Penulis Topik: Jilbab pertama dudungers...  (Dibaca 32164 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

calon_akhwat

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Jilbab pertama dudungers...
« pada: Juni 25, 2008, 02:08:23 pm »
Assalamu’alaykum.wr.wb

Thread ini sengaja dibuat untuk berbagi cerita tentang jilbab pertama dudungers muslimah. Boleh menceritakan tentang apa yang memotivasi para dudungers untuk memakai jilbab, sejak kapan, hikmah-hikmah yang didapat, tanggapan orang sekitar,dll yang mungkin dapat memotivasi dudungers muslimah lainnya yg belum berjilbab.


Nb. Barisan kata dalam dunia maya, terkadang bisa sangat berarti bagi yang membacanya, so… NO OOT ,kalau masih nekad juga, terpaksa postingan OOT nya dihapus dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya. Afwan ya...


Dimulai dari saya,ya...
____________________________________________________________________________________

Depok, 3 tahun silam...

Saat itu, Saya berada dalam titik kepenatan hidup. Posisi dimana saya mulai merasa jenuh dengan diri saya sendiri. Seakan kehilangan jati diri, atau bahkan belum menemukannya. Usia saya memang masih muda saat itu, 16 tahun, tapi... hidup muda ndak menjamin masuk surga,khan? Karena saat itu, Saya berpikir, selama hidup, amalan apa yang bisa Saya banggakan/nyatanya, tidak ada  :(

Adalah Saya, seorang penabuh drum di tectonium chaos, group band beraliran hardcore yang diketuai oleh salah seorang teman di sekolah. Saat itu, musik adalah satu-satunya cara untuk menghibur hati dan memberi ketenangan, tapi tidak dalam posisi ini.

Untuk ukuran anak sekolah perempuan, Saya diatas rata-rata (nakalnya  :D ), kegiatan saya ndak jauh dari drum, karate dan berbagai kegiatan maskulin lainnya. Meskipun aktif bermusik dan berkegiatan ,tapi tidak mengurangi rasa hormat dan cinta saya kepada Empunya surga. Istilah kerennya, Saya mah STMJ, Shalat Terus Musik dan main Jalan... :D

Tapi kok, rasanya Seperti berada ditengah jalan ya? Bingung mau pilih yang mana. Ke kanan, atau ke kiri. Rasanya, ibadah selalu kurang.

Maka, dalam titik balik ini, Saya putuskan untuk membenahi diri dan membenahi ruhani Saya dengan cara berjilbab. Kenapa berjilbab? Karena dengan berjilbab, Saya dapat mengontrol perilaku dan berjilbab adalah salah satu bentuk ketakwaan seorang muslimah kepada Tuhannya. Saya salah satunya.

Mulai tiga tahun lalu, sedikit demi sedikit Saya mencoba untuk memperbaiki diri, mengurangi kebiasaan buruk dan berusaha untuk konsisten dengan jalan hidup yang  Saya pilih. Mama dan Papa sangat bahagia dengan perubahan yang terjadi dalam hidup Saya. Sama halnya dengan guru-guru Saya. Namun, tanggapan dari personel tectonium chaos lainnya terdengar sumbang, tapi…dalam hidup, selalu ada yang harus dikorbankan…
Terimakasih ya Allah... :x


LiaCute

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 54
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Luchu yah Kucingna..
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #1 pada: Juni 26, 2008, 10:43:54 pm »
JiLbab Pertamakuu.... :loveit:

waKtu SMA aqu diajak nonton Konser nasyid sm temenqu,,kebetuLan wLwpun bkn anak ROHIS tp doyan Nasyid jg,, wktu itu aqu bLum pake jiLbab,,
nah, dtmpt konser nasyid itu kn hampir smuana pake jiLbab tuh.. tRuz, gaq tw kNp aqu tergeRak u/ membeLi 1 jiLbab. aqu inget bgd waRnanya putih dgn motifnya Lembut. aqu seneeeng bgd punya jiLbab,  :-j wLwpun bLum dipake2..aKhirnya aq cOba pake pas ada kesempatan diajak Lg ke konser nasyid..(prasaan konser muLu ya?) :p
Luchuna,,jiLbab aq pake panjang (pokonya ky akhwat dey) tp bjuna masih pendek dan sangat membentuk. tp saat itu aq ngerasa udh jd oRg yg bEner bgd deh. coz duLu pnampiLan seHari2na aq emang jaUh bgd..biasaLah anak muda..msih iKut2an moDe&fasHion..hehe..  ;D tp aq yakin itu smua pRoses..

tapii...
cm sampe situ aja..seteLah itu aq gaq pernah pake jiLbab Lg. apaLagi pas mo masuk Universitas aq miLih Universitas yg ud terkeNaL dgn anak2nya yg GaoL2 and b'gaya,,Bahkan saat itu aq udh diterima disana. tapi skEnario ALLah memang Lebih indah..ternyata bapa'ku nyuRuh msuk Universitas IsLam di jkt...pd saat itu aq nuRut aja daftar tp niatna siy cm mo nyenengin oRtu doank, paLingan jg gaq jd. aq jg miKir  gaq bgd deh kuLiah disana  [-X (astaghfiruLLah..)..tp dgn seiRing wktu..gaq tw knp Hati ini seperti diGiring u/ menemukan jaLan teriNdah..apaLagi pas diterima kyana beraatt bgd u/ ngeLepasinnya..

akhiRnya,,,aq mmbuat kePutusan u/ memiLih Universitas IsLam. kRna emang peratuRannya Hrus pake jiLbab, yah aq ikut aja. tp awaLnya cm di kampus doank aq make, diLuar msih Lepas2,,itu jg jiLbab iket2 jaman skrg.tpi seteLah aq mengenaL&terjerumus ke Lembah Da'wah yg jg meLaLui pRoses yg tdk sinGkat ..aLhmdLh..aq sadar u/ benar2 memPerbaiki diRi..aku meRasakan betapa nyamannya menggunakan jiLbab yg sesungguhna, betapa indahnya menghijabi diRi..pOkonya yg bLum ngerasain Rugi deh.. ;;) ;;)
subhanaLLah..aqu benar2 merasakan "sesungguhnya yg baik mnuRut Qta bLum tenTu baik mNurut ALLah..." trimakasih ya ALLah...aq jd makin sayang deh sama ALLah... :x :x

agnez_virgirlz

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 678
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Keep Istiqomah..... !!!!!!!!
    • Lihat Profil
    • yg mau bayar zakat disini ajah!!!
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #2 pada: Juni 27, 2008, 08:07:01 pm »
Bismilllahirrahmanirrahim,,,,,, :)

jilbab pertama,,,,, :)

itu waktu SMA kelas XII(2), waktu bulan Ramadhan di skul ngadain SanLat, dan selama bulan puasa para siswinya diwajibkan memakai pakaian seragam muslim. Dan selama sanlat qta juga lebih dominan belajar materi agama,,,dan ruang kelas untuk para ikhwan dan akhwatnya pun dipisah,,pokoknya suasananya berbeda banget kayak hari-hari biasa,,,,dan yang menjadi pengajarnya pun para remaja alumni rohis dari sekolah2 yang berbeda,,,,nah,,,dari situ awal kali aq memakai jilbab dan memutuskan untuk memakai jilbab.,,,Tapi,,ternyata saat itu iman aQ blum kuat,,,di sekolah aQ aktif sebagai anggota OSIS dan Paskibra,,,,sayangnya di organisasi Paskibra tidak diperbolehkan mengenakan jilbab. Jadi saat itu aQ lebih memilih peraturan sekot2 paskibra daripada peraturan Allah,,,, :( :((.....

Selama SMA mulai kelas XII aQ selalu memakai jilbab saat sekolah tapi bila sedang ekskul,,,aQ melepas jilbab, karena harus mengenakan PDH Paskibra,,,,aQ selalu buka tutup jilbab,,,,,  jd kalo ada ekskul pulang sekolah,,,saat sekolah aQ pakai jilbab, tapi saat ekskul aQ melepas jilbab,,,duh,,kalo inget itu jadi sedih,,,,,:(( kenapa bisa mainin jilbab yah,,,,,, :(. ternyata memakai jilbab itu banyak sekali godaannya yah,,,,,

Tapi alhamdulillah selama 3 bulan terakhir ini aQ selalu mengenakan jilbab pun di rumah,,,,Insya Allah aQ gak akan pernah ngelepas jilbabku lagi,,,,,,Amieen,,Ya Allah,,,,,Kuatkan Iman aQ Ya Allah,,,,

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #3 pada: Juni 28, 2008, 09:40:32 am »
bismillahirrahmaaanirrahiim

pertama bebas memakai jilbab untuk sehari-hari adalah waktu 18 agustus 2000/2001 dah lupa tepatnya tahun berapa :">
sebenarnya dah lama pengen pakai jilbab tapi karena ortu pemhamannya masih awam dan juga waktu itu di tempat tinggal yg berjilbab mendapat nilai negatif akhirnya niat segera menutup aurat ga bisa terlaksana. Usahanya udah macam2, yang pertama minta ijin ortu karena mereka yg mebiayai kita trus klo mereka ga setuju otomatis kita bingung kan bli pakaian baru terutama seragam sekolah yg harus bikin sendiri (jahit) ga seperti sekarang sangat mudah mencari seragam untuk muslimah  :) Alhamdulillah. Padahal klo kita yakin insyaAllah akan dipermudah karena rejeki kan datangnya dari Allah bukan dari ortu, ortu hanyalan perantara. Dan seragamku ada yang dikasih teman ( baju bekas dan usang lagi  :() ) trus dari kelebihan uang beasiswa buat bli seragam baru. pokoknya untuk seragam berubah drastis yang dulunya kainnya bagus, baru2 dan rapi menjadi kusam, kebesaran dan 'buruk' intinya yang penting menutup aurat. Alhamdulillah juga di sekolahku (STM) ga ada larangan berjilbab dan tete bengeknya, karena ada yg cerita katanya klo di sekolah  harus pakai jilbab yg dari bahan ini, ukurannya sekian, trus pd saat acara tertentu wajib dibuka dsb... Alhamdulillah di sekolahku terutama guru-guru yang bapak2 mendukung kami para siswi untuk berjilbab. Teman2 juga bayak yang mendukung dan memberikan bantuan. Alhamdulillah, terimakasih teman2 ku.

ketika berbagai cara agar mendapatkan ijin ortu ga berhasil, usaha yg kedua adalah mencari tempat PSG / PKL di luar kota, biar waktu pakai jilbab ga dilarang ortu trus pas balik udah ga mau dibuka lagi. Yang paling sedih ketika ortu datang ke tempat kost trus ngeliat anaknya pake jilbab malah di suruh BUKA  :(( udah gitu waktu jalan jaga jarak seperti jalan dengan orang asing bukan anak sendiri  :(( duh Allah sedihnya hati  ini waktu itu  :(. waktu pulang kerumah karena PSG udah selesai juga masih diminta untuk buka jilbab, bahkan dibelikan baju2 yang seperti dulu  :(, tapi baju untuk menutup aurat yg sehari-hari juga seragam ga dibelikan, klo minta uang untuk tambahan buat seragam dibilangin "ga ada, siapa suruh pakai jilbab. tuh rokmu baru berapa bulan dibikin udah mau ganti. bentar lagi kan kamu juga lulus ngapain bli2 baju lagi"  =(( Iya sih waktu pakai jilbab itu pas naik kelas 3, soalnya  ga diberi ijin dari sebelum2 nya  :102:

Tapi semua itu sudah berlalu, segala ujian baik berupa kesulitan mencari pekerjaan, dianggap aneh, bertamu dikirain minta sumbangan dan sebagainya, dan sebagainya... semoga menjadi pembersih dosa2 karena dulunya sudah mengumbar aurat  ;;)
dan sekarang Alhamdulillah, ortu lah yg sering mengingatkan kalau pas pakai baju kok terlihat agak 'ngepas' atau berpakain seksi di rumah "takut ada yg datang" katanya "ntar orang bilang yg macam2"  :) Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah  >:D<
sekarang juga sudah bekerja di instansi yang karyawan muslimah nya hanya 1 yg belum berjilbab, juga tanpa ada peraturan tentang bagaimana jilbab yg harus dipakai.

Dari semua itu yg paling berat sebenarnya adalah dari diri sendiri, yang dulunya senang pakai celana panjang jadinya pakai rok. dulunya suka pakai baju kaos sekarang jadi pakai gamis. dulunya suka memakai baju yg terlihat bentuk tubuh sekarang ngga lagi. yang dulunya bebas bergerak (grasa grusu) jadinya harus terkontrol. Ribetnya berjilbab ketika harus wudhu, bekerja dan sebagainya terkadang menggoda hati untuk 'bebas'. Klo dulu pengen terlihat CANTIK dengan memamerkan apa yg dimiliki sekarang tlah berganti menjaga KEHORMATAN diri. Menjaga keistiqomahan dalam berjilbablah yang paling sulit, tidak sedikit muslimah yang bongkar pasang jilbab, atau ukuran jilbab yang naik turun. semoga Allah selalu menjada diri ini dan muslimah yang lain untuk tetap istiqomah dan semakin sempurna menutup aurat.  [-O<
tentu dengan terus mengkaji dan menambah ilmu agama kita, apalagi saat ini bukanlah hal yang sulit untuk mencari pakaian muslimah dengan berbagai macam mode. Alhamdulillah

Manfaat memakai jilbab tentu hanya Dia Yang Maha Tahu yang mengetahui semua manfaatnya.
Tapi yang ana rasakan Subhanallah rasanya nyaman, aman dan tentu membuat hati tenang. Bebas dari pandangan 'eksploitasi', kita hanya dinilai dari akhlak bukan dari fisik. Sungguh banyak sekali manfaatnya.
« Edit Terakhir: Juni 28, 2008, 10:09:52 am oleh hasanah »

layla azzahra

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.590
  • Reputasi: 90
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Ijinkan hamba mencintaiMu dengan cara ini
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #4 pada: Juni 28, 2008, 07:52:48 pm »
Keluarga besarku mengkondisikan para wanita dikeluarga memakai jilbab sejak kecil.
Jadi jilbab pertamaku mungkin sejak aku kecil (tepatnya udah lupa).
Tapi dari kecil sampai sma, aku belum bisa bertanggung jawab dengan jilbab yang kupakai.
Hanya sekedar membungkus kepala dan tubuh tanpa memaknainya...
Sejak kuliah semester 2, baru mengerti konsekwensi jilbab dan dengan ikhlas menerima serta menjalankannya (insyaAllah).
Sekarang masih rada "preman" sih, alias sering ga bisa bersikap kaya seorang akhwat yang "ideal", masih suka meledak2, masih ga bisa kalem, masih ga bisa bersikap manis, pokoknya.... begitulah.
Tapi insyaAllah kalo mau bertingkah yang aneh2 masih punya perasaan malu sama "jilbab".

calon_akhwat

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #5 pada: Juli 04, 2008, 07:15:56 am »
wah...syukran sudah berbagi cerita  >:D<
alhamdulillah, Allah sudah memberikan kesejukan hidayahNya kepada kita, muslimah, dengan menerapkan salah satu kewajiban kita yaitu berjilbab  :x

ayo yang lainnya, ditunggu cerita jilbab pertamanya ya... :)

ukhti.aida

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 218
  • Reputasi: 1
  • pada suatu senja di alun - alun kota malang
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #6 pada: Juli 06, 2008, 02:30:05 pm »
jilbab pertamaku karena terpaksa tapi beberapa bulan setelah itu ikhlas

tahun 2003, 5 tahun yang lalu tepat di bulan Juli tanggalnya lupa awal masuk SMA itulah jilbab pertamaku. Awalnya sih ribet, haduw secara saya tu preman. Nggak pernah pakai rok panjang. Sehari itu kerjaan duduk di kelas trus di samperin temen - temen saking nggak PD nya.

Karena nggak tahu harus esktrakulikuler apa akhirnya masuk Rohis. Baru tahu deh arti jilbab itu. Dari jilbab yang berawang berganti dengan jilbab yang nggak nerawang, perlahan - lahan di gedein meski suka di godain taplak meja berjalan.

Tapi sejujurnya karena kebiasaan jilbab yang panjang susah buat di lepas. padahal akhlakku nggak selaras dengan jilbab. Makanya saya nggak mau di bilang akhwat dalam tanda kutip. Saya cuma manusia biasa, yang berusaha memahami hidup dan keberadaan Nya dengan cara saya meski cara - cara saya berbeda dengan kalian dan di hujat kalian.

Suatu hari nanti saya ingin sempurna berhijab, bukan hanya hijab tubuh tapi hijab hati dan segalanya.

calon_akhwat

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #7 pada: Juli 06, 2008, 11:22:29 pm »
Pesan Mod:
assalamu'alaykum.wr.wb untuk berbicara dari hati ke hati, silahkan dilanjut di PM. Kembali ke topik ya:
SILAHKAN BERCERITA MENGENAI PENGALAMAN JILBAB PERTAMA ANDA,
untuk ikhwannya, kalau mau menyimak silahkan, menanggapi juga boleh, selama tidak menyanggah, beradu argumen dan memaksakan kehendak.
Thread ini saya buka untuk berbagi cerita agar bisa menginspirasi muslimah lainnya :)

Nb. beberapa postingan telah dihapus agar sesuai dengan topik

calon_akhwat
« Edit Terakhir: Juli 14, 2008, 02:50:05 pm oleh calon_akhwat »

4RTY

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 232
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #8 pada: Juli 10, 2008, 12:17:12 pm »
Wa'alaikumsalam wr.wb.:)

Bismillahirrahmaaanirrahiim

Ikhlas & Tawakal, kata yg mudah d ucap, tp kenyataannya aga sulit (malah kadang susah ga kepalang) ni u sy loh... :">, tkadang lama kelamaan tergusur jika tidak di topang ilmu & mengamalkannya, jg kecintaan pada Allah & RasulNya.

Semula sy menghawatirkan hal yg tidaklah pantas u di jadikan alasan "tidak menutup aurat" ortu bilang nti km bertindak sembrono, lum bs jaga tindakan & ucapan, nti malah jelek2 in org yg berjilbab & mempermalukan diri sendiri, karna tindakan km yg masih sembrono & semauna sendiri, walhasil alasan tersbt sedikit banyak menggoyahkan keinginan sy (huuuuuh klo inget itu  :102: sendiri)

Alhamdulillah Allah berkenan memberiakan hidayah, kemudahan & teramat indah sy rasakan ketika memutuskan menutup aurat, jauh dr smua bayangan sy slama ini, penyesalan pun datang knapa tidak dari dulu :( :(, yach begitulah "penyesalan slalu belakangan", sekarang proses belajar menjadi manusia yg lebih baik, wanita berjilbab bukanlah manusia sempurna tp wanita yg berusaha mematuhi perintah & berusaha menjadi manusia yg lebih baik, dgn belajar & terus memperbaiki diri. InsyaAllah

Semoga kita slalu dalam perlindungan Allah, istiqomah trus belajar & menjadi manusia yg beruntung [-O< [-O<

chlarramita

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Heliosentris ; Kebenaran akn mnemukan sndri jlnya
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #9 pada: Juli 18, 2008, 09:51:38 pm »
Boleh menceritakan tentang apa yang memotivasi para dudungers untuk memakai jilbab, sejak kapan, hikmah-hikmah yang didapat, tanggapan orang sekitar,dll yang mungkin dapat memotivasi dudungers muslimah lainnya yg belum berjilbab.

Well,,, jilbab pertama yahhh
Sejak kapan? Sejak pertengahan 1 SMA s/d lulus SMA
hikmah-hikmah yang didapat? Saya dapat mempelajari islam lebih cepat dan mendalam
Tanggapan? banyak ucapan selamat & semoga istiqomah. Dan tentunya "kamu tambah cantik"
Just it.

peLan9i

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 201
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #10 pada: Juli 19, 2008, 03:29:36 pm »
wah,,,, subhanallah,,,
critanya panjang2,,,
saya mah critanya pendek hihi,,,
jilbab pertama,,,
sktr 6 taun yang lalu,,,
kls 1 sma, 1 Ramadhan 1423 H
janjian sama temen sbangku,,,
gtau knapa, tiba2 pengen pake, pdhl sragamnya bru punya satu,,,
waktu udah pake, awalnya lumayan berat, gerah,,,
tapi lama2,,,
enak, nyaman, & aman,,,
alhamdulillah,,,
mudah2an ngga lepas sampe mninggal,,, aamiin

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #11 pada: Juli 19, 2008, 04:17:53 pm »
Amiin Allahumma Amiin
Subhannallah :)

calon_akhwat

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #12 pada: Juli 19, 2008, 04:34:38 pm »
terimakasih untuk semua yang telah berpartisipasi, semoga Allah swt., menetapkan hati ini dalam naunganNya... >:D<

ayo silahkan, para muslimah, berbagi cerita-lah  :)

lin_yank

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.479
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Love Allah.. ^_^
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #13 pada: Juli 21, 2008, 01:45:56 pm »
Assalamu'alaykum w.w

Alhamd aq dari kecil dah biasa pake jilbab, dari SD kelas 3, pada awalnya, hal itu karena tuntutan dari sekolah yang mewajibkan setiap muridnya tuk pake kerudung, karena aq sekolah di SD Muhammadiyah.
beranjak dari bangku SD, aq juga melanjutkan di jenjang SMP dan sampe sekarang..
Tapi dulu pas SD pake kerudung hanya sebatas kewajiban dari skul dan setelah skul (kalo maen) biasanya lepas kerudung, namanya juga anak kecil belum tau hukum jilbab yang sebenarnya.
hehehe...  :)

Aq baru tau hukum dan arti jilbab sesungguhnya baru setelah menginjak bangku smk dan itupun baru bener2 aq jalanin kelas 1 akhie menjelang kelas 2...

telat banget taunya..
hikzz.. :(( :((

n Alhamdulillah sampe sekarang masih berjilbab.
semoga bisa tetep istiqomah
amin..

calon_akhwat

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Jilbab pertama dudungers...
« Jawab #14 pada: Agustus 07, 2008, 09:30:36 pm »
alhamdulillah  >:D<

silahkan untuk dudungers yang mau berbagi cerita seputar pengalaman jilbab pertamanya  :x