layu.
•   Goreng cabe,b.putih,b.merah sampai sedikit layu(dgn proses yg sama).
•   Ulek semua bahan.


....info lagi nih...: kenapa kalu bikin sambel terasi, terasi nya kudu di bakar ? ...menurut yang pernah ku liat di acara nostalgia kuliner nusantara nya kecap bango,,, terasi dibakar agar aroma nya itu keluar sehingga mengundang selera makan :D jadi lebih sedap gitu deh

ya udah..selamat mencoba  ;)

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #25 pada: November 12, 2008, 05:17:56 pm »
sambal colo-colo atau dabu-dabu (khas sulawesi)

sambal ini khusus untuk ikan bakar pasti makyusss...
bahan dan cara pembuatannya yang praktis anak kost jg cocok jg seperti aku yg males masak hheheh

bahan: tomat, cabe rawit merah ato hijau, bawang merah, garam, jeruk nipis, gula pasir

cara pembuatannya:  cabe n bawang merah di potong-potong halus, trus potongan tomat+garam   secukupnya n yang terpenting adalah jeruk nipis, gula pasir jg biar lebih gurih hmmmm, yang suka manis biasanya ditambah kecap...sebuanya dicampur trus udah deh langsung di makan

hmmm selamat mencoba...sambel ini dijamin seger ya iyalah karena semuanya mentah ga ada acara masak memasak jd sangat praktislah :D




khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #26 pada: November 13, 2008, 09:42:06 am »
Sambal Tuk Tuk :
Bahan :
200 gr ikan jambal, bakar lalu memarkan
50 gr tekokak
10 mata petai, belah 2
1 sdm air jeruk nipis
2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
10 buah cabai merah
8 butir bawang merah
½ st garam

Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan tekokak dan petai. Aduk sampai layu. Tambahkan ikan asin dan air jeruk nipis. Aduk-aduk.
2. Masak sampai bumbu meresap lalu angkat.


Sambal Lado Mudo :
Bahan :
14 buah cabai hijau, dipotong-potong
10 buah bawang merah
2 buah tomat hijau, dipotong-potong
1 sdt garam
¼ sdt air jeruk nipis
3 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
1. Kukus cabai hijau, bawang merah, dan tomat selam 5 menit. Angkat lalu tumbuk kasar.
2. Panaskan minyak goreng lalu tumis sampai layu. Tambahkan garam dan air jeruk nipis. Masak sampai matang dan harum.


 Sambal Terasi :

Cara I :
Bahan :
8 buah cabai rawit, direbus
5 buah cabai merah, direbus
1 sdt terasi, dibakar
¼ sdt garam

Cara Membuat :
Ulek semua bahan sampai lembut. Masukkan ke dalam mangkok lalu sajikan.

Cara II :
Bahan :
2 buah cabai rawit
6 buah cabai merah
1 sdt terasi, dibakar
3 buah bawang merah
1 buah tomat
1 sdt gula pasir
½ sdt garam
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak goreng lalu masukkan cabai merah, terasi, rawit, bawang merah dan tomat, masak sampai layu. Angkat.
2. Ulek semua bahan yang digoreng tadi bersama garam dan gula pasir.

Cara III :
Bahan :
6 buah cabai merah
1 sdt terasi, dibakar
8 buah bawang merah
1 siung bawang putih
2 sdt gula merah
1 sdt garam
2 butir kemiri

Cara Membuat :
1. Panaskan 1 sdm minyak goreng, tumis semua bahan sambal (kecuali gula merah dan garam) hingga layu, angkat. Taruh dalam cobek, ulek bersama gula merah dan garam hingga halus.


Sambal Bajak :
Bahan :
10 buah cabai merah
1 sdt terasi
2 butir bawang merah
1 buah tomat
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, dimemarkan
2 lembar daun salam
1 sdm air asam jawa
½ sdt garam
2 sdt gula merah
5 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
1. Haluskan bawang merah, cabai, terasi dan tomat.
2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, serai, daun salam, lengkuas, air asam jawa, garam, dan gula.
3. Masak sampai air mengering.


 Sambal Bawang:Bahan :
15 butir bawang merah, diiris halus
25 gr gula merah
1 sdm air asam jawa
2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
3 buah cabai merah
3 butir bawang merah
4 butir kemiri sangrai
½ sdt garam

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan bawang merah, gula merah dan air asam, aduk rata. Masak hingga sambal matang.

 Sambal Matang:Bahan :
12 buah cabai merah
2 sdm bawang merah
1 sdm bawang putih
2 sdm gula pasir
½ sdt garam
1 sdt kecap ikan
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Haluskan semua bahan sambal. Panaskan minyak goreng. Tumis sambal di atas api sedang hingga harum dan matang. Angkat dan sajikan..


 Sambal Rawit I :
Bahan :
15 buah cabai rawit
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
½ sdt garam

Cara Membuat :
1. Rebus cabai rawit, bawang merah dan bawang putih sampai layu.
2. Haluskan semua bahan yang direbus bersama kemiri sangrai lalu tambahkan garam.


 Sambal Rawit II :Bahan :
50 gr cabai rawit merah, rebus sebentar, angkat
¼ sdt garam
¼ sdt gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
50 ml air

Cara Membuat :
1. Rebus cabai rawit, bawang merah dan bawang putih sampai layu.
2. Haluskan semua bahan yang direbus bersama kemiri sangrai lalu tambahkan garam.

Sambal Kemiri :
Bahan :
5 buah cabai rawit merah
3 buah cabai merang
6 butir kemiri
3 siung bawang putih
1 cm kencur
½ sdt garam

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak dalam wajan, goreng sebentar cabai rawit, cabai merah, kemiri, bawang putih dan kencur hingga layu. Angkat.
2. Haluskan semua bahan, sajikan


khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #27 pada: November 13, 2008, 09:51:28 am »
Sambal Bajak
 
Bahan yang dihaluskan
5 buah cabe merah
10 buah cabe rawit
2 buah tomat
4 siung bawang putih
1 sdm gula merah
garam secukupnya
2 sdt terasi

Bahan lain
10 cm serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
2 sdm air asam (2 sdm asam diseduh dg 2 sdm air dan diremas2, ambil airnya)
50 ml air
2 siung bawang merah, iris tipis
3 sdm olive oil untuk menumis

Cara membuat
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah sampe harum
2. Masukkan bahan halus, serai, lengkuas, salam, aduk sampe wangi
3. Masukkan air asam dan air, aduk sape susut dengan api kecil
4. Masukkan garam, aduk, angkat

Catatan
Sambal Bajak atau Badjak ini berasal dari Jawa Tengah. Sajikan bersama Ayam Goreng dan Lalapan


Sambal Bawang
 
Bahan yang di haluskan
10 siung bawang merah
10 siung bawang putih
500 gr cabe merah

Bahan yang di haluskan
100 ml olive oil
1 sdt garam

Cara membuat
1. Panaskan minyak, masukkan bahan yang dihaluskan, aduk2 sampai sambal berwarna matang dan minyak cabe keluar
2. Masukkan garam, aduk, angkat
 

Sambal Blender
 
Bahan
2 cup cabe rawit, cuci, buang batang
10 buah tomat merah matang, potong2
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 sdm terasi
gula pasir
garam
100 ml olive oil

Cara membuat
1. Blender cabe, tomat, terasi, bawang putih, bawang merah sampai hancur (terserah selera)
2. Panaskan minyak, tumis sambal sampai susut sambil diaduk2 sesekali dengan panas sedang, masukkan gula dan garam, koreksi rasa

Catatan
Kalo ada sambal ulek, kenapa gak ada sambal blender?
So far (sampai oct 24, 08), belum pernah baca di internet resep sambal blender, jadi ini pertama ya, heheh.. joke...

Sambal Cabe Rawit

Bahan
250 gr cabe rawit, merah semua atau hijau semua
1/2 sdt garam
3 siung bawang putih
air kaldu secukupnya
2 sdm sambal pedas botolan, sambal lampung ABC is good, kalau cabe rawit merah semua gak perlu sambal botolan ini

Cara membuat
1. Kukus cabe rawit dan bawang putih, haluskan
2. Campur dengan garam, sambal botolan (optional) dan tuangi air kaldu sesuai selera kekentalan sambalnya, aduk rata
3. Siap disajikan

Catatan
Sajikan bersama Bakso, Mie Ayam Bandung, Sayur Kare, Soto Bandung, dan lain2.

Sambal Kecap

Bahan
100 gr cabe rawit, iris tipis, tumbuk kasar
1 cm jahe, memarkan
5 sdm kecap manis
1 sdm air matang

Proses
1. Campur semua bahan, aduk2 dan tekan2, sajikan

Catatan
Sajikan bersama: telur dadar atau tahu goreng
 
Sambal Kerang

Bahan
500 gr kerang yang sudah direbus matang dan empuk
1 cm jahe, memarkan
3 siung bawang putih, iris tipis
3 siung bawang merah, iris tipis
2 lembar daun jeruk, remas2
250 gr cabe merah, haluskan atau 3 sdm sambal olelek
10 cm serai dimemarkan
50 ml olive oil
sedikit garam

Proses
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih sampai harum
2. Masukkan cabe, aduk sampai berubah warna lebih gelap
3. Masukkan kerang, jahe, daun jeruk, dan serai, aduk, biarkan sampai air kerang keluar dan susut kembali, sesekali diaduk
4. Masukkan garam, aduk sebentar, angkat

Sambal Tempe

Bahan
250 gr tempe, tumbuk
cabe rawit sebanyak2nya :D, tumbuk
1 cm jahe, keprek
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
4 siung bawang putih, rajang kecil2
4 siung bawang merah, rajang kecil2
150 ml olive oil

Proses
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih sampai harum
2. Masukkan sisa bahan, aduk2 sampai tempe matang, biasanya berubah warna kecoklatan

Catatan
Makan bersama nasi hanyat, enyak :D
 
Sambal Terasi
 
Bahan
2 buah cabe merah
4 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1/2 buah tomat merah
garam secukupnya
1 sdt terasi matang
2 lembar daun jeruk nipis, iris halus
olive oil untuk menggoreng

Cara membuat
1. Goreng semua bahan 1/2 matang kecuali daun jeruk dan terasi
2. Haluskan semua bahan, sajikan

Catatan
Sajikan bersama Ayam Goreng, tempe goreng dan Lalapan

Sambal Tomat
 
Bahan
1 kg tomat merah matang, potong2
1 sdt terasi matang
garam seperlunya
1 sdm gula merah
50 ml air
4 siung bawang merah, iris
3 sdm olive oil

Bumbu yang dihaluskan
3 siung bawang putih
3 buah cabe merah, tambah untuk lebih pedas

Cara membuat
1. Tumis bawang merah sampe harum
2. Masukkan bumbu halus dan tomat, aduk sampe tomat hancur
3. Masukkan garam, gula, dan terasi, aduk terus sampe susut dengan api sedang
4. Sajikan


resep berasal dari : http://www.keseharian.com/dapur/sambal.html

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #28 pada: November 13, 2008, 11:13:29 am »
Mantabbbb....  :great:  Coz saya suka bgt sambal....  :D

Btw....cabenya koq ditentukan berapa buah ya....?
Emangnya itu utk porsi berapa orang....?

Kalo saya nyambel mah berapa cabe yg ada ya dipake aja semua
Kan bisa utk makan beberapa hari :D

erista

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 539
  • Reputasi: 8
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Belajar Masak Part 3 : Sambel nikmat ala dudungers....
« Jawab #29 pada: November 14, 2008, 10:44:48 am »

Kalo saya nyambel mah berapa cabe yg ada ya dipake aja semua
Kan bisa utk makan beberapa hari :D

 :-O :-O gak salah om cabe-na di pake semua?? kalau ada sekilo berarti di bikin sambel semua gitu?? ampyun deh..!!! ;;) ;;)
lagian jg kalau disimpan berhari2 memang masih enak rasanya??? :p :p usia sambel kan 2 hari kaliie..!!!

@TS thnx ya link-nya, aku contek lho... ada beberapa menu masakan yang sudah ku print out..!! ;)  ;)