Penulis Topik: Cermat Sebelum Membeli Anthurium  (Dibaca 6907 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Cermat Sebelum Membeli Anthurium
« pada: Agustus 08, 2008, 01:08:19 am »
Cermat Sebelum Membeli Anthurium

Pesona Anthurium di Indonesia membuat tanaman ini memiliki banyak penggemar. Tak sedikit yang berburu ke luar negeri seperti Thailand untuk sekedar mendapatkan tanaman yang satu ini atau bahkan mengeluarkan uang hingga ratusan juta untuk membeli Anthurium jenis tertentu.

Anthurium memang meiliki banyak ragam, jenis dan nama populer, selain nama-nama lokal denganukuran yang juga beragam. Ada Anthurium indukan, Anthurium golok pedang, Anthurium tomabk, atau bahkan Anthurium ular kobra.

Bagi anda yang baru akan membeli atau memeliohara Anthurium. ada beberapa hal yang baiknya dicermati, antara lain :

   1. Karena tanaman Anthurium memiliki banyak jenis dengan ukuran yang juga beragam, ada baiknya jika anda terlebih dahulu menentukan ukuran Anthurium  yang akan dibeli dengan menyesuaikan ukuran tempat dan lahan dirumah. Jika rumah anda memiliki lahan yang sempit, jangan membeli Anthurium indukan yang posturnya cenderung tinggi besar.

   2. Belilah tanaman yang sehat. Takkan ada gunanya jika anda membeli tanaman hanya berdasarkan jenis Anthurium yang sedang menjadi trend tapi kondisi tanaman tersebut tidak sehat. Masalah nama popular juga tidak bisa jadi patokan yang pasti karena seringkali beberapa kalangan menyebut Anthurium golok dengan sebutan Anthurium pedang, atau tombak.

   3. Jika anda termasuk sabar dalam mengurus tanaman, merawat Anthurium sejak dari bibit sampai menjadi tanaman yang sedap dilihat, mungkinmerupakan bagian dari seni yang bisa memberikan hiburan dan kesenangan. Namun jika sebaliknya, beli sja tanaman dewasa yang tumbuh subur, kuat dan bisa langsung dipajang.

   4. Karena harganya yang cukup mahal, beli Anthurium hanya ditempat yang sudah anda percaya kualitasnya. Pastikan juga sipenjual akan memberikan bimbingan bagaimana cara merawat dan memberi pupuknya.

Sumber : Harian Kompas, Jumat 2 Mei 2008

ataka hana

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 21
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • ---super saiya---
    • Lihat Profil
Re: Cermat Sebelum Membeli Anthurium
« Jawab #1 pada: September 18, 2008, 08:15:11 pm »
Anthurium itu pesonanya di mana kok org2 pada suka ... dan mahal ...
dia itu tdk berbunga kan ?

dhiya

  • Moderators
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re:Cermat Sebelum Membeli Anthurium
« Jawab #2 pada: Januari 15, 2009, 10:02:49 pm »
tidak semua yang berbunga itu indah...

buktinya bunga riba hukumnya Haram.. :)

dhiya lebih seneng sama tumbuhan yang hanya memiliki daun..walo dengan bunga pun memang lebih indah..

ummulhidayah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 817
  • Reputasi: 8
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Alhamdulillah luar biasa Allohu akbar
    • Lihat Profil
    • www.ummulhidayah.wordpress.com
Re: Cermat Sebelum Membeli Anthurium
« Jawab #3 pada: Maret 02, 2009, 03:40:45 pm »
Anthurium itu pesonanya di mana kok org2 pada suka ... dan mahal ...
dia itu tdk berbunga kan ?

pesonanya ada pada yang ciptain dia.... Daunnya selain indah, kokoh, namun juga anggun.. tangkainya yang juga kuat... bentuknya yang subhanAlloh... akarnya kuat... perawatannya gampan... mulaidari penyemprotan dan pemupukannya juga...

Areyou

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 708
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • Lihat Mata Saya.....BERUBAH..!!!
    • Lihat Profil
Re:Cermat Sebelum Membeli Anthurium
« Jawab #4 pada: Maret 17, 2009, 01:34:21 pm »
Anturium itu daunnya "setia".  ;)) ;)) Dari lahir ampe gede ya itu terus daunnya...

Ini katanya lho yak. Monggo dikoreksi kalo` areyou salah

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re:
« Jawab #5 pada: Maret 17, 2009, 02:25:26 pm »
Biar daun anturium ato tanaman hias yg berdaun lebar lbh mengkilap n sehat sebaikx d berix semir daun yg mengandung hormon n mikroba yg dpt mlindungi daun dr serangan patongen, kl berminat hub aq :D halah ngeiklan afwan :D

Areyou

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 708
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • Lihat Mata Saya.....BERUBAH..!!!
    • Lihat Profil
Re:
« Jawab #6 pada: Maret 17, 2009, 03:21:51 pm »
Biar daun anturium ato tanaman hias yg berdaun lebar lbh mengkilap n sehat sebaikx d berix semir daun yg mengandung hormon n mikroba yg dpt mlindungi daun dr serangan patongen, kl berminat hub aq :D halah ngeiklan afwan :D

Ahh pake Pestisida Organik ya???

 ;)) ;)) ;)) ;)) Jadi inget Skripsi dulu  ;)) ;)) ;))

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re:
« Jawab #7 pada: Maret 18, 2009, 07:37:00 am »
@areyou
s1 nya jurusan proteksi tanaman ya?ko skripsix ttp pestisida organik?

Areyou

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 708
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • Lihat Mata Saya.....BERUBAH..!!!
    • Lihat Profil
Re:Cermat Sebelum Membeli Anthurium
« Jawab #8 pada: Maret 18, 2009, 08:10:39 pm »
S1 Ilmu Ekonomi.... Skripsinya Tentang Pupuk Organik....

eheheheheheh..... Banyak yg bilang gak nyambung......  :p :p :p :p

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re:
« Jawab #9 pada: Maret 19, 2009, 06:08:49 am »
^^
yah bs nyambung kan mgk analisis ekonominya gt dr pupuk organik gmn dibandingkan dgn pupuk anorganik sprti apa trus bs jg yg laen jd emang bs lah :) mod afwan ya oot :D


Areyou

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 708
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • Lihat Mata Saya.....BERUBAH..!!!
    • Lihat Profil
Re:Cermat Sebelum Membeli Anthurium
« Jawab #10 pada: Maret 19, 2009, 07:30:21 am »
^^
yah bs nyambung kan mgk analisis ekonominya gt dr pupuk organik gmn dibandingkan dgn pupuk anorganik sprti apa trus bs jg yg laen jd emang bs lah :) mod afwan ya oot :D


Maap OOT dot com

Bukan..... Areyou dulu menganalisa Alasan Sosio-Ekonomi penggunaan Pupuk Organik di Sawah Padi....

Susahe minta ampuun.... :102: :102: (di awal2 doang kok). Kesininya mah enaaakkkk... (Setelah Kesulitan, pasti ada kemudahan...)  B-) B-)



Hmmm baru denger kemarin dari temen Harga Anthurium turun.... Katanya tingkat permintaannya agak turun (Ingat Hukum Permintaan Ekonomi: JIka tingkat permintaan Anturium turun, maka tingkat harga Anturium akan turun juga)

Dipercaya

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 55
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:Cermat Sebelum Membeli Anthurium
« Jawab #11 pada: Oktober 14, 2010, 10:43:46 pm »
Wahh, jadi pengen punya anthurium, yg g ada di rumah yg ini nih..
Aglaonema ada lumayan, jg euphorbia. Anthurium pas dulu populer malah bikin males punya aja.. Abis populer2 gitu paling2 cuma bentar. Set2annya marketingnya orang Cina tuh, kayak F4 aja nanjak n meredup kmudian hilang.

tidak semua yang berbunga itu indah...

buktinya bunga riba hukumnya Haram.. :)

dhiya lebih seneng sama tumbuhan yang hanya memiliki daun..walo dengan bunga pun memang lebih indah..

Ehehe, yg ni bener jg nih..
Bai de wei, sapa jg ya yg ngasih istilah bunga utk riba yah? Sengaja nih bikin ameliorasi kata yg sebetulnya telah jelas-jelas hukumnya. Na'udzubillahi mindzalik.