Penulis Topik: Aneka Tips Kehamilan  (Dibaca 30238 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Aneka Tips Kehamilan
« pada: Agustus 08, 2008, 12:58:53 am »
Tips Mengatasi Mual Muntah Pada Hamil Muda

Morning sickness atau mual-muntah pada awal kehamilan, hampir terjadi pada separuh wanita hamil di 3 bulan pertama kehamilan. Bagaimana mengatasinya –anda dapat memcoba beberapa Tips Mengatasi Mual Muntah (“Morning Sickness”) Pada Hamil Muda.
Morning sickness atau rasa mual dan muntah yang terjadi pada masa 3 bulan awal kehamilan (trimester pertama kehamilan) . Setiap wanita hamil akan memiliki derajat mual yang berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, tapi ada juga yang merasa mual dan bahkan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan (hiperemesis gravidarum). Ingat setiap wanita hamil spesial dengan karakteristik masing-masing, begitu juga anda!

Dibawah ini Beberapa tips untuk membantu anda mengatasi “morningsickness” atau mual-muntah selama awal kehamilan:

    * Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya akan membuat anda bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu anda dapat makan, dengan porsi kecil tapi sering.

    * Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual anda. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dll

    * Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila anda merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah snak atau biscuit didekat tempat tidur anda, dan anda dapat memakannya dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.

    * Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual anda.

    * Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih, ataupun juice. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.

    * Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi anda tetap memerlukan folat untuk kehamilan anda ini. Bila mual muntah sangat hebat, konsultasikan ke dokter anda sehingga dapat diberikan saran terbaik untuk vitamin yang akan anda konsumsi. Dan dokter anda mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.

    * Vitamin B 6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Sebaiknya Konsultasikan dahulu dengan dokter anda untuk pemakaiannya.

    * Pengobatan Tradisional : Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya.

    * Istirahat dan relax akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila anda stress hanya akan memperburuk rasa mual anda. . Ambilan waktu untuk anda! cobalah beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kesayangan anda dll. Hadapilah kehamilan anda dengan kebahagian, karena ini adalah anugerahNya.:-)

Ingat! Hubungi dokter anda bila mual-muntah menjadi sangat hebat, sehingga anda tidak dapat makan atau minum apapun juga sehingga dapat menimbulkan kekurangan cairan/dehidrasi. (Hiperemesis gravidarum).

Percayalah Morning sickness atau mual muntah pada kehamilan awal ini akan segera berlalu tanpa anda sadari dan ini akan menjadi salah satu pengalaman selama kehamilan anda—bayangkan saja tentang si kecil yang akan segera hadir membawa sejuta kebahagian.:)

© Dr.Suririnah-www.InfoIbu.com
http://www.infoibu.com/

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #1 pada: Agustus 08, 2008, 12:59:24 am »
Melahirkan Tanpa Sakit

Lahir Tanpa Sakit dan Minyak Kelapa

Bagi ibu-ibu yang kini sedang hamil tentu beberapa bulan atau hari mendatang akan melahirkan. Melahirkan membutuhkan tenaga sehingga kadang proses melahirkan itu pun sering mengalami rasa sakit luar biasa. Tentu setiap ibu hamil ingin melahirkan dengan gampang dan tanpa sakit, bukan?Dalam bayangan ibu-ibu hamil, langkah apa yang harus dilakukan agar gampang dan tanpa sakit saat melahirkan.

Bagaimana kalau ibu hamil mencoba resep tradisional yaitu dengan minyak kelapa? Mudah dibuat, dan murah pula! Nah, berikut resep sederhana. Pada waktu hamil 6 bulan, minumlah sesendok minyak kelapa seminggu tiga kali, dan apabila kandungan Anda sudah berumur 9 bulan minumlah sesering mungkin setiap hari. Bila mungkin, minyak kelapa itu adalah buatan Anda sendiri guna menjaga kesehatan dan kebersihannya. Selain itu jangan lupa berdoa pada Tuhan minta pertolongan.

Coba Anda praktekkan atau Anda punya cara lain? Sukses untuk Anda! “[Sg]

http://www.dunia-ibu.org/html/melahirkan_tanpa_sakit.html

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re
« Jawab #2 pada: November 24, 2009, 06:28:44 am »
Tentang ngidam, benarkah ngidam it bawaan si janin atau cuma sugesti? Pernahkah istri nabi si Khatijah jg mengalami ngidam?

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re
« Jawab #3 pada: November 24, 2009, 06:31:48 am »
Senam kehamilan perlu d lakukan menjelang usia kandungan brapa bln? Lo ada yg tau mohon d jawab ya. He he saya hamil kok gk ngidam apa2

Herera

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.701
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #4 pada: November 24, 2009, 10:01:09 am »
Senam hamil dianjurkan dilakuan diatas 7 bulan, jangan melakukan senam hamil terlalu dini agar janin tidak lahir sebelum waktunya.karena tujuan senam hamil itu untuk memperlancar persalinan.

@ Faritz
kalo menurut pengalamanku kayaknya ga ada deh yang melahirkan tanpa rasa sakit walaupun udah minum ramuan apapun sampe ikut hypno birthing sekalipun kayaknya akan tetep sakit buanged deh, jadi harusnya judulnya diganti tuh bukan "Melahirkan Tanpa Sakit" tapi "Mengurangi Rasa Sakit Waktu Melahirkan"  ;)

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:Re
« Jawab #5 pada: November 24, 2009, 11:13:11 am »
Tentang ngidam, benarkah ngidam it bawaan si janin atau cuma sugesti? Pernahkah istri nabi si Khatijah jg mengalami ngidam?
menurut saya sugesti..
karena istri saya pas lagi hamil trus muncul keinginan yang 'ngga2' atw merepotkan
malah jadi introspeksi diri sendiri
dan ga masalah kalopun ga terealisasi

pertanyaan yang terakhir saya ga tau jawabannya

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Re
« Jawab #6 pada: November 25, 2009, 12:54:16 pm »
Tentang ngidam, benarkah ngidam it bawaan si janin atau cuma sugesti? Pernahkah istri nabi si Khatijah jg mengalami ngidam?
menurut saya sugesti..
karena istri saya pas lagi hamil trus muncul keinginan yang 'ngga2' atw merepotkan
malah jadi introspeksi diri sendiri
dan ga masalah kalopun ga terealisasi

pertanyaan yang terakhir saya ga tau jawabannya

menurut Anah sih itu juga sugesti tp bisa juga karena pengen mencari 'rasa' soalnya pas hamil awal2 begini setelah masuk minggu ke-6 liurnya rasanya ga enak, klo perut diisi sudah mau muntah lagi, mual-mual terus, jadinya ga pengen makan karena ga mau muntah tp kasian baby nya, jadi Anah cari makanan yg bisa bangkitkan selera makan, tp klo ga ketemu ato pas ga ada ya gpp, trus tetap berfikir positif untuk tetap bisa menikmati makanan yg ada.
Mungkin karena kondisi mental menjadi 'calon ibu' terkadang setiap orang berbeda-beda nanggapinya, yg Anah heran ada istri yg lagi hamil jadi benciiiii banget ma suaminya nah pas sekarang Anah ngerasain baru Anah mengerti, pada saat merasa 'berat' akibat hamil si istri merasa klo suaminya ga peduli, jadinya benci ma suaminya dan si istri pengennya suami jg merasakan 'berat' nya ga hanya merasa 'enak'nya saja, padahal klo suami istri paham bagaimana menghadapi kehamilan InsyaAllah jadi lebih ringan dan membahagiakan. Suami jadi extra perhatian (tapi jgn sampai berlebihan), istri jadi bersyukur karena bisa hamil sementara banyak wanita2 lain yg ingin sekali hamil tapi belum bisa.

eS_eR

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • Reputasi: 3
  • Amirah Hasna' Mumtazzah
    • Lihat Profil
    • `fatamorgana`
Re:Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #7 pada: November 25, 2009, 12:56:10 pm »
klo mau cepet hamil


jangan pke sarung  =;

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:Re
« Jawab #8 pada: November 25, 2009, 12:56:36 pm »
menurut Anah sih itu juga sugesti tp bisa juga karena pengen mencari 'rasa' soalnya pas hamil awal2 begini setelah masuk minggu ke-6 liurnya rasanya ga enak, klo perut diisi sudah mau muntah lagi, mual-mual terus, jadinya ga pengen makan karena ga mau muntah tp kasian baby nya, jadi Anah cari makanan yg bisa bangkitkan selera makan, tp klo ga ketemu ato pas ga ada ya gpp, trus tetap berfikir positif untuk tetap bisa menikmati makanan yg ada.
Mungkin karena kondisi mental menjadi 'calon ibu' terkadang setiap orang berbeda-beda nanggapinya, yg Anah heran ada istri yg lagi hamil jadi benciiiii banget ma suaminya nah pas sekarang Anah ngerasain baru Anah mengerti, pada saat merasa 'berat' akibat hamil si istri merasa klo suaminya ga peduli, jadinya benci ma suaminya dan si istri pengennya suami jg merasakan 'berat' nya ga hanya merasa 'enak'nya saja, padahal klo suami istri paham bagaimana menghadapi kehamilan InsyaAllah jadi lebih ringan dan membahagiakan. Suami jadi extra perhatian (tapi jgn sampai berlebihan), istri jadi bersyukur karena bisa hamil sementara banyak wanita2 lain yg ingin sekali hamil tapi belum bisa.
jawabannya bagus.. thanks for sharing  :great:

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #9 pada: November 25, 2009, 12:57:46 pm »
klo mau cepet hamil


jangan pke sarung  =;
ada tips lain yang lebih berbobot ga?
mungkin bisa dibagi disini
 :)

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #10 pada: November 25, 2009, 06:32:14 pm »
lo mau cepet hamil habis ml jangan tengkurep atau berdiri, tetap pada posisi terbaring terlentang, dan usahakan sperma masuk dalam keadaan istri di bawah, karena dengan begitu sperma laki-laki dan perempuan akan dengan mudah untuk bertemu :),,,

lo masalah makanan yang bagus buat wanita hamil,,,
saya rasa kurma adalah makanan yang sangat bagus untuk di konsumsi, di dalam kurma terdapat banyak zat besi, dan vitamin, rasa manis nya juga tidak membahayakan, bahkan orang yang terkena diabetes dan kencing manis masih boleh makan buah kurma, di sisi lain,,, kita simak bahwa kurma adalah makanan Nabi :), ibu mariam ketika mengandung janin isa bahkan sampai ISa lahir, makanan nya adalah kurma :)
semua nya wallahualam,, saya juga sedang dalam proses mengamalkannya dan belu tahu bagaimana hasilnya nanti

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #11 pada: November 25, 2009, 06:39:10 pm »
Pada umum nya berat badan ibu hamil akan meningkat sebanyak 20kg, dari berat badan normal, ini di sebapkan oleh edema, akibat bertambahnya cairan di luar sel, atau akibat bertambahnya lemak, atau bisa jadi disebapkan karena keduanya.
Diantaranya,,,
Janin dan ketuban    4,75kg
Darah          1,25kg
Rahim          1,300kg
Cairan di luar sel    1,20kg
Lemak       4.000kg




angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #12 pada: November 25, 2009, 07:04:03 pm »
aneka vitamin yang di butuhkan oleh wanita hamil :)
vitamin A      :terdapat dalam kuning telur, susu, sayur, buah dan ubi :)
vitamin D      :terdapat dalam kuning telur, hati, ikan
Vitamin C      :terdapat pada buah-buahan segar, seperti jeruk, dan semua jenis buah yang masam, vitamin C ini akan         menghilang jika di simpan dan di panaskan, dengan demikian tidak ada gunanya perasan buah yang disimpan atau buah2an kaleng.
Vitamin B1 dan B2     : terdapat pada biji-bijian yang tidak di dibuang kulitnya secara total, seperti gandum, nasi, juga terdapat pada susu sapi, telur, sayuran, hati, ragi, ikan, dan buah-buahan yang berkulit keras dan berdaging.
vitamin B6     :terdapat di dalam hati, daging, ikan, susu sapi, biji-bijian yang tidak di buang semua kulitnya juga kacang tanah.
vitamin B12    : terdapat di danging, hati, ayam, ikan, susu, telur dan keju
Vitamin K      : terdapat pada sayuran berwarna hijau, ubi-ubian, sedikit kuning telur, hati dan susu.
Mineral        : diantara mineral yang di perlukan adalah kalsium, zat besi, yodium, fosfor, sodium, dan potasium,,,
kalsium        : terdapat pada susu, ikan, sayuran berwarna hijau, dan ubi-ubian
zat besi       : bersumber pada kuning telur, hati, daging, buah-buahan kering seperti kurma,
yodium         : bersumber dari semua jenis makanan laut.
fosfor         : terdapat pada susu, keju, kuning telur, daging, ikan dan sayuran
sodium         : terdapat pada garam, susu dan keju
potasium        : terdapat pada kurma, buah-buahan, sayur seperti tomat.

maaf copas , ini saya dapat dari buku pintar kehamilan dan melahirkan karya Dr. Athif Lamadah. dan kalau mau yang lebih bagus lagi ada pada buku "tahdziyah at thifl" ini buku yang sedang saya baca :)

IMUT_4EVER

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #13 pada: Januari 08, 2010, 04:06:22 pm »
Assalamu'alaikum Wr. Wb

thanks ya buat infonya sangat membantu  :)
Saya skrg lagi hamil 19 minggu. Gejala yang sering muncul migran, terus nafsu makan belum stabil..
Bahkan saya beberapa kali pingsan padahal tensi darah normal, badan terasa ngilu dan nyeri padahal ini kehamilan ke 2.. :(
Dokter menyarankan agar saya istirahat/bed rest, ada saran lain ga ya buat saya agar dalam kondisi hamil begini saya tetap beraktivitas secara normal (kegiatan saya skrg kerja dan kuliah).

demikian atas saran dari semua saya ucapkan terima kasih. :)

Wassalam

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Aneka Tips Kehamilan
« Jawab #14 pada: Januari 22, 2010, 12:20:55 am »
Angela juga lagi hamil 14 minggu, udah pingsan 5x, darah normal, sering pusing mendadak, lo masalah susah makan, coba makan dg cara bertahap, 15 menit sekali makan satu dua suap nasi atau roti gandum, hindari dulu makanan asem dan pedas klu mual, krn itu hnya menghilangkan mual sementara saja, dan selebihnya justru akan terasa lebih mual