Penulis Topik: Puasa Dan Permasalahannya  (Dibaca 48407 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

zaida_rizqi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 7
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Puasa Dan Permasalahannya
« pada: September 09, 2006, 03:39:18 pm »
apa iya kalau kita puasa sunat waktu udah dekat puasa ramadan hukumnya makruh?? :-?
« Edit Terakhir: September 09, 2006, 04:15:16 pm oleh bangsholeh »

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: puasa yang hukumnya makruh????
« Jawab #1 pada: September 09, 2006, 03:41:32 pm »


maksudnya yang bagai mana tuh?...
gak ada dalil yang seperti antum kemukakan akh... ;)
« Edit Terakhir: September 09, 2006, 04:15:40 pm oleh bangsholeh »

gaza

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 78
  • Reputasi: 0
  • Justice for All
    • Lihat Profil
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #2 pada: September 09, 2006, 09:10:13 pm »
mungkin yang dimaksud puasa sya'ban kali ya...

jerry_spy

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 825
  • Reputasi: -2
  • Jenis kelamin: Pria
  • beramal dan beramal
    • Lihat Profil
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #3 pada: September 09, 2006, 09:20:27 pm »
mungkin kalleee
 ;))

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #4 pada: September 11, 2006, 01:36:55 pm »
terus gimana tuh hukumnya?

teewee

  • Pengunjung
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #5 pada: September 11, 2006, 02:03:27 pm »
bukannya puasa syaban dianjurkan???

bener ga?

aa_andik

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 3
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #6 pada: September 11, 2006, 08:08:28 pm »
setau aq seh yg ga boleh tuh puasanya yg bukan karn kebiasaan.

jd gini : misalkan qt bpuasa dibulan sya'ban sejak awal bulannya ampe mendekati ramadhan nah itu gpp.
tp klo qt puasa hanya diakhir sya'ban aja (mendekati ramadhan) maka itu hukmnya makruh.

jd intinya sih kebiasaan (rutinitas). klo qt terbiasa bpuasa, trus puasa menjelang ramadhan ya gpp. hukmnya ga makruh. tapi klo qt ga tbiasa bpuasa, trus puasa yg puasanya itu menjelang ramadhan nah itu yang makruh.

mohon maaf klo ada yg salah.
kesempurnaan hanya milik allah, dan kelasalahan tentunya milik aq yg dhoif ini.

rifana84

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 13
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #7 pada: September 13, 2006, 06:32:44 pm »
Assalamu'alaikum.
kenalkan nama saya Rifana. Saya mau tanya tentang puasa. Klo mo bayar/lunasin puasa kita di bulan2 ramdhan yg dulu boleh gak kita puasa senen&kamis atau seperti puasa nabi daud, sehari puasa sehari enggak ??
Mohon penjelasannya!!!!!
Wassalamu'alaikum wr.wb

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #8 pada: September 13, 2006, 07:37:59 pm »
kalo puasa wajib itu nggak bisa di rapel :)

yang bisa dirapel itu puasa sunnah. misal, biasa puasa senin kamis dan puasa tengah bulan, eh tengah bulannya ternyata hari kamis, jadi puasa 1 hari dapet untuk 2 puasa.

lain kalo puasa wajib, nggak bisa dirapel :)

niyaz_salman

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 91
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • "Berputarlah, Jadilah Pribadi 360 derajat"
    • Lihat Profil
    • Motivasi
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #9 pada: September 14, 2006, 04:07:43 pm »
Kok, aku belum pernah lihat dasarnya kalo puasa mendekati ramadhan itu makruh.
Yang aku tahu Rasululloh itu malah lebih banyak berpuasa pada bulan sya'ban untuk masuk ke bulan Ramadhan.
Nah.... masa kalo bisa nya hanya beberapa hari saja dan ditempatkan diakhir bulan ga boleh?
Kalo yang haram berpuasa sih memang ada beberapa:
1. idul fitri, idul adha
2. hari tasyrik
Kalo yang makruh ane ga tau
Yang tahu dikasih sumbernya dong
Makasih

niyaz_salman

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 91
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • "Berputarlah, Jadilah Pribadi 360 derajat"
    • Lihat Profil
    • Motivasi
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #10 pada: September 14, 2006, 04:15:08 pm »
Buat Sahabat-sahabat semua selamat menjalankan ibadah puasa 1427 H ya. Semoga ibadah Q-ta di bulan ramadhan menjadikan Q-ta lebih baik lagi. Mari bekali diri Q-ta dengan ilmu untuk menyambut ramadhan kali ini

zaida_rizqi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 7
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #11 pada: September 17, 2006, 03:30:27 pm »
kalo yang ini makruh nggak: ida puasa nazar trus ida mo jalaninnya di bulan syakban ini tapi harinya udah mau seminggu lagi puasa ramadan, kalo itu gimana??? :-? :-?

niyaz_salman

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 91
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • "Berputarlah, Jadilah Pribadi 360 derajat"
    • Lihat Profil
    • Motivasi
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #12 pada: September 18, 2006, 03:37:02 pm »
kalo yang ini makruh nggak: ida puasa nazar trus ida mo jalaninnya di bulan syakban ini tapi harinya udah mau seminggu lagi puasa ramadan, kalo itu gimana??? :-? :-?
Insya Alloh tidak apa-apa. Dahulukan yang wajib dibandingkan yang sunnah.
Nazar adalah hutang yang harus dibayar.
Puasa nazar saja, daripada kalo ditunda-tunda malah lupa.

ime_137

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 20
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • X2-4200
    • Lihat Profil
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #13 pada: Oktober 07, 2006, 09:34:26 am »
mungkin yang dimaksud puasa sya'ban kali ya...

Puasa sa'ban khan sunnah dilakukan
« Edit Terakhir: Oktober 07, 2006, 09:39:42 am oleh ime_137 »

ime_137

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 20
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • X2-4200
    • Lihat Profil
Re: Puasa Dan Permasalahannya
« Jawab #14 pada: Oktober 07, 2006, 09:44:54 am »
kalo puasa wajib itu nggak bisa di rapel :)

yang bisa dirapel itu puasa sunnah. misal, biasa puasa senin kamis dan puasa tengah bulan, eh tengah bulannya ternyata hari kamis, jadi puasa 1 hari dapet untuk 2 puasa.

lain kalo puasa wajib, nggak bisa dirapel :)

Bagaimana dengan Fidyah? bagi Orang yg  hamil 9 bulan pas masuk bulan ramadhan  ga papa kan?