Penulis Topik: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???  (Dibaca 7243 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

open your heart

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.224
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • .: Dunia Ini Panggung Sandiwara :.
    • Lihat Profil
Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« pada: September 11, 2008, 01:51:32 pm »
kemaren liat di RCTI sekitar jam 12 lewat....

diperkirakan bahwa islam sudah ada di indonesia sejak zaman Rasulullah masih hidup dan islam disaat itu belum mewajibkan shalat 5 waktu....

islam mulai masuk di daerah pesisir Barat Pulau Sumatera itu bernama Barus atau yang juga disebut Fansur. Kampung kecil ini merupakan sebuah kampung kuno yang berada di antara kota Singkil dan
Sibolga, sekitar 414 kilometer selatan Medan.

truss kemaren tuh ditunjukkan juga sebuah makam tua....yang diyakini sebagai salah satu sahabat Rasulullah yang menyebar agama islam di Barus.....

tapi aku lupa euy nama sahabat Rasulullah tersebut...padahal ada di sebutkan di RCTI kemaren....

ada yang tau lebih dalam gak tentang ini???

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #1 pada: September 11, 2008, 08:14:41 pm »
menurut berbagai kuliah sejarah yang kuikuti selama 4 tahun ini,  ;D ;D
memang berdasarkan bukti fisik keberadaan Islam di Indonesia baru terdeteksi sekitar abad 11 dengan bukti jirat makam seorang wanita bernama Fatimah Binti Maimun di Leran Gresik, akan tetapi satu hal yang pasti bahwa Islam masuk ke Indonesia jauh sebelum waktu itu melalui pedagang-pedagang dari Gujarat dan kemungkinan bukan Arab (mengenai alasannya, celakanya aku lupa  ;D ;D ntar kulihat catatan kuliahku dulu).
sementara keberadaan kampung Islam di Sumatra, (Barus atau Fansur) menurut sumber yang lain juga dijadikan salah satu patokan pertama kali Islam masuk ke Indonesia. kemungkinan itu diperkuatr dengan keberadaan salah satu ulama yang cukup terkenal bernama Hamzah Fansuri, yang menurut beberapa sumber kedudukannya sebagai penyebar Islam di sumatra sama dengan Wali Songo di Jawa.

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #2 pada: September 11, 2008, 10:22:00 pm »
kLu yg sya denger, isLam disebarkan oLeh pedagang2 dari china :-??

ataka hana

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 21
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • ---super saiya---
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #3 pada: September 18, 2008, 09:39:23 pm »
Kapan islam masuk ke indonesia tentunya dapat dicari dari kapan kerajan islam aceh lahir. Sebab mulai dari kerajaan aceh yg di sumatra itulah islam mulai tersebar ke seluruh nusantara.

mrwoohoo

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 198
  • Reputasi: 2
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #4 pada: Oktober 07, 2008, 10:44:23 am »
kemaren liat di RCTI sekitar jam 12 lewat....

diperkirakan bahwa islam sudah ada di indonesia sejak zaman Rasulullah masih hidup dan islam disaat itu belum mewajibkan shalat 5 waktu....

islam mulai masuk di daerah pesisir Barat Pulau Sumatera itu bernama Barus atau yang juga disebut Fansur. Kampung kecil ini merupakan sebuah kampung kuno yang berada di antara kota Singkil dan
Sibolga, sekitar 414 kilometer selatan Medan.

truss kemaren tuh ditunjukkan juga sebuah makam tua....yang diyakini sebagai salah satu sahabat Rasulullah yang menyebar agama islam di Barus.....

tapi aku lupa euy nama sahabat Rasulullah tersebut...padahal ada di sebutkan di RCTI kemaren....

ada yang tau lebih dalam gak tentang ini???
mungkin aja sih
tapi kayaknya malah orang kitanya yang jalan ke arab trus jadi islam bukan islamnya dibawa kesini
taun segitu orang arab masih nguplek dipadang pasir tapi orang indonesia udah kemana mana

Rizki Amalia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.002
  • Reputasi: 29
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #5 pada: Oktober 07, 2008, 06:58:51 pm »
Td ktemu artikel di majalah Sabili no. 9 th. X 2003, Sejarah Emas Muslim Indonesia. Artikelnya sbnarnya panjang, maaf skrang cma bisa ngutip sedikit,,

Kutip
Dalam kitab sejarah cina yg berjudul Chiu T'hang Shu disebutkan [Cina] pernah mendapat kunjungan diplomatik dari orang-orang Ta Shih, sebutan untuk orang arab, pada tahun 651 M atau 31 H. Empat tahun kemudian, dinasti yang sama kedatangan duta yang dikirim oleh Tan mi mo ni'. Tan mi mo ni' adalah sebutan untuk Amiruk Mukminin.
Dalam catatan tersebut, duta Tan mi mo ni' menyebutkan bahwa mereka telah mendirikan Daulah Islamiyah dan sudah tiga kali berganti kepemimpinan. Artinya, duta Muslim tersebut datang pada masa kepemimpinan Utsman bin Affan.
Biasanya, para pengembara Arab ini tak hanya berlayar sampai di Cima saja,tapi jtga terus menjelajah sampai di Timur Jauh, termasuk Indonesia.
[...]
Tentu saja, tak hanya ke negeri Cina perjalanan dilakukan. Beberapa catatan menyebutkan duta-duta muslim juga mengunjungi Zabaj atau Sribuza atau yang lebih kita kenal dengan kerajaan Sriwijaya. Hal ini sangat bisa diterima karena zaman itu adalah masa-masa keemasan Kerajaan Sriwijaya. Tidak ada satu ekspedisi yang akan menuju ke Cina tanpa melewati terlebih dulu ke Sriwijaya.

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #6 pada: Oktober 07, 2008, 07:03:57 pm »
emmang bener bahwa Orang Arab sudah melakukan perjalanan ke Sriwijaya (mereka menyebutnya Zabai atau Zabag) dan ada beberapa perkampungan muslim kecil di wilayah Sriwijaya, hanya saja yang masih jadi perdebatan dimanakah pusat pemerintahan utama kerajaan Sriwijaya, karena ada yang menyebutnya di Jambi, Palembang bahkan malaka

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #7 pada: Oktober 07, 2008, 09:22:29 pm »
emmang bener bahwa Orang Arab sudah melakukan perjalanan ke Sriwijaya (mereka menyebutnya Zabai atau Zabag) dan ada beberapa perkampungan muslim kecil di wilayah Sriwijaya, hanya saja yang masih jadi perdebatan dimanakah pusat pemerintahan utama kerajaan Sriwijaya, karena ada yang menyebutnya di Jambi, Palembang bahkan malaka

Wew...
Kalau ibukota Srivijaya berada di palembang atau Jambi, aku sudah pernah dengar, tapi kalo ada teori mengatakan ibukota Srivijaya di Malaka baru tau nih.

BUkankah malaka itu jadi ibukota untuk kerajaan melayu, dan itupun berpindah pindah jadi bulan bulanan portugis setelah portugis datang?

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #8 pada: Oktober 07, 2008, 09:45:14 pm »
beberapa bukti mengarah ke wilayah di semenanjung malaya, terutama keberadaan prasasti di wilayah semenanjung malaka. ada teori yang mengatakan pusat pemerintahan berada di wilayah semenanjung malaya dan perdagangan ada di wilayah Sumatra terutama di Hulu Sungai Musi. munculnya kontrofersi ibu kota ini karena belum ditemukannya bukti fisik tentang keberadaan pasti istana kerajaan Sriwijaya. soal Malaka yang diobrak-abrik portugis itu juga benar, namun malaka sudah menjadi wilayah kerajaan Islam dan nantinya pada abad 17 Malaka direbud oleh Belanda.

muhammad daud

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #9 pada: Juli 03, 2009, 02:24:48 pm »
dalam seminar budaya di aceh ditahun 70an tentang masuk dan berkembangnya islam diindonesia pada abad ke5 dan langsung dari arab seminar ini membantah pendapat oreantalis yang mengatakan islam masuk keindonesia pada abat 13 dan dibawa dari india setelah terjadi kontaminasi dengan kebudayaan hindu.
hal ini berdasarkan manuskrip asli indonesia yang berbentuk hikayat dan manuskrip kuno cina.
dalah suatu kesempatan hamka mengatakan bukti bahwa dunia arab telah mengenal nusantara pada masa praislam adalah surat al-insan ayat 5 berbunyi kata "kafur" menurut hamka kata kafur itu adalah kapur barus yang berasal dari barus(fansur)sumatra. (ALLAHUALAM)

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #10 pada: Juli 03, 2009, 03:10:25 pm »
Kapan islam masuk ke indonesia tentunya dapat dicari dari kapan kerajan islam aceh lahir. Sebab mulai dari kerajaan aceh yg di sumatra itulah islam mulai tersebar ke seluruh nusantara.

Islam masuk Ke indonesia g bisa dikaitkan dengan berdirinya kerajaan mas....

yang banyak dijadikan bukti adalah batu nisan Fatimah binti maimun di Leran gresik.....

ada juga yang berpendapat islam masuk ke Indonesia pada masa yazid bin muawiyah......

ada juga yang beranggapan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada masa khalifah usman bin affan kayaknya yang ini dipegang oleh Ahmad Mansur suryanegara..

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re:Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #11 pada: Juli 03, 2009, 03:13:12 pm »
dalam seminar budaya di aceh ditahun 70an tentang masuk dan berkembangnya islam diindonesia pada abad ke5 dan langsung dari arab seminar ini membantah pendapat oreantalis yang mengatakan islam masuk keindonesia pada abat 13 dan dibawa dari india setelah terjadi kontaminasi dengan kebudayaan hindu.
hal ini berdasarkan manuskrip asli indonesia yang berbentuk hikayat dan manuskrip kuno cina.
dalah suatu kesempatan hamka mengatakan bukti bahwa dunia arab telah mengenal nusantara pada masa praislam adalah surat al-insan ayat 5 berbunyi kata "kafur" menurut hamka kata kafur itu adalah kapur barus yang berasal dari barus(fansur)sumatra. (ALLAHUALAM)


konon juga kapur barus digunakan sebagai salah satu bahan pengawet jenazah para fir'aun artinya daerah barus udah terkenal sejak dulu...... ini saya baca di buku sejarah khusus yang menceritakan tentang prov sumatera utara

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #12 pada: Juli 03, 2009, 03:14:09 pm »
beberapa bukti mengarah ke wilayah di semenanjung malaya, terutama keberadaan prasasti di wilayah semenanjung malaka. ada teori yang mengatakan pusat pemerintahan berada di wilayah semenanjung malaya dan perdagangan ada di wilayah Sumatra terutama di Hulu Sungai Musi. munculnya kontrofersi ibu kota ini karena belum ditemukannya bukti fisik tentang keberadaan pasti istana kerajaan Sriwijaya. soal Malaka yang diobrak-abrik portugis itu juga benar, namun malaka sudah menjadi wilayah kerajaan Islam dan nantinya pada abad 17 Malaka direbud oleh Belanda.

termasuk patung budha yang ada di jambi menjadi bukti ??

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #13 pada: Juli 04, 2009, 09:39:07 am »
ada sumber Belanda yang mengatakan dengan pasti bahwa Islam memang sudah masuk sejak abad 8 masehi (sama dengan awal perkembangan Islam di zaman Nabi) hanya saja saat itu belum terbentuk sebuah negara Islam, hanya sebuah komunitas kecil Islam di sekitar pesisir timur Sumatra

oki_toink

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.635
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kapan sebenarnya Islam masuk ke Indonesia ???
« Jawab #14 pada: Juli 04, 2009, 09:48:35 am »
kLu yg sya denger, isLam disebarkan oLeh pedagang2 dari china :-??
bukannya dari india? tepatnya gujarat india