Penulis Topik: Thaifan Po Khan Tsufuk  (Dibaca 54821 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #15 pada: September 12, 2008, 02:40:16 pm »
yang masih asli adanya dicina.... :D

Muhammad_Alfatih_2

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 158
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #16 pada: September 14, 2008, 10:56:54 am »
yang masih asli adanya dicina.... :D

 :-B yg ana tau katanya ada tiga aliran di indoneisa:

1.thifan po khan yang masih asli

2.thifan aliran tsufuk

3.thifan PTI

mana yg bener tuh?

kemaren ana dah telpon contac yg ada diwebsite nya kok pada bisa ya?

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #17 pada: September 14, 2008, 05:35:44 pm »
^^^

jawabannya yang bener adalah....ga ada yang salah, bedanya cuma metode aja....yang satu metode lama, yang satu metode baru, yang ketiga metode baru lagi... yang tsufuk yag metode baru....

Muhammad_Alfatih_2

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 158
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #18 pada: September 17, 2008, 05:20:12 pm »
^^^

jawabannya yang bener adalah....ga ada yang salah, bedanya cuma metode aja....yang satu metode lama, yang satu metode baru, yang ketiga metode baru lagi... yang tsufuk yag metode baru....

memang masing2 metodenya seperti apa?

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #19 pada: September 18, 2008, 02:19:28 pm »
Kalo metode asli thifan pokhan: syarat masuknya adalah kalangan bangsawan (khan), memiliki pemahaman agama, hapalan qur'an dan hadist dalam jumlah tertentu. Konon katanya harus hafidz Qur'an dan hapal 1000 hadits. Terdiri dari 12 tingkatan, 6 tingkat dasar dan 6 berikutnya tingkat pendekar. Metode latihannya 4 s.d 6 jam per hari dibagi 2 pagi dan sore. Tempat latihannya seperti kuil shaolin/pesantren dimana tamid bukan hanya melatih fisik tetapi ilmu agama dan lain2 pun tdk kalah penting utk diajarkan. Di lanah/tmp latian itu tentu terdapat semua jenis senjata2 dlm thifan paling ga ada 12 jenis. Metode latiannya ada yg sparring di tepi tebing , di tepi laut dan di atas tonggak. Kemudian berjalan jauh 100 mil, panjat tebing, latian membaca jejak, dll. Krn tamid2 (murid) dr golongan mampu tentunya ga masalah donk tiap hbs latian potong kambing alias makanan dan gizi terjamin. Lulusan dari thifan akan menjadi laksamana atau panglima perang. Tentunya mereka belajar kitab strategi perang shenzo, tebal2 16 jilid. Isinya tentang strategi pengaturan pasukan, dll. Di kitab itu teknologinya baru sampai senjata meriam ledak. Seorang guru pd saat itu adalah orang yang sudah pernah memimpin pertempuran dalam jumlah tertentu konon katanya jika sudah memenangkan 1000 pertempuran.

nah itulah thifan pokhan yang asli ....


Kalo metode sblm tsufuk lahir, pengalaman dr senior2 yg pernah merasakannya :
pertama latiannya cukup keras. Terkadang tahun pertama ga dikasih jurus cuma latian fisik dulu. metodenya msh 12 tingkat. latian seminggu sekali, lama latian sekitar 4 jam. 2 jam pertama adalah senam yg terdiri dr bbrp bagian. Yang masih eksis itu seragam yang warna biru dan yang warna putih lembayung seperti kulit telur asin. Yang lain mungkin masih ada.

Tahun 90-an kepemimpinan thifan diserahkan ke ust habib oleh ust marzedek (ketua sebelumnya). Berbagai lanah thifan dan taesyukhan berafiliasi ke sini. Kemudian lahirlah thifan pokhan lanah tsufuk utk menandakan thifan yg asli/galur murni dari ust marzedek dgn yg lain yg mengaku2 thifan pada saat itu dan ini adalah usulan ust marzedek sendiri. Kemudian, utk menandai bhw ini cabang/afliasi di indonesia dan bukan mengaku sebagai afiliasi seluruh thifan pokhan yang ada di dunia yg mungkin berbeda.

Kemudian ust habib mengubah metode latian sehingga lebih cocok utk orang sekarang, orang yg bekerja, mahasiswa dan org yang masih beraktifitas lainnya. Fokusnya adalah pada jurus /teknik. lama latian menjadi 2 jam tapi bisa 2x seminggu ditambah PR di rumah. Latian fisik dikurangi, pushup, skot jump dihapus. Salto, baling2, lompat harimau tidak dianjurkan utk orang dewasa. senam dibuat lebih ringan. Tingkatan diubah menjadi metode BAB. Bab 1 : khusus jurus2 pukulan, Bab 2: tendangan s.d Bab 5. Setelah itu masuk senjata.

Walaupun metodenya lebih ringan, tetap aja bbrp org mengatakan masih berat. Bbrp org tdk sabar misal latian Bab 1 : mukuuuul terus sampe setahun. Sekitar tahun 2002 lahir tahap tsenkay sebagai pendahuluan seluruh bab yg berisi jurus2 thifan dari bab1 sampai akhir. Jadi blj daftar isi dulu :D

kalo di tsufuk seragam latiannya warna merah dengan strip hijau. Lambangnya tulisan dan gambar tsufuk.

Beberapa yg tidak setuju dengan perubahan itu keluar dan kembali pada metode lama. Pada tahun 2005 bbrp orang di tsufuk mendirikan PTI dengan tujuan utk mengayomi seluruh aliran thifan. Akan tetapi PTI sendiri akhirnya menjadi aliran baru. Setau ane metodenya masih metode Bab dengan bbrp perubahan. Lama latian dibuat paket 4 tahun selesai dan sang tamid bisa mendirikan lanah baru. Seragamnya spt tsufuk namun warna merah diganti hijau dan stripnya hitam.

nah .... sekarang yang penting semuanya tetap menjaga ukhuwah islamiyah dan fastaa bikul khoiraat ... terserah bagi antum-antum cocoknya dimana.



Muhammad_Alfatih_2

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 158
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #20 pada: September 18, 2008, 07:09:46 pm »
taesyukhan ini aliran apa ya?

afwan maklum masih awam nie :D


ataka hana

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 21
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • ---super saiya---
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #21 pada: September 18, 2008, 08:52:26 pm »
ikut nimbrung ...  :)

ni ada info ttg negri asal thifan saya copas dari thread lain :

Pemerintah China Tidak Toleransi: Melarang Kaum Muslim Beribadah di Bulan Ramadhan

Syabab.Com - Pemerintah China baru-baru ini telah melarangan pelaksanaa sholat tarawih secara berjamaah bagi warga Muslim XInjiang China. Sebuah larangan yang tak berlasan mecerminkan sikap tidak toleransi China terhadap penganut Muslim di negeri tersebut. Alasan yang mengada-ada, Pemerintah China melarang muslim Uighur melaksanakan ibadah Shalat Tarawih secara berjamaah, karena khawatir akan menimbulkan ketegangan dan merusak keharmonisan hubungan sosial.

Larangan itu disampaikan Pemerintah China sejak Jum’at (5/9) lalu. Dalam pernyataannya seperti dikutip situs pemerintah China, Pemerintahan China beralasan pelarangan itu untuk mencegah para pemeluk agama tertentu mengadakan perkumpulan dalam skala besar yang berpotensi memanaskan keadaan, kata pemerintah China seperti dilansir oleh AFP baru-baru ini.

Di beberapa daerah di Xinjiang, Pemerintah lokal juga melarang wanita muslimah memakai cadar dan para laki-laki muslim menggenakan kain sorban.

Memasang iklan atau pengumuman-pengumuman mengenai bulan suci Ramadhan di tempat-tempat publik juga ikut dilarang di beberapa daerah di Xinjiang, termasuk mengedarkan rekaman video, menyiarkan rekaman Al Quran dengan loudspeker dan penggunaan beduk atau drum khusus dalam festival menyambut Ramadhan juga ikut dilarang.

Menanggapi perlakukan pemerintah China tersebut, Jubir Konggres Uighur Internasional Dilxat Raxit, mengatakan bahwa larangan-larangan yang diterapkan pemerintah China terhadap muslim Uighur hanya akan meningkatkan tensi ketegangan pada kaum muslim di Xinjiang.

"Ini pelanggaran serius yang menodai hak asasi manusia untuk memiliki suatu keyakinan tertentu," kata Raxit di pengasingannya di Jerman. Di sisi lain, menurutt Raxit, pelarangann itu hanya akan berbuah semakin memperuncing konflik di Xinjiang.

Muslim Uighur adalah kelompok minoritas muslim di wilayah Xinjiang China bagian Barat Daya. Jumlah mereka sekitar 8 juta jiwa. Sejak tahun 1955, Xinjiang memiliki otonomiii sendiri, namun kawasan ini terus menerus menjadi target pengawasan aparat keamanan China.

Bagi pemerintah China, kawasan ini memiliki posisi yang sangat strategis karena lokasinya yang terletak dekat dengan Asia Tengah, kawasan yang menjadi sumber cadangan gas dan minyak.

Kesadaran masyarakat Xinjiang kian hari semakin tinggi terhadap Islam. Beberapa gerakan Islam juga aktif di kawasan tersebut. Beberapa waktu lalu beberapa gerakan Islam dilarang di negeri tersebut. Bahkan pihak pemerintah China pun melakukan propaganda melalui spanduk-spanduk mereka.

Pelarangan yang dilakukan oleh pemerintah China hanya semakin menunjukkan bagaiaman ketidaktoleransian pemerintah tersebut terhadap penganut Muslim. Ini juga menunjukkan ketakutan mendalam pemerintah China terhadap pengaruh Islam yang semakin tinggi di kawasan tersebut.

Kebiasaan upaya pelarangan terhadap aktivitas kaum Muslim ini sebenarnya menunjukkan kekalahan intelektual negeri China menghadapi para pengemban dakwah di negeri tersebut. Seperti biasa, bila dengan debat sudah tidak sanggup dihadapi, maka pelarangan paksa mereka coba lakukan untuk menghentikan pertumbuhan Islam di kawasan tersebut. [m/si/syabab.com]

open your heart

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.224
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • .: Dunia Ini Panggung Sandiwara :.
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #22 pada: September 18, 2008, 11:24:03 pm »
@atasku
 
Hmmm...trus hubungannya dengan thread ini apa dunks??

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #23 pada: September 19, 2008, 12:43:51 pm »
kalo itu nie kurang tau.... yang pasti masih serumpun ama thifan, daerah asalnya deketan. :D

dudu

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 5
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #24 pada: September 19, 2008, 02:41:57 pm »
jadi inget cerita temen dulu di kampus
banyak yang pada latian thifan
tapi begitu pertama kali latian, langsung pada mundur.
gimana engga, pertama latian dah disuruh turgul :p
pada benjut/memar deh.

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #25 pada: September 19, 2008, 05:32:43 pm »
^^wakakaka .. terapi kejut kali.
mestinya sih bertahap berlatih jurus dulu trus latihan berpasangan setelah itu baru turgul.

open your heart

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.224
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • .: Dunia Ini Panggung Sandiwara :.
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #26 pada: September 19, 2008, 05:57:36 pm »
Turgul apaan seh???

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #27 pada: September 19, 2008, 07:28:01 pm »
turgul itu sparring  :D

di Thifan itu ada jurus akhwatnya. kalo di Tsufuk namanya Putri Gading. ini gambarnya :



jurus2nya beda dan khusus utk akhwat. Kalo diliat sih pukulannya sedikit yg berbentuk tinju, kebanyakan bentuknya tangan terbuka, cakar, dll. Gerakannya lebih lembut gemulai. Latian biasanya dalam ruangan. Suasananya dijaga agar islami.  ;)
« Edit Terakhir: September 19, 2008, 07:37:50 pm oleh annathayakeishka »

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #28 pada: September 22, 2008, 12:20:34 pm »
Kalo yang ini untuk ikhwannya

thifan ceria


Muhammad_Alfatih_2

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 158
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Thaifan Po Khan Tsufuk
« Jawab #29 pada: September 25, 2008, 12:31:08 pm »

seragam merah ntu aliran tsufuk ya?