Penulis Topik: Fakta-fakta seputar Indonesia  (Dibaca 15061 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #15 pada: September 20, 2006, 10:35:44 am »
Ana sepakat bahwa serunting kasar.
kenapa?
karena dikatakan posting Q_h@rzst adalah kejelekan, padahal ada point ke 10 yang menyangkut kota sekarang saya tinggali, yang intinya itu sebuah kejelekan. padahal bagi kami warga banjarmasin itu merupakan kata serapan yang akhirnya bagai menjadi bahasa daerah. ANA TERSINGGUNG JIKA DIKATAKAN ITU KEJELEKAN!!!
« Edit Terakhir: September 20, 2006, 11:04:48 am oleh faritz »

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #16 pada: September 20, 2006, 12:13:09 pm »
Koq jadi berantem beneran...?
Udah dech... Ga usah dimasukin ke hati. Apalagi bentar lagi bulan puasa.
Damai, ok...???  :great:

Herera

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.701
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #17 pada: September 20, 2006, 01:14:31 pm »
Siip... Damai itu indah karena kita semua adalah saudara
 :angel:

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #18 pada: September 20, 2006, 01:18:40 pm »
So, What??? Knapa mesti heran...?

HELL-TOBAT

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.215
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Another Day.....Another Way.....Another Spirit
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #19 pada: September 20, 2006, 09:15:28 pm »
bang sholeh
ane request
postingan Q ada yg di remove kan
tolong yg quote kata2nya juga di edit
kan sama aja kl yg itu di remove tapi yg ini masih di quote juga
saran aja kang
af1
sukron
 :D

Q_h@rzst

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 142
  • Reputasi: 1
  • No Compromize...!
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #20 pada: September 21, 2006, 11:49:48 am »
kok justru saya yang disoroti......Mengapa sebaliknya tidak terjadi pada diri Serunting....?

Heran... #:-S

dinie_bgt

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #21 pada: September 21, 2006, 11:53:44 am »
kok justru saya yang disoroti......Mengapa sebaliknya tidak terjadi pada diri Serunting....?

Heran... #:-S

Ya ga kamu doank kaleeee... yg disorot...
Pokoknya intinya... masing2 introspeksi diri aja dan saling memaafkan... Okeh... :->-

Q_h@rzst

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 142
  • Reputasi: 1
  • No Compromize...!
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #22 pada: September 21, 2006, 12:01:21 pm »
weleh-weleh.........

Confusing.......Everybody's...
ok...just want 2 say...........kalo ada yang keberatan dengan postingan saya, atau mungkin ada yang salah dengan postingan itu, sikapi dengan 'jantan' dunk, bukannya malah menghina.....(personally to Serunting, whoever u are)

Sucks

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #23 pada: September 21, 2006, 12:05:52 pm »
Sudahlah Mas... Gak usah diperpanjang.
Anggap aja ini ujian supaya antum jadi lebih sabar. Kalo memang antum merasa teraniaya karena hinaan, yakinlah 4JJI gak buta & gak tuli. Kalo antum sabar, insya 4JJI akan ada kebaikan yg antum dapat dari kesabaran itu. Ok...???

Mohon (buat semua) gak usah diperpanjang. Sebentar lagi bulan puasa. Cobalah jaga hati & pikiran...

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #24 pada: September 21, 2006, 12:07:43 pm »
weleh-weleh.........

Confusing.......Everybody's...
ok...just want 2 say...........kalo ada yang keberatan dengan postingan saya, atau mungkin ada yang salah dengan postingan itu, sikapi dengan 'jantan' dunk, bukannya malah menghina.....(personally to Serunting, whoever u are)

Sucks
eits!!!
hidup di dunia ini bersifat dinamis bro!!
jadi ga ada masalah yg ga bisa di selesaikan!!
kan cara menyelesaikan masalah itu ga cuma satu (otot)
ada banyak macam cara menyelesaikan masalah! :)

@ Q_H@rzst katanya mau chat with me? koq ga pernah online? :)

dinie_bgt

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #25 pada: September 21, 2006, 12:14:33 pm »
Sudahlah Mas... Gak usah diperpanjang.
Anggap aja ini ujian supaya antum jadi lebih sabar. Kalo memang antum merasa teraniaya karena hinaan, yakinlah 4JJI gak buta & gak tuli. Kalo antum sabar, insya 4JJI akan ada kebaikan yg antum dapat dari kesabaran itu. Ok...???

Mohon (buat semua) gak usah diperpanjang. Sebentar lagi bulan puasa. Cobalah jaga hati & pikiran...

SETUJUUU...
MOHON MAAF KALO Q_h@rzst dan yg lain ada yg tersinggung dengan kata2ku... :)
LOVE U ALL... :x

Q_h@rzst

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 142
  • Reputasi: 1
  • No Compromize...!
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #26 pada: September 21, 2006, 12:21:42 pm »
Saya bukan orang Jawa....so, please jangan manggil Mas...otreee  ;D :))

I'm orang Sulawesi..... ;;)

Ok, Sorry kalo selama ini dan maybe kali lain postingan saya telah dan masih akan bikin 'gerah'.....But really i'm no such a 'Preman' 4 the words i've said....

Got a temporal relieve now.... B-)

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #27 pada: September 21, 2006, 12:34:57 pm »
Ok....Siip....  :great:
Masalah selesai...  =D>

(kalo orang sulawesi, manggilnya apa donk...?)

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #28 pada: September 21, 2006, 12:42:22 pm »
Weleh weleh kok marah marah.... :))

Sebenernya aku juga gak seneng ama tulisanmu itu tau...!!!

Liat postinganmu yg point satu, itu yang paling bikin aku kesel.
Dan komentar ku itu terutama ditujukan untuk point satu tersebut.

Nyadar ga sih postingan yg point satu itu kayak gimana....

Kamu nyeritain aib orang lain tau!!! AIB.
Sekalipun itu fakta, tapi siapa yg bilang kalo itu bukan aib. Coba bayangkan kalo nama2 yg kamu tulis itu adik kamu, kakak kamu, atau ibu kamu. Gimana perasaan kamu??? Marah kah??? Atau kamu hanya senyum sambil munum kopi dan bersikap cuek and bilang nyantai adja bro....
Ga gitu khan....

Om, nama nama yg kamu tulis itu diantaranya adalah nama mulismah, saudarimu sendiri!!! (itupun kalo kamu masih menganggap dirimu muslim)
Tapi bwat ku, aku masih menganggap setiap orang yang mengakui Allah adalah tuhannya dan Muhammad adalah RasulNya tidak mengingkari sholat sebagai kewajiban. Sy masih anggap mereka adalah saudara, meskipun aku gak kenal mereka. tapi aku tau mereka muslimah.

Sekarang sekali lagi sy nanya apa perasaanmu jika saudaramu disebar2kan?
Atau bagaimana jika aibmu sendiri juga disebarkan??? Ga suka khan??? Bersyukurlah kamu, karna sampe detik ini orang2 (termasuk aku) masih menghormati kamu, masih menghargai kamu karna Allah masih menutup aib kamu, masih menutup kejelekan kamu.

Q_h@rzst
Cukuplah disebut ghibah itu dengan menceritakan sesuatu yg tidak disenangi oleh orang yg sedang diceritakan.

Ghibah itu haram kawan.
“Apakah ghibah itu?” Tanya seorang sahabat pada Rasulullah SAW. “Ghibah adalah memberitahu kejelekan orang lain!” jawab Rasul. “Kalau keadaaannya memang benar?” Tanya sahabat lagi. “ Jika benar itulah ghibah, jika tidak benar itulah dusta!” tegas Rasulullah. Percakapan tersebut diambil dari HR Abu Hurairah.

Dalam Al Qur’an (QS 49:12), orang yang suka menggibah diibaratkan seperti memakan bangkai saudaranya sendiri.

" Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hujurat: 12)

 Jabir bin Abdullah ra. Meriwayatkan “ Ketika kami bersama Rasulullah SAW. Tiba-tiba tercium bau busuk yang menyengat seperti bau bangkai maka Rasul pun bersabda, “Tahukah kalian, bau apakah ini? Inilah bau dari orang-orang yang meng-ghibah orang lain”. (HR Ahmad)

Dalam hadits lain dikisahkan bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Pada malam Isra’ mi’raj, aku melewati suatu kaum yang berkuku tajam yang terbuat dari tembaga. Mereka mencabik-cabik wajah dan dada mereka sendiri. Lalu aku bertanya pada Jibril” Siapa merka?” Jibril menjawab, “Mereka itu suka memakan daging manusia, suka membicarakan dan menjelekkan orang lain, mereka inilah orang-orang yang gemar akan ghibah!” (dari Abu Daud yang berasal dari Anas bin Malik ra).

Begitulah Allah mengibaratkan orang yang suka menggibah dengan perumpamaan yang sangat buruk untuk menjelaskan kepada manusia, betapa buruknya tindakan ghibah.

Setiap orang mempunyai harga diri yang harus dihormati. Membuat malu seseorang adalah perbuatan dosa. “Tiada seseorang yang menutupi cacat seseorang di dunia, melainkan kelak di hari kiamat Allah pasti akan menutupi cacatnya” (HR. Muslim).

Jadi liat siapa yang kassar...
Allah sendiri mengumpamakan Ghibah dengan perumpamaan yang sangat sangat jelek sekali....
IBarat orang yg sedang makan Bangke'
Allah dan Rasulnya kasar kah??? kalau kamu berpendapat demikian, maka kita memang berlawanan...

Sekarang sy tanya... apa yg kamu lakukan jika kamu liat orang lain makan bangke depan mata kamu. Dan memamerkannya, menunjukkannya dihadapan umum???

OK kau boleh bilang itu fakta...

fakta yg kamu tulis kalau benar berarti ghibah,..seperti orang yang memakan bangkai...
Kalaupun yg kamu tulis itu salah, Kamu telah melakukan perbuatan yang lebih kejam dari pembunuhan....fitnah!!!

4All,... melihat kejadian seperti itu dihapan mata kalian, apa yg akan kalian lakukan?
Apa yg akan kalian lakukan jika melihat seseorang sedang memakan bangkai saudaranya sendiri?? Apa yg akan kalian lakukan jika kalian melihat orang melakukan perbuatan yg lebih jahat dari pembunuhan???

sy rasa akan banyak yg ngerti kenapa sy ngasih reply kayak gitu ke Q-h@rzst


Indeed, memang ada ghibah yg diperbolehkan, antara lain:

Imam Nawawi dalam kitab Syarah Shahih Muslim dan Riyadhu As-Shalihin, menyatakan bahwa ghibah hanya diperbolehkan untuk tujuan syara' yaitu yang disebabkan oleh enam hal, yaitu:

1. Orang yang mazhlum (teraniaya) boleh menceritakan dan mengadukan kezaliman orang yang menzhaliminya kepada seorang penguasa atau hakim atau kepada orang yang berwenang memutuskan suatu perkara dalam rangka menuntut haknya.

2. Meminta bantuan untuk menyingkirkan kemungkaran dan agar orang yang berbuat maksiat kembali ke jalan yang benar.

3. Istifta' (meminta fatwa) akan sesuatu hal.
Walaupun kita diperbolehkan menceritakan keburukan seseorang untuk meminta fatwa, untuk lebih berhati-hati, ada baiknya kita hanya menyebutkan keburukan orang lain sesuai yang ingin kita adukan, tidak menceritakan siapa pelakunya.

4. Memperingatkan kaum muslimin dari beberapa kejahatan seperti:

a. Apabila ada perawi hadist, saksi, atau pengarang yang cacat sifat atau kelakuannya.

b. Apabila kita melihat seseorang membeli barang yang cacat atau membeli budak (untuk masa sekarang bisa dianalogikan dengan mencari seorang pembantu rumah tangga) yang pencuri, peminum, dan sejenisnya, sedangkan si pembelinya tidak mengetahui. Ini dilakukan untuk memberi nasihat atau mencegah kejahatan terhadap saudara kita, bukan untuk menyakiti salah satu pihak.

c. Apabila kita melihat seorang penuntut ilmu agama belajar kepada seseorang yang fasik atau ahli bid'ah dan kita khawatir terhadap bahaya yang akan menimpanya.

6. Bila seseorang telah dikenal dengan julukan si pincang, si pendek, si bisu, si buta, atau sebagainya, maka kita boleh memanggilnya dengan julukan di atas agar orang lain langsung mengerti. Tetapi sekali lagi jika tujuannya untuk menghina, maka haram hukumnya. Jika ia mempunyai nama lain yang lebih baik, maka lebih baik memanggilnya dengan nama lain tersebut.

Nah, postingan mu itu, point pertama, gak ada pengecualinnya menurutku.

aku ga akan minta maaf ke kamu, atas postinganku di thread ini sebelum kamu edit postinganmu sendiri...

serunting

Q_h@rzst

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 142
  • Reputasi: 1
  • No Compromize...!
    • Lihat Profil
Re: Fakta-fakta seputar Indonesia
« Jawab #29 pada: September 21, 2006, 12:46:49 pm »
panggil nama ajalah....