Polling

kenapa di board puisi jarang yg comment??

g ngerti tentang puisi
4 (30.8%)
puisi hanya bisa dinikmati
4 (30.8%)
Lainnya
5 (38.5%)

Total Pemilih: 12

Penulis Topik: Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi  (Dibaca 18647 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

RoSa ^_^

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 8
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Assalamualaikum..... ^_^
    • Lihat Profil
Re: Penasaran: knp board puisi jarang comment?
« Jawab #30 pada: Januari 13, 2009, 09:41:24 am »
bikin puisi itu

gunakan perasaan, bayangkan dengan pikiran, saring dengan hati, rangkai kata dengan menjiwai, tterakhir ketik dan tekan tulis....................

siap dech!!! udah di upload kan ;D


yupzzzz,, nulis puisi harus pake perasaan,, gak bisa cuma langsung nulis asal....

 :)

Adiatma

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 284
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Quarterback
    • Lihat Profil
    • Case Solvers
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #31 pada: Februari 21, 2009, 08:25:00 pm »
Kenapa jarang dikomen?

Karena orang akan nulis puisi di sini klo dia lagi pengen curhat, in other word, lagi punya masalah.

Klo org lagi punya mslh apa dia sempet melihat mslh org lain? ini mslh prtama.

Klo udh g punya mslh tentu gak da yg perlu dicurhatin. So, ngapain buka forum puisi klo g da yg mw dcurhatin? ini yg kdua.

Terkadang ada juga org mw komen. Tp apa komen itu 100% akan dilht sm org lain? ini yg ketiga.

Solusinya supaya puisi2 dsini full komen, gmna klo member yg posting 5 komen dhadiahi 1 rep?
Dgn bgtu org akan rame2 ngereply.

Areyou

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 708
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • Lihat Mata Saya.....BERUBAH..!!!
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #32 pada: Maret 11, 2009, 09:53:45 am »
Terima kasih udah Di Sticky Game Puisinya :D


Puisi bersambung itu bertujuan untuk menyatukan para Dudunger lewat Puisi (Uhuuiii..... )  :p :p :p

chika

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.928
  • Reputasi: 18
  • Jenis kelamin: Wanita
  • mencari jalan pulang
    • Lihat Profil
    • chikarei
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #33 pada: Maret 13, 2009, 08:43:29 am »
 :cool: yup
keren banget itu....

hanyta

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.384
  • Reputasi: 14
  • Jenis kelamin: Wanita
  • smile ^_^
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #34 pada: Maret 13, 2009, 03:55:31 pm »
Terima kasih udah Di Sticky Game Puisinya :D


Puisi bersambung itu bertujuan untuk menyatukan para Dudunger lewat Puisi (Uhuuiii..... )  :p :p :p
bukan itu aja...kadang ungkapan perasaan...g asal nulis... [-X
hehehe...lebih mirip curhat tapi dengan kata2 indah :p

Areyou

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 708
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • Lihat Mata Saya.....BERUBAH..!!!
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #35 pada: Maret 14, 2009, 01:21:45 am »
:cool: yup
keren banget itu....


atur nuhun.... Duh jadi malu saya  :"> :">


Terima kasih udah Di Sticky Game Puisinya :D


Puisi bersambung itu bertujuan untuk menyatukan para Dudunger lewat Puisi (Uhuuiii..... )  :p :p :p
bukan itu aja...kadang ungkapan perasaan...g asal nulis... [-X
hehehe...lebih mirip curhat tapi dengan kata2 indah :p

Hmmm.... Gitu ya, curhat dengan kata2 indah :-? :-? :-? :-?

Bisa jg sih....  ;)) ;))

chika

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.928
  • Reputasi: 18
  • Jenis kelamin: Wanita
  • mencari jalan pulang
    • Lihat Profil
    • chikarei
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #36 pada: Maret 14, 2009, 10:07:49 am »
yuppy,,
chika ngeliat,, puisi bersambung itu
ungkapan perasaan yang spontan
yang bener2 lagi dirasain...
 ;)) bisa ketauan tuh isi hatinya.,.. :))

subzero

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.268
  • Reputasi: 15
  • Jenis kelamin: Pria
  • - kaki kita -
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #37 pada: Mei 07, 2009, 03:19:25 pm »
spontan y?  :-?

iye juga siy
g pake mikir..langsung nulis aja nyambungin yang ada

Sf_Efend

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.464
  • Reputasi: 15
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #38 pada: Mei 07, 2009, 05:01:00 pm »
daku ...
terkadang menulkis berdasarkan suasana hati ..
terkadang juga dari imajinasi ..

hasilnya beda jauh tuh ...

prince

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 252
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • http://reinvandiritto.blogspot.com kunjungi yach!
    • Lihat Profil
    • Bait-Bait Hujan
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #39 pada: Mei 08, 2009, 05:23:01 pm »
kenapa penyair menulis puisi tentang senja dan sunyi
saat rakyat kurang gizi dan terancam kena flu babi?

d_stupid

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 47
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • menghancurkan tirani nafsu
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #40 pada: Juli 30, 2009, 01:57:24 pm »
puisi mah gambaran curhatan hati yang tak bisa di ungkapkan menggunakan kata2 biasa
 :x :x :x

penggambaran ekspresi suasana cuaca jiwa..
tapi.... cukup sekian aja deh ;D ;D ;D ;D

akila

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 79
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • biarkan jiwa meluap lewat kata
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #41 pada: September 11, 2009, 09:12:43 pm »
kenapa penyair menulis puisi tentang senja dan sunyi
saat rakyat kurang gizi dan terancam kena flu babi?

mungkin kurang inspirasi dari situasi
atau kurang membumi..

ma2aurora

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 130
  • Reputasi: 2
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #42 pada: September 21, 2009, 05:01:43 am »
puisi itu sebuah inspirasi yang kadang muncul dan pergi gitu aja. saat dalam keadaan apapun dia bisa ada dalam benak kita. memang ketika puisi itu ada bisa bermacam kata muncul kadang tidak beraturan, pada saat itulah kita ingin menulis, menumpahkan semua yang ada di dalam otak kita ke buku, or apapun yang bisa menyimpan memori itu, untuk koment puisi juga penting untuk koreksi puisi sang penyair apakah punya nilai seni yang lebih atau pas2an biar bisa berkarya lebih baik lagi. untuk itu jangan cuma bisa melihat nya aja, sekali2 mengkoment puisi siapapun itu penting, agar sang penulis bisa lebih kreatif dalam menulis puisinya.

lalatbuah

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 50
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • drosophila
    • Lihat Profil
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #43 pada: September 28, 2009, 07:47:39 am »
Puisi itu lebih jujur dibanding dg orasi yg berbalut selaksa fakta, yg keluar dr mulut org2 yg ingin dirinya dinilai penting. Namun tdk dg para penyair, dia mewakili kata hatinya, dan kita bisa menilai org spt apakah adanya ia. Seorang yg mudah bkeluh kesah, ataukah seorang pejuang yg pantang menyerah menjemput takdir!!!

prince

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 252
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • http://reinvandiritto.blogspot.com kunjungi yach!
    • Lihat Profil
    • Bait-Bait Hujan
Re:Tempat Komen & Ngobrol Segala Hal yang Menyangkut Puisi
« Jawab #44 pada: September 28, 2009, 04:59:58 pm »
kebetulan lagi buat makalah tentang puisi
nih tak kutipin dikit

Shahnon Ahmad (dalam Pradopo, 1993:6) mengumpulkan definisi puisi yang pada umumnya dikemukakan oleh para penyair romantik Inggris sebagai berikut.
(1)       Samuel Taylor Coleridge mengemukakan puisi itu adalah kata-kata yang terindah dalam susunan terindah. Penyair memilih kata-kata yang setepatnya dan disusun secara sebaik-baiknya, misalnya seimbang, simetris, antara satu unsur dengan unsur lain sangat erat berhubungannya, dan sebagainya.
(2)   Carlyle mengatakan bahwa puisi merupakan pemikiran yang bersifat musikal. Penyair menciptakan puisi itu memikirkan bunyi-bunyi yang merdu seperti musik dalam puisinya, kata-kata disusun begitu rupa hingga yang menonjol adalah rangkaian bunyinya yang merdu seperti musik, yaitu dengan mempergunakan orkestra bunyi.
(3)       Wordsworth mempunyai gagasan bahwa puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkakan atau diangankan. Adapun Auden mengemukakan bahwa puisi itu lebih merupakan pernyataan perasaan yang bercampur-baur.
(4)      Dunton berpendapat bahwa sebenarnya puisi itu merupakan pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama. Misalnya, dengan kiasan, dengan citra-citra, dan disusun secara artistik (misalnya selaras, simetris, pemilihan kata-katanya tepat, dan sebagainya), dan bahasanya penuh perasaan, serta berirama seperti musik (pergantian bunyi kata-katanya berturu-turut secara teratur).
(5)      Shelley mengemukakan bahwa puisi adalah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup. Misalnya saja peristiwa-peristiwa yang sangat mengesankan dan menimbulkan keharuan yang kuat seperti kebahagiaan, kegembiraan yang memuncak, percintaan, bahkan kesedihan karena kematian orang yang sangat dicintai. Semuanya merupakan detik-detik yang paling indah untuk direkam.