Penulis Topik: nuzuLuL Qur'an, 17 atau 24 Ramadhan?  (Dibaca 1980 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
nuzuLuL Qur'an, 17 atau 24 Ramadhan?
« pada: September 18, 2008, 04:18:28 am »
mengutip dari tuLisan Ahmad Itqan aL-Himam eL-Rantau :

surat aL-anfaaL ayat 41, ALLAH berfirman :
...jika kamu beriman kepada ALLAH dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba kami(Muhammad) pada hari furqan, di hari bertemunya dua pasukan.

apakah daLam ayat tsb terdapat angka yg pasti seperti 17? jawabannya tidak. Angka ini muncuL seteLah ada penetapan oLeh Ibnu Ishak, seorang ahLi sejarah dg mengutip ayat ini (aL-anfaaL ayat 41). beLiau berpendapat bahwa maLam nuzuL aL-Qur’an jatuh pd maLam tgL 17 Ramadhan dg dasar bahwa hari bertemunya 2 pasukan (musLim dan musyrik) yaitu pada perang Badar di tahun kedua Hijriyah di buLan Ramadhan, dan hari furqan (pembeda) adaLah hari diturunkannya aL-Qur’an (yg nama Lainnya juga adaLah aL-furqan).

Jadi berdasarkan ayat ini, ALLAH menurunkan aL-Qur’an pada hari bertemunya 2 pasukan, yaitu pada maLam tanggaL 17 Ramadhan. seLain itu daLam tafsirnya, Thabari meriwayatkan dengan sanadnya dari Hasan bin aLi berkata : "maLam Furqan adaLah hari bertemunya 2 pasukan pada tanggaL 17 Ramadhan", aL-QasthaLani daLam mensyarahi hadits Bukhari teLah meriwayatkan perbedaan para uLama daLam menentukan maLam tsb.

Namun terdapat beberapa uLama yg menyanggah pendapat Ibnu Ishaq ini, saLah satunya adaLah Imam aL-Zurqani daLam kitabnya ManaahiL aL-‘irfan, menurut beLiau yg dimaksud dg kaLimat “apa yg Kami turunkan pada hari Furqan“ itu adaLah wahyu, maLaikat, dan kemenangan.

Ada sebuah Hadits yg dinukiL oLeh Imam aL-Suyuthi daLam kitabnya Jami’ aL-Shaghir yg diriwayatkan oLeh Imam Ahmad bin HanbaL, Imam aL-Thabrani, Imam Ibn Mardawaih dan Imam Baihaqi. Menurut Imam aL-Suyuthi, hadits ini berkuaLitas Hasan, di mana hadits hasan statusnya hampir sama dg hadits Shahih sehingga bisa dijadikan hujjah. Hadits itu mempunyai arti kurang Lebih sbb : “Naskah-naskah Ibrahim diturunkan pada maLam pertama buLan Ramadhan. Taurat diturunkan pada tanggaL 6 buLan Ramadhan. InjiL diturunkan pada tanggaL 13 buLan Ramadhan. Zabur diturunkan pada tanggaL 18 buLan Ramadhan. Dan aL-Qur’an diturunkan pada tanggaL 24 buLan Ramadhan.

Dari hadits diatas jeLas bahwa aL-Qur’an diturunkan pada tanggaL 24 Ramadhan dan bukan 17 Ramadhan.


referensi : tuLisan ahmad itqan aL-himam eL-rantau

jadi gimana? :-??
« Edit Terakhir: September 18, 2008, 04:23:45 am oleh BINGUNG !!! »

fahmie ahmad

  • Pengunjung
Re: nuzuLuL Qur'an, 17 atau 24 Ramadhan?
« Jawab #1 pada: September 18, 2008, 07:44:32 am »
pagi mas naruse,,, :D

masalahnya berbeda mas..yang ibnu 'abbas itu untuk turunnya qur'an ke langit dunia ( turunnya qur'an yang kedua ).

begitu,,, I-|
« Edit Terakhir: September 18, 2008, 07:46:36 am oleh fahmie ahmad »