Penulis Topik: buat calon guru  (Dibaca 5576 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dhiya

  • Moderators
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
buat calon guru
« pada: September 07, 2006, 02:30:11 pm »
tau ngga?
sekarang guru jadi profesi yang bener2 dipentingkan dan dapet sorotan yang khusus dari semua elemen masyarakat.
sekarang buat jadi Seorang GURU, kita ngga cukup berijazah S1 pendidikan...tapi harus ikutan sertifikasi GURU juga..
test sertifikasi ini mencakup 4 hal:
test pedagogik,
test kepribadian,
test kompetensi,
dan test sosial..
tujuannya untuk melindungi masyarakat kita dari praktik2 para "pendidik" yang ngga profesional..

sosialisasinya lom gencar sih, jadi rada2 simpang siur..en masih pro kontra...

insya Allah kolo dah dapet info selanjutnya...dhiya posting lagi di sini... :)

bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Re: buat calon guru
« Jawab #1 pada: September 07, 2006, 06:30:41 pm »
profesional?

gak mesti harus seperti itu.... itu semuanya bisa didapat kalo ada duit... satu hari bisa di urus tuh...

gak ada ilmu... itu yang sulit...

Agustin

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 904
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • ::>>Semaikan Benih Keimanan yuk!!<<::
    • Lihat Profil
Re: buat calon guru
« Jawab #2 pada: September 08, 2006, 08:55:24 am »
IDEALNYA KAN SEPERTI ITU BANG SHOLEH....
dimana mana yang dituntut adalah profesionalisme terhadap profesi...
mengenai kasus dan realita di lapangan mungkin ga seideal teori...
manusia gtu loh....
ok ukhti dhiya ditunggu infonya :)

amarylis

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 269
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
  • be the best not be asa
    • Lihat Profil
    • berkisah dalam bisu
Re: buat calon guru
« Jawab #3 pada: September 13, 2006, 09:31:22 am »
test pedagogik,
test kepribadian,
test kompetensi,
dan test sosial..
cara mendapatkan tesnya dimana ya...
soalnya selama ini saya ngajar tapi kadang hasilnya tak sesuai dengan yang diharapkan...
mungkin karena keempat hal di atas tidak saya peroleh  :-?

salendra_kms

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.133
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dream Light
    • Lihat Profil
    • Mengembalikan Jati Diri Bangsa||Web Blog Silampari Nan Cinde
Re: buat calon guru
« Jawab #4 pada: September 17, 2006, 10:43:31 pm »
ya nih klu ana ngk salah pas ana sma dlu sering tuh guru2 pelatihan terutama guru2 yg top gitu........tp ngk tau juga sih yg mbak diah bilang apa bukan setauh ana ya paling cuma tuk adu kemampuan aja tuh pas dilapangnya ngk ada hasil yg signifikan dari hasil pelatihan tersebut...........paling kita denger, guru kita dapet no 1 dr sekian guru se-provinsi........tp buat anak didiknya apa ya :-? :-? :-? :-?
ngk tau juga deh apa ana aja yg ngk dapet2 :-?? :-??

afwan bukan mencelah.........i love u myteachers :x :x :x :x :x :x :x :x

we ill't look this world if u don't give your knowlage..... :x :) :great:
ana juga guru nih B-)
« Edit Terakhir: September 17, 2006, 10:49:42 pm oleh salendra_kms »

niyaz_salman

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 91
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • "Berputarlah, Jadilah Pribadi 360 derajat"
    • Lihat Profil
    • Motivasi
Re: buat calon guru
« Jawab #5 pada: September 18, 2006, 04:17:22 pm »
Belum tentu guru yang terbilang pinter (dalam artian cerdas) ngajarnya enak loh. Aku juga punya pengalaman. Beliau guru matematika. Klo ngajar itu ga pernah yang namanya pegang buku. Kayaknya dah ngapal semua di kepala. EBTANASnya aja dulu bilangnya dapa 10. Tapi ngajarnya, kok susah dipahami.
Artinya guru memang dituntut tidak hanya cerdas tapi juga memahami siswanya. mengetahui secara psikis, tau metode yang baik. memanfaatkan media dan seterusnya.
Memang banyak tuntutan untuk menjadi guru yang baik  #:-S

dhiya

  • Moderators
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re: buat calon guru
« Jawab #6 pada: September 23, 2006, 12:44:41 pm »
alhamdulillah maksih tanggapannya...
satu2 ya...dhiya tanggepinnya..

1. buat bang soleh..aku ngga ngerti tanggepannya...tapi makacii :) yup, ilmu itu terpenting
2. test ini masih dalam penjajakan, menurut ibu maria (pusat) test ini udah diuji cobakan dan hasilnya...mencengangkan. guru2 ternyata kompetensinya masih dibwah standar..
test pedagogic maksudnya test apa ya....aduuuhhh lupa...tar dhiya jelasin deh ...afwan ya temen2...udah inget nih...maksudnya seorang guru kudu bisa menej kelas, bikin rencana pengajaran..dan bisa menyampaiakan ilmunya pada murid dengan baik (mengenali cara belajar anak2..dll)
test kepribadian...maksudnya apakah kita punya akhlak baik apa ngga? kan kolo kita ngga ngajar dari hati, hasilnya akan jelas2 sebatas masuk telinga kiri keluar dari telinga kanan...ke si muridnya..yaaahh... mungkin kita harus mencoba "baik" dulu sebelim memperbaiki orang lain..
test kompetensi maksudnya tentang kemampuan kita menguasai materi yang kita pegang.. kolo antum guru biologi, jadi harus menguasai begitu...
test sosial...maksudnya apakah kita punya kemampuan dalam hub sosial secara baik tow ngga.
3. buat salendra...makanya ada test kayak gini biar kemampuan guru meningkat sehingga bisa ngasih ngaruh baik pada peningkatan pendidikan di indonesia..IDEALnya sih begitu..ya kan mbak Agustin?
4. yup banyak tuntutan jadi guru yang baik..dan test inilah yang bisa memberikan standar kualitas guru buat murid...ngga hanya cerdas aja (kompetensi) tapi dia harus bisa menyampaikan dengan baik..(pedagogic)

aduh maaf ya..infonya sedikit soale dhiya ngga punya banyak waktu tapi tas dhiya kabari lagi infonya... kolo bisa...dhiya pengen tau sapa aja yang punya profesi guru di forum ini? tar kita sharing di sini...

untuk sementara waktu dhiya ngga bisa on line dulu neh...maaf yaaa....tapi insya Allah walo terlambat tapi dhiya akan setia dengan forum ini...

wassalam...

i'll miss u all pren...

Rie_rA

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: buat calon guru
« Jawab #7 pada: September 26, 2006, 11:18:58 am »
 :-O tambah suulit ja nih klo mo jadi guru... :-O
Tuntutannya buanyak buangeeet...
Tp... :great:
Mungkin dengan begitu...kualitas pendidikan di Indonesia bisa lebih terangkat...
Tp...koq sosialisasinya kurang sih...
Qta2 calon guru jg pengen tau donk...
Supaya kita ga bingung n bisa mempersiapkan smuanya lebih baik..
Mbak2 yang ada di atas tolong sosialisasinya ya...
Ditunggu loh... :x :x :x
Jazakumullah...

Abi Nizma

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.850
  • Reputasi: 43
  • Jenis kelamin: Pria
  • Aku Mencintai Kedua2nya
    • Lihat Profil
Re: buat calon guru
« Jawab #8 pada: April 03, 2007, 09:59:30 am »
Denger2 ada kabar gembira ya buat guru..... gaji mulai lebih baik dan lain2... saya dapet info dari ustadz yang bekerja didepag....  :)

peLan9i

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 201
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: buat calon guru
« Jawab #9 pada: April 04, 2007, 04:33:31 pm »
ku pengen jadii guru, tp di kampus kan ntarnya g dapet sertifikasi guru :((
tes pedagogik tu apaan ya?

dhiya

  • Moderators
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re: buat calon guru
« Jawab #10 pada: Mei 14, 2007, 07:25:04 pm »
tau ngga?
sekarang guru jadi profesi yang bener2 dipentingkan dan dapet sorotan yang khusus dari semua elemen masyarakat.
sekarang buat jadi Seorang GURU, kita ngga cukup berijazah S1 pendidikan...tapi harus ikutan sertifikasi GURU juga..
test sertifikasi ini mencakup 4 hal:
test pedagogik,
test kepribadian,
test kompetensi,
dan test sosial..
tujuannya untuk melindungi masyarakat kita dari praktik2 para "pendidik" yang ngga profesional..

sosialisasinya lom gencar sih, jadi rada2 simpang siur..en masih pro kontra...

insya Allah kolo dah dapet info selanjutnya...dhiya posting lagi di sini... :)


ehem.... mohon dikoreksi tidak semua guru mendapatkan setoran seperti yang diperkirakan masyarakat, mungkin anggapan tersebut kurang tepat bila di alamatkan kepada gurur-guru swasta, kami lebih disiplin, lebih takut salah, dan bersaing sangat keras, tetapi ..........kami tetap anak tiri, dikoran memang sering disebutkan tapi hingga saat ini  banyak teman -teman yang masih beli beras dengan cara mencicil........., derita kami memang tidak akan pernah berakhir, tapi semangat kami tetap menyala, kami hanya dapat ikhtiar, tawakal, dan tawadu', mudah mudahan kami lebih diperhatikan lagi..............................

DHIYA ikut prihatin mendengar berita2 guru..jujur saja, Dhiya sekarang mengajar juga di Bimbel terkenal en bonafid di Kota bandung, tapi kalau inget sama hoonor....masyaAllah...buat ongkos pun dhiya sering minjem sama mertua...belum lagi...perhatian instansi sama kesehatan Guru bisa dibilang ngga ada banget..

Menurut dhiya, ngga masalah di negeri ato swasta, orang ngga profesional mah gimana pribadinya azzzzaaa.......
dhiya ngga setuju juga kalo guru swasta lebih disiplin dari PNS..karena dhiya juga guru swasta, dan terbukti Mbak-nya dhiya yang guru PNS, KAMI TETAP PROFOSIONAL loh...malah suka kerja sama dan tukeran ide...

mohon doa dari teman2 semua, sejak bulan lalu hingga saat ini kesehatan dhiya terganggu.. hingga harus 4x kedokter, 1x alternatif, dan berat badan turun 7kg...demi anak2 tercinta...
sekarang lagi UPGG (upaya peningkatan gizi guru...hehe)..biar smester nanti dhiya bisa ngajar dengan baik..maaf kalo dhiya jarang online...maklum...deh...

buat semua temen2 Guru dan pemerhati pendidikan bangsa...CHAYO..!! tetep semangat memperbaiki diri dan bangsa ini..
jangan merasa sedih dan kalah...Allah bersama kita selalu..karena niat kita sepenuhnya lillahita'ala...Allahu akbar!!!


fadhillah

  • Pengunjung
Re: buat calon guru
« Jawab #11 pada: Mei 15, 2007, 09:03:26 pm »
terus terang
dari dului sejak kuliah di fakultas ilmu pendidikan aku engga berniat jadi guru

abis selain gaji engga memadai , aku juga engga mungkin hidup dengan gaji sekecil itu.....apalagi tanggung jawab berat.

kurasasemua orang harus tahu bahwa jadi seorang guru itu tidak semudah yang dibayangkan
akhirnya , aku eksis di bidang yang dulu kumaui..alhamdulillah

dan wajar klo seorang guru meminta haknya untuk kelayakannya hidupnya klo tidak jangan harap ia akan jafi guru profesional tanpa haknya tadi juga pendidikan agama alias akidah yang kokoh....

yuk ..kita terapin pendidikan islami dengan khilafah...



dhiya

  • Moderators
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re: buat calon guru
« Jawab #12 pada: Juni 15, 2007, 04:20:46 pm »
hi...semua...dhiya lagi ol niy...
ada ilmu yang pengen dhiya bagi saat ini tapi kesorean euy...
kapan2 aja yaaa?
miss u all