Penulis Topik: tentang peristiwa isra' mi'raj  (Dibaca 78491 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

yant_138

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 195
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #195 pada: Februari 11, 2010, 04:41:44 pm »
manusia terpecah karana merasa lebih pintar dari yang lain.
banyak yang mengikuti perkataan ini " ana khoiru minhu " aku lebih baik dari dia
bila ada yang mengikuti sperti itu, silahan bertobat dari mengatakan spt itu , karena itu perkataan dan perbuatan iblis.
 
juga ingat bahwa iblis sangat menguasai shirotol mustaqim , kalau kita tdk menguasai maka kita akan diputar putar oleh iblis dan bala tentaranya yaitu syaitan manusia dan syaitan jin.

yant_138

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 195
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #196 pada: Februari 11, 2010, 09:51:50 pm »
bukan dzat nya mas, dzatnya aja saya tdk tahu sama sekali.
saya kasih  analogi.
barang ini baru buatan manusia,
saya pernah pasang lab. bahasa di sebuah sekolah bernama madrasah aliyah salafiyah safiiyah.
ada satu server yang untuk tutor, dia bisa memantau apapun yg dikerjakan oleh komputer client. walau client berjumlah banyak. semua bisa terpantau, bisa disconect bisa di matikan.
itu baru buatan manusia.

seandainya ada satu server buatan Allah maka tentu kecanggihannya berlipat lipat.
sehingga ketika Allah mengatakan lebih dekat dan sangat dekat sekali saya bisa memahami dgn mudah.

begitu juga bahwa Allah merekam semua manusia dalam kitabum markum mudah dipahami.
kalau dulu keilmuan para penafsir bahwa pencatat amal adalah malaikat, ya kita revisi. dulu tahunya dia memang baru sebatas itu, yaitu mencatat secara manual.
sekarang kita tahu ttg teknologi maka pikiran kita bisa berubah. mencatat / merekan secara digital dengan memory yg besar tapi fisik yg kecil semisal micro sd,
dan system pencatatan itu sudah disampaikan oleh lisan nabi Muhammad selaku rasul 15 abad yg lalu.

yant_138

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 195
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #197 pada: Februari 11, 2010, 10:11:26 pm »
shirotol mustaqim itu memang satu dul, tapi untuk kesana boleh banyak jalan.

tidak ada Ulama yang bertentangan dengan Al-Qur'an, ente saja yang gak ngerti bagaiman istimbath yang diambil Ulama dalam mengkompromikan dalil-dalil..

kesana itu kemana?
shirotol mustaqim itu sangat dekat dengan saya.
ini dia shirotol mutaqim,

dan bahwa ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa.

Al Qur'an kita sama khan!!!  sering baca ini nggak? surat 6

kata ini berarti dekat sekali


Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #198 pada: Februari 12, 2010, 06:04:26 am »
Kutip
contoh kalimat: kapolri mengatakan, "Kami dengar para teroris akan melakukan aksinya di daerah xxx"
apakah kapolri sendiri yang mendengar dari para teroris yang bicara di dekatnya, atau dia mendengar dari aparat intelijen yang ditugaskannya untuk mencari informasi?

penggunaan kata "Kami" dalam ayat Al-Quran menurut pakar tafsir seringkali menunjukkan adanya keterlibatan makhluk lain selain Allah, yang dalam ayat tersebut dijelaksan oleh ayat selanjutnya.
(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. (QS 50:17)

jadi, yang lebih dekat daripada urat lehernya adalah malaikat yang ditugaskan Allah mencatat setiap amal perbuatan manusia.
sementara Allah bersemayam di atas 'Arsy-Nya [Al-a'raaf (7): 54]
Itukan menurut pakar .. ya terserah mereka saja, saya gak ikut2 an menafsirkan spt. itu.



Salaam,

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #199 pada: Februari 12, 2010, 06:44:45 am »
Kutip dari: arif budiman
khan ayat AQ yang menjelaskan perjalanan mi'raj rasulullah ke sidratul muntaha sudah saya sampaikan sebelumnya
tapi anda belum menanggapinya
maaf terlambat, ini yg anda maksud :

Kutip
trus cerita rasulullah yang mengatakan bahwa beliau pernah ke sidratul muntaha, yang dikonfirmasi oleh Allah melalui QS An-Najm 13-18?
itu juga perkataan beliau sebagai nabi... jadi tidak perlu didengar dan dipercaya?
Oh jadi sidratul muntaha itu langit ke tujuh tho ..... siapa yg bilang, mas ?

lha kapan pula naiknya, pake apa ? berapa lama ? kok kagak ada ....

katanya muhammad dianter Jibril ------> tapi terjemahannya kok jadi :
"13. Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,"

jadi yg bener yg mana : malaikat dianter jibril ke sidratul muntaha ato muhammad melihat jibril di sidratul muntaha kok kaco sih ?

----

Sekarang giliran anda silahkan anda komentari tulisan saya yg ini :

Kutip dari: Tobil
belum tuh, ngapain sih muhammad mesti jauh pergi ke langit menjumpai Allah lha wong Allah deket kok. piye sih.
Ini adalagi perjalanan muhammad ke langit diisyukan pulang/pergi cuma 1 malam, padahal malaikat saja sekali jalan makan waktu satu hari, jadi pulang pergi 2 hari (itupun kalo kagak mampir2)... itu kalo menurut ukuran malaikat, kalo menurut ukuran manusia WOOOOW ... busyet dah .. gila bener ..... total p/p adalah 100.000 tahun.

Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun. (QS 70:4)

Apa pendapat anda ?
saya mau lihat masuk akal tidak kalo perjalanan mi'raj muhammad cuma 1 malam.



Salaam,

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #200 pada: Februari 12, 2010, 06:52:17 am »
Kutip dari: arif budiman
yang mau diketahui apa mas
waktu2 shalat? atau rincian gerakan shalat?
Silahkan saja apa yg anda miliki, semuanya.

Kutip
satu pertanyaan lagi untuk mengerucutkan masalah, yang tidak dipercaya oleh mas tobil tu perjalanan mi'raj rasulullah-nya atau perintah shalat 5 waktu-nya sebagai hasil perjalanan tersebut (seperti yang diungkapkan mas yant)?
Lho kita kan sedang membicarakan perjalanan mi'raj nabi yg bagi saya tidak masul akal ---> ingat yg mas saya menggunakan akal, krn Allah melaknat orang yg tidak menggunakan akalnya.



Salaam,

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #201 pada: Februari 12, 2010, 06:56:26 am »
Kutip dari: arif budiman
tau slogan telkomsel?
"begitu dekat begitu nyata"
keluarga di medan bisa kerasa dekat dengan yang di jakarta karena adanya teknologi komunikasi
apakah sama bicara misalnya melalui video call
dengan mengundang keluarga di medan untuk datang ke jakarta?
apakah "dekat" yang dimaksud slogan telkomsel itu sama dengan dekat secara harfiah?
apakah "dekat" yang dimaksud Allah dalam ayat tersebut adalah dekat secara harfiah?
Saya sudah mengatakan : "saya hanya "menangkap" substansinya, Allah lebih dekat dari siapapun." ----> krn Allah ghaib, jadi tidak ada sesuatupun yg dapat dijadikan perumpamaan.


Salaam,

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #202 pada: Februari 12, 2010, 07:12:07 am »
Kutip dari: yant_138
juga ingat bahwa iblis sangat menguasai shirotol mustaqim , kalau kita tdk menguasai maka kita akan diputar putar oleh iblis dan bala tentaranya yaitu syaitan manusia dan syaitan jin.
Lucunya lagi orang selalu bilang : "Tunjukkanlah kami ke Jalan yg lurus (shirotol mustaqim)

dan Allah juga sudah mengatakan :

dan bahwa ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa.(QS 6:153)

Kitab (Al Quraan) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa(QS 2:2)

Jelas dan gamblang ayat2Nya, tapi faktanya sangat langka orang yg menjadikan AQ sbg petunjuk secara murni, selalu saja dicampur adukkan dengan kitab2 yg lain dgn banyak alasan gak jelaslah... perlu tafsirnyalah....padahal yg diperintahkan Allah cuman membaca saja, soal penjelasannya tanggung jawab Allah ?


Salaam,

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #203 pada: Februari 12, 2010, 03:33:34 pm »
Oh jadi sidratul muntaha itu langit ke tujuh tho ..... siapa yg bilang, mas ?
ga tau ya.. saya ga pernah bilang sidratul muntaha itu langit ke 7  :-??
emang sidratul muntaha kalo pendapatnya mas tobil tu apa?

lha kapan pula naiknya, pake apa ? berapa lama ? kok kagak ada ....
saya ga tau
di luar jangkauan akal saya

katanya muhammad dianter Jibril ------> tapi terjemahannya kok jadi :
"13. Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,"

jadi yg bener yg mana : malaikat muhammad dianter jibril ke sidratul muntaha ato muhammad melihat jibril di sidratul muntaha kok kaco sih ?
ya kalo muhammad dianter jibril ke sidratul muntaha
otomatis pasti beliau juga melihatnya
gitu aja kok bingung  :p

Kutip dari: Tobil
belum tuh, ngapain sih muhammad mesti jauh pergi ke langit menjumpai Allah lha wong Allah deket kok. piye sih.
Ini adalagi perjalanan muhammad ke langit diisyukan pulang/pergi cuma 1 malam, padahal malaikat saja sekali jalan makan waktu satu hari, jadi pulang pergi 2 hari (itupun kalo kagak mampir2)... itu kalo menurut ukuran malaikat, kalo menurut ukuran manusia WOOOOW ... busyet dah .. gila bener ..... total p/p adalah 100.000 tahun.

Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun. (QS 70:4)

Apa pendapat anda ?
saya mau lihat masuk akal tidak kalo perjalanan mi'raj muhammad cuma 1 malam.
jelas tidak masuk akal
ke mars aja manusia butuh waktu lebih dari 1 malam
apalagi ke sidratul muntaha yang konon dekat dengan surga

menurut anda masuk akal ga
kita nanti meninggal, terurai jadi tulang
trus bisa dibangkitkan lagi di hari kiamat dalam keadaan utuh?

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #204 pada: Februari 12, 2010, 03:58:18 pm »
Silahkan saja apa yg anda miliki, semuanya.
baca kitab shalat di bulughul mahram
bisa didonlot di
http://rapidshare.com/files/349524638/HBMV2.CHM

Kutip
satu pertanyaan lagi untuk mengerucutkan masalah, yang tidak dipercaya oleh mas tobil tu perjalanan mi'raj rasulullah-nya atau perintah shalat 5 waktu-nya sebagai hasil perjalanan tersebut (seperti yang diungkapkan mas yant)?
Lho kita kan sedang membicarakan perjalanan mi'raj nabi yg bagi saya tidak masul akal ---> ingat yg mas saya menggunakan akal, krn Allah melaknat orang yg tidak menggunakan akalnya.
dan orang yang menggunakan akalnya untuk menganggap rendah kemampuan Allah
sebagaimana orang kafir yang menganggap tidak masuk akal jika Allah mampu membangkitkan orang mati kembali dalam keadaan utuh di hari kiamat
juga ga lepas dari laknat-Nya

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #205 pada: Februari 12, 2010, 04:10:14 pm »
Saya sudah mengatakan : "saya hanya "menangkap" substansinya, Allah lebih dekat dari siapapun." ----> krn Allah ghaib, jadi tidak ada sesuatupun yg dapat dijadikan perumpamaan.
lalu apa makna yang anda dapat dari ayat:
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy (7:54)
dan yang senada dengan ayat tsb di (57:4), (32:4), (25:59), (20:5), (10:3)?

lucu juga, anda bilang Allah tidak bisa dijadikan perumpamaan karena gaib
tapi anda mengumpamakan Allah sebagai sesuatu yang dekat  ;))

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #206 pada: Februari 12, 2010, 04:34:28 pm »
bukan dzat nya mas, dzatnya aja saya tdk tahu sama sekali.
saya kasih  analogi.
barang ini baru buatan manusia,
saya pernah pasang lab. bahasa di sebuah sekolah bernama madrasah aliyah salafiyah safiiyah.
ada satu server yang untuk tutor, dia bisa memantau apapun yg dikerjakan oleh komputer client. walau client berjumlah banyak. semua bisa terpantau, bisa disconect bisa di matikan.
itu baru buatan manusia.

seandainya ada satu server buatan Allah maka tentu kecanggihannya berlipat lipat.
sehingga ketika Allah mengatakan lebih dekat dan sangat dekat sekali saya bisa memahami dgn mudah.

begitu juga bahwa Allah merekam semua manusia dalam kitabum markum mudah dipahami.
kalau dulu keilmuan para penafsir bahwa pencatat amal adalah malaikat, ya kita revisi. dulu tahunya dia memang baru sebatas itu, yaitu mencatat secara manual.
sekarang kita tahu ttg teknologi maka pikiran kita bisa berubah. mencatat / merekan secara digital dengan memory yg besar tapi fisik yg kecil semisal micro sd,
dan system pencatatan itu sudah disampaikan oleh lisan nabi Muhammad selaku rasul 15 abad yg lalu.
oke mas..
terima kasih atas pendapatnya
secara garis besar saya sependapat
lalu menurut mas yant apakah logika seperti ini bisa diterima?
apa Allah itu jauh ? yg saya tahu Allah itu dekat buanget kagak sampai 1 meter, ---> jadi kalo nabi sampai ke langit malah jauhi Allah deh...kayaknya gak logis deh.
apakah ga logis Allah mengundang rasulullah ke sidratul muntaha untuk memperlihatkan sebagian tanda2 kekuasan-Nya
dengan dasar ayat
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya,(QS 50:16)
???

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #207 pada: Februari 13, 2010, 06:30:43 am »
Kutip dari: arif budiman
ga tau ya.. saya ga pernah bilang sidratul muntaha itu langit ke 7  I don't know - New!
emang sidratul muntaha kalo pendapatnya mas tobil tu apa?
saya juga gak tahu

Kutip
saya ga tau
di luar jangkauan akal saya
saya juga gak tahu

Kutip
ya kalo muhammad dianter jibril ke sidratul muntaha
otomatis pasti beliau juga melihatnya
gitu aja kok bingung
ck ...... anda melihat saya di ancol ---> apakah ini otomatis saya mengantar anda ke ancol ?  Apakah tidak berarti saya baru terlihat oleh anda setelah anda berada di ancol.?


Kutip
menurut anda masuk akal ga
kita nanti meninggal, terurai jadi tulang
trus bisa dibangkitkan lagi di hari kiamat dalam keadaan utuh?
pasti tidak masuk kalau yg menyampaikan manusia, tetapi kalau yg menyampaikan Allah melalui rasulNya, saya jadi yakin itu akan terjadi, apalagi hanya menjadi tulang --> sudah jadi tanahpun manusia pasti bisa dikembalikan utuh.Mudah dicerna bukan ?

Kutip
baca kitab shalat di bulughul mahram
bisa didonlot di
http://rapidshare.com/files/349524638/HBMV2.CHM
thank's.

Kutip
dan orang yang menggunakan akalnya untuk menganggap rendah kemampuan Allah
sebagaimana orang kafir yang menganggap tidak masuk akal jika Allah mampu membangkitkan orang mati kembali dalam keadaan utuh di hari kiamat
juga ga lepas dari laknat-Nya
Yang anda katakan bukan menggunakan akalnya tetapi persangkaan, perbedaan yg menyolok antara menggunakan akal dengan persangkaan adalah bahwa : penggunaan akan selalu didasarkan pengetahuan yg hak dari Tuhannya sedangkan persanggkaan sama sekali tidak berdasarkan pengetahuan.

Kebiasaan manusia memang gitu mas dengar berita sana dengar sini trus diyakini sbg suatu kebenaran, trus diikuti. ---> padahal itu bukan dari Allah dan rasulNya, padahal pula sudah dikatakan ikutilah apa yg diwahyukan kepadamu.

Orang2 yg seperti itulah yg disebut tidak menggunakan akalnya dan sesat 39:18, jadi saya berharap anda bisa membedakan dengan tajam tentang orang menggunakan akalnya dengan orang yg menggunakan persangkaan. Oke.



Salaam,

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #208 pada: Februari 13, 2010, 06:47:46 am »
Kutip dari: arif budiman
lalu apa makna yang anda dapat dari ayat:
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy (7:54)
dan yang senada dengan ayat tsb di (57:4), (32:4), (25:59), (20:5), (10:3)?

lucu juga, anda bilang Allah tidak bisa dijadikan perumpamaan karena gaib
tapi anda mengumpamakan Allah sebagai sesuatu yang dekat
Kapan saya mengumpamakan Allah sebagai sesuatu yang dekat ? apa anda gak tahu kalo yg bilang itu Allah, saya sudah posting ayatnya, ini saya ulangi lagi :

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat...(QS 2:186)

sudah dua kali saya katakan bahwa saya hanya melihat dari substansinya, tapi kelihatannya anda tidak memahami, ya sudahlah. terserah anda saja.

Kutip
apakah ga logis Allah mengundang rasulullah ke sidratul muntaha untuk memperlihatkan sebagian tanda2 kekuasan-Nya
dengan dasar ayat
Jangan anda mengatakan logis atau tidak tunjukkan saja ayatnya yg Allah mengundang rasul ?
sidratul Muntaha itu dimana sih ?



Salaam,

Tobil

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re:tentang peristiwa isra' mi'raj
« Jawab #209 pada: Februari 13, 2010, 10:32:41 am »
Kutip dari: arif budiman
hati-hati mas, kesalahan dalam menafsirkan Al-Quran akan membawa anda pada pemahaman yang salah, dan pemahaman yang salah bisa membawa pada kesesatan.
yang saya tahu Allah menyuruh saya membaca, kemudian mengikuti AQ ---> soal penjelasannya :

Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya. (QS. 75:19)

Nah, kalo pun memerlukan takwilnya maka itu adalah ayat yg mutasyabihat dan hanya Allah yg mengetahui takwilnya.?

jadi menurut anda saya harus bagaimana ?


Salaam,